Pengalaman 1 Bulan Menggunakan Internet 3,5G dari Indosat


Sejak awal Maret 2008 lalu, akses internet saya telah beralih, dari XL Unlimited ke Indosat 3,5G. Alasan utamanya, si XL ini makin lelet saja dan sering membuat jengkel karena kelamaan menunggu. Waktu pun banyak terbuang percuma, karena jadwal online menjadi sangat tidak efektif. Sebagai pebisnis online, tentu akses internet yang cepat dan stabil menjadi salah satu prioritas utama saya.

Maka, saya pun mencari alternatif akses internet lainnya. Agak bingung juga ketika mencari, sebab nyaris tak ada yang benar-benar ideal. Ya, memang ada FirstMedia yang murah meriah tapi super cepat. Masalahnya, jaringan mereka belum sampai ke daerah saya.

Awalnya, saya tertarik pada XL 3G dari CBN. Lumayan murah. Tapi jaringan 3G XL di wilayah saya (Cilangkap, Jakarta Timur) belum ada. Lantas, saya pelajari layanan internet saingannya, yakni TelkomselFlash. Ternyata mahalnya bukan main.

Nah, ketika jalan-jalan untuk membeli Laptop, saya ketemu stand Indosat di pameran Mangga Dua. Saya tertarik sekali dengan layanan 3,5G yang ditawarkan, karena harganya cukup masuk akal. Modemnya gratis pula(*), padahal harga aslinya (katanya) senilai Rp 2,5 juta. Ada berbagai paket yang tersedia, dan saya tertarik pada paket YOU seharga Rp 350.000 perbulan (plus pajak) dengan kuota 1,2GB (tambahan Rp 3,5/kb bila melebihi kuota). Dengar-dengar sih, sekarang kuotanya  bertambah jadi 1,5 GB perbulan. Tapi saya kok belum menerima pemberitahuan resmi hingga hari ini, ya?

Karena tertarik, saya langsung menghubungi customer support mereka.

“Mbak, saya ada rencana untuk berlangganan Indosat 3,5G. Apakah jaringan 3G Indosat sudah ada di daerah Cilangkap?”

Awalnya saya pesimis dengan pertanyaan itu, sebab ketika saya cek di website IndosatM2.com, wilayah Cilangkap belum tercantum dalam jaringan 3G Indosat. Tapi saya kaget dan langsung gembira ketika Si Mbak menjawab, “Untuk daerah Cilangkap, kita punya menara (BTS) di jalan As-syafi’iyah.”

“Jalan As-syafi’iyah? Wah, itu kan jalan rumah saya! Weleh… weleh…. Selama ini saya sudah sering lewat di depan menara yang letaknya hanya sekitar 100 meter dari rumah saya. Ternyata itu punya Indosat, to? Baru tahu nih….”

Jawaban itu membuat saya segera mantap untuk berlangganan Indosat 3,5G. Harganya tak jauh beda dengan XL Unlimited yang dulu saya langgani. Bedanya, yang ini limited. Kuota yang hanya 1,2 GB (atau 1,5GB?) perbulan membuat saya harus banyak-banyak berhemat.

Saya pikir, tak apalah beralih ke layanan limited. Toh selama setahun pakai XL Unlimited, saya merasakan bahwa internet seperti itu punya kelemahan juga. Saya jadi sering lupa waktu, online setiap saat padahal mungkin pada saat itu tidak ada keperluan.

Saya berharap, semoga layanan yang limited bisa membuat saya lebih bijak dalam berinternet.

* * *

Setelah menggunakan Indosat 3,5G selama sebulan, memang terbukti bahwa akses internetnya super cepat. Cuma ya gitu deh. Saya ternyata masih terbawa-bawa kebiasaan ketika menggunakan XL Unlimited. Saya masih sering online padahal saat itu sebenarnya tidak butuh-butuh amat.

Akibatnya, selama bulan Maret 2008, bandwidth yang saya habiskan melonjak menjadi 2,1GB! Hampir dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan! Hm, berarti saya harus bayar tagihan yang cukup mahal bulan ini 😦

Ya, itu semua disebabkan saya memang belum terlalu berhasil dalam mengendalikan akses internet. Karena itu, mulai bulan April ini saya berniat untuk mengubah total kebiasaan online saya. Saya harus benar-benar bisa mengendalikan diri dengan akses yang tidak lagi unlimited.

Soal kuota yang hanya 1,2 GB (atau 1,5GB?) perbulan, saya sudah menghitung berdasarkan pengalaman di bulan Maret. Jatah sebesar ini sebenarnya sudah sangat cukup bila saya mampu mengendalikan diri dan benar-benar efektif dalam berinternet. Karena itu, saya sama sekali tidak menyesal dalam menggunakan Indosat 3,5G ini. Apalagi karena akses internetnya super cepat, itu sangat penting bagi saya yang memiliki banyak kegiatan online.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berlangganan layanan internet 3,5G ini, pastikan bahwa di daerah Anda sudah ada jaringan 3G Indosat. Bila belum ada, Anda hanya akan mendapat jaringan GPRS yang lambatnya luar biasa (saya sudah pernah mengalaminya, khususnya ketika online dari rumah mertua di Halim, Jakarta Timur. Di sana memang belum ada jaringan 3G Indosat).

Oh ya, berikut adalah beberapa artikel terkait sehubungan dengan layanan broadband dan Indosat 3,5G. Semoga bermanfaat!

Cilangkap, 4 April 2008

Jonru

(*) Sebenarnya sih tidak gratis, sebab kita “dipaksa” untuk berlangganan 18 bulan sekaligus. Jadi bisa dibilang, pembayaran modem tersebut dicicil selama 18 bulan.

NB: Ini adalah posting pertama saya menggunakan Windows Live Writer. Fitur-fiturnya bagus banget 🙂

Iklan

28 responses to “Pengalaman 1 Bulan Menggunakan Internet 3,5G dari Indosat

  1. Denger2 internet bakalan dihandle oleh Telkom seorang, untuk mensukseskan anti pornografi. Trus karena lewat telkom ntar dikenakan pajak. Kalo ini terjadi sepertinya biaya internet bakalan naik lagi deh. Karena terjadi persaingan usaha yg tidak sehat yaitu monopoli :((
    Semoga saja pemerintah lebih bijak dalam hal ini.

    Kalo aku pribadi lebih pilih Speedy. Soalnya jarang pergi2 sambil internetan.

    Ini adalah posting pertama saya menggunakan Windows Live Writer. Fitur-fiturnya bagus banget

    Udah coba post2blog? Menurutku itu lebih bagus karena menunya langsung kelihatan. Kalo di Windows Live Writer (WLW) kalo misalnya mau ubah warna font harus masuk ke menu format, kalo di Post2blog langsung ada iconnya, jd tinggal pilih warnanya. Trus kalo di WLW gak bisa di highlight (distabilo) :((
    dll..
    Ya semuanya ada plus minusnya.

    Thanks Pak Rosyidi atas komentarnya

    Saya tak pake speedy karena di rumah belum ada jaringan telkom 😦

    Soal post2blog, nanti saya pelajari dulu ya…

    Jonru

    Suka

  2. Wah seep pak. Ya memang XL unlimited sekarang lagi “loyo” saking ” sampai puassss” banget..

    Jadi pengen segera beralih ke Indosat, tapi takutnya quota kedodoran..

    Kalau pakai Indosat 3,5G, memang harus pintar2 mengendalikan pemakaian internet
    Saya juga lagi belajar ke arah sana.

    Thanks ya atas komentarnya

    Jonru

    Suka

  3. Wah terimakasih infonya Mas jadi pingin nyoba nih soalnya saya selama ini pakai xl gprs, dan walah walah lambatnya.
    Maturnuwun

    Sama-sama, Terima kasih juga Pak

    Jonru

    Suka

  4. Wah, wah, wah,,
    Ini bukan program Member get Member khan Bang?? (Hehehe)

    Aku mau tanya nich Bang, kira-kira dengan kuota sebesar (atau sekecil) itu berapa jam kira-kira kita online/hari? Mohon dijelaskan seandainya kita online dengan kebutuhan:
    a) hanya buka halaman saja
    b) download dan upload gambar
    c) download e-book atau apapun
    d) dll
    Thank’s, Bang Jon.

    Pak Deni…
    Soal Member Get Member, itu tergantung anda saja. Mau apa tidak mendaftar lewat saya? Hehehehe…..

    Soal kuota, hm… agak sulit juga ya memprediksinya. Mungkin saya ceritakan saja mengenai kondisi saya:

    – online rata-rata 10 hingga 12 jam perhari (gila ya? hehehe….)
    – menghindari download file yang ukurannya di atas 1MB, kecuali kalau butuh banget
    – sering akses gmail dan multiply.com
    – kalau browsing, semua gambar, animasi, flash, dan file audio dst dimatikan (kecuali kalo lagi butuh)
    – jangan terlalu sering mengakses website yang sama berulang-ulang

    Nah, bila konsisten berinternet dengan cara seperti itu, insya ALlah 1,2 GB itu cukup deh. Walau melonjak, paling gak terlalu besar penambahannya.

    Jonru

    Suka

  5. Ping-balik: Upgrade Wordpress dan Desain yang Sempat Hilang | Jonru on the Web

  6. Fastnet adalah anugrah buat saya, karena dengan 99ribu per bulan saja bisa akses internet unlimited dengan speed optimal 300kbps pula. Alhamdulilah, jadi bisa bikin hotspot sendiri di rumah, hehe…

    Sori ya Pak Jonru, jangan sirik, hehe…

    Sebenarnya sih sirik
    hehehehe… 🙂

    Suka

  7. pak Jon

    kuota skrg memang 1,5 G. Bisa di konfirmasi ke cs nya di cabang masing2/ tempat pak Jonru registrasi.

    Kok bisa kebablasan, apa gak pernah cek sisa kuota tinggal berapa? Kan tinggal login ke member area di http://www.indosatm2.com/index.php

    Pak Sam…
    Saya sih selalu ngecek
    Tapi karena memang butuh online, biarpun kebablasan tetap saja harus online
    heheheh… 🙂

    Jonru

    Suka

  8. Salam kenal Pak Jonru
    Saya sekarang juga lagi bingung mau pake apa. Dirumah belum ada jaringan telpon.Terus saya pake fleksi ternyata mahal banget. Kata teman pake Esia murah cuma di rumah saya nggak ada sinyal.Saya bingung juga nih belum bisa online jadinya. Gimana ya Pak.

    Terima kasih
    http://www.yentiyulistia.blogspot.com

    Suka

  9. pa,, duh,, gawat juga neh,, klo bgini trus,, ga ada ya yg unlimited trus ga lelet klo buka youtube?

    saya jg pake indosat M2 paket YOU! dan hasil’nya,, saya harus bayar lebih dari paket Bizz!,,dengan kuota yg ga sebanding,, BeTee dee,,

    Suka

  10. Terima kasih mas, mau membagikan pengalamannya…….

    Suka

  11. @yenti yulistia
    Pake StarOne aja, yang paket 99rb kuota 1GB.
    Asal saaaabar aja, lumayan lelet sih tapi daripada ga ada…
    FastNet…, kapan kau mampir ke rumahku?

    Suka

  12. Sayangx dtmpatq blm ada indosat 3G..T_T

    Suka

  13. brow,,gwe bru pake indosat m2 nih terus modem gwe pake t-mobile yang 1,8mb speddnya,,,dah hsdpa tp kok msih tetep lambat yach,,,gwe pake m2 classic

    Suka

  14. Kamu semua pada kena tembak (jadi anteknya indosat 3,5G) segala akses dg menggunakan apapun pasti ada kelemahannya xl sih lemot, indosat menjebak, speedy raja mahal smart super murah tapi jg lemot

    Suka

  15. wew.. sabar kk,, klo begitu semua inet di IND jelek dnk?

    trz pake apa dnk kalo semua jelek?

    pasti semua inet pny kelemahan kyk manusia aja semua pny kelemahan,, ^^

    tp saya maw share dkit aja niii uda ampir 1 taon saya pake ISAT lmyn kok inet nya and network nya fine2 aja kok, paling kdang2 aja lemot karena ada gangguan cuaca palingan,,

    tp dengan harga segitu (tergolong murah saya si ckup puas dengan ISAT)

    trz saya jg pake speedy, bwat maen game, DL, nntn youtube gk ada gangguan sama sekali kok,, kenceng bgt malahan,,

    jadi kesimpulan nya klo tmn2 maw pake inet bwat laptop, komputer or hp (buat browsing2 aja and maen game ringan (travian) mendingan pake ISAT aja, bagus jg kok,,

    tapi klo maw maen game yg berat n DL mndingan pake speedt aj,, tp lebih mahal sii,,

    hehe,, klo maw murah n bagus ya ISAT,, ^^ thx..

    Suka

  16. pake isat 3,5 g aja bro yg paket quota medium quotany 3 giga…. di jamin puas hehehe… awalny gw pake speedy cuma ko parha bgt akhirny temen nawarin untuk pake isat 3,5g dan emang g sia2 sih inetny bagus sinyalny full overlval ok bgt…

    Suka

  17. wah.. nice info yah.. thx atas infona.
    jadi makin mantap mo langganann indosat 3.5G,..
    tar kalo ada apa2 boleh tanya kesini yah.. 😀

    Suka

  18. beneran bagus yaa kk isat 3.5 g?? kata2 temen gw jg bagus sii

    jadi hari ini gw baru aja pesen, katanya si besok uda aktif.. (gak sabarannn neghh!!)

    senangnyaaaa.. hihihi..

    iya ne wA jg lum tll ngerti (maklum masi norak gr2 pemakai baru) hahaha..

    tq2,, ^^

    Suka

  19. iya gw jg pake ISAT (kurang lebih 1 taun) gak ada masalah kok..

    yaa puas2 in deee.. hehe..

    piya selamet ya ISAT yg uda dapet award taon ini, smoga pelayananya makin bagus terus!! go ISAT..

    Suka

  20. Gw dah make Broadband ISAT 3.5G sejak Desember 2008.
    Selama itu gw selalu bayar tepat waktu..tapi apa yg gw dapat? Koneksi internet SAMPAH !!!! Yang nga pantes diberikan oleh Indosat yang sudah punya nama besar. Terkadang gw nga bisa connect sama sekali, kalaupun connect..minta ampun dah..idlenya lama banget. Boro-boro buat download buat browsing aja susah..
    Komplain ke CS nya kagak ada solusi..tetep aja dodol.
    Nih gw share temen2 yg ngalami hal sama kayak gw di http://grand.kampung9.net/?p=63

    Suka

  21. gw dah make indosat 3.5G selama 2 bulan ini..
    sejauh ini seh bae2 aja.
    kemaren ini ujan gede, ga ada masalah.
    tetep bisa konek.. ga putus-putus..
    kadang emang suka rada lambat, tapi itu sebentar doank..

    Suka

  22. hehehehe.. wah gua juga pake indosat m2 unlimited
    gua juga uda 3 bulan ini lancar… hehehehehe

    Suka

  23. indosat katanya maw nambah jaringan tu bro.. tambah mantabz de..

    Suka

  24. uda kok.. uda dtambah.. gw makai sekarang si lancar makai m2. . hehe.

    Suka

  25. sya mau pake IM2 bromm, apa kelebihan dari IM2 dibanding OPerator Seluler lainya?..

    Suka

  26. klo mau murah & unlimited ya pake IM2 BROOMBASTIS aj. prabayar, perbulan nya 200rb. dapet kuotanya lumayan gede bro 3,5 giga perbulan. kecepatanya lumayan 285 kbps sebelum kuotanya habis, klo dah lewat 3,5 giga ya jelas bakalan menurun kecepatan nya. tp tiap bulan kuota gw ga pernah abis, suka nyisa sekitar 1 giga karena jarang download file yang gde2. jd sisa kuotanya di akumulasikan ke bulan berikutnya, jadi nambah lagi deh kuota gw. hahahaha. lumayan buat cadang klo butuk download file2 yang gede. lu bisa cek sisa kuota lu di situs resmi indosat m2. selama ini gw pake indosat puas banget. download lancar, browsing apa lagi.

    Suka

  27. sy jg tinggal di cilangkap…ashafiiyah dekat dengan sy tp sy dapat jaringan speedy adsl…. dengan 350rb sudah bisa dapat unlimited dengan speedy…

    Suka

    • @Himan: Wah di Cilangkap juga ya? Sebelah mana?
      Soal Speedy, ya tentu saja di manapun bisa cepat, karena pakai kabel. Saya juga sebenarnya pengen pake speedy untuk di rumah, tapi sayang di rumah belum ada saluran Telkom 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s