Akhirnya! Domain Jonru.com Kembali Saya Miliki!


Alhamdulillah, saya kira ini adalah kejadian yang sangat ajaib.

Akhir tahun 2003 lalu, saya kehilangan domain Jonru.com yang sudah saya miliki sejak tahun 2000. Saat itu, masih banyak situs di internet yang menyediakan domain gratis (ya, benar-benar gratis!). Nah, Jonru.com saya dapatkan dari situs yang seperti itu.

Tapi beberapa waktu kemudian, ketika banyak situs layanan gratis yang bertumbangan, situs tersebut pun ikut bubar. Pengelolaan Jonru.com pun dialihkan ke perusahaan lain. Sejak saat itu status domain ini sudah berbayar.

Menjelang expired, saya memperpanjang Jonru.com selama setahun. Bayarnya pakai kartu kredit. Tapi setelah itu, hiks… kartu kredit saya dijebol seorang carder senilai $12. Jumlah yang tidak besar sebenarnya. Tapi itu cukup membuat saya kapok untuk berbelanja online dengan kartu kredit (*).

(Note: Anehnya, saya memperpanjang domain Jonru.com selama setahun, tapi si perusahaan justru memperpanjangnya untuk dua tahun. Ya, sepertinya mereka salah catat, dan itu justru menguntungkan saya)

Dua tahun kemudian, ketika Jonru.com ini sudah ditaruh di sebuah perusahaan webhosting Indonesia, saya hendak memperpanjangnya lagi. Karena peristiwa carding di atas, saya tidak berani membayar perpanjangan domain ini pakai kartu kredit. Saya pun meminta tolong pada perusahaan webhosting tempat Jonru.com ini ditaruh.

Nah, di sinilah awal masalahnya. Pihak webhosting terus mengulur-ulur waktu tanpa sebab yang jelas. Mereka bilang, “Santai aja. Masih banyak waktu, kok.”

Saat itu, masih banyak perusahaan di luar negeri yang memblokir pembayaran online (dengan kartu kredit) dari Indonesia. Ini gara-gara banyaknya kasus cyber crime dari negeri kita tercinta ini 😦

Si perusahaan webhosting ini ternyata mengalami kasus seperti itu. Mereka kesulitan dalam membayar perpanjangan domain Jonru.com. Tragisnya, mereka tidak berterus terang pada saya.

Nah, ketika batas expired sudah semakin dekat, barulah mereka mengurus perpanjangan tersebut. Dan inilah fakta yang mereka temukan:

“Ternyata domain Jonru.com ini masih atas nama Pak Jonru, ya? Kalau begitu, Anda sendiri yang harus mengurusnya. Kami tidak punya wewenang. Mohon maaf.”

Lemaslah saya seketika. Saya waktu itu sempat marah-marah pada petugas yang menelepon saya. Saya bilang, “Coba kalau dari dulu Anda mengurus perpanjangan domain ini. Tentu masalah kepemilikan itu lebih cepat diketahui, sehingga kita punya waktu yang lebih banyak untuk mengatasinya!”

Tapi nasi telah menjadi bubur. Tak ada pilihan lain, saya harus turun tangan sendiri memperpanjang domain Jonru.com. Masalahnya, saat itu saya masih takut banget untuk bertraksaksi online dengan kartu kredit.

Maka singkat cerita, nama domain Jonru.com pun lepas dari tangan saya. Kejadiannya pada bulan Desember 2003.

Saya sempat kecewa, tapi apa boleh buat. Saya mencoba menghibur diri, bahwa kehilangan nama domain bukanlah sebuah masalah besar. Itu hanya hal biasa. Tak usah dipikirkan.

Setelah kejadian ini, saya memikirkan nama domain apa lagi yang cocok untuk saya pakai. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya saya membeli nama domain buatan Indonesia: jonru.web.id. Saya menggunakan domain ini selama 2 tahun, kalau tak salah.

Belakangan, tahun 2006, ada ribut-ribut soal pengelolaan domain di Indonesia. Pada saat itu, Jonru.web.id menjelang expired. Saya jadi malas memperpanjangnya, karena nama domain Indonesia ternyata ribet banget urusannya.

Suatu hari, iseng-iseng saya mengecek nama domain Jonru.net. Eh… surprise banget ketika tahu bahwa nama ini masih available. Akhirnya, langsung saya beli saat itu juga, dan saya gunakan sebagai situs pribadi saya hingga hari ini! Alhamdulillah.

* * *

Sejak sekitar 3 bulan lalu, berulangkali saya mendapat email dari seseorang yang tak dikenal. Mereka mengaku sebagai orang yang dulu mengakuisisi domain Jonru.com. Mereka menawarkan saya untuk memiliki kembali nama domain ini. Karena penasaran, saya coba klik link yang mereka berikan. Tapi astaga! Harganya $ 207 USD!!!

Siapa yang mau beli nama domain semahal itu? Hihihi….


(Klik gambar di atas untuk melihat ukuran sebenarnya)

Lantas tadi malam (14 April 2008 sekitar pukul 21.15 WIB), entah dari mana asalnya tiba-tiba saya tergerak untuk mengakses Jonru.com. Ternyata muncul pesan error “server not found”.

Maka, saya pun mengecek status domain ini di checkdomain.com.

Astaga! Saya benar-benar kaget ketika tahu bahwa Jonru.com kini kembali available!

Maka, buru-buru saya membelinya di perusahaan webhosting saya, sebelum ada orang lain yang mengambilnya. Harganya hanya $ 9,95 USD, bukan $ 207 USD. Hehehe…. 🙂

Alhamdulillah, kini saya dapat memiliki kembali nama domain Jonru.com. Saat ini, saya memang sudah punya situs pribadi di Jonru.net. Karena itu, saya belum tahu Jonru.com ini nanti akan dipakai untuk apa. Yang jelas, saya ingin memastikan bahwa saya sendirilah yang memiliki nama Jonru.com. Jangan sampai jatuh ke tangan orang lain.

Baru tadi malam itulah saya tahu (mendapat ilmu baru) bahwa domain yang sudah expired ternyata dapat kita beli lagi – SECARA NORMAL – setelah lima tahun.

Pertanyaannya:
Kenapa ada orang yang sempat menawari saya untuk membeli Jonru.com dengan harga yang sangat tinggi?
Dugaan saya, mungkin masa akuisisi mereka terhadap domain ini sudah berakhir. Mereka mencoba menawarkan kepemilikannya kepada saya dengan harga yang sangat tinggi, dengan harapan semoga saya tidak tahu bahwa saya sebenarnya bisa memiliki kembali domain Jonru.com ini dengan harga normal.

Alhamdulillah, saya saat itu tidak tertarik pada tawaran mereka.

Cilangkap, 15 April 2008

Jonru

Keterangan:
(*) Kini saya sudah berani lagi bertransaksi online pakai kartu kredit. Tahun 2007 lalu, untuk pertama kalinya sejak kejadian carding itu, saya menggesek kartu kredit saya secara online senilai lebih kurang $ 180 USD di Dreamhost.com. Alhamdulillah hingga saat ini aman-aman saja. Menurut info dari teman-teman yang mengerti soal internet security: Selama kita bertraksaksi di situs yang terpercaya dan komputer kita dilengkapi firewall, insya Allah aman, kok. Apalagi sekarang saya pakai Paypal yang jauh lebih aman.

Iklan

13 responses to “Akhirnya! Domain Jonru.com Kembali Saya Miliki!

  1. Memang demikian kok dunia internet 🙂
    Sering nemu hal-hal anaeh seklaigus jadi ilmu baru…
    Pelajaran berharga juga buat kami semua
    Jazakalaalhu khairan…
    Allahu khairal jaza’

    Jazakallahu akh…
    semoga sukses!

    Suka

  2. Selamat Mas. Atas kembalinya lagi si domain yang hilang. Selama ini saya transaksi pake paypal, alhamdulillah aman2 saja. Transaksi credit card aman seperti yg anda katakan apabila pada situs yg dapat dipercaya.

    Salam,
    Eddy

    Terima kasih Pak Eddy

    Jonru

    Suka

  3. Mas jonru, kalau mau join asian brain pembayarannya itu lewat bank apa?

    Pembayaran bisa lewat BCA atau kartu kredit

    Coba mendaftar deh. Nanti setelah mengisi formulir, bakal ada file khusus berisi info pembayaran

    Suka

  4. Alhamdulillah… kalo emang jodoh mah gak akan ke mana Pak…

    Betul Mbak Dea

    Terima kasih ya…

    Jonru

    Suka

  5. Alhamdulillah…. Selamat bang….
    Makan2(tm) nih….. hehe… 😉

    Duh, makan-makan melulu

    hehehe… 🙂

    Jonru

    Suka

  6. Wah kalo gitu aku juga perlu tunggu agam.net nih sapa tau ntar suatu saat lepas juga 😀
    hehehe..
    Thanks infonya.

    Wah, pernah kehilangan juga ya Pak?
    Coba tunggu lima tahun sejak tanggal kehilangan
    Semoga berhasil ya….

    Suka

  7. urusan kayak beginian daku kagak tahu menahu.
    hanya bisa ngucapin selamat aja bang he he

    Kalau belum tahu ya belajar dong 🙂

    Jonru

    Suka

  8. hmmmmmmmmmmmmm……. kisah tragis yah. o’yah… bisa nggak.saya jadi member antum. terus,nyebarin sitemu (seperti joko susilo). tapi, tanpa bayar (hehehehehe). bisa ngaak??????? afwan yah… bls to my site hehehehehehe…. jadi ane nanti mpromosiin site antum (yang jualan e-book itu)… ane mau kok asal gratis hehehhe.. dan punya hasil 50 %. siiiiiiiiiiiiiiippppp.. bls yah

    Halo Ivan…
    Kalau sudah beli bukunya dan baca, tentu mempromosikannya lebih afdol karena sudah mengenal produknya dengan baik

    Oke, ditunggu ya…

    Jonru

    Suka

  9. beneran nihhhh…plissssssssssssssssss…or blz ke iwanalfarizy@yahoo.com yah

    Suka

  10. hiksssss… kalo harus beli mah, berarti keluar duit?????? berapa harganya?????? caranya sama nggak 50% promosi iu???? plis ya blz

    Kalau mau dapat duit ya, kudu keluar duit dulu
    hehehehehe…

    info selengkapnya, klik saja pada banner di atas tulisan ini. Yang tulisannya “cara menerbitkan buku”

    Jonru

    Suka

  11. Selamat mas dan semoga domain dot com nya bisa dimanfaatkan dengan baik. Salam sukses

    Suka

  12. Wah..agak kurang paham sih pak jon mengenai domain dan hosting,soalnya saya belum pernah pake… Tapi saya jadi tau kalo kita harus berhati hati bertransaksi online dengan kartu kredit. Juga internet di masa dulu ternyata kayak gitu, soalnya saya baru kenal internet tahun 2006. Dan soal domain yang sudah expired ternyata bisa di peroleh kembali

    Suka

  13. slamat pak, kalo saya malah cari namasa saya.com gak ada, beli yang web id, eh selang beberapa bulan yang .com avilaible, sayang mau beli lagi 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s