Internet Marketing – Pas Banget buat Penulis!


Kebanyakan penulis – berdasarkan pengamatan saya – memiliki pikiran yang nyaris sama:

  • Saya ingin tulisan saya dimuat di koran atau majalah.
  • Saya ingin menerbitkan buku.
  • Saya ingin menulis skenario sinetron/film.

Ya, memang tidak semua penulis seperti itu. Tapi kebanyakan mereka seperti itu 🙂

Salahkah itu?
Tentu saja tidak. Sebab ini bukan masalah benar atau salah. Setiap orang tentu bebas menentukan pilihan hidup mereka, bukan?

Nah, di era teknologi informasi ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Bagi penulis, ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan. Ada sejumlah layanan di internet yang sangat bagus untuk menunjang karir para penulis.

Dua di antaranya:

  1. Blog. Ini adalah media yang tepat untuk berlatih menulis, mengetes daya tarik tulisan-tulisan kita di mata para pembaca.
  2. Mailing list Penulisan. Di sini para penulis dapat berdiskusi seputar dunia penulisan, bersama para penulis lain. Kita bisa bertemu dengan penulis-penulis top, juga dengan para editor dari penerbit-penerbit ternama. Lewat milis penulisan, kita juga akan banyak mendapatkan informasi mengenai peluang-peluang berharga di dunia penulisan.

Internet memang surga yang sangat menyenangkan bagi para penulis.

Bicara soal surga, sebenarnya adalah satu SURGA lainnya yang selama ini belum banyak dilirik oleh para penulis. Apakah itu?

Ya, dari judul ini, Anda tentu sudah bisa menebak. Dia adalah INTERNET MARKETING.

Di Wikipedia, Internet Marketing – atau Pemasaran Internet dalam bahasa Indonesia – diuraikan dan didefinisikan sebagai berikut:

Pemasaran Internet atau e-pemasaran (Bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan scam alias menipu yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (search engine), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Semoga penjelasan di atas mudah dipahami, ya?

* * *

Kenapa internet marketing cocok banget buat penulis?

Dari definisi dan uraian di atas, Anda tentu bisa memahami bahwa ada beberapa bagian dari internet marketing yang membutuhkan keahlian menulis. Misalnya, pembuatan konten website, penulisan web copy untuk menjual produk/jasa tertentu lewat internet, pengelolaan email advertising, dan sebagainya.

Saya akan memberikan SALAH SATU gambaran saja.

Google Adsense adalah salah satu jenis layanan internet marketing (karena “salah satu”, berarti masih banyak yang lainnya). Lewat layanan ini, para pemilik dan pengelola website dapat mendapatkan penghasilan tambahan lewat iklan-iklan yang muncul di website mereka.

Bagaimana cara kerja Google Adsense?

Begini gambaran umumnya:

Setelah menjadi anggota Google Adsense, di website Anda akan muncul iklan-iklan yang relevan dengan konten website Anda. Misalnya, di website Anda ada tulisan tentang “Kiat memilih email gratisan”. Maka, iklan-iklan yang muncul biasanya seputar email gratis, layanan gratis di internet, dan sebagainya. Bila ada pengunjung yang mengklik iklan ini, maka Anda mendapat komisi dari Google Adsense.

Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka komisi Anda (dalam bentuk US Dolar) akan semakin banyak.

Nah, dari gambaran di atas, Anda tentu tahu bahwa “jumlah pengunjung” merupakan kunci utama kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis Google Adsense.

Bagaimana cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website saya?

Ada banyak cara. Namun cara yang paling dominan adalah dengan menyediakan konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung.

Siapakah yang menyediakan konten buat website saya?

Ya, tentu Anda sendiri selaku PENULIS dan pemilik situs tersebut.

Sebagai penulis, Anda tentu bisa membuat artikel sendiri, dan memuatnya di website Anda. Bila pembaca menyukainya, ini adalah salah satu modal untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website Anda (tentu saja, Anda juga perlu mempromosikan website Anda agar makin dikenal khalayak).

Sampai di sini Anda tentu sudah melihat benang merahnya, bukan?

Benar sekali! Keahlian menulis merupakan salah satu modal terpenting dalam upaya untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda. Bila Anda mengisi website Anda dengan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung, yakinlah bahwa para pengunjung akan mencintai website Anda. Website Anda akan semakin terkenal, dan pengunjungnya terus bertambah dari hari ke hari.

Jika pengunjung sudah banyak, tentu iklan-iklan di website Anda akan dilihat oleh lebih banyak orang. Kemungkinan iklan-iklan tersebut di-klik pun semakin besar. Dengan demikian, potensi penghasilan Anda dari Google Adsense pun semakin besar.

Intinya, keberhasilan website Anda ditentukan – antara lain – oleh KEAHLIAN MENULIS ANDA!

* * *

Google Adsense hanyalah SALAH SATU jenis layanan internet marketing. Masih banyak contoh lainnya.

Namun apapun itu, ada hal yang pasti: KEAHLIAN MENULIS merupakan salah satu modal utama bagi siapa saja yang ingin sukses menjalankan bisnis internet marketing.

Anda ingin membuat strategi promosi lewat email? Ingin mempromosikan produk tertentu lewat internet? Atau apapun? Semua akan lebih mudah bila Anda punya keahlian menulis yang memadai.

Karena itu, jika Anda memang PENULIS SEJATI, dan ingin mendapatkan banyak penghasilan dari internet, Anda sebenarnya hanya perlu SATU LANGKAH berikutnya:

Mulailah menjalankan bisnis internet marketing.

Tekunilah bisnis yang satu ini dengan sungguh-sungguh, sebab ini adalah salah satu peluang bagi para penulis untuk berwirausaha, untuk mendapatkan banyak rezeki dari internet.

Semoga bermanfaat

Jonru

Peluang bisnis di internet untuk penulis? Klik saja http://bisnis.penulislepas.com 🙂

Iklan

4 responses to “Internet Marketing – Pas Banget buat Penulis!

  1. Ping-balik: blogtda.com » Blog Archive » Internet Marketing - Pas Banget buat Penulis!

  2. Tidak ada sanggahan buat tulisan ini. 🙂

    Suka

  3. salam semuanya..bartsan saya join…saya ada pertanyaan nih:
    1. apa hub.belajarmenulis.com dengan penulislepas.com
    2. bagaimana caranya agar tulisan saya dimuat di belajarmenulis.com dan / atau penulislepas.com

    thanks.

    Halo Piet…

    1. keduanya didirikan oleh saya 🙂

    2. belajarmenulis.com hingga saat ini belum menerima tulisan dari luar, karena semuanya masih diisi oleh kalangan internal. Untuk penulislepas.com, ada kok penjelasan mengenai cara mengirim tulisan. Coba dibaca di situsnya ya…

    Suka

  4. mas jonru! knapa ya saya daftar di gogle ad sense gak dapat e-mail konfirmasi, apakah mereka punya pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk menerima/ menolak si pendaftar untuk ikut mempromosikan? mohon penjelasannya!

    sebelumnya saya ucapkan trimakasih,

    satriagemini.blogspot.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s