Bisnis Online vs Penghasilan Online


Banyak orang yang mencampuradukkan pengertian antara “penghasilan online” dengan “bisnis online”. Padahal keduanya berbeda.

Bila Anda berbisnis secara online, Anda akan mendapatkan penghasilan dari dunia online. Namun bila Anda mencari penghasilan online, Anda belum tentu berbisnis online.

Anda tentu tahu Agloco. Terlepas apakah program ini beneran atau tidak, saya ingin membahasnya sebagai contoh. Agloco adalah program yang memungkinkan kita mendapat penghasilan hanya dengan surfing di internet.

Selain Agloco, ada peluang lain bernama home typist (yang sangat tidak saya sarankan). Ini adalah peluang yang memungkinkan kita mendapat uang dengan cara mengetik naskah-naskah iklan yang diorderkan oleh orang lain.

Isu terbaru seputar penghasilan online adalah Yuwie, sebuah situs yang mirip Friendster. Katanya, kita akan mendapatkan dolar bila ada orang lain yang melihat profil kita. Hm… sounds good 🙂

Banyak orang yang mengatakan bahwa Agloco, home typist, Yuwie dan sebagainya itu sebagai BISNIS ONLINE. Padahal tidak! Sebab peluang-peluang seperti hanya sebatas PENGHASILAN ONLINE.

Anda mendapatkan uang – jika memang benar-benar ada – dari sebuah sistem yang dibuat oleh ORANG LAIN. Artinya, tanpa Anda sadari, Anda telah BEKERJA di perusahaan ORANG LAIN.

Ketika Anda gencar mempromosikan link referal Agloco Anda misalnya, maka nama Agloco akan semakin berkibar, sementara nama Anda tidak berkibar sama sekali. Yang Anda dapatkan – jika memang ada – hanyalah uang. Tak lebih dari itu.

Ketika Anda mempromosikan Yuwie, maka tindakan Anda itu akan membesarkan nama Yuwie, sementara Anda hanya akan mendapatkan uang (jika memang ada), tak lebih dan tak kurang.

Itulah fakta objektif dari penghasilan online.

* * *

Lantas, apakah bisnis online itu?

Bisnis online adalah sebuah aktivitas “mencari uang” di internet yang dilakukan lewat perusahaan Anda sendiri, atau setidaknya lewat sebuah sistem milik Anda sendiri.

Bila sukses, maka Anda akan mendapat banyak uang, dan perusahaan/bisnis Anda akan semakin berkembang.

Selama ini, banyak orang yang kagum dan ingin mengikuti jejak Anne Ahira yang telah sukses menjadi seorang miliarder lewat internet. Dengan kata lain, kekaguman orang-orang pada Ahira tertuju pada PENGHASILAN ONLINE dia.

Sayangnya, jarang sekali orang yang ingin mengikuti jejak Ahira sebagai seorang nettrepreneur, atawa pebisnis online. Sekolah Internet Marketing Asian Brain IMC adalah bisnis utama dia yang kini berkembang amat pesat, diikuti oleh ribuan masyarakat Indonesia yang ingin belajar Internet Marketing.

Banyak orang yang bermimpi ingin menghasilkan ribuan dolar seperti Ahira. Tapi seberapa banyak orang yang bermimpi ingin menjadi seorang nettrepreneur sukses, seperti Ahira yang sukses menjalankan bisnisnya di Asian Brain?

Mungkin hanya sedikit orang yang berpikir seperti itu.

* * *

Tanpa bermaksud memuji diri sendiri, alhamdulillah saya termasuk golongan orang yang sedikit tersebut. Ketertarikan saya untuk mengikuti jejak Anne Ahira lewat PENGHASILAN ONLINE-nya yang ribuan dolar itu, tidak sebebar ketertarikan saya untuk mengikuti jejak dia sebagai seorang pebisnis online yang andal (lewat Asian Brain).

Maka, mimpi terbesar saya saat ini adalah membesarkan dua bisnis online yang telah saya rintis sejak beberapa bulan lalu: BelajarMenulis.com dan penjualan ebook lewat NaskahOke.com. Fokus utama saya saat ini benar-benar tertuju pada kedua bisnis ini. Saya bersungguh-sungguh dalam mengembangkan dan membesarkannya, karena ini adalah bisnis saya, ini adalah ‘PERUSAHAAN’ saya sendiri.

Bahkan, saya mau buka rahasia sekarang. SALAH SATU motivasi saya ketika bergabung dengan Asian Brain adalah hendak melakukan ATM, atawa Amati, Tiru, Modifikasi. Tapi jangan salah sangka! Saya bukan hendak membuat sekolah internet marketing tandingan. Sama sekali tidak!

Saya rajin mengamati sistem belajar-mengajar yang diterapkan di Asian Brain, dengan harapan semoga sistem seperti itu (setelah dimodifikasi seperlunya) dapat saya terapkan dalam mengelola Sekolah-Menulis Online.

Dengan kata lain, tujuan saya bergabung di Asian Brain bukan untuk mencari penghasilan online semata, melainkan juga untuk mencari tambahan ilmu yang Insya Allah bermanfaat bagi pengembangan bisnis saya nantinya.

* * *

Lantas, bagaimana dengan penghasilan online?

Terus terang, saat ini saya tak mau menghabiskan waktu untuk menggeluti peluang-peluang yang belum terbukti kebenarannya. Atau walau sudah terbukti, hasilnya tidak seberapa.

Yuwie dan Agloco menurut saya termasuk kategori yang belum jelas. Kalaupun jelas, belum tentu saya bisa menghasilkan banyak uang dari sana.

Sementara Home Typist termasuk yang sudah jelas, tapi hasilnya sangat tidak sepadan dengan kerja keras kita. Maka saya sangat tidak merekomendasikannya.

Saya membayangkan: Agar bisa mendapatkan banyak uang dari Yuwie misalnya, saya harus fokus di sana, benar-benar mengelolanya dengan serius. Dan itu akan menghabiskan banyak waktu saya.

Padahal hasilnya belum tentu sesuai harapan saya. Padahal lagi, saya punya bisnis lain yang jauh lebih penting.

Jadi, saya merasa lebih baik memanfaatkan waktu buat bisnis yang sudah jelas, khususnya bisnis yang saya dirikan dan kelola sendiri. Saya harus fokus, karena setiap pebisnis yang ingin sukses memang harus fokus.

* * *

Lantas, bagaimana dengan Google Adsense (GA)?

Khusus untuk GA (juga layanan-layanan sejenis seperti Bidvertiser.com), saya punya catatan sendiri.

Aslinya, GA adalah penghasilan online. Apalagi bila kita semata-mata membuat situs/blog “Made For Adsense” (MFA). Kita membuat situs hanya dengan harapan agar di dalamnya banyak bermunculan iklan-iklan dari GA, lalu banyak orang yang mengklik, lalu kita mendapat ribuan dolar dari sana.

Namun, GA bisa menjadi bisnis online bila kita cermat dalam memanfaatkannya, atau bila kita berhasil melihat peluang-peluang baru di balik keberadaan GA.

Saya beri contoh Mas Budi Putra. Dia adalah orang pertama di Indonesia yang memiliki perusahaan blog. Potensi penghasilan yang sangat besar dari blog – antara lain dari GA – mendorong beliau melahirkan sebuah perusahaan bernama Asian Blogging Network. Mas Budi Putra termasuk blogger yang tidak melihat GA sebatas PENGHASILAN ONLINE semata. Dengan idenya yang kreatif, dan inovasinya yang patut diacungi jempol, gelar nettrepreneur atau pebisnis online sejati sangat layak kita persembahkan buat dia.

* * *

Mohon jangan salah sangka!!!

Penghasilan Online vs Bisnis Online yang saya wacanakan ini bukan masalah baik atau buruk, bukan masalah benar atau salah. Penghasilan online itu tidak buruk dan tidak jelek. Jika Anda berhasil meraup ribuan dolar dari penghasilan online, tentu itu sangat bagus, bukan?

Bila Anda sudah punya sumber penghasilan utama yang memadai (misalnya Anda adalah seorang karyawan dengan gaji Ro 6 juta perbulan), dan mencari uang di internet sebagai kegiatan “iseng-iseng berhadiah” belaka, ya PENGHASILAN ONLINE tentu sudah lebih dari cukup bagi Anda.

Namun bila Anda sudah bertekad untuk fokus mencari rezeki dari internet, bahkan ingin menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama Anda, maka saran saya: mulailah melirik bisnis online!

Anda mungkin bisa berguru dari pengalaman Anne Ahira dan saya. Kami – juga puluhan (bahkan mungkin ratusan) orang lainnya – telah mengalami “nasib buruk”: Account GA kami diblokir. Kami – setidaknya hingga hari ini – kehilangan potensi penghasilan yang sangat besar dari GA.

Coba bayangkan seandainya kami hanya mengandalkan rezeki dari Penghasilan Online, khususnya GA. Dapat dibayangkan, Anne Ahira sudah jatuh miskin dan saya stress luar biasa.

Tapi Ahira sampai saat ini tetap kaya raya dan hidup bahagia (dia bahkan bisa naik haji), dan bisnis online-nya semakin berkibar.

Sementara saya menganggap “musibah” tersebut sebagai gigitan kecil semata dalam perjalanan hidup saya. Saya tidak merasa risau sedikit pun, karena saya yakin sumber penghasilan lain di internet itu masih sangat banyak.

Poin yang hendak saya sampaikan:
Bila Anda sekadar berpenghasilan online, maka ketergantungan Anda terhadap GA, Agloco, Yuwie dan teman-temannya itu akan sangat tinggi. Anda akan marah besar bila mereka membuat kebijakan yang merugikan Anda. Bila mereka bangkrut, Anda pun ikut bangkrut.

Bila Anda benar-benar serius untuk mencari penghasilan lewat internet, mulailah melirik bisnis online. Sekali lagi, saya tidak ‘melarang’ Anda untuk menggeluti PENGHASILAN ONLINE. Hm, saya tentu tak punya hak untuk melarang Anda 🙂

Seperti yang saya sebutkan di atas, ini bukan masalah benar atau salah, ini bukan masalah baik atau buruk. Ini masalah pilihan hidup. Ini masalah MIND SET.

Bila Anda fokus dalam menggarap bisnis online, lantas menjadikan penghasilan online sebagai sumber tambahan penghasilan atau tambahan modal, tentu keduanya dapat bersinergi dengan baik.

* * *

Oke, lantas bisnis online seperti apakah yang bisa saya jalankan?

Pertanyaan Bagus! Sebenarnya jawabannya bisa sangat panjang. Tapi kali ini, saya akan bahas secara singkat saja.

Hal pertama yang harus Anda camkan: BAKAT ITU TIDAK PENTING!

Jadi bila Anda berkata, “Saya kan tidak punya bakat bisnis,” mohon maaf karena saya harus menyarankan Anda untuk membaca tulisan yang yang satu ini. Di situ, Anda akan menemukan bahwa PILIHAN HIDUP-lah yang menjadi penentu keberhasilan seseorang, BUKAN BAKAT!!!

(Perlu Anda ketahui, sekitar 15 tahun lalu saya juga suka mengatakan “Saya tidak punya bakat bisnis” kepada orang-orang yang merayu saya untuk bergabung dengan bisnis tertentu. Kini saya sadar, bahwa jawaban seperti itu ternyata sangat memalukan!)

Hal kedua:
Bila sudah berbincang soal bisnis online, bahan pembicaraan kita menjadi tak terbatas. Ini berbeda dengan penghasilan online yang hanya terbatas pada Google Adsense, Agloco, Yuwie, dan teman-temannya itu. Penghasilan online terbatas pada layanan-layanan yang TELAH disediakan oleh ORANG LAIN.

Pada bisnis online, Anda bisa meng-create layanan baru, jenis bisnis baru, sistem baru, dan/atau entah apa lagi. Semua tergantung kreativitas Anda!

Bila Anda masih asing dengan jenis-jenis bisnis online yang mungkin terasa aneh karena belum familiar, Anda mungkin bisa memulainya dari bisnis yang paling sederhana. Membuka toko online, misalnya.

TOKO adalah sebuah jenis bisnis yang sudah lama eksis di dunia offline. Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Kharisma, adalah beberapa nama toko buku yang dapat dengan mudah Anda temukan di kota-kota besar Indonesia.

Nah, toko online sebenarnya sama saja seperti Gramedia dan teman-temannya itu. Bedanya, Anda berjualan lewat internet. Bila Anda sudah membuka sebuah toko online, maka Anda sudah berbisnis secara online.

Sangat gampang, bukan?

Hal ketiga:
Mulailah dari hobi Anda. Bila Anda hobi sepakbola, kenapa tidak mulai menjual bola atau kaos David Becham lewat internet? Bila Anda hobi berkebun, mungkin Anda bisa menjual bunga anthurium secara online. Bila Anda hobi membaca, bukalah toko online.

Itu hanya sekadar contoh. Tentu Anda bisa punya ide-ide yang jauh lebih cemerlang.

Kenapa harus mulai dari hobi?

Sebab hobi adalah sesuatu yang pasti sangat Anda cintai. Anda akan rela menggeluti hobi secara total, walau tak ada penghasilannya sama sekali. Bahkan, Anda mungkin rela mengeluarkan banyak uang demi si hobi.

Nah, bila hobi justru bisa mendatangkan uang, tentu lebih menyenangkan, bukan?

Dengan berbisnis melalui hobi, Anda bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan amat bahagia, tanpa beban sedikit pun. Bila ada masalah, Anda akan selalu punya ide-ide kreatif untuk mengatasinya.

* * *

Sebagai bahan inspirasi, berikut saya cantumkan beberapa contoh bisnis online yang dikelola oleh orang Indonesia.

Anda bisa lihat, bisnis online itu tidak harus berhubungan dengan iklan-iklan dari Google Adsense (GA) dan sejenisnya. Tanpa GA pun, seorang pebisnis online bisa meraup banyak penghasilan dari internet.

Tapi bila GA – dan/atau penghasilan online lainnya – bisa “nebeng” di bisnis online Anda, lantas memberikan kontribusi penghasilan tambahan yang signifikan, tentu ini sangat menggembirakan.

* * *

Berbisnis lewat Internet Marketing

Sebenarnya, istilah “internet marketing” di Indonesia masih mengalami banyak kerancuan. Tapi baiklah, kita tak akan membahasnya sekarang, agar tulisan ini menjadi fokus.

Saya akan memberikan sebuah contoh.

Sekolah-Menulis Online yang saya kelola adalah bisnis online yang dikembangkan – antara lain – dengan menerapkan ilmu internet marketing. Dari segi finansial, memang hasilnya saat ini belum terlalu banyak. Tapi dari segi nonmateri, alhamdulillah saya merasakan hasil yang sangat luar biasa. Dalam waktu singkat, situs ini berhasil memikat hati ratusan pengunjung, dan popularitas situs ini pun semakin menanjak hari demi hari. Saya yakin, keberhasilan nonmateri seperti ini bisa mendatangkan keberhasilan materi/finansial yang sangat menggembirakan dalam jangka panjang.

Bila Anda tertarik untuk menerapkan ilmu internet marketing bagi bisnis online Anda, coba simak sejumlah artikel berikut ini:

  1. Ini Dia: Internet Marketing Menurut Pak Nukman Luthfie
  2. Berjualan di Internet Tanpa Harus Menjadi Spammer
  3. Internet Marketing dan Janji Kaya Mendadak dalam Sekejap
  4. Internet Marketing dan Omong Kosong Itu

Atau bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu internet marketing secara lebih serius, coba klik situs www.peluanginternetmarketing.com 🙂

Semoga bermanfaat.

Cilangkap, 31 Desember 2007

Jonru

 

Iklan

42 responses to “Bisnis Online vs Penghasilan Online

  1. tulisannya terlalu panjang pak..

    sampe mumet bacanya..

    Wah… padahal saya sudah mencoba membuat tampilan yang senyaman mungkin.

    thanks Pak atas masukannya

    (atau mungkin di-print aja, biar lebih enak bacanya)

    Suka

  2. Halo Pak Jonru…

    Trims atas tulisan’ nya yang baik. Untung saya baca’ nya ngga sampe mumet seperti Pak Agus 🙂 haha. Sepertinya sedikit banyak yang saya baca dari tulisan anda dapat membantu saya untuk memotifasi keinginan saya.

    Yuko…
    thanks ya atas komentarnya
    Alhamdulillah bila bermanfaat

    salam sukses!

    Suka

  3. informasi nya apik mas!
    thanks for share
    dan salam kenal…:)

    daengrusle, salam kenal juga

    sukses buat anda!

    Suka

  4. Wah thanks ya pak,anda telah menuangkan isi hati dan pikiran saya secara lebih runtut dan jelas.Kesimpulannya,kita se-ide.Saya jadi punya bahan untuk nulis hal ini di blog saya.Thanks mas jonru,saya mau jadi murid anda…

    Sama2 Pak
    Semoga bermanfaat ya….

    Suka

  5. Assalmu’alaikum..

    Rabu,23 Januari kemarin di SMA 58(sekolah saya:red)pertama kalinya ssya ngeliat pak Jonru..
    Wahh,,ga seseram yang saya bayangkan.
    U are very kind and so interest..
    Congratz to ur team.
    Terimakasih sudah membahas tulisan tentang bisnis online..
    So inspirated!

    Kapan2 ajarin saya yah! To be writepreneurship..
    Thank a lot..

    Ayu…
    maaf bila reply-nya telat
    Thanks ya atas komentarnya
    Sudah punya blog belum? Kalau belum, coba segera dibuat ya. Sebab manfaatnya banyak banget

    Semoga sukses!

    Suka

  6. Saya masih pada pakem tradisional nih; internet marketing adalah menggunakan website sbg e-store atau e-office kita, informasi dikumpulkan disana , lalu orang yg mau daftar, beli, dll bisa lsg interaksi, iklannya di search engine atau media, saya juga sering beli produk& dpt supplier utk kantor dari internet malah.

    Tapi yg “nekat” kirim2 info via email ke orang yg gak minta menurut saya sdh spam, bukan apa2, saya pernah kerajinan di kirim 20 iklan pelatihan/hari olah orang2 tak jelas, padahal saya juga trainer, masa trainer dikirim trainer?, hehehe

    Kritik dikit buat Asian Brain, kok info tentang “wealth opportunity”-nya selalu panjang lebar & tidak to the point, pas selesai baca ujung2nya di kasih tahu income datang jika kita beli e-book lalu ngajakin lagi member lain, sama dgn MLM donk, knp gak terus-terang aja dari awal kami adalah e-MLM?, lalu gak ada produk lain selain e-MLM gitu?

    Maaf nih banyak kritik, soalnya minggu2 ini lagi murka berat gara2 email yahoo saya hampir KO diserbu spammer domesting n asing….

    wassalam
    Deni

    Kang Deni…
    Soal Anne Ahira dan AsianBrain, saya sudah banyak menjelaskan di situs PeluangInternetMarketing.com. Termasuk bantahan terhadap semua rumor, tuduhan miring, dst. Semoga bermanfaat ya…

    Suka

  7. suwun tulisane. manteb!!!

    Suka

  8. “Banyak orang yang mengatakan bahwa Agloco, home typist, Yuwie dan sebagainya itu sebagai BISNIS ONLINE. Padahal tidak! Sebab peluang-peluang seperti hanya sebatas PENGHASILAN ONLINE.”

    tambahan : bagi Agloco, home typist, Yuwie, GA itu bisnis online mereka sedangkan bagi saya itu sekedar earning online saya.

    betul begitu pak? jadi bagi yg punya ide untuk buat sistem sejenis Agloco, home typist dst dengan tawaran earning gede kelihatannya boleh juga tuh.

    hehehe

    Hadi…
    Anda memang entrepreneur sejati
    Sip deh!

    Suka

  9. nice boss.. bener2 memberikan wawasan baru..thanks buat infonya..
    moga2 kita bisa saling sharing..

    salam

    Sama-sama, YF, semoga bermanfaat ya…

    Suka

  10. make it simple and u ‘ll see it’s better. cai yooooooo.

    Suka

  11. Kalo aku awalnya cuma iseng2. akhirnya jadi ketagihan.

    Sama
    Hehehehe.. 🙂

    Suka

  12. very inspired article…thanks saya dah dikasih pencerahan, saya setuju kalo yang gaji kita tuh orang lain masih belum safety (kasus banned GA), mending buat usaha yang kitanya bisa gaji kita sendiri, dengan kata lain punya bisnis online sendiri. Salam sukses selalu.

    Terima kasih juga Wowo
    Salam sukses!

    Suka

  13. boss, saya ini orang benar2 gaptek di dunia internet, tapi saya sangat ingin sukses spt anda. tapi modal saya juga mepet banget, ajari saya donk. saya akan berusaha jadi murid yg baik

    Suka

  14. Pak … anda memberi … semangat baru untuk saya…, sejak awal bekerja (ikut orang jadi pegawai) saya sudah punya cita-cita punya usaha sendiri, tapi belum kesampaian sampai sekarang. Sampai saya terjebak (..tang) karena ikut MLM (bukan salah mereka sich … salah saya sendiri. Sekarang saya baru akan mulai merangkak lagi … dari bawaaah.. (Maaf ya pak kok jadi malah curhat hehee)Maju terus. Sukses selalu

    Suka

  15. Dear mas jonru

    maaf mas karena aku bar di IMC maka a bingung banget….
    klo a punya produk sendiri, atau kerajinan tangan misalnya.. bagaimana cara membuat bisnis online untuk kerajinan tangan yang saya buat..
    terima kasih

    bejo212

    Suka

  16. tulisan yg sangat bagus dan mencerahkan sekali pak jonru
    saya masih baru jadi anggota di asianbrain dan masih sangat bingung sekali mengenai internet marketing ini

    tulisan anda membuka wawasan saya lebih luas

    thnx banget buat infonya

    Suka

  17. sangat,..sangat membantu. thanks Pak Jonru
    btw, informasinya dong ttg format website untuk jualan produk offline. trims

    Suka

  18. Fokus saya sekarang,mencoba mulai memasarkan semua produk offline saya. Barang kali ada yang mau gabung,menjadi agen aneka keripik saya, heheh

    Suka

  19. Terima kasih atas infonya, mas Jonru
    Sangat bermanfaat untuk para new bie (seperti saya)

    Dan kalau boleh saya nambahin,
    kalau kita udah punya bisnis offline, sayang kalau nggak di-online-kan.
    Karena hampir semua jenis produk bisa dijual di internet.
    Sebagai contoh, produk yang saya jual di web: http://www.tokomarwa.com.
    Di web itu, saya menjual 300 macam lebih produk herbal, ramuan tradisional, Jamu dan Habbatussauda.

    Semua bisa di jual di web, asal ada yang beli…atau ada yang cari, Insya Allah laku deh…

    Suka

  20. Wah, trimakasih banyak atas tulisannya pak Jonru, saya mulai berpikir jalan mana yang harus saya tempuh. Prospek dari Bisnis Online memang sangat bagus tapi itu memerlukan usaha dan kerja keras untuk mendesignnya, sedangkan kalau untuk penghasilan online kita tinggal menggunakannya saja..

    Suka

  21. Mas Jonru,
    Tulisan anda merupakan sebuah koinsidens dan sekaligus memberi pencerahan bagi saya yang baru menginjakkan kaki di dunia internet marketing sejak 5 Januari 2009 ini. Tinjauan anda sangat kena sekali. Sebagai pemula aku merasa dihadapkan dengan dua tataran itu: Penghasilan Online dan Bisnis Online.
    Sebagai orang yang tidak punya produki/jasa yang bisa dijajakan, pilihan pertama saya tentu saja Penghasilan Online. Dalam modul bulan pertama AB IMC, Bu Guru Ahira pun bertolak dari situ. Saya meraba (bukan sekedar merasa) bahwa ini cara bagus untuk mengenal kekuatan dahsyat internet, yang kelak bisa digunakan menjadi Bisnis Online jika sudah punya produk/jasa yang akan dijual.
    Any how, Anda sudah membeberkan peta yang begitu jelas, terang dan bagus justru ketika kakiku akan kuayun di tataran itu.
    Salam,
    Sugarland

    Suka

  22. Wah sy harus banyak belajar lg nih biar bs berhasil mendaptkan penghasialn di bisnis online! Trims ya

    Suka

  23. Artikel yang sangat inspiratif. Terimakasih sudah mau sharing di blog ini. Thanks.

    Suka

  24. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

    Suka

  25. sungguh informatif, thkx for sharing, kalau sempat mampir tempat aku ya

    Suka

  26. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

    Suka

  27. Nice blog,,
    sangat menginspirasi
    Thanks

    sesekali liat dan kasi komentar di blog saya ya..
    http://penghasilanonlinegratis.blogspot.com/

    Suka

  28. penghasilan online dan bisnis online sama2 menghasilkan…. kalo mau duit lebih, usahanya juga harus lebih dalam membangun bisnis online 🙂

    kalo penghasilan online kebanyakan tinggal ikut sistem aja… 🙂

    Suka

  29. penghasilan online dan bisnis online sama2 menghasilkan…. kalo mau duit lebih, usahanya juga harus lebih dalam membangun bisnis online

    Suka

  30. Oh..begono…
    saya malah tidak sadar….
    terima kasih infonya….

    Suka

  31. Bisnis Offline kalau disinergikan dengan Online, pasti dshsyat hasilnya….

    Suka

  32. asilkan…. kalo mau duit lebih, usahanya juga harus lebih dalam membangun bisnis online

    Suka

  33. Gak panjang kok tulisannya, malah bagus kok bang jonru.
    I love this blog,

    Suka

  34. # Sekolah Internet Marketing Asian Brain IMC oleh Anne Ahira.
    # Manet – Busana Muslim Plus oleh Roni Yuzirman.
    # Sekolah-Menulis Online oleh saya sendiri (hehehe.. narsis dikit)
    # Asian Blogging Network oleh Budi Putra.
    # Bisnis Jamu Mahkota Dewa oleh Ning Harmanto.

    sangat inspiratif, a real business bukan MLM atau jaringan bisnis di internet, money game.

    Suka

  35. Sharing yang bermanfaat mas Jonru. Saya sendiri memulai usaha justru dari toko online. Saat ini semakin berkembang hingga punya toko offline dan kantor sendiri.

    Suka

  36. yah mas jonrU klw off ma on…dua2nya jaLan..! pasti cpt kaya tuh!! heheheh

    Suka

  37. Wah saya baru beberapa bulan jalan bisnis toko herbal online. Belum terlalu bagus hasilnya tapi insyaaAllah tetap optimis. Rezeki sudah ada jatahnya!

    Suka

  38. trmksh infonya sangat membantu

    Suka

  39. Info yang sangat bagus sekali. Memang sudah saatnya kita melirik bisnis online untuk mendapatkan penghasilan pasive yang massive. Saya pernah baca di buku The Ultimate Money Machine tentang cara orang2 terkaya memperoleh kekayaannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s