Akhirnya Saya Punya Laptop!


belajar menulis - laptop jonruSelama ini, saya cukup puas dengan kepemilikan PC (personal computer) yang bertengger di rumah saya. Komputer itulah yang saya gunakan untuk menulis dan bekerja.

Namun sejak beberapa bulan lalu, saya tiba-tiba kepikiran untuk memiliki laptop. Ini berawal dari kebiasaan istri saya yang suka pulang dan menginap di rumah mertua (orang tuanya) bila libur atau ada keperluan. Selama di sana, praktis saya tak bisa bekerja, tak bisa menulis. Padahal banyak waktu luang yang seharusnya bisa saya gunakan untuk kegiatan-kegiatan yang produktif (bila nganggur, tangan saya biasanya langsung “gatal-gatal”, ingin “menari-nari” di atas keyboard ).

Pada saat itulah saya berpikir, “Coba kalau saya punya laptop. Saya tentu bisa bla… bla… bla…,” (Anda tentu bisa melanjutkan kalimat ini, kan?).

Pemicu berikutnya adalah Sekolah-Menulis Online (SMO) yang saya kelola, dan punya slogan “Belajar Menulis Jarak Jauh. Kapan Saja di Mana Saja. Berlaku Internasional.”

Sungguh tragis, karena saya selaku mentor dan pengelola justru belum bisa “kapan saja dan di mana saja!” Bila jadwal konferensi online sudah menunggu dan saya sedang jauh dari rumah misalnya, saya harus buru-buru pulang ke rumah. Pernah saya harus mengelola SMO dari warnet. Pernah saya ada acara di Bandung, dan konferensi online SMO terpaksa diliburkan.

Saya pun berpikir lagi, “Coba kalau saya punya laptop!”

Maka, keinginan untuk memiliki laptop pun semakin kuat:

  1. Dulu ketika berkunjung ke Yogya untuk mengisi Workshop Penulisan, saya sakit keras dan tak bisa ke mana-mana. Pada saat itu, beberapa pembeli MBIG mengirim SMS, “Saya baru saya mentransfer uangnya. Mohon account saya diaktifkan segera.” Duh, bagaimana saya bisa memenuhi permintaan mereka, sedangkan saya terkapar sendirian di kamar hotel, tak bisa ke mana-mana dan tak bisa meminta bantuan siapapun? Saat itulah saya sadar bahwa saya kini seorang pebisnis online yang harus “siap 24 jam” melayani para customer. Tapi bagaimana mungkin saya bisa “siap 24 jam” bila saya sedang berada jauh dari rumah dan letak warnet sangat jauh? Saya harus online dari mana? “Andai saya punya laptop!”
  2. Setiap kali belanja di mall, saya selalu singgah di counter komputer. Saya perhatikan laptop-laptop yang dipajang di sana dengan penuh antusias. “Kapan ya, saya bisa memilikinya?”
  3. Bila ada kegiatan atau kejadian menarik, saya sering terlambat (atau bahkan tidak) menulisnya di blog. Memang, ngeblog tidak harus pakai laptop. Lewat warnet atau komputer pinjaman pun bisa. Tapi saya selalu berpikir, “Seandainya ada laptop, saya mungkin bisa menulis di blog secara ‘real time’.”
  4. Ketika sahabat saya Dani Ardiansyah mendapat door prize laptop pada acara HUT Sekolah Kehidupan, terus terang saya SANGAT IRI dan berkata di dalam hati, “Duh, seandainya saya yang mendapatkannya. Kapan ya, saya bisa memiliki benda impian itu?”
  5. Ketika saya diwawancarai oleh Metro TV, salah seorang kru mereka berkata, “Nanti ketika syuting, Pak Jonru pakai laptop, ya?” Duh, ternyata dia mengira bahwa selama ini saya mengelola SMO lewat sebuah laptop yang selalu saya bawa ke mana-mana. Bagaimana reaksinya bila dia tahu bahwa selama ini saya hanya mengandalkan sebuah PC yang bertengger di sebuah sudut kamar di rumah saya?
  6. Dalam acara Milad TDA tanggal 27 Januari 2008 lalu, Pak Yosef mengajak seluruh hadirin untuk berkonsentrasi dan menyebutkan SATU keinginan di dalam hati. Saat itu, saya memejamkan mata dan berbisik dengan penuh harap, “Ya Allah, izinkanlah hambaMu ini memiliki laptop.”

Beberapa teman sempat berkata, “Kalau pingin beli, ya beli aja dong. Sekarang kan banyak laptop yang harganya murah.”

“Iya, murah sih murah. Tapi kalau dana belum mencukupi, sama saja. Tetap belum bisa bisa.”

Alhamdulillah, titik terang mulai muncul ketika saya membuka pendaftaran SMO angkatan ke-2. Penghasilan dari sekolah online ini lumayan besar. Setelah dihitung-hitung dan berunding dengan istri, kami berkesimpulan bahwa anggaran untuk membeli laptop sudah tersedia. Angka yang kami sepakati adalah Rp 4 hingga 5 juta rupiah. Dengan angka itu, kami tentu belum bisa membeli laptop yang terlalu canggih. Cukup yang biasa-biasa saja, bahkan mungkin laptop second.

Tapi tak apalah.

Saya mulai browsing di internet, mencari data harga dan penjualan laptop. Dari semua informasi yang saya kumpulkan, saya akhirnya tertarik pada sebuah toko di Grogol yang banyak menjual laptop second. Dari halaman webnya, saya membaca bahwa sejumlah blogger dan penulis terkemuka pernah membeli laptop di sana. Wah, hebat banget!

Tanggal 15 Februari 2008, seusai Jumatan, saya mendatangi toko tersebut. Sayangnya, tak ada yang cocok. Ada yang bagus, merk Toshiba, harganya Rp 6,8 juta. Terlalu tinggi dan jauh di atas anggaran kami yang tetapkan.

Saya pun tidak jadi beli di sana. Namun karena masih penasaran, saya langsung menuju Mangga Dua. Pucuk dicinta ulam tiba, sebab kebetulan sekali di sana sedang ada pameran komputer. Saya pun bisa melihat berbagai macam laptop terbaru dari berbagai merek.

Sayangnya, hampir semuanya dijual dengan harga di atas Rp 6 juta (saya sempat melihat Asus Eee PC yang seharga Rp 3,7 juta, padahal harga di toko mencapai Rp 4,3 juta. Tapi saya tidak tergiur karena ukurannya ternyata sangat kecil).

Alhamdulillah, akhirnya saya ketemu dua laptop yang cukup ideal dan harganya mendekati anggaran saya. Zirex (berprosesor Intel Core 2, ada webcam-nya) seharga Rp 5,8 juta, dan Benq Joybook R43E (berprosesor Intel Celeron) seharga Rp 5,3 juta.

Karena masih sangat awam tentang laptop, saya bingung harus memilih yang mana. Saya menghubungi dua orang teman dan meminta masukan mereka. Ternyata, mereka sama-sama merekomendasikan Benq. Bahkan salah seorang dari mereka berkata, “Zirex tidak terlalu bagus.”

Akhirnya, saya mantap untuk memilih Benq. Tapi ketika keputusan sudah bulat, pameran sudah keburu tutup karena hari sudah menjelang malam.

Saya pun pulang dengan tangan kosong. Tapi keesokan harinya, saya langsung ke Mangga Dua lagi. Tanpa ba bi bu , Benq Joybook R43E segera saya beli dan bawa pulang ke rumah.

Alhamdulillah, saya merasa bersyukur karena laptop impian itu akhirnya berhasil saya miliki.

Singkat cerita, naskah yang sedang Anda baca ini ditulis dengan laptop baru tersebut, ketika saya sedang menginap di rumah mertua. Saya merasa perlu bersyukur, karena produk impian tersebut akhirnya dapat saya miliki.

Bila dipikir-pikir, ini adalah berkah dari bisnis online yang saya jalankan. Seandainya saya masih setia jadi pekerja kantoran, kemungkinan besar saat ini saya belum bisa punya laptop 🙂

Kampung Makasar, 1 Maret 2008

Jonru

NB: Ternyata laptop saya punya “kembaran”. Pak Edy pun membeli laptop pertamanya tanggal 16 Februari 2007 lalu, sama seperti saya.

 

Iklan

32 responses to “Akhirnya Saya Punya Laptop!

  1. Assalamualaikum,
    Selamat ya Pak Jonru. Minta do’a sekalian supaya saya juga bisa punya.

    Terima kasih

    Suka

  2. wah, akhirnya Pak Jonru kemana-mana bisa menarikan jemarinya. Semoga sukses dengan SMO nya

    salam kreatif

    Suka

  3. keren mas jonru.. salut buat anda..

    Suka

  4. Pak Nahar, Anto WN dan YF, thanks atas atensinya.
    Saya doakan deh, semoga Pak Nahar juga segera punya

    Sukses selalu!

    Suka

  5. Btw.. barusan ada pemadaman listrik di lingkungan saya. Tapi saya bisa tetap menulis, karena ada laptop yang pakai baterai. Hehehehe….

    Alhamdulillah 🙂

    Suka

  6. Wah!! Selamat Dech buat Laptop barunya.

    Jadi kepengen nieh…. 😀
    Kukira Pak Jonru dah lama punya Laptop he..he..

    Kalo Buat pebisnis di Internet hukumnya memang wajib kali apa ya?
    Karena kebutuhan tentunya…

    Keep Blogging ‘n Internet Marketing dech!!

    Terima kasih Pak Fadli…
    Semoga sukses buat Anda ya,
    termasuk sukses mendapatkan laptop 🙂

    Suka

  7. Selamat ya… Langkah selanjutnya, masuk Portableapps.Com

    Thanks Mas Riza 🙂

    Suka

  8. Assalamu’alaikum,

    kirain dari asianBrain 🙂 dari SMO toh, hehehe !

    congrats ustadz !

    Wassalam.

    Waalaikumsalam
    Ilmunya dari AsianBrain
    Prakteknya masing-masing
    hehehehe…
    Sukses juga buat Anda!

    Suka

  9. wah semakin keren aja bos. selamat yah 🙂

    yang keren laptopnya atau saya?
    hehehehe… 🙂

    Suka

  10. saya juga ingin punya laptop… 🙂 amiin..

    Amiin…
    Saya doakan semoga cepat terkabul ya…

    Suka

  11. Salam kenal bang Jonru…selamat3 dan insyaAllah akan produktif pula tu laptop, smoga selalu diberi kemudahan oleh Allah & I wish u luck always…!

    Echa, salam kenal juga
    Thanks atas komentarnya dan sukses untuk Anda!

    Suka

  12. saya udah punya laptop, tp ga ada internetnya. mendingan pake PC tp ada internetnya. hikss…pengenn bs online dari rmh

    Ya kalo Wulan lebih prefer pake PC, tidak masalah
    Semua tentu berpulang pada kondisi dan selera masing2
    hehehe… 🙂

    Suka

  13. Pake OS apa pak? Kalo pake Windows, yang resmi ya, jangan yang bajakan. Software2 yang diinstall juga. Kalo ingin gratis, pake OS GNU/Linux aja, contohnya Ubuntu. Dijamin halal, legal, dan bebas virus 🙂

    Pake Win XP Pak..
    THanks ya atas atensi dan masukannya

    Suka

  14. Salam kenal dan selamat!
    Smoga lebih produktif dan berkah

    Mas Deni.., salam kenal juga ya…

    Suka

  15. selanjutnya mobil om… turut senang

    Amiin…..
    Terima kasih Pak Arul 🙂

    Suka

  16. saya lagi mempertimbangkan nih
    lagi ada yg jual cuma 4 juta masih baru.
    buat office bagus kan?? buat nonton video gimana yah?
    hm… terus kira kira kekuragannya apa ya??
    thanks

    http://kaskus.us/showthread.php?t=818129

    Menurut pengalaman saya, ada dua kekurangannya:

    – device bluetooth-nya tidak ada, padahal softwarenya sudah disediakan

    – colokan USB ada tiga. Satu di pojok kiri belakang, dua lagi di sisi kiri.
    Di kanan tidak ada, padahal mouse kan biasanya diletakkan di kanan.
    Ini bisa jadi ribet kalau kita pakai mouse. Tapi tentu secara teknis bisa diakali. Saya biasanya menjulurkan kabel mouse di belakang laptop, agar tidak mengganggu.

    dengan spek yang seperti pada iklan tsb, tentu laptop ini cocoknya buat office atau desain sederhana. Kalau desain dan games yang berat2, sepertinya kurang cocok.’

    Jonru

    Suka

  17. wah mas makasih banget nih, cepet uyy responnya

    say terkesan sama cerita2 mas tentang pengalaman sebagai pegawai, semoga saya bisa kaya mas (saya masih mahasiswa sih)

    thanks

    Ok deh, saya doakan bisa lebih baik dari saya

    Jonru

    Suka

  18. selamat ya mas,
    klu saya… huuuuhhhh…. belum bisa beli laptop sendiri

    Saya doakan semoga lekas punya ya…

    Jonru

    Suka

  19. wah… ternyata apa yang saya alami sekarang ada juga yang pernah alami.. dan alhamdulillah anda berhasil mendapatkan yang dicita2kan… saya designer produk (lebih banyak ngerjain desain grafis skrg) dan baru belajar tuk bisnis online… terus terang saya sering ragu apa pilihan saya sudah benar tuk tidak bekerja untuk orang lain, dan memiliki bisnis sendiri karena terus terang, saya tidak memiliki modal yang cukup dan hutang terus bertambah… jadi bisa dikatakan modal nekat! he he… saya berbisnis dari warnet ke warnet, terkadang mengerjakan desainnya di rumah.. memang saya sangat memerlukan Laptop seperti umumnya pebisnis on-line.. mudah2an cita2 saya pun cepat tercapai… terimakasih atas posting anda yang sangat jujur, yang memberikan motivasi untuk saya tidak menyerah… sukses selalu!

    Suka

  20. Good luck dech buat mas Jonru…..
    Do’ain juga yach mas,karena sy dari dulu ga’ pernah kesampean beli Lap top tsb…pas sy punya duit pasti dech sy belikan brng yang lain…and gmn caranya biar cepet punya lap topbaru kaya mas Jonur….

    Sekali Lagi GOOD LUCK ..Buat Mas Jonur….SALUT Bngt

    Thk’s
    Y@n’s

    Suka

  21. Bapak selamat yaaa, tolong info dong alamat dari toko laptop di grogol tersebut, boyke13id@gmail.com

    Suka

  22. wah lumayan….
    akhirnya sebuah pejuangan panjang telah berakhir dengan bahagia….
    mudah2an kisah ini terjadi kepada banyak orang…
    amin…
    termasuk saya juga…
    he.he.he.

    Suka

  23. wah dream come true ya mas…

    mas doain saya ya pny laptop juga ya…

    cos PC dekstop saya rusak berat hampir 5jt saya ilang…

    smg keinginan saya mempunyai latop bs terwujud seperti mas jonru…

    AMIEN….

    Suka

  24. Baca blog bapak jd bikin saya senyum2 sendiri, abs ceritanya mirip2.
    Yah aku juga ikut seneng akhrnya pak Jonru punya laptop, saya udh kerja ampir dua tahun, cita2 saya kalo kerja pengan bisa mobile,online dimana aja, kapan aja alias punya laptop gitu.. Tapi saya sadar, laptop spec desain tuh mahuaalll ampe setaun hidup ngirit belum aja kesampean. Mudah2an abis pak Jonru menikmati laptop impiannya giliran saya nih, amien… Semoga bulan puasa ini do’anya di jaba

    Suka

  25. Ya Allah, Ternyata banyak orang harus berusaha setengah Hidup untuk mencapai keinginannya…
    Ternyata bukan cuma aku aja…
    Duuh, kapan ya, aku juga pingin laptop banget, tapi jujur, aku belum butuh…
    Aku sering mengelompokan sesuatu menjadi kebutuhan VS keinginan. jika sesuatu itu udahmasuk ke daftar kebutuhan, aku akan setengah mapus mengusahakannya, tapi jika hanya sekedar keinginan, aku berusaha untuk memendamnya.
    Alasanya satu, supaya hatiku tidah terlalu manja, karena keinginannya tidak selalu terpenuhi…
    Thanx untuk ceritanya p’jonru, benar2 manjadi inspirasi buatku.

    Suka

  26. Wah.. keren.. Yang lain mau seperti itu juga?
    klik aj di http://www.asiabersama.com/silv
    Sukses!!

    Suka

  27. Hi,
    This is really a wonderful article and also obviously one great post. Thanks for the valuable information and insights you have so provided to us. Keep up the good work.

    Suka

  28. Hi,
    This is really a great stuff for sharing. Keep it up .Thanks for sharing.

    Suka

  29. Hi,
    It was a very nice article! Just want to say thank you for the information you have shared. Just continue writing this kind of post. Thanks.

    http://www.ukacademia.co.uk

    Suka

  30. Hi,

    I haven’t any word to appreciate this post…..Really I am impressed from this post

    Suka

  31. Hi,
    Nice post! You have worked hard on jotting down the essential information. Keep sharing the good work in future too.

    http://articles.customcoursework.co.uk/Articles/20/GCSE_Coursework.aspx

    Suka

  32. Slamat y! berkat perjuangan dan kesabaran anda, tuhan mtemberikan yg anda ingnkan, saya ikut senang, smoga tambh sukses dan smoga ditunjukkan ke jalan yg di ridloi ALLAH
    Amin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s