Kiat agar Punya Banyak Ide dan Produktif Menulis


Apa resepnya agar kita bisa produktif menulis? Bagaimana caranya agar kita selalu banyak ide untuk menulis?

Terus terang, dulu saya belum punya jawaban yang pas untuk pertanyaan ini. Secara objektif, saya merasa bahwa saya cukup produktif menulis, dan selalu banyak ide untuk dituangkan. Tapi begitu ada orang yang tanya apa resepnya, saya bingung harus menjawab apa.

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu saya menemukan jawaban itu! Ini bermula dari kunjungan saya ke sebuah diskusi sastra di Universitas Indonesia, pembicaranya adalah Maman S. Mahayana.

Sastrawan kita yang satu ini berkata, “Rajin-rajinlah menulis. Lama-kelamaan di otak kamu akan terbentuk sebuah ‘sistem menulis’.”

Ya, kalimat aslinya memang tidak seperti itu. Saya hanya menulis ulang berdasarkan ucapan Bang Maman yang saya dengar.

* * *

Kalau kita amati, setiap manusia memang punya kecenderungan yang berbeda-beda. Cobalah amati perilaku seorang pebisnis MLM. Setiap kali ketemu orang, bawaannya selalu ngajak ikutan, merayu setiap orang agar mau jadi downline-nya, atau minimal membeli produk-produknya. Sepertinya, ia selalu melihat semua orang sebagai mesin uang yang siap untuk dikeruk.

Kenapa bisa seperti itu? Sebab, pada otak si pebisnis telah terbentuk sebuah “sistem MLM”. Sistem ini menyebabkan dia selalu melakukan hal-hal yang berhubungan dengan MLM: mencari downline, merayu orang, memuji-muji produk yang ia jual, dan sebagainya.

* * *

Nah, hal seperti ini pun berlaku pada dunia penulisan.

Kenapa kita tidak bisa produktif menulis? Kenapa kita sulit menemukan ide tulisan? Bisa jadi, ini karena di dalam otak kita belum terbentuk “sistem menulis”. Otak kita belum menjadi “writing oriented”.

Karena itulah, kita harus melatih otak kita agar menjadi “writing oriented”, agar di dalamnya terbentuk sebuah “sistem menulis”.

Caranya:

  1. Jadikan kegiatan menulis sebagai pilihan hidup, bukan hobi semata yang dikerjakan hanya ketika ada mood, atau hanya ketika ada sisa waktu. Dengan kata lain, jadikanlah kegiatan menulis menjadi bagian dari gaya hidup anda (Inilah sebabnya, saya sekarang pakai motto “Writing is not my hobby. It’s a part of my life“).
  2. Rajin-rajinlah menulis. Tulislah apa saja yang bisa ditulis. Hari ini kamu telat bangun? Tulis! Kemarin kamu menyenggol kucing tetannga? Tulis! Kamu ingat pada seorang teman di masa lalu yang sangat lucu? Tulis! Kamu ingin mendebat ucapan seseorang? Tulis! Kamu bosan melihat perilaku para politisi? Tulis! Pokoknya tulislah apa saja. Cara menulisnya bisa dibaca di sini.

Intinya, kita harus membiasakan diri untuk menulis. Semakin sering menulis, insya Allah keahlian kita makin baik, dan otak kita akan semakin sering mengeluarkan ide-ide cemerlang.

Apakah ini hanya teori semata? Tidak! Sebab saya sudah pernah membuktikannya.

Antara tahun 1996 hingga 2004, saya vakum menulis, bahkan melupakan dunia penulisan. Saat itu, sulit sekali rasanya bagi saya untuk menemukan ide tulisan.

Sejak 2004, saya kembali rajin menulis. Saya juga mulai rajin ngeblog. Dan subhanallah…. Di luar dugaan, hampir setiap saat selalu muncul ide-ide baru di pikiran saya. Saking banyaknya, saya kewalahan sehingga banyak ide tersebut yang belum sempat ditulis.

Penulis terkenal Stephen King dalam bukunya On Writing pun menceritakan hal yang mirip. Ia pernah kecelakaan sehingga harus istirahat selama tiga bulan. Selama itu, dia tidak menulis sama sekali. Ketika ia sudah baikan dan mulai menulis lagi, Stephen King merasa amat sulit menulis. “Saya seperti seorang penulis pemula yang belum tahu bagaimana cara menulis,” ujarnya.

Lalu ketika memaksakan diri dan terus berlatih menulis, Stephen King pun merasakan hal yang luar biasa: kemampuan menulisnya kembali seperti sediakala.

* * *

Saat ini, para penulis era teknologi informasi diuntungkan oleh kehadiran blog. Media yang satu ini memungkinkan kita menulis tentang apa saja dan dengan cara apa saja yang kita inginkan, tanpa harus melalui prosedur “seleksi naskah” dan sebagainya. Kita adalah raja pada blog buatan kita, karena itu kita bebas mengisinya dengan apa saja yang kita mau.

Nah, jika kamu ingin menjadi penulis yang produktif dan banyak ide, cobalah terapkan kiat di atas, dan segeralah membuat blog (jika belum punya). Ketahuilah, blog sangat bermanfaat bagi para penulis.

Cilangkap, 17 Mei 2007
Jonru

Iklan

36 responses to “Kiat agar Punya Banyak Ide dan Produktif Menulis

  1. Ah, artikel-artikel mengenai penulisan di sini sangat mencerahkan! Terima kasih karena sudah berbagi 🙂

    Salam.

    Suka

  2. sama, sama hanny 🙂
    semoga bermanfaat ya….

    Suka

  3. Membaca artikel anda sangat mencerahkan bagi saya. Agak menyesal karena baru mengetahui ada sumber info di sini. Saya berencana untuk semakin serius dalam belajar menulis, meskipun dari alif baa taa tsa..apa boleh buat. Bravo mas Jonru.

    Salam

    alhamdulillah jika bermanfaat
    semoga sukses ya…

    Jonru

    Suka

  4. Ping-balik: Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa?

  5. Ping-balik: Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa? | Jonru on the Web

  6. Masyaallah….makasih banyak pak atas postingannya…saya jadi termotivasi lagi untuk menulis, apalagi skrng saya jg sudah memilki Blog http://ocehankoe.blogspot.com
    wassalam

    Sama-sama Pak Ahmad
    Alhamdulillah bila bermanfaat

    Semoga sukses ya…:)

    Suka

  7. Assalamu’alaikum…

    saya suka membuat sebuah cerita namun terkadang ketika saya punya ide, saya bingung apa yang harus saya tulis terlebih dahulu? seseorang pernah bilang “kalau kamu buat sebuah cerita dan tahu akhir cerita atau kemana jalan cerita itu maka kamu bisa memulainya dari mana saja”. Dan sekarang saya tidak tahu harus mulai dari mana, karena terkadang jalan ceritanya malah tidak sesuai dengan ide awal saya,,,

    mungkin mas, bang or bung Jonru punya masukan atau saran buat saya?

    terima kasih sebelumnya

    Wassalam

    Waalaikumsalam

    Mas Hari….
    Coba klik di sini deh.
    Semoga bermanfaat ya

    Jonru

    Suka

  8. terus berkarya!

    Suka

  9. salah satu kebiasaan yang bisa melatih dan menyegarkan ide -ide menulis ialah memberi komentar di blog orang lain.

    Suka

  10. mas jonru, saya di masa kuliah suka menulis dan kebetulan saya juga aktif di lembaga pers mahasiswa. nah salah satu cara untuk membangkitkan ide menulis adalah dengan cara banyak membaca. namun problemnya sekarang saya sudah bekerja, meskipun sempat untuk online di internet namun ketika melihat tulisan yang sangat banyak kita menjadi males dan ngantuk bawaannya. bagaimana cara mengatasi problem ini? thanks ya

    Suka

  11. makasih ya atas semua saran2nya….
    bener2 bermanfaat!puas deh…bisa nambah semangat untuk terus menulis..
    saya senang sekali menulis…ntah nulis diary,puisi,pantun,cerpen…pokoknya gak peduli nulis ja…hehehe..
    makasih…!:)oia tapi gimana caranya mendalami karakter ya??kadang saya bingung menetapkan karakter.
    makasih..

    Suka

  12. ya saya juga mengalami seperti yang bapak rasakan. saya suka nulis diary yang tebelnya gak kepayang dari jaman smp kelas 1 ampe kuliah. pas saya review ulang ternyata, ok juga kata-katanya. kemudian saya menulis cerpen2 dan sempat vakum dan mengalami hal seperti itu alias buntu! tapi tidak dalam menulis aja sih, dalam hal lain juga. pokonya yang terpenting itu continuitas nya . bisa itu karena biasa.

    Suka

  13. Benar-2 mencerahkan !
    Saya akan coba..
    Terimakasih atas amalnya menulis artikel ini.

    Suka

  14. Ping-balik: "Bingung nih, mau nulis apa lagi. Kehabisan ide" :( | News Writer

  15. idenya bagus banget mas jonru, makasih banyak.

    Suka

  16. mas jonru saya dulu pernah menelpon bapak dan pernah membeli buku bapak dengan judul” Menerbitkan Buku” gampang Kok”

    buku tersebut sudah habis saya lahp, bahkan sering saya ulang-ulang untuk membacanya,utuk membangkitkan semangat saya di dunia kepenulisan ini.

    sekarang saya sudah punya blog sebagai wadah untuk menampung pemikiran saya di bidang tulis-menulis ini.jika punya waktu luang silakan bapak kunjungi blog saya ” blog milik rafi

    semoga kedepan Bapak bisa tetap sukses dan esksis.amin.

    Suka

  17. trimakasih banyak bang jonru, dari tulisan abang saya dapat inspirasi dan motivasi untuk belajar menulis, tapi saya baru mulainya baru sekarang setelah tua umur sudah berkepala empat, mudah-mudahan paling tidak bisa untuk memberi motivasi kepada anak-anak ya bang…

    Suka

  18. Salam kenal Pak Jonru,

    Saya banyak mendapat inspirasi untuk lebih giat lagi untuk menulis ilmiah.

    D. Djuhana
    Cheongju, South Korea

    Suka

  19. salam kenal pak jonru,

    setelah membaca tulisan anda saya mulai terinspirasi untuk mulai menulis, saya baru belajar membuat blog dan bingung untuk menemukan ide menulis. terima ksih pencerahannya pak jonru.

    Suka

  20. Ping-balik: back to home..!! « terlahir kembali

  21. Ping-balik: Jangan Membaca Buku Sastra « Nyanyian Bahasa

  22. Well… masukan yg sangat bermanfaat nih mas. Saya termasuk blogger yg sering bgt kehabisan ide dlm menulis. Padahal pengennya sih sehari 1 postingan tetapi sering mentok mau nulis apa, jadinya bisa per 3 hari baru bisa tambahin 1 postingan, kasian amat ya 🙂

    Thank’s utk artikelnya, mudah2an bisa saya terapkan ilmunya.. Salam

    Suka

  23. Terima kasih Banyak karena telah berbagi …
    Semangat lagi !!!

    Suka

  24. Indra Yudhawan

    Alhamdulillah, cukup membawa angin segar..

    pak, saya juga baru belajar nulis sebulan-dua bulan ini..

    tolong dikunjungi blog saya ya pak di

    http://indrayhe.wordpress.com, bagian ketegori tulisan saya

    kalau bisa dikomentari..kekurangan dan saran2 dari bapakk…sungguh sangat membantu..

    makasih pak..

    Suka

  25. Aslkm. Sya seorang guru,, ingin sekali menulis untuk kemajuan pendidikan..
    bagaimana ya meng awalinya. terimakasih

    Suka

  26. Ping-balik: Dulu Produktif Menulis, tapi Kini Tak Pernah Lagi | PenulisLepas.com

  27. Ping-balik: Perlukah Mengirim Tulisan ke Media yang Honornya Kecil? | PenulisLepas.com

  28. Tulisannya sederhana tapi efeknya TIDAK sederhana, Duahsyat. Thank Mas Jonru.

    Suka

  29. wah… saya bikin blog memang untuk latihan menuliis! saya sengeng banget pas baca artikel ini karena saya sudah punya blog! hehehe
    terimakasih Pak atikel mantapnya!!^^

    Suka

  30. Luar Biasa.
    Semua yang ditulis disini sangat mencerahkan pemikiran saya tentang menulis.
    Saya berusia 14 tahun dan saya masih merupakan “bayi” dalam hal menulis.
    Namun setelah membaca berbagai artikel yang sangat luar biasa ini,saya berharap akan segera menjadi “Dewasa” dalam menulis.
    tapi saya ingin menanyakan satu hal,
    apakah anda bersedia membantu saya dalam menulis?selain menggunakan artikel-artikel yang telah anda tulis tentunya.
    Saya sangat berterima kasih jika anda bersedia.
    Namun jika anda tidak bersedia tidak masalah 😀

    Salam

    Suka

  31. terima kasih pak jonru.
    Saya sendiri penulis. dan tulisan anda ibaratnya power charge bagi saya untuk terus berusaha menulis lebih baik

    Suka

  32. Tulisan yg menarik pak,
    Saya pun sudah 3 tahun tidak menulis artikel di blog, tulisan bapak di atas sangat memberi motivasi untuk kembali menulis.. Makasih pak.. 🙂

    Suka

  33. Salam.
    Betul banget pak, saya pribadi baru hampir satu bulan tidak menulis di blog, rasanya begitu berat untuk memulai lagi, bagaimana kalau sampai 3 bulan atau bertahun-tahun, mungkin begitulah kalau baru belajar nulis lantas virus malas muncul lagi, maka akan susah untuk memulai lagi, beda mungkin dengan pak Jonru atau penulis yang sudah terbentuk writing sistem dalam pikiran dan jiwanya, berapa lamapun vakum, bisa kembali bangkit dengan stamina dan kemampuan menulis yang sama ketika belum vakum.
    Salam.

    Suka

  34. terimakasih om, akhirnya,yg saya cari ketemu juga di blog ini. Sudah 1 bulan saya berhenti menulis cerpen,krna males. dan sekarang sya coba lagi untuk merevisi cerpen yg saya tulis. tpi,malas. namun tulisan ini sangat membantu. kembali semangat lagi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s