Ingin Sukses? Awali dari Garasi!


Tentu saja, judul tulisan ini terlalu menyesatkan. Tapi saya sengaja menulis seperti itu, karena ada maksudnya.

Sepengetahuan saya, banyak pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dari garasi di samping rumah. Walt Disney, Bill Gates, dan masih banyak lagi (maaf jika keliru, sebab saya tidak hafal siapa saja mereka). Pengusaha-pengusaha dalam negeri pun, banyak di antara mereka yang memulai bisnis dari garasi. Dan terbukti, mereka akhirnya tampil sebagai pengusaha sukses.

“Karena itu, bila Anda ingin menjadi pengusaha sukses, mulailah dari garasi rumah Anda!”

Hehehe…. Anda tentu tertawa membaca pernyataan di atas. Ya, saya pun percaya bahwa garasi bukanlah penentu keberhasilan.

Tapi saya kira, ada hikmah yang perlu kita ambil dari fenomena ini. Dan hikmah tersebut sejalan dengan sebuah motto yang selama ini selalu didengung-dengungkan oleh sahabat saya Eko June:

Anda Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai, Tetapi Anda Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat.

Ya, saya merasa belum hebat. Saya belum sanggup menggaji banyak karyawan, belum sanggup menyewa ruangan di kawasan perkantoran. Tapi apakah saya harus menunggu semuanya tersedia secara lengkap? Tentu tidak!

Karena itu, saya telah bertekad untuk memulai semuanya dari garasi rumah saya yang kecil tersebut.

Sejak tanggal 21 Februari 2008 lalu, alhamdulillah untuk pertama kalinya saya memiliki (seorang) staf, setelah sebelumnya selalu bekerja sendirian dalam berbisnis. Karena itulah, saya harus membuat sebuah kantor yang representatif. Maka, saya pun menyiapkan semuanya. Saya “menyulap” garasi rumah saya menjadi sebuah kantor kecil.

“Berkantor dari garasi”, menurut saya, memiliki landasan filosofis yang dalam. Kita memanfaatkan apa yang SUDAH kita miliki, tak perlu menyesali hal-hal yang belum kita miliki. Kita tak perlu menunggu menjadi orang hebat. Sebab jika kita memulai segalanya dari nol, ketika kita “belum jadi apa-apa”, justru itulah awal dari kesuksesan! Itulah awal dari kehebatan yang akan kita miliki!

* * *

Garasi di rumah saya tersebut sebenarnya tidak besar. Ia bukan garasi mobil, melainkan sebuah ruang sempit (semacam paviliun) di bagian kiri rumah saya. Selama ini, ruang tersebut dipakai untuk menyimpan motor di malam hari, jemuran, dan barang-barang yang tak terpakai (alias menjadi gudang).

Ruangan ini memanjang ke belakang, dan termasuk wilayah paling kumuh di rumah saya. Maklum, gudang.

Berikut adalah gambarnya yang diambil sekitar setahun lalu.

 

garasi jonru - lama

Kini, bagian depan gudang atawa garasi ini diubah menjadi sebuah kantor kecil. Sebagai pembatas dengan gudang di belakangnya, diberi sekat dari tripleks yang bisa dipindah-pindah. Di dalam kantor baru ini, ada sebuah meja kantor (dengan seperangkat PC dan printer di atasnya), meja kecil, satu kursi kantor, dan dua kursi tamu.

Gambarnya bisa dilihat di bawah ini.

kantor baru jonru

kantor baru jonru

Banyak pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dari garasi. Karena itu, tentu tak salah bila saya pun berharap demikian.

Salam sukses!

Cilangkap, 4 Maret 2008

Jonru

NB: Anda bisa mengintip rumah saya di sini 🙂

Iklan

47 responses to “Ingin Sukses? Awali dari Garasi!

  1. Wah keren sekarang garasinya bang… 🙂

    Suka

  2. Semoga Sukses!

    Suka

  3. jualan handuk juga tha Bang…. hehehe

    salam perdjoeangan!

    Suka

  4. “Jarak ribuan lie, dimulai dari langkah pertama,” ujar pepatah Tiongkok. Keep on track ya. Saluut.

    Suka

  5. semoga sukses,,..

    Suka

  6. Semoga mendapatkan kesuksesan yang Allah ridhai Aamiin…

    Suka

  7. wah kok itu ada jemuran jatuh segala, Mas, hehe…

    Suka

  8. @hasyim: benar cim, alhamdulillah 🙂

    @kudiarto21, pak badiyo, mas riza, YF, arrohwani: thanks ya. Salam sukses juga buat Anda!

    @wadiyo: emang terlihat seperti toko handuk ya? hehehe…

    @dina: ya gitu deh 🙂

    Suka

  9. Saya memulai usaha saya dari kamar tidur di Bandung. Alhamdulilah sekarang kontrak rumah empat kamar di Jakarta. Semoga akan lebih baik lagi. Amin!

    Wah hebat
    Selamat ya 🙂

    Suka

  10. Memang memulai sesuatu tidak mesti memiliki semua. Ada yang pernah atau mungkin senang main game Age of Empire? Anda akan tahu bagaimana berbisnis itu…

    Bisnis adalah permainan. Mainkanlah.

    Salam sukses dari Kuta, Bali

    Wah, apalagi kalau bisnis berdasarkan hobi
    tentu lebih main-main lagi
    semuanya terasa sangat menyenangkan

    hehehehe… 🙂

    Suka

  11. Semoga makin sukses, Mas..

    Tulisannya inspiring buat Saya.
    Beberapa bulan yang lalu memang Saya sempat mikir buat bikin usaha sendiri..
    Belum apa2, udah mikir modal buat ini itu, ngegaji karyawan, dan lain sebagainya..

    Tapi bener juga..
    Mulai dari pelan2.. Kalo gak dimulai2 ya gak akan hebat2..

    Doain yah.. 🙂

    Betul Pak
    Manfaatkan saja apa yang kita miliki
    Insya Allah nanti kesuksesan perlahan-lahan akan menghampri

    semoga berhasil, ya 🙂

    Suka

  12. Sukses Bang!

    thanks Mbak Deci…

    Suka

  13. sukses pak jonru
    kalo saya dari kamar depan
    Bukan garasi…
    Maklum gang sempit rumah saya…
    Gak muat mobil…
    2 Motor aja senggolan…

    Untungnya bukan SECOK

    Senggol BACOK…

    He he

    Sukses yah….

    Pak Taufan..
    Rumah saya juga di gang sempit kok
    mobil gak bisa masuk
    makanya kalo nanti ada rezeki buat beli mobil, mungkin harus pindah rumah
    hehehehe…

    Sukses juga buat Anda!

    Suka

  14. great…

    thanks 🙂

    Suka

  15. Something big start up something small! Dinosaurus, gajah, buaya, Apple Inc., Bakri, juga Yayat Sumirat tetangga saya, berawal dari sesuatu yang sangat kecil, pelan-pelan mereka tumbuh dan membesar. Tapi satu hal mas, seleksi alam itu kejam banget, cuma yang satu dari 10 ekor anak buaya yang lolos seleksi, saya tidak tahu kalau dalam bisnis…mudah-mudahan saja peluang lolos seleksi alamnya lebih besar dari itu.

    Ngomong2, kata buya Hamka, hidup itu cuma berpihak pada mereka yang berani, bukan yang cerdas atau yang kuat, atau yang besar. kecerdasan, kekuatan, atau apa pun keunggulan dan potensi yang kita miliki tidak akan berarti apa-apa tanpa keberanian.

    Pak Ary…
    saya setuju banget dengan ucapan Buya Hamka tersebut
    karena itu, tak perlu takut pada seleksi alam yang – katanya – kejam

    semga sukses ya…

    Suka

  16. Asal muasal bisnis yang terbangun adalah usaha yang dimulai dari kecil,tidak hanya tempat segala infrastrukturpun kecil,semua orang akan melakukan hal ini apalagi jika merasa yakin usahanya akan menuai kejayaan,dari garasipun tak masalah yang terpenting adalah jangan sampai pikiran kita simpan digarasi
    sukses bang
    regard
    Chintya

    Ok chintya..
    thanks ya atas masukannya yang sangat bagus 🙂

    Suka

  17. Foto-fotonya jujur,polos, apa adanya,tapi berani, ya Pak Jonru!Ini ‘qualities’ yang langka di jaman serba canggih ini. Moda atau cara berbisnis boleh lewat internet, tapi hati harus tetap seperti situasi ketika jaman barter tempo dulu. Karena ini pulalah maka saya sangat tertarik untuk ikut di SMO angkat ketiga. Kalau sudah hebat sekali nanti, jangan tinggalkan ke-apa-ada-an ini ya Pak Jonru.
    Salam
    Vincent

    Thanks Pak Vincent

    Insya Allah kacang tak akan lupa pada kulitnya
    hehehehe…

    Semoga sukses buat Anda!

    Suka

  18. Jonru said: Kita memanfaatkan apa yang SUDAH kita miliki, tak perlu menyesali hal-hal yang belum kita miliki. Kita tak perlu menunggu menjadi orang hebat. Sebab jika kita memulai segalanya dari nol, ketika kita “belum jadi apa-apa”, justru itulah awal dari kesuksesan!
    ***********************

    Suka banget sama kalimat mas Jonru yang ini 🙂

    THanks Yuli
    semoga bermanfaat ya….

    Suka

  19. Wow..baguz om Jonru, saya juga memulai usaha dari garasi juga kok. Hampir satu tahun membuka usaha nih, kayak counter pulsa dan laennya. Kerja sambilan, selagi masih kuliah. Namanya aja saya kasih Garasi selluler. Rencananya mo buka percetakan juga. salam kenal ya om Jonru…

    Salam kenal Pak Rivai…
    Sukses buat Anda!

    Suka

  20. Salut mas jonru! Mulailah dari yang kecil sehingga memiliki pondasi yang kokoh…insha Allah!

    Thanks Pak Rurama. Salam kenal juga dan sukses buat Anda!

    Suka

  21. walah salut..makin maju saja. berjuang terus. salam sukses dari saya. tak jauh berbeda seperti bang jonru saya juga sudah memiliki kantor sendiri, bahkan sampai tiga. kantor pas2an. yang membedakan semangat bang jonru, itu membuat nilai lebih. ternyata kantor tanpa semangat juang, akan tergusur dengan sendirinya. ternyata, kantor semewah apa pun tanpa orang-orang bersemangat akan jadi percuma. lebih baik kantor seadanya namun memiliki orang bersemangat ketimbang kantor wah tanpa orang bersemangat. anda menjadi inspirasi bagi saya. sukses terus, doa dari bandung

    Terima kasih Pak
    Semoga sukses buat Anda!

    Suka

  22. moga sukes

    http://hmc.web.id (blajar inggris lewat nasyid)

    Suka

  23. yang punya Google, Ebay juga dari garasi kok mas awalnya 🙂

    Suka

  24. Hebat Mas Jonru, semakin pengen belajar menulis 🙂

    Suka

  25. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian III) | Jonru on the Web

  26. Mas Brapa BaJunayaa? Djual Kann HEhehe

    JUcHH Jabuu KWkwokwokwo bercanda

    SSSemoga Sukses

    Suka

  27. Insya Allah dengan semangat, kita bisa! 🙂

    Suka

  28. Sukses selalu mas!

    Suka

  29. Semoga Sukses dengan Garasinya pak !
    Sama juga saya mengawali dengan Garasi rumah saya… bikin usaha Garasi celluler, profitnya buat usaha lagi Garasi Ikan Hias, saat ini tengah berjuang membuat CV Garasea.

    Mohon doanya , Amin .

    Suka

  30. Selamat ya Bung Jonru,
    Saya salut atas semangat anda. Gigih…. dan akhirnya kesuksesannya sudah tercapai dgn mulai jadi Penulis Lepas.
    Kalau Pengalaman pribadi, saya memulainya dulu dr nyewa ruko 2 lantai. Setelah itu rukonya saya kontrakin ke orang lain.
    Lalu rumah sendiri saya tingkatin jadi 2 lantai dgn nambah 5 ruangan dan cukup buat 10 orang karyawan. Rencana sih mau beli rumah sebelah, jadi tinggal jebol tembok buat pintu, tapi gak tau kapan mau dijual

    Suka

  31. Inspirasi yang membangun,
    saya yang dari dulu pengen punya warnet di garasi rumah, sampai sekarang belum terlaksana.
    keberanian, itu yang belum saya punya. dan saya termasuk orang yang takut dalam gagal apalagi jika menghitung biaya yg di keluarkan banyak entar rugi.

    jadi sampai sekarang masih jadi orang bayaran, ngga tau kapan jadi TDA.
    Doakan saya pak, untuk mengikuti keberanian pak Jonru?

    Suka

  32. Bismillah…

    Selamat dan salut semangatnya. Bang Jonru menjadi pengamatan saya karena sepak terjang Anda di dunia jurnalistik. Siapapun yang konsen di jurnalistik saya angkat topi.

    Langkah Bang Jonru beraktifitas di garasi mengingatkan saya 15 tahun lalu ketika mendirikan Forum Remaja 21 dan Ash-Shiddiq Intellectual Forum Div.Jurnalistik, ketika itu saya mulai dari kamar pribadi kemudian menyulap teras samping rumah orang tua menjadi kantor kecil sebelum akhirnya membuat kantor yang layak.

    Sukses…
    Toha Nasrudin, S.Ag

    Suka

  33. Thanks Pak Nasrudin atas atensinya
    Salut juga atas usaha Anda, termasuk di penulissukses.com
    Beberapa minggu lalu, saya sempat lihat di Gramedia, ebook Bapak sudah jadi buku ya? Covernya bagus banget

    Salam sukses ya

    Jonru

    Suka

  34. Terima kasih

    Sabtu kemarin (4 April) dibedah di Gramedia bersama API. Ebook itu diterbitkan dalam bentuk fisik atas desakan staf Mujahid Press. Saya hanya mengijinkan sekali cetak saja karena itu hanya untuk di online.

    Sukses
    Toha N.

    Suka

  35. Sekarang tentu sudah terbilang sukses, semoga ke depan akan lebih sukses lagi… Jangan lupa bersyukur ya Bang !

    Salam hangat dari Kelapa Gading
    Rudi

    Suka

  36. goooooooooooooood,,,,,,,,,,,,,,Luck…………..

    Suka

  37. heni prasetyorini

    hmmm…harus nekad ya. bonek kalo kata arek suroboyo kayak saya. space kosong saya di bagian depan. gmn nih ya memanipulasinya

    Suka

  38. Terima kasih atas inspirasinya 🙂

    Suka

  39. Selamat dan sukses buat Pak Jonru.
    Bagaimana kalau di gudang belakang dapur, dekat kolam ikan, ada jemurannya kok ?

    Suka

  40. Hi,
    Really informative post. This will really help me a great deal in starting my own business. Keep posting the good work.

    Suka

  41. 100% setuju, sudah banyak yang membuktikannya, sukses buat Pak Jonru

    Suka

  42. selamat dan sukses buat abang. terimakasih infonya masih mengalir ke email saya. semoga abang tambah sukses selalu.

    Suka

  43. saya setuju mas jonru itu semuanya akan memacu semangat kita dalam berbisnis

    Suka

  44. Salut atas keberaniannya..
    Artikel anda menginspirasi banyak orang krn sangat real beda dgn Bill gates, Steve jobs,dll walaupun mereka sukses dari garasi tp ngliatnya tetep beda aja
    Maju terus mas, sukses terus !!!

    Suka

  45. benar mas, bisnis itu harus berani. jangan hanya berani untuk suksesnya saja, tapi harus berani untuk gagalnya juga,
    kita dilahirkan tanpa membawa materi dan meninggalpun tanpa membawa materi, jadi jangan takut rugi materi.
    bagi yang belum berani memulai bisnis, jangan mikir nanti gimana, tapi gimana nanti saja.
    jangan mau jadi orang gajian terus

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s