Ini dia: Internet Marketing menurut Pak Nukman Luthfie


Pada Break Session Pesta Blogger 2007 tanggal 27 Oktober lalu, saya gabung dengan pak Nukman Luthfie dan Boy Avianto yang membawakan topik Online Marketing and Sales . Pada kesempatan itu, saya merasa bersyukur karena bisa mendengar langsung penjelasan Pak Nukman tentang “dasar-dasar internet marketing”.

Sebenarnya, inti dari uraian beliau tidak jauh beda dengan yang pernah saya tulis di sini . Namun Pak Nukman menjelaskannya secara lebih detil, TAHAP DEMI TAHAP.

Berikut saya tulis rangkumannya.

Namun karena kemarin itu hanya pakai “modal dengar”, tidak ada rekaman apapun, mohon maaf bila penulisan ulang ini memiliki kesalahan di sana-sini. Selain itu, saya juga sudah menambahinya dengan pemikiran-pemikiran dan penjelasan tambahan dari saya sendiri. Jadi sudah campur aduk, gitu lho . Tapi semoga tidak ada perubahan dari hal-hal yang disampaikan Pak Nukman.

================

Apakah internet marketing itu? Secara umum, sama saja dengan marketing di dunia nyata. Bedanya, internet marketing dilakukan secara online.

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang internet marketer adalah WEBSITE. Ini adalah keharusan. Setiap internet marketer harus punya website.

Kedua, berusahalah agar website tersebut dikunjungi oleh banyak orang. Caranya bisa macam-macam. Secara umum, ada tiga “jalan” yang digunakan oleh pengunjung untuk mengakses website kita, yaitu:

  1. Direct access. Ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah hafal alamat website tersebut, karena sudah sering mengunjunginya. Mereka bisa mengetik langsung alamatnya di address bar, atau mengkliknya dari bookmark/favorite.
  2. Dari mesin pencari seperti Google dan sebagainya. Biasanya, si netter mencari sesuatu di mesin pencari, lalu mereka nyasar ke situs kita. Contoh kasus: Ada seorang penulis yang sedang mencari info lomba penulisan terbaru. Ia pun mengetikkan kata kunci “lomba penulisan 2007” di Google. Setelah itu, muncul ratusan hasil pencarian. Di urutan teratas, ada situs PenulisLepas.com. Si netter tertarik dan berkata di dalam hati, “Wah, ternyata ada situs yang bernama PenulisLepas.com. Saya baru tahu, nih. Sepertinya menarik. Coba saya klik, deh.”
  3. Refferal. Ini banyak jenisnya. Misalnya: ada netter yang mengklik banner kita yang dipasang di situs lain, atau netter yang mengklik URL situs kita dari pesan email tertentu, dan sebagainya.

Nah, sebagai pemilik situs, kita bisa berkonsentrasi pada poin 2 dan 3. Untuk poin 1, nanti otomatis akan terjadi dengan sendirinya, bila situs kita sudah populer.

Ketiga, “dikunjungi banyak orang” saja ternyata tidak cukup. Menurut Pak Nukman, survei membuktikan bahwa 70 persen dari pengunjung suatu situs biasanya hanya berkunjung sekali, hanya untuk melihat-lihat, setelah itu mereka tak pernah kembali lagi.

Bila kita menjual sesuatu di situs kita, maka si 70 persen ini tak terlalu bermanfaat bagi kita. Mereka hanya sekadar meramaikan, sama seperti orang-orang yang memadati mall hanya untuk jalan-jalan atau window shopping .

Karena itu, hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah berusaha agar si pengunjung betah berlama-lama di situs kita. Karena itu, bangunlah situs yang menarik, dengan navigasi yang bagus, desain yang keren, content yang lengkap, dan seterusnya.

Keempat, betah saja pun tidak cukup. Sebab bila mereka hanya betah dalam kunjungan pertama, setelah itu tak pernah datang lagi, tentu tak terlalu bermanfaat juga (dari segi bisnis). Karena itu, langkah berikutnya adalah mengupayakan agar mereka “ketagihan” untuk datang lagi dan datang lagi.

Ada banyak cara untuk melakukan hal ini. Beberapa di antaranya adalah (yang ini bukan menurut Pak Nukman, tapi menurut saya sendiri-Jonru ):

  1. Pembuatan newsletter. Buatlah webcopy yang bagus agar si pengunjung tertarik untuk bergabung di newsletter situs kita. Secara berkala, kirimi mereka email yang berisi update terbaru seputar situs kita, atau hal-hal lain yang masih relevan dengan situs kita.
  2. Situs yang interaktif. Pengunjung bisa mengomentari tulisan-tulisan yang dimuat, bahkan tulisan mereka pun bisa dimuat di sini. Atau, sediakan forum diskusi, polling, dan fitur-fitur interaktif lainnya.
  3. Konten yang sering-sering di-update. Ini akan membuat pengunjung tertarik untuk mengecek info-info terbaru dari situs kita.
  4. Dan masih banyak upaya-upaya lainnya.

Kelima, bangunlah sebuah otorisasi (maaf bila istilah ini tidak tepat, karena saya lupa istilah yang sebenarnya).

Yang jelas intinya begini: Ketika kita ingin mencari berita-berita terbaru, yang pertama kali muncul di pikiran kita adalah Detik.com. Ketika kita ingin belajar internet marketing, salah satu nama yang muncul di benak kita adalah Anne Ahira .

Kenapa bisa begitu? Sebab Detik.com dan Ahira sudah memiliki otoritas tersendiri di bidang mereka. Tentu saja, ini tidak terjadi dengan sendirinya, atau seperti mesin sulap. Di balik kesuksesan mereka, tentu terdapat sejumlah kerja keras, komitmen, pengorbanan, dan masih banyak lagi , hingga akhirnya nama mereka menjadi populer dan dipercaya sebagai “pakar” di bidang tertentu.

Anda pun bisa seperti Ahira, dan situs Anda bisa seperti Detik.com. Ya, tidak harus sebesar mereka. Yang penting, bangunlah sebuah otoritas pada diri atau website Anda, sehingga Anda akan menjadi orang yang terpercaya dan menjadi referensi utama di bidang tertentu.

Tak usah memikirkan yang terlalu besar atau yang muluk-muluk. Mulailah dari yang paling kecil dan spesifik. Kenalilah apa hobi dan kemampuan Anda. Kenalilah hal apa saja yang paling Anda kuasai.

Bila Anda sangat menyukai dan menguasai hal-hal yang berhubungan dengan helm, maka buatlah situs dengan tema helm. Segala sesuatu mengenai helm dimuat di sana.

Nah, suatu saat nanti, situs Anda bisa menjadi referensi utama bagi siapa saja yang ingin mencari info mengenai helm. Bila ini sudah tercapai, percayalah… kesuksesan sudah di depan mata Anda. Akan banyak produsen helm yang meminta Anda untuk membantu menjualkan produk-produk mereka, padahal Anda tak pernah berusaha ke arah sana.

Alhamdulillah, situs yang saya kelola – PenulisLepas.com – saat ini sudah menjadi salah satu referensi utama dan terpercaya di bidang penulisan. Banyak penerbit yang kini rajin menelepon saya da bertanya, “Bisakah PenulisLepas.com membantu kami mencari naskah untuk diterbitkan?” Bahkan ketika saya menjual buku atau mengadakan pelatihan penulisan lewat PenulisLepas.com, ada begitu banyak orang yang tertarik untuk bergabung. Kenapa? Karena PenulisLepas.com sudah memiliki otoritas tersendiri di bidang penulisan.

Alhamdulillah, saya merasa bersyukur atas kondisi ini. Tapi ingatlah, semua ini tidak serta merta saya capai dalam waktu singkat. Saya membangun situs PenulisLepas.com sejak tahun 2001 , dan kesuksesan seperti di atas baru mulai saya rasakan sekitar lima tahun kemudian. Semua kesuksesan tentu butuh proses dan kerja keras, bukan?

Keenam, bangunlah sistem layanan konsumen yang baik. Sayangnya, saya tak terlalu “berani” untuk menjelaskan hal ini secara lebih detil, karena saya sendiri masih punya banyak kekurangan dalam hal ini. Yang jelas, inti dari poin ini sama seperti divisi customer care atau public relations pada perusahaan-perusahaan besar.

Sejujurnya, saya belum menerapkan semua hal yang disampaikan di atas. Karena itu, saya juga masih terus belajar untuk menjadi seorang internet marketer yang lebih baik.

Satu pesan Pak Nukman yang membuat saya kagum dan Insya Allah akan terus saya ingat, “Penghasilan dari website Anda berjumlah besar atau kecil, itu tidak penting. Yang penting, website Anda bermanfat bagi banyak orang.”

Memang, dua “kesalahan utama” para internet marketer pemula adalah ingin cepat berhasil dan mengelola website hanya demi mengejar uang. Pesan dari Blog Tempo Interaktif berikut ini – saya kira – perlu kita camkan bersama:

….hindarilah semangat nge-blog semata-mata demi uang. Boleh saja sampean mencari peluang mendapatkan uang tambahan atau menjual/memasarkan barang lewat blog–seperti yang dilakukan banyak orang dewasa ini. Sebab, bagi mereka yang cukup lama berlayar di samudra maya ini, memang banyak peluang untuk memperoleh uang dengan gampang.

Namun, peluang itu tak bakal sampean peroleh dengan ongkang-ongkang kaki alias tanpa melakukan apa pun. Sebelumnya, Anda harus bekerja giat, tekun, dan konsisten lebih dulu, terutama pada masa-masa awal nge-blog, biasanya pekan-pekan pertama. Jika tidak, blog Anda hanya akan seperti kuburan.

Berhentilah membuat posting tentang misalnya mesothelioma atau kata kunci apa pun yang bernilai di Google Adsense. Mulailah menulis sesuatu yang benar-benar sampean sukai. Nge-blog-lah dengan passion….

Oke, semoga bermanfaat. Buat Pak Nukman, terima kasih banyak. Walau kita baru saling kenal, tapi saya merasa tersanjung karena Pak Nukman sudah percaya pada saya . Ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya agar menjadi orang yang lebih baik di kemudian hari.

Oh ya, mohon koreksinya bila ada di antara poin-poin di atas yang keliru, kurang lengkap, atau justru terlalu berlebihan.

Ingin belajar internet marketing secara lebih mendalam? Klik saja www.PeluangInternetMarketing.com 🙂

Cilangkap, 28 Oktober 2007

Jonru

 

Iklan

33 responses to “Ini dia: Internet Marketing menurut Pak Nukman Luthfie

  1. Ping-balik: Muslimblog 2.0 » IMB @ Pesta Blogger 2007

  2. Ping-balik: 9 Pernak Menarik pada Pesta Blogger 2007 | Jonru on the Web

  3. Thanks banget atas summary nya pak. Serasa ikut menghadiri sesi tersebut

    Suka

  4. Ping-balik: Business Career Center

  5. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Salam!

    Suka

  6. Ping-balik: Internet Marketing and Advertising

  7. assalam..wah…tulisan yang menginspirasi…emang sekarang lagi ngatren bisnis online ya mas..saya juga lagi nyoba2….mau bikin komunitas…eh mas, ada info menarik neh, mungkin uda tau..tp gpp kan kl kasi info lagi :
    http://www.situsgratis.co.nr
    webhosting gratis dg spek sbb :
    250MB web space.
    100GB bandwith
    NO ads banner (gak ada embel2 iklan)
    unlimited subdomain
    situsnya :
    http://www.situsgratis.co.nr
    cobain dah…
    syukran..wass

    Suka

  8. alhamdulillah,,,,sudah bisa ikut,,,meskipun dari tulisan,,makasih pak..:) 🙂

    Suka

  9. “Nge-blog-lah dengan passion…”

    Benar sekali. Kalau kita menyukai sesuatu hal, maka akan sangat memudahkan kita untuk membuat tulisan tentang itu.

    Suka

  10. selama ini saya cuma sering baca aja orang-orang nyebutin pak Jonru, ternyata ini toh orangnya.

    salam usaha,
    EdyK

    Suka

  11. Bagus bang pendapatnya… memang ke 6 hal diatas harus kita terapkan dan lakukan dengan baik agar sukses menjadi seorang internet marketing indonesia.

    Penuh ide,wawasan,kreatifitas,tanggung jawab dan yang pasti bijaksana 🙂

    Suka

  12. Iya bang kalo semua bermula dari hobby pasti enak kerjainnya.

    Suka

  13. terima kasih banyak pak sangat memberikan pencerahan

    Suka

  14. Anda memang layak jadi guruku pak Jonru, semoga sukses selalu. Saya harus banyak belajar dan belajar internet marketing. Salam sesuba. Sehat sukses sugih bahagia.

    Suka

  15. Bila kita menjual sesuatu di situs kita, maka si 70 persen ini tak terlalu bermanfaat bagi kita. Mereka hanya sekadar meramaikan, sama seperti orang-orang yang memadati mall hanya untuk jalan-jalan atau window shopping .

    Saya tidak setuju dengan kalimat mas jonru yang saya quote, terlebih yang saya BOLD.
    70% bisa saja tidak bermanfaat buat omset bisnis kita kalau trafik yang datang adalah trafik kesasar. Tapi itupun bisa di perkecil jika kita tahu bagaimana mengubah visitor menjadi pembeli.
    Dengan meningkatkan Conversion Rate penjualan tidak menutup kemungkinan yang 70% menjadi 30% bahkan bisa lebih kecil lagi kalau kita selalu test dan ukur.

    Setiap halaman web harus ada Goal Setting, selama kita bisa mengarahkan visitor menuju ke Goal Setting halaman web kita, Insya Allah sales akan lebih meningkat meski visitor tidak bertambah.

    Sukses untuk anda
    Salam HebaD

    http://www.SiswoNugroho.com
    ========================
    Blog Strategi Bisnis Internet

    Suka

  16. wow…makasih banyak buat infonya yang mantabs! ditunggu update an nya! Sukses Selalu!

    Suka

  17. Artikel dan website untuk Belajar Internet Marketing
    yang tokcer okepunya =) salam kenal =)

    Suka

  18. terima kasih masukannya mas, semoga saja situs pertanian saya bisa bisa sesukses situs-situs anda.

    wassalam

    Suka

  19. terjawab sudah pertanyaan ku selama ini . yg uwa kira gampang cr duit! he…he…!

    Suka

  20. Web yang inspirative. Betul mas, mau apapun komunikasinya baik offline maupun online harus mengedepannkan sisi manusiawinya. Mo gimana pun operatornya tetap manusia. Keep being an inspirator for us!!

    Suka

  21. Ping-balik: soma withdrawal

  22. pak jonru … tulisan anda bagus banget,,,,
    apa boleh saya copy paste tulisan bapak tersebut …
    terimakasih ….

    Suka

  23. @Ovi: daripada copy paste, lebih baik di-link saja
    Thanks ya

    Jonru

    Suka

  24. Postingan yang bagus.. terus berkarya buat bangsa..

    Suka

  25. Great Post.. Keren yaa pak Nukman

    Suka

  26. Ping-balik: Ebook “Cepat Kaya dari Internet”, Layakkah Dibeli? « Jatmiko Indriyanto College

  27. Hi,
    I really appreciate this post, because it’s really an impressive work. You provide useful information.
    Really it provided me some unknown information and sure I accept that in reading blogs helps us to gather some good information for all the topics which improves our knowledge. Thank you.

    Suka

  28. Thanks buat informasinya. Blog ini dah memberikan banyak insight yang penting..

    Thanks from produk grosir

    Suka

  29. Point ke lima : setuju banget, tapi merupakan hal paling susaaah

    Suka

  30. @mobil keluarga: Tidak sulit kok. Coba baca caranya di http://www.jonru.net/ingin-menemukan-lentera-jiwa-ini-kiatnya

    Oh ya, anda pakai nama “mobil keluarga”. Nah, ini adalah otoritas yang bisa Anda bangun. Salam sukses ya 🙂

    Suka

  31. wew…perlu kesabaran ya pa jon…thanks sharenya.:)

    Suka

  32. artikel yang penuh inspirasi, makasih telah berbagi ilmu kepada kami.

    Suka

  33. Ping-balik: Bisnis Online vs Penghasilan Online | Jonru on the Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s