Definisi Penulis


“Seseorang baru bisa disebut penulis kalo dia sudah menerbitkan buku atau karyanya dimuat di media cetak”.

Hm, siapakah orang yang berkata seperti itu? Menurut saya ini adalah pemikiran yang sangat picik plus konvensional plus kuno bin ketinggalan zaman.

Jika merujuk pada “definisi” di atas, maka:

  • penulis skenario film/sinetron tidak layak disebut penulis. Sebab karya mereka tidak diterbitkan dalam bentuk buku (memang ada beberapa yang diterbitkan) dan tidak dimuat di media cetak.
  • penulis naskah drama juga bukan penulis, dengan alasan yang sama.
  • penulis naskah iklan (copywriter) juga bukan penulis, dengan alasan yang sama.
  • penulis blog (blogger) juga bukan penulis, dengan alasan yang juga sama.

Saya kira, pikiran picik seperti itu perlu kita hilangkan mulai saat ini.

Bagi saya pribadi, setiap orang yang punya minat menjadi penulis (tak peduli apakah dia sudah menulis ribuan naskah atau belum pernah menulis satu karya pun), sudah sangat layak disebut sebagai penulis.

Lagipula, siapa sih orang yang berkompenten untuk memberikan gelar penulis? “Penulis” bukanlah sebuah gelar akademis. Setiap orang boleh mengaku sebagai penulis, tak ada yang melarang.

Jadi, saya juga sangat tidak setuju dengan istilah “calon penulis”. Istilah ini mengisyaratkan bahwa seolah-olah ada orang atau lembaga yang berkompeten untuk mengangkat seorang calon penulis menjadi penulis beneran.

Apakah memang demikian faktanya? Tidak bukan?

Tidak ada rumusnya bahwa setiap penulis harus rajin mengirim tulisan ke media cetak.

Tidak ada rumusnya bahwa setiap penulis harus menerbitkan buku.

Setiap penulis bebas menempuh jalur apa saja yang mereka inginkan:

  • menerbitkan buku
  • mengirim cerpen ke majalah hiburan
  • menulis skenario
  • menulis naskah drama
  • menulis di blog
  • menulis surat pembaca
  • menulis resep masakan
  • menulis panduan penggunaan kulkas
  • atau menulis apa saja. Terserah!

Mereka semua ini layak jadi penulis. Bahkan orang yang baru belajar menulis pun sangat layak disebut penulis.

Dunia penulisan itu sangatlah luas. Amatlah picik jika ada orang yang berpikir bahwa dunia penulisan hanya terbatas pada lembaran-lembaran buku dan media cetak.

Jadi, mari kita mulai menyingkirkan berbagai macam pola pikir yang konvensional dan ketinggalan zaman mengenai “definisi penulis” tersebut.

Setuju?

Cilangkap, 26 April 2007
Jonru

Iklan

25 responses to “Definisi Penulis

  1. tapi ada juga beberapa ketentuan yang sekarang menjadi pro dan kontra ketika para peliput di infotaiment dikatakan juga sebagai penulis selain itu penulis juga diidentikkan dengan jurnalis masih adayang terasa janggal ketika kita mencoba untuk memaknai nya

    Suka

  2. “peliput di infotaiment dikatakan juga sebagai penulis”

    >> setahu saya, mereka disebut jurnalis, bukan penulis.

    Suka

  3. Ping-balik: Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa?

  4. Ping-balik: Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa? | Jonru on the Web

  5. SETUJU sekali, Pak!

    Btw, bedanya penulis dengan jurnalis itu apa saja? :mrgreen:

    penulis = pengertiannya bersifat umum
    jurnalis = wartawan 🙂

    Suka

  6. ebeny nasution

    Saya semakin semangat menjadi “penulis” ! Soalnya , sudah berapa buku harianku dari segala umurku di lemari…
    So..I will be never shy to say that I am a WRITER ! I will throw my shyness away !

    Suka

  7. Ping-balik: Menjadi Penulis « Sketsa Bianglala

  8. Wah setuju banget, berarti sejak kita sudah bisa menulis otomatis kita bisa menjadi penulis dong… he3x

    Suka

  9. Saya semakin semangat menjadi “penulis” ! Soalnya , sudah berapa buku harianku dari segala umurku di lemari…

    Suka

  10. Ping-balik: Bagaimana Cara Menjadi Penulis « Koleksi Artikel's Blog

  11. Bagaimana mengawalinya pak? Dengan banyaknya ide kadang saya malah bingung. Trus bagaimana mengenali basic diri sendiri, maksudnya mengenali diri kita itu cocoknya menulis tentang guyonan atau tulisan yang serius?

    Suka

  12. Ping-balik: Agar Tidak Mati Gaya dalam Menulis | PenulisLepas.com

  13. Mentary Meilyta

    Setujuh bgt,….

    dgn baca tulisan ini, aku jadi lebih semangat nulis cerpen,…

    Suka

  14. Saya cinta menulis
    setiap saat
    kdg sekadar ketikan2 kecil d hp
    yg sangatlah singkat
    tp suatu ktika d baca kembali aku sadar
    trnyata tulisan2ku bagus juga kata2’y
    kt tmnku jg gtu
    aku pndai merangkai kata
    hny saja aku kdg bosan
    mk’y smpe skrg nggk satupun tulisan yg aku slesaikn
    hny sepotong2
    dn brgonta ganti judul
    pdhl ingin sekali mnyelesaikn

    Suka

  15. saya juga suka menulis. tapi kendalanya, kadang-kadang di tengah menulis kita bingung mau menulis apa. jadi ‘blank’. akhirnya, tulisan nggak selesai. soalnya kadang-kadang menulis itu dipengaruhi ‘mood’ juga.
    itu gimana dong?

    Suka

  16. apakah ada peluang bagi anak smp untu menjadi penulis novel??
    saya ingin sekali menulis novel…
    tapi setelah dipikir” menulisnya itu letih dan saya merasa tulisan itu tidak bagus….

    Suka

    • @almira nabila: Anak SD saja banyak yang sudah berhasil menerbitkan novel. Anak SMP tentu lebih bisa
      Kalau kamu memang serius ingin jadi penulis, kamu tak akan berkata menulis itu letih. Kalau merasa letih, ya tak usah jadi penulis. Gitu aja kok repot 🙂

      Suka

  17. menjadi seoarang penulis harus banyak membaca

    Suka

  18. Saya sangat suka membaca novel2 John Grisham & Agatha Christie. Sejak SMP saya mulai menulis beberapa draft cerita dalam beberapa paragraf. Saya coba menulis dg tema drama. Setelah itu saya coba mengembangkan draft2 tsb menjadi novel, tetapi selalu terhenti karena sering kehabisan kata2. Any advice? Apakah terlalu muluk jika saya mencoba menulis novel dg set lokasi di luar negeri padahal saya belum pernah sekalipun berada di sana?

    Suka

    • @Prita: Kalau kehabiasan kata2, coba atasi dengan “kiat menulis bebas”. Di blog ini ada tulisan mengenai itu. Coba di-search ya.
      Tak apa jika kita menulis novel dengan setting lokasi yg belum pernah kita datangi. Cara mengatasinya adalah dengan survey.

      Suka

  19. q juga pengen bget ngembangin nulisku,
    tapi takut tulisannya gak bagus!!
    juga gak gitu ngerti caranya,
    dan kadang gak sampe akhir,,
    jadi lemah lagi di situ!!
    tp berkat baca in jadi semangat lagi,
    makasih y

    Suka

  20. setuju. . .:D 😀
    berarti aku sudah jadi PENULIS. .:) meskipun bukuku belum terbit. .:’)

    Suka

  21. menJonru : Menebar Fakta Tanpa Rekayasa.

    Suka

  22. Himawan Sugiarto

    #MenJonRu = Menguak berita seluas samudra, serta memberi ‘Tamparan’ terhadap pemimpin PHK (Pemberi Harapan Konyol)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s