(Lagi-lagi) Soal pertukaran link


Secara khusus, saya pernah mengutarakan pendapat bahwa minta ijin nge-link itu tidak perlu. Kini setelah membaca tulisan Mas Pri soal kebijakan pertukaran link/taut, saya merasa tergerak untuk membuat tulisan ini.

Awalnya, saya pun happy-happy saja ketika membuat kumpulan link di blog pribadi saya. Ketika masih ngeblog di http://www.jonru.com dan http://www.jonru.web.id, saya memanfaatkan blogrolling.com untuk tujuan ini.

Lantas ketika pindah ke Jonru.net, saya memanfaatkan fitur blogroll pada WordPress. Engine yang satu ini memungkinkan kita membuat kumpulan link dengan berbagai kategori.

Salah satu kategori yang saya buat adalah My Friends. Nah, di sinilah saya mengalami dilema. Situs/blog siapa saja yang harus saya masukkan ke dalam kategori ini?

Saya khawatir jika ada teman yang situsnya belum dimasukkan karena saya lupa atau gimana gitu, lantas dia berkecil hati, bahkan kecewa pada saya. Dia mungkin menganggap bahwa saya menyepelekan dia. Kan repot!

Akhirnya, saya menyiasatinya dengan membuat sistem random. Dengan cara ini, alamat blog teman-teman saya akan muncul secara random. Bagi siapa saja yang blognya tidak muncul, diharapkan dia berpikir, “O, mungkin alamat blog saya sedang tidak tampil.”

Walau cara ini tidak menjamin bisa menghilangkan kekecewaan semua teman saya, setidaknya ini – semoga – bisa mengeliminir masalah tersebut.

Namun, ketika WordPress melakukan upgrade ke versi terbaru, masalah baru pun muncul. Sistem random yang saya terapkan tiba-tiba tidak berfungsi. Akibatnya, SEMUA alamat blog yang terdapat pada kategori My Friends pun muncul di sidebar. Ketahuan deh… kalau banyak alamat blog yang belum dimasukkan 😦

Akhirnya, saya memutuskan untuk menghilangkan fitur blogroll dari tampilan blog saya. Selain karena alasan di atas, saya merasa tidak nyaman juga, karena fitur ini membuat tampilan blog saya menjadi sangat memanjang ke bawah. Lima puluh persen lebih isi sidebar adalah alamat situs/blog. Ini tentu tidak menarik dari segi desain.

Setelah membaca tulisan Mas Pri soal pertukaran link, saya tiba-tiba sadar bahwa memang kurang tepat juga jika kita menempatkan alamat blog/situs siapa saja pada blog kita, hanya demi alasan “balas budi”, hanya karena si dia telah berbaik hati nge-link blog kita. Seharusnya, kita mengutamakan untuk menampilkan link yang berkaitan dengan tema situs/blog kita, atau link yang benar-benar berkualitas.

Alhamdulillah, saya telah menerapkan konsep ini pada situs www.belajarmenulis.com. Sesuai tema situs ini, saya menampilkan alamat blog sejumlah penulis terkenal, plus situs-situs seputar penulisan.

Memang, ada dua situs “nonpenulisan” yang muncul di sana. Saya akan menjelaskan alasannya:

  1. Situs Internet for Beginner. Alasannya: Ini adalah situs buatan saya juga, tujuannya untuk promosi.
  2. Situs Free Software. Niatnya sebagai balas budi terhadap seorang teman saya yang telah amat rajin nge-link semua situs buatan saya pada blognya. Dia telah lama mengajak saya tukaran link, tapi saya masih bingung di mana harus menaruh link dia. Akhirnya, saya taruh saja di BelajarMenulis.com, karena hanya di sinilah yang paling memungkinkan (dari semua yang tidak mungkin, hehehe….).

Di situs PenulisLepas.com, saya menerapkan kiat yang berbeda. Terima kasih banyak buat Jeremy Albrecht, si penemu plugin Categorical Links Page. Script buatannya ini memungkinkan kita menempatkan kumpulan link pada satu halaman khusus. Maka, hasilnya pada PenulisLepas.com bisa dilihat di sini.

Akhir kata, secara umum saya sependapat dengan Mas Pri soal pertukaran link. Memang repot juga jika sidebar blog kita dipenuhi oleh kumpulan link. Cyape deh….

Saya juga lebih suka untuk memasukkan link tertentu karena saya memang suka, bukan karena diminta/disuruh oleh orang lain.

Maaf bila tidak berkenan.

NB:
Tulisan ini mungkin tidak terlalu relevan buat Multiply.com. Sebab di blog yang satu ini, kita tidak bisa mengakses sidebar. Memang Multiply punya fitur Links. Tapi ia tidak bisa muncul di setiap halaman. Ya, ini memang salah satu kekurangan Multiply.

Cilangkap, 27 Juni 2007
Jonru

Iklan

5 responses to “(Lagi-lagi) Soal pertukaran link

  1. kalau gitu siap2 websitenya kita saling link ok!
    makasih
    salam dari saya
    Arda Dinata
    http://www.miqra.blogspot.com

    Suka

  2. thanks mas arda
    salam kenal juga 🙂

    Suka

  3. Ping-balik: Jonru on the Web » Hore…!!! Link Muncul Lagi

  4. YAAA TUKERAN LINK KAN EMANG GA DI HARAMKAN DI DUNIA INI SO MENGAPA TIDAK aku az sering liat azblogku yang beralamat diii
    http:erfizboy.blogspot.com

    Suka

  5. Nice blog mas bro. i like this.:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s