Internet marketing dan janji kaya mendadak dalam sekejap


Salah seorang blogger yang saya kagumi adalah pak Ikhlasul Amal . Selain baik hati, dia juga selalu netral dalam membahas masalah-masalah kontroversial. Sebagai contoh, coba simak bagaimana gaya penulisan dia ketika membahas Anne Ahira. Sangat berimbang, jauh dari kesan “memihak golongan tertentu”.

Beberapa hari lalu, saya merasa tersanjung karena beliau membuat posting khusus mengenai saya . Ada kritik di sana, tapi bagi saya itu tidak masalah. Selain karena saya berusaha menjadi orang yang tidak antikritik, saya juga senang karena Pak Amal menyampaikan argumen-argumennya dengan cara yang sama seperti sebelumnya: objektif, tidak berat sebelah.

Namun untuk tulisan jilid 2-nya , saya tergerak untuk mengomentarinya dalam bentuk tulisan (yang sedang Anda baca ini). Tapi jangan salah persepsi dulu. Tulisan saya ini bukan untuk menyanggah argumen Pak Amal. Justru, saya setuju pada sebagian besar argumen yang ia sebutkan.

Pada tulisan lanjutan tersebut, Pak Amal menulis:

Pemasaran di Internet (Internet marketing) memang mengalami penyempitan makna yang cukup parah. Ini terlihat dari hasil pencarian di Google: kendati pengertian yang lebih umum masih menempati peringkat atas hasil pencarian — saya juga menduga terkait dengan faktor tulisan tersebut di Wikipedia, praktis di bagian lain berisi kelompok situs web “cara kaya mendadak lewat Internet.”

Lantas, beliau pun melengkapi argumennya dengan serangkaian contoh/bukti tentang penawaran bisnis internet marketing yang terkesan sebagai “program kaya mendadak dalam sekejap”.

Benarkah internet marketing identik dengan program seperti itu, yang penuh oleh janji-janji muluk yang menyesatkan?

Saya tak bisa menampik. Memang banyak internet marketer yang beriklan dengan cara seperti itu. Belum apa-apa, mereka sudah menawarkan janji “meraup ribuan dolar dalam waktu sebulan” dan sejenisnya. Boleh dibilang, iming-iming kaya mendadak BANYAK dijadikan sebagai “marketing tool” utama.

Salahkah para interner marketer tersebut? Atau mereka justru hanya melakukan penipuan demi melariskan jualan mereka?

Saya akan menganalisis masalah ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Sejak Oktober 2005 lalu, saya bergabung dengan Google Adsense. Saya memasang iklan mereka di situs PenulisLepas.com dan beberapa situs lainnya yang berbahasa Indonesia. Hasilnya amat seret. Dalam waktu 1,5 tahun, penghasilan saya hanya mencapai sekitar 50 dolar.

Lantas, sekitar 6 bulan lalu, saya membangun sebuah situs berbahasa Inggris dan memasang Google Adsense di sana. Hingga hari ini, situs tersebut masih sepi. Dalam sehari, pengunjungnya hanya sekitar 10 hingga 20 orang.

Namun yang membuat saya takjup: Hanya dalam jangka waktu 6 bulan, saya sudah berhasil mengumpulkan penghasilan sekitar 30 dolar dari situs ini!

Memang, 30 dolar bukan angka yang fantastis. Tapi coba Anda tempatkan masalah ini pada konteksnya: Uang sebesar 30 dolar itu saya dapatkan dari sebuah situs yang masih sangat sepi, yang pengunjungnya hanya sekitar 10 – 20 orang perhari.

Coba anda bayangkan, bagaimana bila pengunjung situs ini telah mencapai ribuan orang perhari? Anda mungkin setuju bahwa penghasilan saya perhari bisa melimpah ruah. Saya akan panen dolar dengan amat mudah!

* * *

Kenapa situs saya yang berbahasa Inggris tersebut hanya menghasilkan 30 dolar dalam waktu 6 bulan? Kenapa demikian kecil? Menurut analisis saya, inilah penyebabnya:

  • Saya masih terlalu sibuk, sehingga hampir tak pernah lagi meng-update content situs ini.
  • Saya belum maksimal dalam menerapkan teknik SEO di situs ini, sehingga peringkatnya di Google Page Rank masih payah.

Seandainya kedua masalah di atas berhasil saya atasi, saya yakin bahwa situs tersebut akan menjadi populer, pengunjungnya banyak, sehingga penghasilan saya pun bisa melimpah ruah.

* * *

Anda tentu pernah mendengar istilah passive income. Nah, Google Adsense adalah salah satu contoh bisnis yang memungkinkan kita mendapat passive income dari internet. Ini adalah bisnis yang bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan ratusan dolar perhari, bahkan ketika Anda tidur nyenyak. Bagi Anda yang telah mengerti cara kerja Google Adsense, saya yakin bahwa Anda setuju pada pendapat saya ini. Ini bukan asal ngomong atau janji muluk belaka.

Namun, Anda jangan pula terbuai oleh mimpi indah. Coba simak komentar Priyadi mengenai Anne Ahira berikut ini:

“…yang jelas dari situs webnya masih terlihat dia memasarkan “cara cepat kaya dengan ongkang2 kaki”.”

Memang, menjadi kaya raya dalam sekejap, tanpa melakukan upaya apapun alias ongkang-ongkang kaki belaka, adalah hal yang mustahil. Dan passive income yang saya maksud di sini pun, BUKAN sesuatu yang tidak masuk akal seperti itu.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menyebutkan dua contoh cara mendapatkan passive income di dunia nyata:

  1. Membuka deposito di bank, dengan setoran awal Rp 2 miliar.
  2. Membeli 10 rumah di dekat kampus, lalu menjadikannya sebagai rumah kos.

Bila Anda bisa menjalankan satu saja di antara dua usaha di atas, yakinlah bahwa Anda akan bisa menjadi kaya raya, mendapat passive income hanya sambil ongkang-ongkang kaki, bahkan ketika Anda tertidur pulas.

Namun benarkah segampang itu?

Sebenarnya tidak juga. Sebab PADA TAHAP AWAL, ketika anda baru HENDAK MEMULAI usaha seperti di atas, Anda tentu harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Untuk membuka rumah kos misalnya, Anda harus menyediakan dana renovasi rumah, atau persiapan-persiapan lain yang melelahkan. Namun setelah semuanya beres, Anda bisa santai dan uang akan mengalir dengan sendirinya ke dompet Anda.

Intinya: Passive income adalah sebuah bisnis yang mengharuskan kita bekerja keras dan mengorbankan banyak hal di tahap awal. Namun setelah semuanya beres, kita tinggal memetik hasilnya sambil bersantai ria alias tidak melakukan apapun.

Nah, Google Adsense adalah contoh passive income di dunia maya. Contoh lainnya adalah domain parking , salah satunya disediakan oleh Parked.com.

Cara kerjanya begini:
Anda membeli 10 nama domain (total harganya sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1,5 juta), lalu memarkirnya di Parked. com. Pihak Parked.com menyelipkan iklan di 10 situs tersebut. Bila ada yang mengklik, maka Anda akan mendapatkan dolar.

Sudah banyak orang yang berhasil dengan bisnis yang satu ini. Mereka hanya perlu berinvestasi sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta di tahap awal. Setelah itu, mereka bisa mendapatkan dolar dengan jumlah yang jauh lebih besar. Mungkin 10 kali lipat dari modal tersebut, bahkan lebih.

Nah, betapa menyenangkan, bukan?

Namun jangan terlena dulu. Sama seperti deposito atau rumah kos, Google Adsense dan Parked.com pun bukanlah bisnis yang bisa kita jalankan dengan amat mudah, tanpa kerja keras sama sekali. Seperti yang saya sebutkan di atas, passive income adalah bisnis yang mengharuskan kita bekerja keras dan mengorbankan banyak hal di TAHAP AWAL.

Untuk Google Adsense, kita harus bekerja keras dalam membangun situs, membuatnya populer dan dikunjungi banyak orang. Ini bukan upaya yang mudah. Justru, ini adalah upaya yang butuh kerja keras, ketelatenan, dan kesabaran ekstra tinggi.

Untuk Parked.com, kita harus menyediakan dana investasi dengan jumlah yang tidak sedikit. Setelah itu, kita mendaftarkan 10 situs ke Parked.com, dengan resiko diterima atau ditolak. Bila aplikasi kita diterima, ya alhamdulillah. Tapi bila ditolak, 10 situs yang terlanjur kita beli itu bisa terlantar tak terpakai, sehingga jadi mubazir. Anda pasti tahu,  ini bukan pilihan yang mudah bagi orang-orang yang tidak siap menerima resiko kegagalan atau kerugian.

Namun bila semua kesulitan berhasil dilalui, bila semuanya telah stabil, maka bisnis seperti Google Adsense atau Parked.com akan bisa mendatangkan ribuan dolar ke dompet kita dengan amat mudah, bahkan ketika kita tidur lelap sekalipun.

Dalam konteks inilah, janji “cara cepat kaya dengan ongkang-ongkang kaki” seperti yang banyak diiklankan oleh para internet marketer, menjadi sangat masuk akal. Janji-janji tersebut sebenarnya bukan omong kosong atawa janji muluk belaka.

* * *

Namun, mari kita lihat kembali kasus yang saya alami di atas: Saya sudah bergabung di Google Adsense selama dua tahun. Namun penghasilan saya BARU mencapai 100 dolar. Ini adalah angka yang sangat jauh dari fantastis. Saya belum berhasil kaya mendadak dari bisnis yang satu ini.

Kenapa? Sebab saya belum terlalu maksimal dalam mengelola situs-situs yang saya bangun. Saya belum punya banyak waktu untuk mempromosikannya. Saya belum punya banyak waktu untuk meng-update isinya. Selain itu, ilmu dan keahlian yang saya kuasai pun masih minim, sehingga kemampuan saya untuk menjemput rezeki lewat internet marketing pun belum maksimal.

Jadi, tak heran bila hasilnya pun belum terlalu maksimal.

* * *

Nah, inilah POIN PENTING dari tulisan ini.

Ternyata, ada satu hal yang sering dilupakan (atau mungkin sengaja dilupakan) oleh para internet marketer dalam beriklan. Mereka lupa (atau mungkin sengaja lupa) menginformasikan bahwa internet marketing bukanlah sebuah mesin sulap yang bisa mengubah orang miskin menjadi kaya raya dalam waktu singkat dan dengan cara yang amat mudah.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa prasyarat yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin kaya raya lewat bisnis internet marketing:

  1. Kerja keras. Mustahil Anda bisa sukses tanpa hal yang satu ini. Bila Anda ingin sukses di bisnis internet marketing, Anda harus total dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Jangan setengah-setengah, apalagi dilakukan sebagai kegiatan iseng-iseng belaka.
  2. Ilmu dan strategi. Anda harus tahu bagaimana caranya agar banyak orang yang mengunjungi situs Anda, bagaimana caranya agar mereka mau membeli produk yang Anda tawarkan, bagaimana caranya agar situs Anda terindeks di urutan teratas di Google. Semua ini butuh ilmu dan strategi. Jadi, agar menjadi kaya mendadak lewat internet, anda harus banyak-banyak belajar.
  3. Bermental pengusaha. Anda merasa rugi membeli 10 nama domain agar bisa berbisnis lewat Parked.com? Bila ya, berarti Anda mungkin belum punya mental/jiwa pengusaha. Sementara bagi yang berjiwa wirausaha, mereka akan menganggap pembelian tersebut sebagai investasi, dengan harapan mereka akan mendapatkan hasil yang lebih besar di masa mendatang. Bila kemudian gagal (bahkan mengalami kerugian materi), mereka tak akan putus asa, sebab kegagalan merupakan salah satu pengalaman dan sumber belajar yang tak ternilai harganya. Inilah mental seorang pengusaha sejati yang harus Anda miliki, bila Anda memang ingin kaya mendadak lewat internet.

Intinya:
Menjadi kaya raya lewat bisnis internet marketing sebenarnya bukan omong kosong belaka. Namun, Anda tak akan dapat meraihnya hanya dengan modal mimpi dan khayalan belaka. Bila Anda masih punya anggapan seperti itu, saran saya segeralah berhenti bermimpi dan mulailah menghadapi realita kehidupan di depan mata Anda!

* * *

Sampai tulisan ini dibuat, saya memang belum menjadi kaya dari bisnis internet marketing. Ya, memang sudah ada hasil yang saya dapatkan. Tapi jumlahnya masih sangat jauh dari fantastis. Kenapa? Di atas saya sudah menyebutkan alasannya. Yang jelas, saya tak akan menyalahkan siapapun, karena “No one can guarantee your success, except yourself ” 🙂

Karena belum berhasil, saya juga merasa belum pantas mempromosikan internet marketing dengan cara memperlihatkan rekening yang berisi kiriman dana ribuan dolar. Saya tidak menyalahkan orang-orang yang berpromosi dengan cara seperti itu. Sebab bisa jadi, buku rekening yang mereka tunjukkan itu memang benar-benar nyata.

Masalahnya, kita seringkali lupa, bahwa di balik “kiriman dana ribuan dolar” tersebut ada sejumlah cerita mengenai kerja keras, kegagalan, pengalaman pahit, proses belajar, dan masih banyak lagi .

Anne Ahira , salah seorang internet marketer yang telah berhasil menjadi milyuner, dan pernah membuktikan bahwa ia bisa mendapatkan ratusan dolar hanya dalam hitungan hari dari Google Adsense, menulis kisah berikut di sebuah tulisannya:

Teman, meskipun banyak orang mengatakan Ahira adalah seorang Marketer Dunia, bukan berarti saya tidak pernah melakukan kesalahan! Saya bisa mengajar Anda seperti sekarang, karena saya dulu banyak melakukan kesalahan pada saat belajar Internet Marketing. Nah, karena saya pernah berbuat kesalahan, saya jadi bisa memberitahu, apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus dihindari.

……

Ngomong-ngomong, saya juga memiliki beberapa website yang menghasilkan hanya $1 per hari, kadang kurang!

Nah, ini adalah fakta yang sangat nyata.

Tragisnya, para pemasang iklan internet marketing sama sekali tidak memaparkan “behind the screen” seperti itu. Mereka hanya menunjukkan HASIL AKHIRNYA, hasil yang bisa membuat kita tergiur dan bermimpi kaya mendadak dalam sekejap, dengan cara yang amat mudah.

Tapi, sulit juga bagi kita untuk 100 persen menyalahkan mereka. Sebab, iklan memang sebuah “rayuan” yang hanya berisi kelebihan dan keindahan dari produk/jasa yang ditawarkan. Saya percaya, semua iklan ditulis dengan konsep seperti ini.

Hanya saja, para internet marketer itu mungkin terlalu berlebihan dalam “mengumbar janji”. Mereka mungkin terlalu bersemangat, sehingga kalimat-kalimat yang terkesan sebagai mimpi indah semata pun bertebaran pada naskah iklan mereka.

* * *

Walau sudah bergabung dengan AsianBrain, saya juga tidak menampik bahwa MUNGKIN masih ada beberapa bagian dari iklan di website AsianBrain yang terkesan seperti “ajakan untuk kaya mendadak dengan amat mudah dan hanya dengan ongkang-ongkang kaki.”

Mas Priyadi misalnya, masih melihat hal seperti itu lewat komentarnya berikut ini :

“…yang jelas dari situs webnya masih terlihat dia memasarkan “cara cepat kaya dengan ongkang2 kaki”.”

Tapi saya kira, ini hanya masalah persepsi belaka. Sebab setelah saya melihat sendiri ruang kelas Asian Brain, saya berani mengatakan bahwa persepsi seperti di atas sebenarnya hanya salah paham belaka, atau karena masih banyak orang yang belum tahu seluk beluk Asian Brain. Sejujurnya, dalam setiap kesempatan, Anne Ahira selalu mengingatkan bahwa kesuksesan – termasuk kesuksesan dalam berbisnis internet marketing – tak akan bisa diraih dalam sekejap. Kesuksesan hanya bisa diraih dengan kerja keras, fokus, sabar, dan izin Tuhan tentu saja.

Sejak awal, para siswa Asian Brain sudah diwanti-wanti untuk tidak beriklan dengan cara menawarkan mimpi-mimpi cepat kaya dan sebagainya. Berikut saya kutipkan salah satu panduan promosi afiliasi di sekolah interner marketing yang satu ini.

Dalam melakukan promosi baik secara offline maupun online sangat disarankan Affiliate menggunakan Marketing Tools yang telah disiapkan PT.Asian Brain Internet Marketing Center. Jika Affiliate ingin membuat Marketing Tools sendiri, wajib memenuhi Pedoman dari Asian Brain IMC. Sebagai contoh, Affiliate dilarang melakukan promosi yang menggunakan istilah-istilah yang mengarah pada persepsi “Bisnis Cepat Kaya” atau semacamnya .

Jadi, saran saya:

  1. Buat para interner marketer: Berhentilah memasang iklan yang isinya terkesan seperti janji muluk dan mimpi indah belaka.
  2. Buat para calon praktisi internet merketing: Berhentilah bermimpi, karena Anda tak akan bisa kaya mendadak tanpa adanya kerja keras, ketekunan dan kesabaran.

Semoga bermanfaat, dan sukses buat Anda!

Cilangkap, 10 Oktober 2007

Jonru

Iklan

35 responses to “Internet marketing dan janji kaya mendadak dalam sekejap

  1. Kalau saya menawarkan jasa untuk memandu seseorang berbisnis di internet, maka kemungkinan besar orang itu akan minta buktinya apa kalau saya sudah berhasil sehingga akan mampu membimbing dia. Salah satu buktinya adalah salinan rekening bank saya. Itulah fungsinya “income screenshoot” di sales page. Itu ada karena pasar memintanya. Saya tentu tidak akan menjelaskan panjang lebar betapa sulitnya mendapat uang di internet itu. Kalau demikian, siapa yang mau belajar sama saya? Sales page bukan halaman web ilmiah semata yang melulu bersandar pada logika, dia juga bermain di ranah emosi dan psikologi audience. Jadi sebagai sales page, bahasanya adalah bahasa iklan yang tentu saja ada pemanis di sana sini… kalau pemanis itu berlebihan menurut Anda, waspadalah. Itulah sebabnya seseorang perlu second opinion, perlu cari informasi yang lebih banyak, perlu baca review orang lain… dan itu bukan hanya berlaku di internet marketing, semua aspek kehidupan kita dipenuhi oleh pemanis di sana sini, termasuk oleh mereka yang “menganggap internet marketing sebagai dunia penuh muslihat” dan memposisikan diri mereka sebagai “orang bijak yang paling logis”.

    Suka

  2. Saya sudah enam bulanan ikut adsense juga baru dapetin 30 dolaran. Adnsense hanya dipasang di blog. Udah gitu sebagian besar pake Bahasa Indonesia. Gimana mau panen?

    Suka

  3. Ping-balik: Ini dia: Internet Marketing menurut Pak Nukman Luthfie | Jonru on the Web

  4. @bung kombor. wah bung kombor hebat 6 bulan udah dapat 30 dollar, sedangkan saya udah 1,5 tahun baru dapat 10 dollar. soalnya saya lebih senang ngunjungi blog orang lain dari pada update blog sendiri ..he..he…Soalnya di blog orang yang saya kunjungi banyak artikel yang menambah wawasan saya, termasuk di blog ini.

    salam – partisimon.com

    Suka

  5. Ulasan yang menarik…
    Semoga pembaca tercerahkan

    Suka

  6. wow, tulisan yang mencerahkan

    Suka

  7. Lama-lama saya khoq merasa ada analogi dengan debat antara “intelektual” JIL dengan ustadz² “kampung” … wong dasar pijakannya sudah beda, di polemik kan bagaimana pun gak akan selesei……………. mohon maaf buat semua (*dari salah seorang ustadz “kampung”*)

    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Suka

  8. Terimakasih pak Jonru, saya setuju kalau internet marketing bukanlah “cara cepat kaya dengan ongkang-ongkang kaki”

    Pertama kali saya “terjerumus” ke dunia internet marketing, saya tidak menghasilkan banyak uang.. bahkan bisa dibilang tekor.. namun sayat tidak lantas patah semangat, apalagi menyalahan orang yang menginformasikan internet marketing ke saya melalui “rayuan maut”-nya karena saya pikir, saya membeli “ebook panduan kaya dengan internet marketing” adalah keputusan saya dan keputusan saya adalah tanggung jawab saya sepenuhnya.

    sekitar 10 bulan menekuni internet marketing, alhamdulillah mulai ada hasilnya. Sekarang sambil tidur, sambil hang out, sambil nonton dvd, sambil browsing, sambil ongkang-ongkang kaki.. saya masih bisa dapat setidaknya $450 sebulan melalui internet marketing.

    Mulai bulan Desember ’07 saya bergabung dengan Asian Brain berharap bisa menjadi internet marketer sejati 🙂

    Bersyukur di AB bisa belajar internet marketing yang sebenarnya dari Anne Ahira, dari pak Jonru, pak Edi, Dini Shanti dkk…

    Maju terus pak Jonru! Semoga yang terbaik selalu untuk kita! Be a good internet marketer!

    Best regards,
    Aa Lim.

    Aa Lim

    senang banget membaca cerita anda

    Semoga sukses dengan bisnis online-nya ya… 🙂

    Suka

  9. Bener banget semua tidak cuma ongkang-ongkang kaki saja namun memeng butuh kerja keras Allah kn dah Matur dalam ayatx “semua perbuatan pasti ada akibatnya” la kalo cuma ongkang-ongkang kaki tok ya tidak mungkinlah dapat uang banyak.Bahasa dunia iklan memang memabukkan kita harus maklum dong namanya juga menarik orang entah bagaimanpun caranya asal tidak merugikan siapapun tidak ada masalah,tingggal kita saja yang harus jeli…..semua butuh proses kan??nah proses kan butuh waktu,untuk mengisi waktunya ya dengan kerja keras dan pengorbanan dong betul tidak bapak-bapak???dan jangan lupa sama Tuhan bagaimanapun juga Tuhan ikut andil di dalamnya..kita cuma berusaha Tuhan kok yang menentukan! Jangan khawatir Tuhan maha tahu lho mana yang bekerja keras mana yang tidak hehehe semoga bener-benar bermanfaat buat kita semua HAHAHAHAHAHA

    Ody… thanks ya atas komentarnya 🙂

    Suka

  10. tulisan yang mencerahkan dan enak dibaca

    Thanks Suneo…
    Semoga bermanfaat ya 🙂

    Suka

  11. Tulisan yang bagus! Saya pernah bergabung dengan Asian Brain selama 6 bulan, sejujurnya saya akui banyak manfaat yang saya dapatkan dari sana, terutama tentang pembukaan wawasan saya tentang internet marketing. Hasil dari belajar di AB saya mulai menggeluti dunia IM antara lain domain parking, adsense, dan product affiliate. Hasilnya saya bisa mulai meraih dollar walaupun baru kisaran puluhan dollar per bulan, namun saya pikir ini adalah awal yang baik untuk seorang pemula.

    Barangkali banyak rekan-rekan yang secara parsial menangkap pesan promosi “kaya mendadak dengan ongkang-ongkang kaki” yang sesungguhnya itu adalah bahasa iklan, demikianlah realitas “bahasa iklan”, jadi tergantung dari bagaimana kita menangkap realitas dan keniscayaan sebuah “sukses” secara komprehensif bahwa sukses tidak mungkin diraih hanya dengan ongkang-ongkang kaki, tanpa kerja keras.

    Dari hasil penelusuran tentang IM, banyak fihak yang saya lihat saling hujat menghujat, saya pikir ini adalah kontraproduktif untuk kemajuan Indonesia, dan mungkin telah menjadikan Indonesia sulit bangkit dari keterpurukan, karena “bertengkar melulu!”

    Contohlah kemajuan Cina, yang merangkak menjadi bagian yang kekuatan ekonominya mulai diperhitungkan dunia dengan angka pertumbuhan ekonominya mencapai 11 point, formulanya sederhana “Gantung Koruptor dan Berhenti bertengkar”. Untuk menggantung koruptor rasanya tidak mungkin buat kita-kita, paling tidak kita berkonstribusi untuk kemajuan Indnesia dengan “Berhenti Bertengkar!”

    Wassalam,
    Dari yang mendambakan kemajuan Indnesia

    Terima kasih Pak Fadhli atas masukannya

    Semoga sukses selalu!

    Suka

  12. Assalamu’alaikum
    Salam Silaturahmi dari saya di Bekasi,

    IM saya baru memulai, memang sudah lama saya mendengarnya dan tetangga saya sudah lebih dulu memulainya tetapi belum berhasil, Kenapa :
    1. Hanya bermimpi dan angan2 kosong.
    2. Update Blog atau Situs tdk dilakukan.
    3. Tidak Pandai menulis.
    4. Belum Rezeki

    Maka saran saya adalah terutama untuk diri saya sendiri:
    1. Keinginan atawa cita2 harus dengan Usaha en Kerja keras (lihatlah apakah harimau akan mendapatkan daging segar bila sang harimau berbaring dibawah pohon rindang sambil merem melek…?
    2. Belajar Menulis yg baik, karena tanpa ketrampilan ini kita tdk akan bisa memberikan atau menampilkan tema2 menarik minat pembaca.
    3. Bahasa ini juga tdk kalah penting ( jadi miner nih …dah lama inggrisnya enggak diasah…he he he )

    so..Selamat berjuang, jadikanlah mimpikita hari ini menjadi kenyataan…dengan kerja keras en Do’a tentunya.

    Wassalam

    Waalaikumsalam…

    Pak Fauzi, terima kasih atas komentarnya

    Saya doakan semoga berhasil dalam IM-nya ya…

    Jonru

    Suka

  13. GA saya udah terpasang setahun ttp belum $5. parah bukan?

    Suka

  14. Ping-balik: Akhirnya Saya Termotivasi untuk Menjadi Kaya! | Jonru on the Web

  15. Saya ingin menekuni dunia IM, tapi saya bingung dengan banyaknya janji2 di Internet ditambah artikel dari website ini…terus saya coba sendiri dgn mengumpulkan $0.01 demi $0,01 setiap hari,dan hasilnya…..

    bosan oi..!!!

    kutunggu bila ada yg mau bagi tip trick IM Gratis

    Suka

  16. Benar sekali Mas Jonru. Sejak baca tulisan-tulisan mas Jonru tentang internet marketing, jadi ikut gabung juga di Asian Brain, kalau ga salah lewat URL mas Jonru juga.

    Udah 5 bulan gabung disana, banyak pelajaran berharga bagi saya untuk mulai membangun bisnis online.Dan saya sadar ini kerja keras yang luar biasa.

    “Untuk mendapatkan impian kita,
    memang ada harga yang harus kita bayar” ..

    betul kan mas?

    Suka

  17. wah…tulisan bagus.saya juga baru belajar IM nih…tapi
    gaptek habis…bikin layout blog yg bener aja gak bisa…

    Suka

  18. Setelah lama bergabung di Asian Brain, pelajaran yang saya ambil adalah: Semua itu perlu usaha dan kerja keras (plus cerdas). Mau usaha apa pun itu, termasuk Internet Marketing, selalu ada investasi yang perlu dikeluarkan, selalu ada pengorbanan waktu dan pikiran.

    Suka

  19. mendapat-kan penghasilan tetap dari internet memang butuh perjuangan dan pengorbanan , pertama kali saya mencoba-coba , saya ikut google adsense , tapi masih sepi pengunjung-nya , dan sudah sekitar 10 bulan ini
    baru mendapatkan $1,45 saja , wah .. kapan kaya-nya nih .. hehehe.. tapi saya tidak akan menyerah , sampai saya benar-benar menjadi milyuner dari internet.
    doa-kan yah .. thank’s.

    Suka

  20. Ping-balik: PortaliZer | just blog » Blog Archive » Hati-hati dengan Program Cepat Kaya di Internet

  21. salam kenal. Wah, saya juga sudah lama tergiur dolla dari internet.mau gabung tapi merasa duit cekak n gaptek pula. Ah,..kapan ya kapan…. Makasih informasinya di blog Anda sangat menolong.

    Suka

  22. saya katakan bahwa janji mereka tidak benar, dan tulisan ini rasanya aneh saja… tulisan ini tulisan banci, masak dikatakan “cara cepat kaya” itu benar, padahal ditulisan ini perlu kerja keras, artinya jelas para penjual e-book itu penipu, yang namanya “cepat / instant” itu ya gak perlu kerja keras.. atau dalam waktu singkat atau tidak membutuhkan kerja keras..
    Jika dikatakan mereka benar tentu hal itu tidak benar, mereka salah karena ditulisan mereka dan testimonials yang diberikan tidak mengesankan adanya kerja keras di website itu, dan tulisan banci ini makin membingungkan orang awam saja..

    Suka

  23. Ping-balik: Ebook “Cepat Kaya dari Internet”, Layakkah Dibeli? « Jatmiko Indriyanto College

  24. info bagus om. yah paling gak saya pernah nyoba yang GA. And, gak semudah itu. harus berjuang mati-matian

    Suka

  25. Trims pak Jonru, karena tulisan2 saya banyak juga yang masuk ke situs PenulisLepas.

    Tulisan Bapak telah kembali membangkitkan motivasi saya dalam membangun aset di internet. Memang butuh kerja keras dan kesabaran, tidak semuluk dan semudah yang dibayangkan. Jika kita bersemangat dan membayangkan uang mengalir begitu saja tanpa kerja keras dan usaha, biasanya akan cepat down begitu melihat kenyataan tidak seperti itu. Kalaupun dapat tidak akan bertahan lama biasanya.

    Jadi mental kitalah yang memang harus dibangun dan siap menghadapinya. Karena pada dasarnya bisnis di dunia offline atau online sama saja persaingannya. Di dunia online memang mudah dan cepat memasarkan, tetapi saingannya juga jauh lebih besar lagi kan dari kemudahannya?

    Ok, moga kita menjadi orang yang lebih realistis. Sehingga mampu terus bergerak menuju kesuksesan. Amin

    Suka

  26. wah…postingannya mas jonru, jadi bikin ‘semangat’ terus.. dan terus…belajar dan praktek…praktek…

    Suka

  27. great article..

    Suka

  28. mantap banget…..

    Suka

  29. ivackgumilang

    saya ingin bertanya bagaimana caranya sebagai pemula untuk memulai bisnis ini…mungki cara2 pendahuluan yg saya harus lakukan…trimakasih

    Suka

  30. @ivackgumilang: Untuk pemula, coba gabung di http://www.sekolahasianbrain.com
    Ini memang kursus berbayar, tapi bulan pertama gratis
    Di bulan pertama ini ada materi tentang cara memulai bisnis online bagi pemula
    Selamat mencoba ya 🙂

    Suka

  31. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    Suka

  32. Te…Oo…Pe…Be…Ge…Te..buat artikelnya…saya yakin saya pasti bisa…آمِّينَ…menjadi top IM

    Suka

  33. Ping-balik: Bisnis Online vs Penghasilan Online | Jonru on the Web

  34. setuju dengan artikel anda bisnis di dunia maya penuh perjuangan sabar dan tabah.

    Suka

  35. Gak bakalan kaya dengan mendadak mas gan…

    yg pasti harus ada usahanya… :beer:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s