Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa?


Ada sebuah kampus bernama “Universitas Penulisan“. Untuk bergabung di dalamnya, Anda tak perlu ikut tes apapun, tak perlu membayar biaya apapun. Anda hanya perlu menulis, menulis, dan menulis (“Menulislah Tanpa Banyak Teori,” kata Mas Akmal).

Sebagaimana kampus pada umumnya, di Universitas Penulisan ini pun terdapat sejumlah fakultas. Sayangnya, hampir semua mahasiswanya berpikir bahwa hanya ada satu fakultas di sana, yakni Fakultas Publikasi.

Apa sih, Fakultas Publikasi itu?

Fakultas Publikasi adalah fakultas tempat para mahasiswa berjuang untuk memuat karya-karya mereka di media cetak (majalah, koran, tabloid), dan/atau menerbitkan naskah mereka menjadi buku. Biasanya, para mahasiswa di sini sangat bangga bila sudah ada karya mereka yang dimuat di koran, atau diterbitkan dalam bentuk buku.

Hal yang aneh, banyak mahasiswa di fakultas ini yang beranggapan bahwa yang berhak disebut sebagai penulis hanyalah mereka yang mengambil Fakultas Publikasi. Bahkan ada penulis yang sampai sesumber berkata, “Bila belum ada karya Anda yang dimuat atau diterbitkan sebagai buku, maka Anda bukan penulis!”

(Hehehe… sepertinya Si Sesumbar ini belum membaca tulisan yang satu ini.)

Maka, para mahasiswa baru pun biasanya berduyun-duyun memasuki fakultas yang satu ini. Fakultas Publikasi menjadi fakultas favorit, khususnya bagi penulis pemula. Seperti yang saya sebutkan di atas, banyak sekali di antara mereka yang beranggapan bahwa Fakultas Publikasi merupakan satu-satunya fakultas di Universitas Penulisan.

Padahal oh padahal….
Jika mereka rajin jalan-jalan, mengelilingi seluruh kompleks Universitas Penulisan, mereka akan menemukan fakultas-fakultas lainnya:

Fakultas Media Elektronik, terdiri dari jurusan:

  • Script writer: penulis naskah untuk acara-acara (program) televisi/radio.
  • Penulis skenario film dan sinetron

Fakultas Media Cetak, terdiri dari dua jurusan:

  • Redaktur
  • Reporter

Fakultas Media Bisnis, terdiri dari satu jurusan: copywriter (penulis naskah-naskah iklan).

Fakultas Media Online, terdiri dari satu jurusan juga: Content Editor (pengelola content pada media online/website).

Fakultas Teater, juga terdiri dari satu jurusan: Penulis naskah drama.

Fakultas Wirausaha, membawahi satu jurusan: Writerpreneurship, atawa berbisnis lewat hobi menulis.

Fakultas Penulis Lepas, punya banyak jurusan, bahkan bisa tak terbatas:

  • Penulis naskah-naskah untuk perusahaan (company profile, press release, media internal, annual report, dan sebagainya).
  • Penulis biografi.
  • Penulis hantu (ghost writer).
  • Masih banyak lagi, dan akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Fakultas Public Speaking, dihuni oleh para penulis yang biasa menjadi pembicara pada acara-acara seminar/workshop/pelatihan penulisan. Ada di antara mereka yang belum terlalu sukses di fakultas-fakultas lain. Tapi mereka punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh penulis-penulis lain:

  • Pintar berbicara di depan umum.
  • Pintar menyampaikan ilmu dengan baik dan menyenangkan, sebagaimana halnya para guru/dosen yang disukai oleh murid/siswa/mahasiswa karena kepintaran mereka dalam mengajar.

Fakultas Blog, dihuni oleh orang-orang yang rajin menulis di blog. Mereka biasa disebut blogger. Tapi pada dasarnya mereka semua adalah penulis.

* * *

Anda mau masuk fakultas mana? Pilihlah yang sesuai dengan selera Anda.

Tak perlu khawatir bila salah jurusan/fakultas. Sebab di Universitas Penulisan, Anda bisa pindah ke jurusan/fakultas lain dengan amat mudah, tak perlu syarat dan prosedur apapun.

Anda bahkan bisa merangkap di berbagai fakultas/jurusan dengan amat mudah.

Satu hal yang pasti: Di fakultas/jurusan manapun Anda berada, Anda adalah penulis!

Jangan minder bila Anda belum berhasil di Fakultas Publikasi. Jangan minder atau kecewa atau putus asa bila Anda belum berhasil mempublikasikan karya-karya Anda, sebagaimana para mahasiswa Fakultas Publikasi lainnya yang telah berhasil.

Masih banyak fakultas lain yang dapat Anda masuki. Universitas Penulisan itu sangat luas, saudaraku.

Jadi tetaplah semangat!

Semoga sukses!

Cilangkap, 27 Desember 2007

Jonru
Founder PenulisLepas.com dan BelajarMenulis.com

NB: Bila Anda tidak setuju dengan pengkategorian seperti di atas, atau bila ada yang kurang (lupa saya cantumkan), atau tidak pas, bahkan terlalu berlebihan, silahkan sampaikan kritik/masukan Anda. Semua kekhilafan tentu karena saya hanya manusia biasa 🙂

NB lagi: Tulisan yang satu ini sangat berkaitan erat dengan yang sedang kita bahas.

Iklan

10 responses to “Universitas Penulisan: Anda di Fakultas Apa?

  1. subhanalloh..terima ksih ilmunya. 😛

    Sama-sama

    semoga bermanfaat ya…

    Jonru

    Suka

  2. Luar Biasa Bung Jonru! Posting yg sangat mencerahkan

    Amril Dg Battala
    *masihkuliahdifakultasblog :D*

    Terima kasih Pak Amril

    Semoga bermanfaat ya..

    Jonru

    Suka

  3. ass. saya sebetulnya kepingin sekali masuk fakultas media elektronik, di jurusan scriptwriter 😉 tapi tidak tau kemana daftarnya. nah saya nanya saja sekalian, mumpung ada disinggung tentang script writer. kalau di smo, mas jonru, untuk script writing juga ada? oh ya, saya sudah ikut kursus gratis 9 minggu. materinya saya sudah terima. sangat menarik dan pastinya bermanfaat sekali untuk saya. thx a lot! 😉

    Suka

  4. masih setia di fakultas blog. senang rasanya dipanggil blogger

    Suka

  5. Yah begitu juga OK saya setuju pak,tapi kalau saya Pribadi lebih senang kuliah di ;” Universitas Alam Raya”,yang kampusnya ada di setiap kita berada,tidak di batasi ruang dan gerak maupun waktu,walau-pun tidak menerbitkan Sertifikat dan titel,tapi Universitas ini jauh lebih hebat daripada mereka yang ada di dalam Kampus.

    Bila tepat saja memilih fakultasnya mereka Insya-Allah akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.Institusi tersebut hanya saja jarang peminatnya,tapi banyak yang menjadi sponsornya,dan meng-iklankannya ke tengah-tengah masyarakat tanpa di ketahui oleh publik.

    Kalau ingin melihat hasilnya yaitu kita bisa melihat generasi para sahabat Rosulullah Saw yang semuanya adalah generasi terunggul di dunia yang di jamin mendapatkan Jannahnya Allah SWT.

    Mereka berkepribadian yang sangat tinggi dan berperadaban yang tinggi,walau-pun tanpa ijazah dan embel-embel Lebel di belakang nama,mereka telah sukses mengarungi kehidupan dunia yang fana ini.

    Suka

  6. assalamualaikum ..
    Maaf sy mau tanya . Fakultas penulis itu d mana yaa ? Hehe 🙂
    Syukron atas jawabannya ..

    Suka

  7. hehe 🙂
    kok gt ?
    aq pgn gabung lho k fakultas it 🙂
    jd , lokasi fakultasnya dmana ?

    Suka

  8. lulusan smp bs masuk ga ea? 😦

    Suka

  9. saya masih setia dengan fakultas blog, setelah membaca tulisan ini, motivasi untuk terus menulis semakin kuat, makasih bang..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s