Upgrade WordPress dan Desain yang Sempat Hilang


Kemarin (9 April 2008) saya meng-upgrade semua website WordPress saya ke versi 2,5. Secara teknis, Jonru.net inilah yang paling “bermasalah”. Karena sesuatu dan lain hal, saya tak bisa meng-upgradenya lewat fitur “one click install” (sedangkan website lainnya bisa). Masalahnya adalah… (hm… sudahlah, terlalu panjang dan teknis bila diceritakan).

Yang jelas, WordPress di Jonru.Net tak bisa upgrade otomatis lewat control panel hosting. Padahal itu adalah cara yang paling praktis. Memang bisa di-upgrade sesuai petunjuk Mr. WordPress, atau diinstal dulu di sebuah direktori, lalu dipindah ke root directory. Tapi menurut saya terlalu ribet, serta biaya download & uploadnya mahal, berhubung saya pakai layanan internet volume based.

Karena itu, saya terpaksa menggunakan “metode barbar” (saya sudah memikirkan berbagai macam alternatif, tapi sepertinya ini yang paling “asyik”). Semua file di Jonru.net dipindah ke tempat lain, sehingga situs ini jadi kosong melompong. Setelah itu, WordPress baru pun diinstal.

Tapi instalasi ternyata gagal, sebab ada file aneh yang membandel. Sudah dihapus dengan berbagai macam cara, tapi tak hilang-hilang juga. Bahkan teman saya yang ahli web development pun menyerah bin bingung. Padahal instalasi otomatis WordPress tak bisa dilakukan bila folder tersebut ada isinya.

Akhirnya saya minta tolong pengelola server untuk mengatasinya. Alhamdulillah, mereka bekerja dengan cepat, sehingga sekitar jam 5 sore WordPress pun berhasil diinstal.

Nah, sebelum instalasi berhasil itulah, tampilan situs ini blank sama sekali. Orang yang tak mengerti, mungkin mengira Jonru.net baru saja di-hack. Alhamdulillah, bukan itu masalahnya 🙂

Sebuah cerita lucu:
Ketika situs ini masih blank, ada telepon dari seorang teman. Katanya, “Ini saya lagi membuka Jonru.net. Saya tertarik melihat isinya.”

Wah? Bagaimana mungkin dia berkata seperti itu, padahal situs ini sedang kosong? Mungkin yang terbuka di layar komputer dia cuma cookies. Entahlah… 🙂

Sekitar jam 17.15 WIB, alhamdulillah WordPress versi terbaru berhasil diinstal di Jonru.net. Semua berjalan lancar kecuali satu hal: DESAIN atau THEME. Entah kenapa, theme yang saya pakai (bernama feet-02) tidak muncul di halaman “wp-admin/themes”, padahal sudah di-copy ke sana.

Mungkinkah theme ini tidak kompatibel dengan WordPress terbaru? Entahlah….

Saya pun terpaksa menggunakan theme lain yang tidak terlalu bagus. Sempat bingung juga, sebab theme baru identik dengan kerepotan baru. Saya harus utak atik lagi, padahal belum tentu ada waktu.

Karena penasaran, saya coba melihat file-file di server. Barulah saya sadar, ternyata tidak semua file pada theme feet-02 tersebut tercopy ke lokasinya. Saya pun mencari-cari di folder backup. Alhamdulillah ketemu. Segera saya copy.

Setelah itu, alhamdulillah lagi, theme feet-02 berhasil diaktifkan. Dan tampilan Jonru.net pun kembali seperti sediakali.

Wah senangnya. Tak perlu repot lagi deh. Alhamdulillah…. 🙂

Cilangkap, 10 April 2008

Jonru

Iklan

4 responses to “Upgrade WordPress dan Desain yang Sempat Hilang

  1. Pengen upgrade mas, cuman masih mencari info details dulu, takutny error sama sekali hehehe.. but soon harus segera diupgrade..

    Yang penting ikuti saja langkah2nya dengan benar
    semoga sukses ya….

    Suka

  2. kalo mau upgrade kan tinggal klik versi 2.5 di fantastico aja mas jonru. sekali klik langsung kelar. mudah dan aman. btw, mas kalo mau bikin form isian buat newsletter pake fasilitas apa sih? yang mas jonru punya di web ini pake apa? trims ya. -andinie-

    Andinie..
    Memang betul tinggal klik saja
    Itu sudah saya lakukan terhadap web lain kok

    Tapi Jonru.net ini beda sendiri.
    Makanya di bagian atas tulisan ini sudah saya sebutkan seperti ini:

    “Masalahnya adalah… (hm… sudahlah, terlalu panjang dan teknis bila diceritakan)”

    Oh ya, untuk newsletter saya pakai http://www.listmessenger.com

    Jonru

    Suka

  3. Mas,boleh tanya..Ada ga ya ebook gratis ttg bikin weblog pake wordpress.org??Masih pake blogger nih..Salam kenal mas..Jawabannya lwt email aja y mas..

    Suka

  4. Pa Jonru,
    ngomong-ngomong masalah file program ada yang hilang saya sedang mengalami. Tampilan Panel dashboard di Site admin blog saya hilang alias “blank” , hanya layar putih saja. Semua tampilan yang lain berjalan normal dan online dengan baik. Jadi saya tidak bisa update webblog saya selama hampir 2 bulan. Setiap login ke admin site yang ada hanya “white screen”.

    Apa Pak Jonru pernah mengalami hal serupa itu? file apanya yang hilang ? saya sdh cari-cari solusinya di mbah google tapi belum memberikan hasil sampai sekarang.

    Tks & Rgds
    sodikin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s