Ayo Ramai-ramai Menghina Hantu!


Seharusnya kita tidak perlu takut pada hantu!

Seharusnya pula: Film-film horor – yang mendominasi industri film kita saat ini – tidak laku di pasaran. Sebab hampir semua film-film seperti itu hanya menakut-nakuti penonton. Tak ada pesan moral yang jelas, tak ada misi dan visi yang jelas, kecuali misi untuk mengeruk laba sebanyak-banyaknya dari rasa takut penonton.

Satu hal yang SANGAT SALAH KAPRAH dari film-film horor (termasuk dari novel-novel dan cerpen-cerpen honor) adalah adanya kepercayaan bahwa hantu adalah makhluk yang sangat superior, jauh lebih hebat dari manusia. Hantu selalu digambarkan sebagai makhluk yang menakutkan. Bila mereka sudah beraksi, tak ada yang dapat dilakukan oleh manusia selalu berteriak dengan kencang, berlari ketakutan, lalu mati secara mengenaskan. Intinya, manusia sama sekali tak berdaya, tak kuasa melawan hantu atau jin dan sebangsanya.

Benarkah demikian? Jawabannya: TIDAK!

Bagi Anda yang beragama Islam, cobalah kaji Al Quran lebih mendalam. Anda akan mengetahui dua fakta berikut:

1. Jin atau hantu dan sebangsanya adalah makhluk yang jauh lebih rendah dari manusia. Mereka adalah mahkluk hina, jadi sama sekali tak ada alasan bagi kita untuk takut atau hormat pada mereka. Bahkan, kita boleh menghina mereka, menyepelekan mereka, berkata dengan lantang, “Seharusnya lu yang takut sama gue!!!”

2. Siapa bilang manusia tak berdaya jika berhadapan dengan “keganasan” hantu? Di Al Quran sudah jelas disebutkan, bahwa setiap kali jin atau setan atau hantu mendengar ayat-ayat Al Quran dilantunkan, maka mereka akan ketakutan dan lari terbirit-birit. Jadi setiap kali Anda diganggu jin, cobalah baca Al Quran. Insya Allah mereka tak akan berdaya.

==========

Memang, sejak kecil kita dididik untuk takut pada hantu. Ini adalah contoh pendidikan yang salah sebenarnya. Tapi karena sudah terjadi, ya mau apa lagi? Tak ada yang bisa kita lakukan selain mencari cara untuk mengatasinya.

Terus terang, sampai saat ini saya pun masih suka terpengaruh oleh hasil didikan masa lalu tersebut. Sesekali saya masih suka takut jika berada di rumah sendirian, atau ketika lewat di jalan yang gelap di malam hari.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa mengatasi rasa takut tersebut. Sejak beberapa tahun lalu, saya mencoba menerapkan “kiat agar tidak takut pada hantu”, dan alhamdulillah ini lumayan berhasil.

Anda ingin mencoba? Silahkan disimak:

1. Yang pertama kali harus kita lakukan adalah membangun sebuah keyakinan di dalam pikiran kita bahwa jin/hantu/setan itu adalah makhluk yang sangat hina. Buat apa kita takut pada makhluk yang hina? Cobalah tanamkan kepercayaan ini kuat-kuat di hati dan pikiran Anda.

2. Setiap kali rasa takut itu muncul, berkatalah di dalam hati, “Aku tidak takut! Aku tak akan takut padamu, hai makhluk hina!” Ucapkanlah itu berulang-ulang. Jika perlu, ejek dan ledek saja si hantu itu. Hina saja mereka.

3. Jangan lupa, rajin-rajinlah mengaji. Sebab hantu/jin/setan itu sangat takut pada ayat-ayat Al Quran.

4. Tanamkan kepercayaan dan keyakinan yang kuat di hati kamu, bahwa yang patut ditakuti hanyalah Allah. Tiada yang lain selain DIA.

* * *

Mari saya beritahu sebuah rahasia:

Kamu mungkin pernah bertemu dengan orang asing yang penampilannya sangat berwibawa, keren, perlente, hebat, canggih, dan seterusnya. Ketika berhadapan dengan dia untuk pertama kalinya, kamu mungkin minder, bahkan takut. Tapi setelah berkenalan, ternyata dia sangat ramah. Ternyata, justru dialah yang minder terhadap kamu.

Setelah mengetahui fakta ini, kamu pasti lebih percaya diri di depan dia. Bahkan bila kamu adalah orang sombong, mungkin kamu mulai menyepelekan dia.

Nah, hal seperti ini jugalah yang terjadi antara manusia dengan jin/hantu/setan. Inilah rahasia itu:

Sebenarnya hantu juga takut pada manusia. Tapi karena kita juga takut pada mereka, maka rasa percaya diri mereka muncul. Mereka menjadi sangat berani terhadap manusia. Dan karena hantu/jin/setan itu pada dasarnya adalah makhluk yang licik dan penuh tipu daya, maka mereka pun melakukan berbagai macam cara agar manusia semakin takut pada mereka.

Jadi jika sampai saat ini kamu masih takut pada hantu, berarti para makhluk hina itu telah berhasil memperdaya kamu. Hihihihi… kasihan deh lu! Mau-maunya makhluk yang sangat mulia seperti kamu, diperdaya oleh makhluk yang sangat hina dina, bahkan mereka sudah dijamin PASTI masuk neraka. Sementara kamu masih punya banyak kemungkinan untuk masuk surga.

Karena itu, AYO!

Mari berhenti takut pada hantu, jin, setan, dan teman-temannya.

Dan berhentilah menonton film horor yang sangat tidak mendidik itu.

Cilangkap, 14 Agustus 2007

Jonru

NB:
Walau ditulis dengan bahasa yang se-universal mungkin, artikel ini lebih cocok buat kaum muslim. Jadi buat teman-teman nonmuslim, mohon bantuannya untuk tidak mendebat, karena ini menyangkut masalah kepercayaan. Terima kasih.

 

Iklan

16 responses to “Ayo Ramai-ramai Menghina Hantu!

  1. eh bukannya kalau kita makin lawan setan makin marah kemarin gw pernah sekali gara gara gw takut gw bilang gini eh lo tuh jangan gangguin gw babi lo tapi tiba tiba aku lihat bayangan kayak ada orang berdiri di belakang gw padahal pas pas an di belakang gw ada patung buddha , buddha maitreya 2,poster dewi kwan yin di seluruh bagian sama patung dewi kwan yin 2 yang 1 yang paling besar dan yang satu lagi yang kecil

    Suka

  2. @mea..
    sayangnya nggak ada LUCKY LUCK..itu loh tokoh koboy kartun yang terkenal “Penembak lebih cepat dari bayangan”..pasti para hantu dan jinnya nggak berani muncul walaupun hanya sekedar bayangan. Coba deh kamu cari juga poster Lucky Luck

    Suka

  3. Meskipun kita mahkluk paling sempurna , tapi sebaiknya kita jangan hina mereka. Karena kita sama-sama mahkluk Allah SWT yang hidup berdampingan diDunia ini. Tapi prinsipnya , kalau mereka gangguin kita . Kita juga harus lawan, jangannya lari ketakutan…………

    Suka

  4. Ping-balik: Hantu ????? « Welcome to Ambalan Maesa

  5. saya selama ini sangat membenci hantu. apalagi mendengar kisah cerita tentang hantu yg meminta tumbal segala. rasanya hantu itu ingin saya TANGKAP,INJAK’,DAN MENGIRIMNYA KE NERAKA!!!
    dan kadang saya ingin berburu hantu’ itu! tapi kadang saya masih merasa takut.. terima kasih atas tulisannya! semoga saya tidak takut lagi.

    Suka

  6. hantu itu appa sii ??

    Suka

  7. purbaningsih

    hm….

    oke, saya setuju dengan kita tidak boleh takut hantu
    dan bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna

    namun bukankan itu semakin menegaskan
    bahwa makhluk yang sempurna tidak seharusnya menghina makhluk yang tidak sempurna?

    PS: kalau bertemu makhluk lain dunia, tersenyumlah
    🙂 karena selama ini yang ketemu mereka pasti lari ketakutaan gara-gara rupa yang mereka tampakkan…
    tapi bukan maunya dia rupanya seperti itu kan?

    Peace

    Suka

  8. jazakallah,,
    tulisan ini bnr2 bgus & logis,,
    bnyak masukan berarti,
    memang sayang, koq isi tv n pflman skrg makin marak horor2nya, laku keras lagi, pdahal harusnya dgn kgatan mnntn itu bs mdidik qt, ato plg g bs mjdi slh stu bhan renungan dgn berbagai psn moralnya, nyatanya?
    bnr2 miris,
    yg plg kasihan kn anak2 yg jadinya sejak kecil sudah d tipu n d takuti mentah2 dgn brbagai pmbohongan massal spt itu,
    yah, buat para ortu, baik2lah mjaga anak2nya, spy jgn ikt tbodohi,
    jgn isi kpla mreka dgn kekosongan belaka…
    n_n

    Suka

  9. Terima kasih ! Ngak di sangka dari iseng-iseng merespon FBnya Bpk Jonru – tentang Hantu Michael Jackson, yang sempat heboh walaupun saya sendiri tidak melihat tayangannya di TV.
    Ternyata di tangan Bpk Jonru bisa menjadi suatu artikel yang menarik !

    Dan yang terpenting lagi adalah kita belajar untuk membenarkan dan meluruskan kesalahan pengajaran yang telah lama ditanamkan oleh orang tua kita, ataupun oleh lingkungan kita, karena kurangnya pengetahuan mereka akan kebenaran dari Firman Allah.

    Sebagai contoh pengajaran yang salah adalah ayo pulang jangan main malam-malam (ayo masuk sudah azan) nanti ada setan.
    Dan banyak film, bacaan, maupun sinetron yang mengambarkan manusia sangat takut kepada setan, seharusnya setan atau hantu takut kepada manusia.

    Seperti yang Bpk Jonru katakan hantu/setan menjadi berani saat kita takut kepada dia, ini ngak ada bedanya seperti seorang preman yang mencoba memalak Anda, ketika dia melihat kita takut, maka dia semakin berani, berbeda keadaannya ketika Anda menunjukan sikap Anda berani maka dia akan berpikir kembali untuk memalak Anda, Apalagi kalau dia tahu Anda adalah aparat kepolisian, so pasti dia tambah takut.

    Demikian juga dengan Hantu ketika dia mengetahui bahwa Anda adalah Anak-anak Allah, karena kita diciptakan serupa / seturut gambar Allah. Dan makhluk cipataanNYA yang sempurna, maka hantu tidak berani macam-macam dengan Anda.

    Maju trus Bang Jonru ! Mari kita sebarkan kebenaran ini.

    Regards
    Weihongoei,com

    Suka

  10. Dan makhluk halus yg menyerupai manusia dan memberikan wasiat adalah nyata2 setan laknatullah,kadang dia menyerupai saudara atau teman. Coba baca awas di telanjangi setan,disana di jelaskan bagaimana upaya setan dan novel nakhobar. Setan atau iblis akan menyesatkan dgn langkah – langkahnya seperti di cantumkan dalam Alquran.
    Semoga kita saling mengingatkan.

    Suka

  11. kalau saya tetep aja takut walaupun banyak orang di dekat aku.

    Suka

  12. waduh saya takut sekali sama hantu.

    Suka

  13. syaitan dan jin jahat itu musuh yg nyata jadi siapa yg kasihan sesungguh dia itu telah drasuki syaitan karena dia langknat biadap, musuh yg nyata bagi manusia.

    Suka

  14. alhamdulillah, saya tak takut hantu..

    Suka

  15. saya boleh share ke akun saya ya…trims…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s