Ini Dia: Pemenang Beasiswa Gratis dari Sekolah-Menulis Online


Assallamualaikum,

Sejak awal April 2008 lalu, Sekolah-Menulis Online BelajarMenulis.com (SMO) membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung sebagai siswa secara gratis. Beasiswa tersebut kami berikan kepada 5 (lima) orang dengan syarat yang sangat mudah.

Alhamdulillah, antusiasme rekan-rekan penulis untuk mendapatkan beasiswa ini cukup besar. Ada 44 pelamar yang mengirimkan naskah mereka. Semuanya menulis naskah yang sangat bagus.

Sebenarnya, kami ingin agar semua pelamar mendapatkan beasiswa tersebut. Tapi apa daya, kursi yang tersedia sangat sedikit. Dari ke-44 orang pelamar, tidak mudah bagi kami untuk memilih SIAPA yang paling berhak atas beasiswa tersebut. Sebenarnya, mereka semua berhak. Tapi sekali lagi, tidaklah mungkin untuk memilih mereka semuanya.

Maka, kami pun melakukan seleksi yang cukup ketat. Kriteria utama yang kami tetapkan adalah “siapa yang rayuannya paling maut”. Ini sesuai dengan persyaratan yang kami tetapkan pada pengumuman lomba:

Tulislah sebuah ARTIKEL dengan tema “Kenapa Saya Berhak Mendapat Beasiswa Gratis Mengikuti SMO?” Bila Anda bingung dengan syarat ini, anggap saja tulisan tersebut sebagai sebuah RAYUAN agar kami bersedia memilih Anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Sebagai sebuah “rayuan”, tulisan Anda harus benar-benar persuasif dan ditulis dengan penuh percaya diri.

Dari kriteria ini, terjaring tiga nama:

1. Udo Yamin Majdi (30 tahun, tinggal di Kairo, Mesir)

2. Afiyan (23 tahun, tinggal di Semarang)

3. Tripomo (32 tahun, tinggal di Bekasi)

Udo Yamin dan Afian berhasil lolos karena mereka juga menyertakan janji yang membuat kami “bertekuk lutut”. Mereka bertekad untuk menyebarluaskan ilmu yang mereka dapatkan di SMO untuk kepentingan umat. Hm… sebuah alasan yang sangat mengharukan, sehingga kami tidak punya alasan lagi untuk menolak mereka.

Maka, pesan kami untuk Anda berdua: Semoga Anda benar-benar konsisten dengan janji tersebut, sebab Tuhan dan saya beserta pembaca telah menjadi saksi.

Lantas untuk Tripomo, kami melihat semangat dan antusiasme dirinya selama ini yang sangat besar terhadap SMO, PenulisLepas.com dan BelajarMenulis.com. Kami tidak hanya membaca naskah yang dia kirim. Kami juga sempat membaca sejumlah email yang dia kirim ke milis-milis penulisan. Hal-hal yang dia lakukan selama ini membuat kami terharu, sehingga satu kursi beasiswa pun kami berikan pada dia.

* * *

Ada dua kursi lagi yang tersisa. Kami pun harus kembali melakukan seleksi. Ini bukan urusan mudah, sebab ke-41 peserta yang tersisa menulis “rayuan” dengan gaya yang lebih kurang sama. Tak ada yang menonjol.

Kami harus bekerja ekstra keras. Kami harus melihat sisi-sisi lain dari cerita mereka.

Dan akhirnya, terpilihlah dua nama:

4. Mena Larasati (28 tahun, tinggal di Bekasi)
Dia terpilih karena kami melihat semangatnya yang luar biasa untuk mengukir eksistensi diri di tengah ujian yang dia hadapi dalam hidupnya.

5. Adriyeni (30 tahun, tinggal di Padang, Sumatera Barat)
Kami memilihnya karena ia menulis kalimat berikut pada naskahnya:

“…Menulis adalah hidup saya, tanpa menulis saya seperti orang yang bisu, yang tidak bisa ngomong apa-apa….”

Juga kalimat-kalimat berikut ini:

“…saya menyadari bahwa hobi menulis yang saya miliki bukan hanya sekedar hobi belaka tetapi juga bisa bermanfaat bagi orang lain…. Tetapi akhirnya saya menyadari bahwa menulis tidak hanya berguna sebagai penyaluran hobi saja bagi saya tapi juga sebagai lahan ibadah.”

* * *

Oke, mungkin Anda beranggapan bahwa naskah Anda jauh lebih baik dari naskah ke-5 pemenang di atas. Anda mungkin merasa memiliki alasan-alasan yang lebih kuat – dibanding mereka – untuk mendapatkan beasiswa SMO. Karena itu, kami hanya berharap semoga Anda tidak kecewa. Kegagalan bukanlah bencana. Bencana yang sesungguhnya adalah ketika kita tidak bisa belajar dari kegagalan (demikian kata bijak dari seorang teman).

Insya Allah, di lain waktu masih ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa serupa. Kami akan berusaha untuk mengadakan beasiswa seperti ini sesering mungkin, sebab ini adalah salah satu wujud komitmen kami untuk memajukan dunia penulisan di Indonesia.

* * *

Penting: Buat Pemenang:

Selamat kami ucapkan kepada ke-5 penerima beasiswa SMO angkatan ke-3. Khusus buat Udo Yamin dan Afiyan, ingatlah bahwa janji adalah janji. Berusaha keraslah untuk menepati janji yang telah Anda ikrarkan 🙂

Untuk tahap selanjutnya, Anda berlima dipersilahkan mendaftarkan diri sebagai siswa SMO dengan cara mengisi formulir pendaftaran berikut ini:

Klik saja: http://smo.belajarmenulis.com/d_form.php

Bila ada isian formulir yang berhubungan dengan transfer dana, isi saja dengan n/a. Ingat, isian tersebut tidak boleh dikosongkan, karena hasilnya akan error.

Jangan lupa, baca dan pelajari langkah-langkah pendaftaran yang terdapat di http://smo.belajarmenulis.com/d_langkah.php

Perlu dicatat:

  1. Batas akhir pendaftaran adalah tanggal 30 April 2008. Jadi jangan sampai telat, ya. Karena bila telat, beasiswa Anda akan hangus.
  2. Beasiswa yang Anda terima adalah senilai Rp 585.000. Artinya, Anda hanya berhak mengikuti satu kelas. Bila ingin mengikuti dua kelas, ada tambahan biaya lagi yang harus Anda bayar.

* * *

Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Ini adalah keputusan yang bersifat final, tak dapat diganggu-gugat.

Terima kasih, maaf bila tidak berkenan, dan salam sukses selalu!

Jakarta, 20 April 2008

Wassalam

Jonru
Pengelola Sekolah-Menulis Online BelajarMenulis.com

Iklan

9 responses to “Ini Dia: Pemenang Beasiswa Gratis dari Sekolah-Menulis Online

  1. selamat bagi pemenang, wabil khusus bang udo yamin 🙂

    Suka

  2. Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Alhamdulillahi rabbal ‘alamin. Wahai Allah, Engkah Maha Pengasih lagi Maha Pemurah, hamba sadar, terpilihnya hamba adalah rahmat-Mu. Wahai Allah Yang Maha Pendengar, terima kasih Engkau telah mengabulkan do’a hamba. Wahai Allah Yang Maha Melihat, saksikanlah bahwa hamba akan menyebarkan setiap ilmu yang Engkau titipan kepada hamba.

    Selanjutnya, wajib bagi saya untuk menghaturkan terima kasih kepada teman-teman pengelola SMO, terutama Bang Jonru, atas kepercayaan sekaligus amanat ini. Semoga dengan bergabungnya saya di SMO, merupakan langkah awal bagi kita untuk bersinergi dalam ber-fastabiqul khairat dan saling tawashaw dalam kebaikan serta kesabaran.

    Juga terima kasih kepada sahabat karib saya, Yon’s Revolta, atas tahniah antum.

    Sekali lagi, terima kasih, semoga Allah membalas kebaikan antum semua dgn berlipat ganda. Amin.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    Udo Yamin Majdi

    Waalaikumsalam…
    Udo, selamat ya…
    Terima kasih juga karena sudah bergabung di SMO 🙂

    Jonru

    Suka

  3. hayo bang udo.. aku tunggu loh transferan ilmu nya. =)

    Suka

  4. Alhamdulillah, keinginan saya berguru ke Bang Jonru akan segera terwujud. Semoga bisa membawa kebaikan…

    NB: Ralat, Bang. Saat ini saya tinggal di Wijahan, Banyumas.

    Ok deh, thanks atas ralatnya

    Btw cepat mengisi formulirnya ya. Tadi saya cek kok belum masuk

    Jonru

    Suka

  5. puji syukur hanya kehadirat Ilahi Robbi,
    sholawat serta salam teruntuk baginda nabi saw.
    ucapan terimakasih untuk kedua orang tuaku special
    untuk ibu yang telah melahirkanku.

    mohon ma’af bung jonriah ukur ginting, ucapan terimakasih untuk anda saya letakkan setelah kedua
    orang tua saya, tetapi tidak mengurangi rasa
    hormat dan kagum dari lubuk hati paling dalam.

    semoga perkenalan ini membuka pintu untuk da’wah
    sesuai dengan kemampuan dan karakter kita, amin.

    sekali lagi, terimakasih.
    dan untuk seluruh siswa SMO angkatan ke-3 :
    “aku datang…. ” teriakan sambil meloncat.
    “ini dadaku, sambutlah pintu persahabatan untuk semua.
    “ini senyumku, siap menghias dunia dengan goresan pena.

    subhanalloh, walhamdulillah, wa laa ilaha illallahu wa allau akbar…

    Selamat ya Mas

    Semoga sukses!!

    Jonru

    Suka

  6. Selamat ya buat pemenang,
    aku ada saran buat mas jonru
    sepertinya akan lebih seru, jika pengumuman pemenangnya dibuat bertahap, pertama pengumuman yang masuk lolos seleksi 25 besar
    lalu yang masuk semifinalis 15 besar, final di sepuluh besar dan pemenangnya di 5 besar. Biar lebih seru dan makin degdegan, dan mungkin dengan masuk 25 besar aja dapat memotivasi semangat untuk terus menulis. Terimakasih

    Pak Andi…
    Terima kasih banyak atas sarannya
    Akan kita pertimbangkan

    Jonru

    Suka

  7. selamat berbahagia atas kesempatan Anda semua yang lolos untuk menimba ilmu menulis pada ahlinya: mas Jonru. Semoga ilmu yang didapat nanti dapat digunakan untuk jalan ibadah sesuai dengan janjinya, masing-masing.

    Suka

  8. assalam alaikkum

    alhamdulillah ada senior di kairo yang dapat beasiswa. nggak sengaja di tengah2 ujian nyempetin searching “pakde jonru”, eh ketemunya banyak banget………. dari jadi hantu di tempo sampe ngehantuin pemang som……… minta doanya nggiiih…..

    wassalam alaikum

    Suka

  9. pom aku tungu yang baru maju trus buat lu pom

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s