Ini Dia, Bisnis Resmi Saya!


Sejak bergabung dengan komunitas TDA, saya seringkali mendapat pertanyaan dari teman-teman via Yahoo! Messenger, “Pak Jonru berbisnis di bidang apa?”

Terus-terang, pertanyaan seperti itu membuat saya merasa tidak nyaman, karena saya sendiri bingung harus menjawab apa. Saya masih amat pemula di dunia TDA(*). Semua bisnis yang saya jalankan masih dalam tahap perintisan. Belum ada yang dapat dibanggakan.

Saya iri pada teman-teman senior di TDA yang umumnya sudah “identik” dengan bisnis tertentu:

Lantas, saya sendiri apa? Bisnis apa yang identik dengan saya? Belum ada!

Sebagai TDA pemula, saya belum terlalu fokus. Masih suka coba-sana coba-sini.

Maka pertanyaan di atas pun biasanya saya jawab dengan ogah-ogahan, “Saya masih merintis, kok. Maklum masih baru.”

Sebagai TDA pemula yang hanya bermodal keyakinan (bahwa rezeki sudah ada yang mengatur) dan portofolio saya sebagai penulis, nyaris tak ada modal dana sama sekali, maka orientasi utama saya di awal “karir” sebagai TDA adalah “bagaimana caranya agar dapur tetap ngebul.” Karena itu, saya lebih banyak fokus pada bisnis atau “pekerjaan” yang bisa menghasilkan fresh money. Dan seperti yang saya sebutkan di atas, belum ada di antara semua bisnis itu yang fokus, belum ada yang mengerucut secara jelas (bentuknya).

Alhamdulillah… perjalanan waktu membawa sejumlah perubahan pada diri saya, termasuk bisnis yang saya jalankan. Secara perlahan dan meyakinkan (bahkan tanpa saya sadari sama sekali), aktivitas-aktivitas bisnis saya akhirnya mengerucut pada sebuah nama: BelajarMenulis.com.

* * *

Siapa sangka, nama domain BelajarMenulis.com justru saya beli SECARA MENDADAK tanggal 23 Januari 2007 lalu. Saat itu, saya masih menjadi pekerja kantoran (TDB). Saya sedang chatting dengan seorang teman. Dan tiba-tiba saja, nama itu terlintas di pikiran saya.

“BelajarMenulis.com, hm… nama yang bagus,” ujar saya di dalam hati. Maka, nama domain ini pun langsung saya beli saat itu juga. Saya belum tahu, ia akan digunakan buat apa. Tapi gambaran saya saat itu, BelajarMenulis.com – sesuai namanya – akan menjadi sebuah media bagi siapa saja yang ingin belajar menulis.

* * *

Situs BelajarMenulis.com mulai digarap secara serius sejak saya berhenti ngantor bulan Maret 2007 lalu. Saat itu, saya membuka kursus-menulis privat, diperuntukkan bagi warga Jabodetabek. Tapi entah kenapa, layanan ini tidak laku. Banyak orang yang bertanya-tanya dan mengatakan ingin bergabung, tapi tak ada yang jadi.

Beberapa waktu kemudian, saya kepikiran untuk membuka layanan Sekolah-Menulis Online. Tapi ketika itu saya masih minder. Saya merasa belum layak, belum punya kapabilitas untuk menyelenggarakannya. Maka, rencana ini pun ter-pending selama beberapa bulan.

Alhamdulillah, rasa percaya diri mulai muncul setelah saya mengikuti Workshop EDAN tanggal 23 Juni 2007. Workshop yang sangat luar biasa efeknya bagi perkembangan kepribadian saya ini, membuat saya yakin bahwa saya bisa. Saya punya kapabilitas.

Kesulitan keuangan, dan gagalnya proyek-proyek pesanan, membuat saya sempat bingung, “Dengan cara apa lagi saya harus mencari uang? Saya sepertinya tak cocok mengerjakan proyek-proyek pesanan. Padahal inilah sumber penghasilan utama saya selama ini. Apa yang harus saya lakukan?”

Alhamdulillah lagi, Tuhan memberi saya jalan lewat ide yang tiba-tiba terbersit, “Segera saja realisasikan rencana lama tersebut!”

Maka, didorong oleh rasa percaya diri pasca Workshop EDAN, plus “situasi darurat karena terdesak masalah finansial”, tanggal 22 Juli 2007 saya pun mulai membuka pendaftaran Sekolah-Menulis Online.

Alhamdulillah…
Di luar dugaan, ada sekitar 30 orang yang mendaftar menjadi siswa. Ini benar-benar membuat saya surprise. Sambutan masyarakat terhadap layanan baru ini ternyata amat luar biasa. Saya pun makin percaya diri, makin yakin bahwa saya punya kapabilitas.

* * *

Saya harus mengakui bahwa keberadaan Sekolah-Menulis Online menjadi obat tersendiri atas “penyakit” stress saya yang sering hadir pasca menjadi TDA. Bagaimana tidak. Saya kerap mengalami kesulitan keuangan, karena sumber penghasilan masih tak menentu.

Tapi Allah memberi saya jalan lewat Sekolah-Menulis Online. Penghasilan dari bisnis yang satu ini bisa mengatasi masalah keuangan yang saya hadapi. Sejak saat itu, alhamdulillah saya tak pernah stress lagi gara-gara masalah keuangan.

Saya melihat bahwa potensi penghasilan dari Sekolah-Menulis Online ini sangat menjanjikan. Setidaknya, kebutuhan-kebutuhan keluarga kami yang paling mendasar dapat terpenuhi.

Dengan kata lain, saya kini percaya bahwa bisnis Sekolah-Menulis Online dapat saya jadikan sebagai sumber penghasilan utama keluarga saya. Karena itu, saya harus menggarapnya secara lebih serius.

Kini, setiap kali ada teman yang bertanya, “Pak Jonru berbisnis di bidang apa?”, dengan penuh percaya diri saya menyebut nama BelajarMenulis.com. Ini adalah bisnis resmi saya. Ini adalah “perusahaan” saya (walau belum ada badan hukumnya).

Saya punya mimpi: Suatu saat nanti, Sekolah-Menulis Online BelajarMenulis.com bisa sebesar dan sepopuler www.writingclasses.com, bahkan lebih hebat dari itu. Amiin.

Cilangkap, 14 Januari 2008
Jonru

 

Keterangan:
(*) TDA adalah singkatan dari Tangan Di Atas, istilah yang diperuntukkan bagi mereka yang menjadi pewirausaha. Kebalikannya adalah TDB (Tangan Di Bawah), yakni orang-orang yang masih menjadi pekerja kantoran.

NB:
Terus terang, nama BelajarMenulis.com sama sekali tidak terinspirasi dari Writingclasses.com, sama seperti PenulisLepas.com yang tidak terinspirasi dari Freelancewriting.com. Tapi setelah saya perhatikan, ternyata ada kesamaan konsep di antara mereka. Ya, akhirnya saya menjadikan kedua situs ngetop tersebut sebagai benchmark saja. Siapa tahu, suatu saat nanti, kedua situs buatan saya ini bisa sebesar – bahkan lebih besar – dari mereka. Amiin.

Bermimpi boleh, kan?

Iklan

12 responses to “Ini Dia, Bisnis Resmi Saya!

  1. Hehehe… SELAMAT BANG JONRU!!!

    Sudah semakin self confidence nih. Memang kan mestinya begitu ya… Semoga bisnisnya ini cepat membesar..sar..sar..sar.. (echo:Red) didengar dan dilihat orang se-dunia…

    Sukses selalu!
    Salam,
    Wuryanano

    <Pak Nano
    Saya speakless membaca komentar yang luar biasa dari orang luar biasa seperti Anda

    thanks a lot atas dukungannya ya…

    Suka

  2. Selamat Pak,
    Saya sekarang jg lagi terpikir mo bikin yang serupa, tapi tentang IT. insyaAllah SDM dari teman2 sekitar.
    Mohon doanya.

    Pak Pramana
    Saya doakan ya, semoga keinginan anda tercapai dan sukses besar!

    Suka

  3. Salut !
    belenggu fikiran menjadi rongga untuk melihat kesempatan lain.

    Thanks Pak Rhamdani
    Sukses buat Anda!

    Suka

  4. mas jonru, moga sukses dengan sekolah menulis online nya ya.
    jaman sekarang jadi penulislepas juga bisa punya penghasilan besar, apalagi banyak program kerjasama di internet dengan bayaran yang amat sanagat lumayan.

    Wah.. sukses juga buat situs Lowongan Kerja yach…
    Thanks atas masukannya

    Suka

  5. Sukses dech ama pak Jonru…
    Seneng bisa sempet ketemu di Purwokerto nieh di Seminarnya walo mungkin saya belom akrab ama mas,

    Semoga bisnis na makin Sukses

    Mas Fadli…
    Thanks atas komentarnya
    Moga nanti kita bisa ketemu lagi ya, mungkin di purwokerto atau di tempat lain

    Sukses buat anda!

    Suka

  6. bener2 menginspirasi.. selamat mas jonru..

    Suka

  7. Mas Jonru, congratulations!!!

    Satu tahun itu lebih dari cukup untuk membesarkan mental PEDE kita, bahkan SATU MALAM pun bisa untuk meREVOLUSI kepercayaan diri kita.

    Asalkan: kita selalu mengharapkan dipertemukan dengan ORANG yang BAIK, IDE yang BAIK, dan UANG yang BAIK, pastilah kesuksesan itu DATANG SENDIRI kepada kita.

    Mimpikan tujuan-nya, nikmati perjalanannya !!!!

    Sampai ketemu di HALL of FAME, Mas Jonru!!!

    Dr Andi Sugiarto, SpRM
    http://andisugiarto.blogspot.com
    ym: andisugi@yahoo.com
    dokter.andi@gmail.com

    Thanks Pak Andi
    Betul.. saya juga pernah merasakan bahwa moment yang hanya beberapa detik saja bisa mengubah hidup secara drastis

    Salam sukses!

    Suka

  8. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian III) | Jonru on the Web

  9. Hebat ..dan selamat ya!
    Kapan ya saya bisa nyusul Pak Jonru ?

    Suka

  10. Luar biasa, ya Allah nemu juga artikel penggugah jiwa saya

    Suka

  11. Baca tulisan ini jd menyadarkan saya, bisnis saya apa ya? pertanyaan yg sering muncul pada masa awal kenal dengan IM, kurang FOKUS FOKUS FOKUS jdnya g ada yg jadi-jadi.
    Tapi Alhamsulillah sekarang baru saya rintis dan mudah2an bisa melawati masa-masa sulit seperti yg dialami pak jonru Amin
    thanks pak Jonru atas sharing pengalamannya dalam memulai bisnis

    Suka

  12. Ping-balik: [Pernyataan Resmi] Saya akan Berhenti Mengelola Writers Academy | Jonru Ginting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s