Anne Ahira Diintip, Asian Brain Dilongok


Di luar dugaan, tulisan saya seputar Anne Ahira mendapat tanggapan luar biasa. Bahkan tulisan ini memecahkan rekor di PenulisLepas.com, sebagai tulisan yang paling banyak dikunjungi. Biasanya, satu tulisan rata-rata diklik maksimal 65 perhari. Tapi coba lihat gambar berikut ini. Saya benar-benar kaget!.

 

Klik tulisan tentang Anne Ahira di PenulisLepas.com

Setelah tulisan saya dimuat, ada beberapa teman yang membuat “tulisan tandingan”. Berikut beberapa di antaranya:

Setelah melakukan berbagai pertimbangan – termasuk bertanya-tanya pada orang-orang yang pro maupun kontra, saya akhirnya bergabung dengan AsianBrain tanggal 1 Agustus 2007 lalu.

Memang, ini bukan keputusan yang instan. Saya ingin agar keputusan ini bukan karena emosi sesaat. Lagipula, Anne Ahira adalah sosok yang penuh kontroversi. Karena itu, sebelum bergabung saya ingin memastikan dulu, apakah pilihan saya ini tepat? Apakah saya siap menghadapi reaksi orang-orang yang antipati terhadap Anne Ahira?

Saya pun mencoba memasang sebuah topik di forum Adsense-id, berjudul “Bertemu Anne Ahira”. Dan ternyata, respons yang muncul sangat luar biasa. Banyak yang bernada negatif, tapi yang bernada positif pun tidak sedikit.

Saya gembira, karena dari semua yang bernada negatif tersebut, hampir tak ada di antaranya yang bisa mempengaruhi saya. Sebab semua argumen mereka dapat “disanggah” dengan argumen yang lebih kuat.

Bila dirangkum, pendapat teman-teman yang antipati tersebut sebenarnya hanya bermuara pada empat persoalan berikut:

Argumen: Mereka cuma menjual mimpi yang enggak jelas.

Sanggahan: Coba lihat di situs AsianBrain.com. Baca dengan teliti, dengan pikiran jernih, dan hilangkan semua prasangka. Semua info yang tertulis di sana sangat jelas dan detil. Apa lagi yang kurang?

Argumen: Asian Brain tak lebih dari sebuah PENIPUAN. Tak ada barang yang benar-benar dijual. Setelah jadi korban, kita dipaksa untuk mencari downline atau korban kita berikutnya.

Sanggahan: Bicara tentang “barang”, apakah SEKOLAH internet marketing yang bernama asianbrain itu apakah itu bukan BARANG?

Jadi kalau dikatakan tidak ada barang yang dijual, sebenarnya kurang tepat juga.

“Barang” yang kita “jual” di asian brain adalah asian brain itu sendiri. Istilahnya adalah AFILIASI.

AFILIASI bukan MLM, karena hanya satu tingkat, dan tak ada target apapun. Lagipula, ini tidak wajib. Kalau kita tak mau mengikuti program Afiliasi Asian Brain, juga tak apa-apa. Tak ada yang melarang atau memaksa.

Kalau tak mau berurusan dengan afiliasi, kita cukup fokus dalam menjalankan bisnis online, mempraktekkan hal-hal yang kita pelajarai lewat sekolah asianbrain. Insya Allah, lewat jalur ini pun banyak peluang yang bisa kita dapatkan.

Jadi, di mana letak penipuannya?

Argumen: Tulisan Priyadi dan Enda Nasution sudah menjadi gambaran yang sangat jelas mengenai bisnis Anne Ahira.

Sanggahan: Kedua tulisan itu sudah basi.

Argumen: Kita bisa belajar internet marketing secara gratis. Sumbernya di internet sangat banyak. Buat apa ikutan AB yang berbayar? Rp 200.000 perbulan pula. Mahal banget!

Sanggahan: Memang banyak yang gratis. Tapi yang berbayar biasanya profesional. Pasti ada kelebihan layanan berbayar ketimbang yang gratisan. Kalau gratisan, kita tak akan bisa marah jika si guru absen memberi pelajaran selama berminggu-minggu. Kalau gratisan, kita seperti masuk ke hutan belantara yang sangat asing, tak punya panduan, dan tak tahu harus ke mana.

Sedangkan kalau berbayar, ada hak dan kewajiban yang jelas. Kita akan mendapat panduan yang jelas dan terarah. Lagipula, gurunya adalah Anne Ahira, seorang internet marketer kelas dunia.

Selain itu – dari yang saya ketahui, sebagai siswa Asian Brain kita akan mendapat banyak peluang, hak khusus untuk mengakses sumber-sumber terpercaya di internet, yang tidak bisa kita dapatkan bila bergabung di “sekolah gratisan”.

Keunggulan lain: AsianBrain merupakan satu-satunya sumber belajar internet marketing yang berbahasa Indonesia. Sebagian besar sih berbahasa Inggris. Jadi, bagi Anda yang belum terlalu bisa berbahasa Inggris, tentu Asian Brain tentu punya nilai lebih yang tak dapat disangkal.

* * *

Dari ceramah Anne Ahira, juga dari “ruang kelas” AsianBrain, saya mendapatkan banyak informasi berharga seputar mojang bandung yang legendaris ini, juga soal “the real AsianBrain”.

Berikut saya paparkan dengan jelas.

Dari Ceramah Anne Ahira (AA)

Penjelasan AA tentang kiat dan strategi internet marketing sangat masuk akal. Ia membeberkan enam langkah yang harus kita lakukan sebelum terjun sebagai internet marketer:

  1. Menemukan ide yang unik.
  2. Survey lapangan.
  3. Kumpulkan konten.
  4. Cari program afiliasi.
  5. Membangun situs
  6. Mempromosikan situs.

Walau yang saya tulis di atas hanya berupa poin-poin, saya yakin Anda setuju bahwa enam langkah di atas merupakan langkah-langkah yang sangat wajar, tak ada yang aneh atau berbau tipu-tipuan. Terlebih, Anne Ahira juga menegaskan beberapa hal:

  1. Jika ingin berbisnis apapun, tidak hanya bisnis online, mulailah dari hobi Anda, karena anda akan sangat menyukai dan mengusainya.
  2. Jangan berpromosi secara tidak etis, seperti melakukan spam.
  3. Di luar dugaan, Anne Ahira justru tidak setuju jika kita beriklan lewat milis. Katanya, itu tidak etis dan kita seperti berjualan di rumah orang lain.

Yang tak kalah mengejutkan, saya mendapat kesempatan berharga untuk mengetahui beberapa “rahasia pribadi” Anne Ahira yang benar-benar di luar dugaan saya:

  1. Ternyata dia beragama Islam.
  2. Ternyata dia orang Sunda asli, bukan orang Jepang atau Tionghoa, seperti yang dikira oleh banyak orang. Nama Ahira diberikan oleh ibunya, karena beliau berharap Anne Ahira akan menjadi anak yang terakhir (ada sebuah cerita sedih di balik pemberian nama ini).
  3. Ternyata Anne Ahira sudah bertekad untuk menggratiskan semua seminar-seminarnya. Kalaupun peserta harus bayar, itu adalah untuk membayar sewa gedung, konsumsi, dan seterusnya.
  4. Ternyata Anne Ahira sangat cinta Indonesia. Dia bertekad untuk menggratiskan seminar-seminarnya untuk orang Indonesia. Tapi untuk orang luar negeri, dia menerapkan tarif yang tinggi.
  5. Dia berulang kali berkata, “Jangan remehkan pasar Indonesia. Selama ini sebagian besar target market saya di internet adalah orang Indonesia. Dan anda sudah melihat buktinya, kan?” ujarnya.
  6. Dia punya idealisme untuk menularkan virus internet marketing di Indonesia. “Selama ini, kita hanya menggunakan internet sebagai user. Saatnya kita menggunakan internet sebagai marketer,” ujarnya. Sebagai implementasinya, Anne Ahira berencana merilis sebuah CD tentang internet marketing, dan boleh dibajak oleh siapa saja.
  7. Menurutnya, internet marketing merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia di pasar internasional. “Jika selama ini kita menjadi konsumen dari produk-produk asing, mulai sekarang kita harus bisa menjadi produsen untuk masyarakat internasional,” ujarnya.

Anne Ahira tak lupa menceritakan sebuah pengalamannya yang – menurut saya – cukup unik.

Dulu, dia sangat prihatin melihat warga asing di Indonesia yang digaji sangat tinggi. Dia pernah bertanya pada seorang pekerja Amerika, “Kenapa gaji kamu tinggi banget?”

Dengan santainya si bule menjawab, “Because I am an American.”

Jawaban ini membuat Anne Ahira merasa jengkel bukan main.

Lantas ketika sudah sukses menjadi milyuner, suatu ketika dia berkesempatan berbicara di depan warga Amerika di USA sana. Para hadirin sangat kaget ketika mengetahui betapa besarnya penghasilan Anne Ahira.

“How come?” ujar mereka dengan penuh keheranan.

“Because I am an Indonesian,” sahut Anne Ahira dengan santai. Sepertinya dia sedang “balas dendam” terhadap bule yang sempat membuatnya jengkel.

* * *

Dari “Ruang Kelas” Asian Brain

Berikut adalah beberapa panduan yang harus ditaati oleh siswa yang hendak menjual AB via program afiliasi (*).

  • Affiliate dilarang melakukan promosi yang menggunakan istilah-istilah yang mengarah pada persepsi “Bisnis Cepat Kaya” atau semacamnya.

  • Dalam melakukan promosi Affiliate dilarang melakukannya pada website yang bersifat pornografi, mengandung unsur SARA, illegal serta website-website yang bisa memberikan citra negatif pada Asian Brain IMC.

  • DILARANG MELAKUKAN SPAMMING, DILARANG MELAKUKAN SPAMMING, DILARANG MELAKUKAN SPAMMING. Dalam melakukan promosi melalui email dilarang keras melakukan spamming.

  • Dalam melakukan promosi melalui email, Affiliate wajib menyertakan informasi diri yang jelas dan benar pada email tersebut, sehingga penerima email dapat mengetahui dengan pasti siapa pengirimnya.

  • Dalam melakukan promosi, Affiliate dilarang mengirim email promosi ke milis-milis tanpa persetujuan moderator milis, karena termasuk kategori spamming.

  • Dalam melakukan promosi Affiliate dilarang melakukan harvesting dan mengirim email promosi pada email yang diperoleh melalui harversting.

  • Dalam melakukan promosi sangat disarankan untuk tidak menggunakan jasa safelist dan sejenisnya, karena beresiko tinggi terkena tuduhan spamming.

  • Jika Asian Brain IMC mendapat laporan atau menemukan langsung Affiliate melakukan tindakan spamming, maka Asian Brain berhak untuk meminta informasi dari Affiliate yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa Affiliate tidak melakukan spamming.

(*) Perlu diketahui, program afiliasi ini hanya optional, boleh dimanfaatkan dan boleh tidak. Inti dari AsianBrain adalah SEKOLAH internet marketing.

* * *

Nah, dengan fakta-fakta di atas, akhirnya saya merasa tak punya alasan lagi untuk tidak bergabung dengan Asian Brain.

Apalagi bagi seorang penulis, saya kira AsianBrain adalah sarana tepat untuk mengembangkan wirausaha di bidang penulisan.

Cilangkap, 4 Agustus 2007

Jonru

======

Nah, kalau teman-teman juga berminat, coba baca info lebih lanjut mengenai AsianBrain DI SINI 🙂

Thanks ya…

Maaf bila mengganggu

Jonriah Ukur – Jonru

Artikel Terkait:
Anne Ahira, Sebuah Paradoks di Tahun 2007

 

Iklan

26 responses to “Anne Ahira Diintip, Asian Brain Dilongok

  1. Mas Jonru, setelah menulis kemaren itu, aku terus broadcast email ke subscriber di newsletter2 ku, ga disangka banyak sekali email yang menanggapi. Sukses selalu untuk mas Jonru.. ditunggu kehadirannya di forum AB..

    Suka

  2. saya jadi melongok lagi ke situsnya Anne Ahira, ups, Asian Brain. lebih bagus dari dulu waktu dia masih dihina2 karena dibilang ngespam. tidak lagi terlalu banyak warna-warni dan tulisan besar-besar sehingga berkesan tidak professional, bikin ilfil. kalau dia memang internet marketer, maka saya rasa halaman depan penawarannya mestinya lebih baik.
    sekarang jauh lebih baik 🙂 tapi saya tetap belum tertarik bergabung.

    Suka

  3. kalau anne ahira bikin sekolah marketing online. om jonru bikin sekolah menulis online. sep, semoga sukses selalu 🙂

    Suka

  4. nih bang jonru jadi naksir ma mbak anne? saya sendiri bingung mo ngapain nyari-nyari artikel tentang mbak anne, kesimpulan saya sih, dulu mbak anne bener – bener ” terjerumus ” dan sekarang “memperbaiki” masa lalunya ? wah kok tanda tanya sih, brarti bukan kesimpulan yah ?;))( koreksi kalo salah, saya juga seorang “pemimpi ” cepat kaya tanpa acara tipu menipu.

    Suka

  5. Ping-balik: Anne Ahira Ternyata Cinta Indonesia | Jonru on the Web

  6. It could be essential to accomplish a greatest quality thesis when people study at the high school. Hence, your nice data referring to this topic is a perfect example for the thesis sample creators.

    Suka

  7. lebih bagus dari dulu waktu dia masih dihina2 karena dibilang ngespam. tidak lagi terlalu banyak warna-warni dan tulisan besar-besar sehingga berkesan tidak professional, bikin ilfil. kalau dia memang internet marketer, maka saya rasa halaman depan penawarannya mestinya lebih baik.

    Suka

  8. Anda menulis “rahasia pribadi” Anne Ahira yang benar-benar di luar dugaan anda, dan anda menulis untuk no 1 adalah:
    1. Ternyata dia beragama Islam.
    kok saya merasa kurang sreg ya dengan tulisan Anda pada bagaian itu, maaf saya disini mengatakan kurang sreg tidak menjelaskan apa yang saya rasakan.

    Suka

  9. @blog penghasil uang: Anda merasa tidak sreg, tapi tidak mau menjelaskan kenapa anda tidak sreg tersebut.

    Saya kira, Anda merasa tidak sreg tersebut lebih dikarenakan Anda punya prasangka tersendiri terhadap kalimat saya. Padahal prasangka biasanya tidak selalu benar.

    Apa salahnya bila kita merasa “gembira” ketika mengetahui bahwa seseorang itu ternyata “satu golongan” dengan kita? Bila anda berada di luar negeri yang penduduknya beda agama dengan anda, lalu suatu ketika anda bertemu dengan seseorang yang satu agama dengan anda, tentu anda merasa senang bukan?

    Terima kasih dan salam sukses!

    Suka

  10. Ping-balik: Tentang Anne Ahira | Murid Anne Ahira

  11. Artikelnya menarik mas Jonru, terima kasih ya….., ini jadi bahan masukkan dan inspirasi untuk saya, sukses untuk mas Jonru.

    Suka

  12. wah.. temen sy nge fans sm pak jonru nih..

    gini..

    dulu gw ikut AB sebulan saja. tp gak sy lanjutin. krn ilmu nya msh dikit banget.

    sy belajar IM secara bebas, gratis dan mandiri sebulan sdh dpt banyak banget.

    bahkan sy sdh terdaftar adsense, parked, dan alhamdulillah cukup sukses.

    dan kebetulan ada temen saya yg ikut AB sdh 6 bulan malah baru di ajarin parked.
    alhasil, dia ikut account parked saya. (nebeng).

    kshan aj di AB ilmunya dikit2

    Suka

  13. saya bukan tidak tertarik dengan karya ane ahira tapi yang briliant itu tapi ko mahal banget, kalau pertamanya gratis saya mau dan kalau berhasil saya mau disetorkan sebanyak 10% dari penghasilan saya tiap bulannya, sekarang saya baru saja dimiskinkan oleh orang lain sehingga saya bangkrut.

    Suka

  14. Salam kenal Pak… Saya cukup tertarik dengan Asian Brain, tp msh nyoba yg gratis dulu. Tp kapan2 pgn nyoba 1bln pertama seperti apa sey materinya. klo saya boleh bertanya… Ilmu di bulan pertama berbobot gak yach pak? maklum masih pemula… Mksh pak…

    Suka

    • @Chaca: Materi bulan pertama berisi panduan paling mendasar untuk melakukan bisnis online, seperti bagaimana melakukan survey untuk mencari ide bisnis yang tepat, dan seterusnya.

      Suka

  15. Banyak pro dan kontra mengenai Ane Ahira. Tapi masa sih dari ribuan murid Ane Ahira tidak ada satu pun yg mau membagikan ilmu yg dia dapat secara gratis?? Jadi saya berpikir jangan-jangan para murid Ane Ahira mencari keuntungan hanya dari menjual e-book lagi dan lagi dan seterusnya. Ini kok sepertinya jualan barang fiktif ya? Beli e-book bukan utk dipraktekkan isinya, tapi untuk dijual lagi. Bahkan dia tidak peduli dengan isi e-book tsb. ini apa gak fiktif?

    Saya pikir inilah akibat kalao jualan apapun dengan mengadopsi sistem MLM. Karena MLM sudah disalah artikan oleh anggotanya sendiri. Bagi saya MLM sah-sah aja. Sistem MLM menjadi “rusak” ketika di dalam MLM tsb memungkinkan anggota mendapat komisi dari hasil kerja orang-orang yg di bawah (bonus/komisi jaringan). Sehingga banyak member yg hanya fokus pada komisi jaringan tsb tanpa mau sibuk bekerja (menjual barang). Tapi ya memang sistem begini yg membuat penjualan produk semakin meroket, meskipun kadang transaksinya tidak real seperti proses jual beli secara konvensional, jual-beli berdasar kebutuhan.

    Dan ternyata da sebagian murid Ane Ahira yg merasa kecewa karena Ane Ahira menggratiskan di awal bulan keanggotaan, sehingga tidak ada pemasukan dari anggota baru.

    Kalau memang masuk menjadi member di ABnya Ane Ahira utk mencari/membeli ilmu, ya gak usah mikir bonus jaringan. Tapi menjadi salah kaprah seperti pada kasus MLM, yg jadi member hanya utk ngejar point (bonus jaringan).

    Mungkin ada baiknya Ane Ahira atau Joko Susilo atau yg lain tak perlu mengadopsi sistem MLM. Jualan e-book ya jualan aja. Masyarakat yg mau beli ya beli aja, beli ilmunya, bukan cuma ngejar bonus dari down-line. Bahwa sekarang katanya mau digratiskan ya syukur, agar masyarakat Indonesia jadi pinter.

    Suka

  16. ketika aku coba menjadi member gratis banyak hal yang ingi aku tau, semakin ku baaca dan kudengar audionya semakin aku penasaran seperti apa sih, dunia internet marketing itu ? ternyata dari isinya cukup jelas dan mudah dipahami sebab baru dasar dasanya saja. tapi kalau siapapun mau berpikir…sesuatu dengan dasar yang kuat pastilah sesuatu itu akan menjadi strong dan tangguh, sebuah motivasi motivasi yang membangkitkan semangat dan kepercayaan diri merpakan hal yang sangat pundamental. asumsinnya sebuah pohon yang tinggi dan besar tampa memiliki akar yang kuat, pastilah akan mudah jatuh dan roboh, sebuah banungunan yang megah dan mewah tampa pundamen beton yang kuat akan mudah ambruk walau sedikit digoyang gempa. begitu pula bila ingin menjadi internet marketer yang besar dan sukses mendulang ribuan dolar, hal yang pertama adalah memperkuat pondamental diri yang kuat dulu ! sebelum berselancar dilautan dunia maya alias internet. seorang petualang ulung yang hebatpun memerlukan persiapan bertahun tahun sebagai bekal pengetahuan yang sangat diperlukan untuk ekspedisinya !!begitu pula bagi seorang internet marketer sangat sangat perlu suatu pondasi yang kuat bin strong,,you stuja bang !!

    Suka

  17. Tulisan yang sangat menarik om 🙂 kebanyakan orang menilai hanya berdasarkan prasangka saja, katanya..katanya dan katanya….langkah yang dilakukan om jonru sangat tepat, “melihat lebih dekat” tabayyun dalam islam…

    Suka

  18. Suatu hari saya berpikir tentang penghasilan pasca pensiun, sebuah pasive income. Sebagai wartawan rasanya bila umur sudah 55 thn pingin juga istirahat, biar yg muda2 melanjutkan usaha yg sudah kami rintis 10 thn lalu.
    Cari2 di internet usaha apa ya yg bisa memberi pasive income “nyaman dan barokah”? Tidak tahu klik2 lalu nyasar ke usaha budidaya tanam pohon jabon. Alhamdulillah. Cari2 lagi dan nyasar ke asian brain internet marketing. Alhamdulillah, ya ikut saja sekolah on line baru masuk 1 minggu.
    Pro kontra hal biasa tergantung hati kita menyikapi. Namun tetap terimakasih kpd yg kontra dan yg pro, bisa menambah wawasan dan masukan dalam ambil keputusan.
    Salam dahsyat bagi mereka yg berani ambil action
    Wassalam
    sudjono af

    Suka

  19. Semua orang punya argumen dan persepsi sendiri. Kita harus hargai itu. Karena menyangkut hak kebebasan berpendapat. Namun kita juga tdk boleh bersikap apriori dulu,apalagi bagi pihak yang dengan ikhtikad baik memberikan sumbangsih bagi kemandirian bangsa ini…. Bravo!! 😀

    Suka

  20. wah ternyata banyak juga yang pro tentang ahira, saya jdi semngat lagi……

    Suka

  21. ok mas , ikut dech.

    Suka

  22. Mudah2an pilihanku tepat untuk bergabung dengan AsianBrain

    Suka

  23. Mas kalau mau ikut program afiliasinya apa harus jadi anggota terlebih dahulu? Thanks 🙂

    Suka

  24. 🙂 ternyata artikelnya om jonru masih hot saja, intinya “don’t judge a book by its cover”, salam kenal ya om 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s