[Kiat Sukses] Ingin Meramal Masa Depan Anda?


Tadi malam (19 Juni 2008), saya merasa amat beruntung karena menyimak acara Business Art di O Channel bersama Pak Mario Teguh. Temanya sangat menarik, karena berhubungan dengan urusan “ramalan masa depan”.

Selama ini, banyak orang yang pergi ke peramal atau paranormal untuk mengetahui masa depan mereka. Apakah nasib mereka akan baik, beruntung, atau justru buruk plus celaka? “Bertanyalah pada ahlinya!”

Sebenarnya – menurut Pak Mario Teguh – kita tak perlu mendatangi peramal untuk mengetahui masa depan kita. Lagipula, bukankan mendatangi peramal itu perbuatan syirik dan termasuk dosa yang paling berat karena menyekutukan Allah?

Dari sudut pandang manusia, sebenarnya tak ada yang pasti mengenai masa depan kita. Bila ada orang yang mengatakan “Masa depan kamu cerah”, dia sebenarnya salah. Juga bila ada orang yang mengatakan “Masa depan kamu suram”, dia pun salah. Kenapa keduanya salah? Karena tak ada manusia yang bisa melihat masa depan.

Namun demikian, ada satu hal yang sangat pasti:
Apapun yang kita dapatkan dan alami di masa depan, itu akan sangat bergantung dari apa saja yang kita lakukan saat ini.

Bila ada tidak percaya, coba deh renungkan sejenak:

Coba ingat apa saja yang telah Anda raih dan alami saat ini. Kebahagiaan, kesuksesan, kegagalan, kesedihan, penderitaan, kekayaan, ketenaran, keterperosokan, atau apapun itu, coba pikirkan semuanya baik-baik.

Lalu coba ingat-ingat: Apakah yang telah Anda raih dan alami saat ini memiliki hubungan erat dengan apa saja yang TELAH Anda lakukan di masa lalu?

Jawabannya: PASTI!

Apapun yang Anda raih dan alami saat ini, PASTI merupakan akibat dari apa yang telah Anda lakukan di masa lalu. Bila dulu Anda bekerja keras dan tak pernah menyerah untuk menjadi seorang dokter ternama misalnya, Anda bisa merasakan hasilnya sekarang. Bila dulu Anda ingin menjadi seorang penulis sukses tapi Anda malas-malasan dan tak pernah mau berusaha, maka jangan heran bila hingga hari ini Anda masih menjadi seorang calon penulis yang gagal.

Karena itu, saya yakin Anda sudah dapat mengetahui RUMUS PASTI mengenai gambaran masa depan Anda:

Masa depan Anda sangat tergantung dari apapun yang Anda lakukan dan alami saat ini.

Karena itu, bila ingin melihat diri Anda sendiri sebagai seorang penulis hebat di masa depan, MULAILAH MEWUJUDKANNYA DARI SEKARANG; Banyak berlatih menulis, banyak membaca, tidak menyerah bila naskah Anda ditolak, tidak putus asa oleh kendala yang sebesar apapun.

Saya kira, hanya DUA hal yang bisa menghalangi kita untuk mewujudkan apapun yang kita inginkan:

  1. Kehendak Tuhan (karena itu, kita harus banyak-banyak berdoa dan tawakkal)
  2. Kematian (keinginan kita belum tercapai, tapi ajal keburu datang)

Untuk poin nomor 1, ada dua hal yang perlu disadari:

  • Bila Anda bekerja keras, tak pernah menyerah, sangat bersungguh-sungguh dalam mewujudkan impian tersebut, yakinlah bahwa Tuhan pun tak akan tega untuk mengecewakan Anda.
  • Bila ternyata Tuhan tidak mewujudkan keinginan Anda tersebut, sadarlah bahwa Tuhan Maha Mengetahui. Mungkin Anda merasa bahwa menjadi wartawan adalah hal yang terbaik bagi Anda. Tapi siapa tahu, Tuhan justru berpendapat bahwa profesi yang terbaik bagi Anda adalah programmer. Karena itulah, kita harus selalu tawakkal.

Bila poin nomor 2 di atas terjadi, sebenarnya kita tidak gagal, melainkan waktu kita yang tidak cukup. Menurut Pak Mario Teguh, keberhasilan bukan terletak pada APA YANG KITA DAPATKAN. Keberhasilan adalah proses yang baik dalam mengerjakan sesuatu yang baik.

Jadi bila Anda SEDANG memperjuangkan sesuatu yang baik dengan cara yang baik pula, maka sebenarnya ANDA SUDAH SUKSES. Karena itu, berbahagialah! Nikmatilah semua proses, suka duka dan halangan yang sebesar apapun. Mengenai hasilnya, serahkan pada Sang Maha Berkehendak.

Semoga terinspirasi, semoga bermanfaat.

Salam sukses!

Cilangkap, 20 Juni 2008

Jonru
Owner Sekolah-Menulis Online

Artikel terkait:

[Kiat Sukses] Menikmati Episode Duka Lara

Siapa yang Menjamin Kesuksesan Anda?

Iklan

21 responses to “[Kiat Sukses] Ingin Meramal Masa Depan Anda?

  1. Salam kenal, Pak Jonru!

    Thanks atas ilmunya. Saya merasa terinspirasi=)

    Suka

  2. Setuju, Bang.

    Btw, saya nyesel banget, telat tau klo Bang Jonru ada acara di Cippes Resto Tebet Jum’at kemaren. Padahal waktu saya memungkinkan lho…
    Ini gara-gara telat ngupdate multiply Bang Jonru… 😦

    Wah, jadi nggak dapet ilmunya Bang Jonru neh!
    Mulai sekarang, nengok semua blog dan website Bang Jonru setiap hari adalah kewajiban! Hehe…

    Sukses ya, Bang!

    http://www.fajarspramono.blogspot.com

    Suka

  3. terima kasih bang jonru, udah berbagi
    tulisan ini memberikan inspirasi dan motibasi agar saya segera bertindak

    Suka

  4. Setuju Mas!!! Tapi sekarang makin bnyk org yg pergi ke peramal….

    Suka

  5. thx mas jonru…tulisannya menginspirasi sekali, masa depan tergantung apa yang qta lakukan saat ini, sukses selalu!

    Suka

  6. Selamat siang Pak Jonru….saya hanya ingin menanyakan bagaimana kehidupan saya doi masa datang .,sedangkan saya sekarang masih berusia 18 tahun dan profesi yang saya geluti sekarang adalah seorang suster dan menjadi mahasiswa jurusan managemen.Tolong bapak reply di email saya …terima kasih sebelumnya

    Suka

  7. Assalamualakum Wr. Wb. selamat pagi menjelang siang Pak Jonru,……salam kenal dari saya, saya seorang gadis berusia 24 tahun yang belum tahu arah hidupnya mau kemana. banyak sekali perjalanan kehidupan yang sudah melelahkan saya, sampai – sampai saya bingung, sebenarnya apa sih yang saya mau …………., tapi saya selalu “think positive” terhadap kehidupan ini sehingga saya bisa tetap tegar sampai hari ini. kok jadi curhat ya Pak…,btw cara jadi penulis yang bener gimana ya pak…..? tolong balas di email saya ya pak………..? semoga lewat silaturahmi ini saya bisa menemukan jawaban arah kehidupan saya………….amien.
    wassalamualaikum Wr. Wb.

    Suka

  8. masa depan udah ada ketentuannya …
    betapapun kita berusaha sekeras mungkin kalao toh udah di tentukan ya udah ga akan berubah sedikitpun ..
    kita terjebak oleh akal kita sendiri kalo kita bisa menentukan nasib kita …
    kita juga terjebak dalam istilah “usaha keras” ..

    Suka

  9. Ping-balik: Alasan Terbaru Kenapa Kita Tidak Layak Percaya pada Ramalan | Jonru on the Web

  10. Membaca isinya yang luar biasa (tulisan Jonru yang mana sich yang TIDAK luar biasa?),bolehkah saya postingkan di blog saya?

    Trims sebelumnya

    Suka

  11. askm wrwb,
    apa kabar akh Jonru, dah lama gak ketemu, iseng2 lagi searchin2 eh ketemu antum….

    wassalam

    Suka

  12. Yenie Sutopo

    Mas Jonru makasih tulisannya… Selama ini saya merasa banyak mengalami kegagaln dan kesedihan. Saya sering berfikir yang tidak positif. Setidak2nya dengan membaca artikel diatas terbukalah fikiran saya.

    Suka

  13. Wah sangat inspiratif pak. Seringkali kalau kita gagal yang dicari adalah kesalahan orang lain. Tulisan ini mengajak kita untuk selalu intropeksi diri dan konsisten. Makasih pak/

    Suka

  14. Gimana cara jadi seorang yang sukses

    Suka

  15. @Mahdi: bermimpi yang benar, yakin bahwa itu bisa tercapai, bekerja keraslah, pantang menyerah, dan tak lupa banyak2 berdoa.
    Salam sukses!

    Suka

  16. akhir akhir ini aq merasa sangat putus asa. soalx aq bingung d hadapkan dengan dua pilihan. yaitu tetap melanjutkan kuliah tapi nda punya dana atau bekerja tapi nda bakal menjamin masa depanq kelak nnti. apalagi orang tua aq nda mmpu lagi. ayah aq udah sakit semenjak 6 tahun yg lalu. aq jadi bingung nich………….????? tlong motivasinya yach. aq tunggu. oh ya aq punya nomor nich. kale kale aj d hub. 085656533203. thanks.

    Suka

    • @salam wakatobi: Anda ini paranormal ya?
      Kok dengan sok tahunya berkata “bekerja tapi ndak bakal menjamin masa depan”
      Apakah Anda sudah tahu masa depan Anda seperti apa?
      Kalau belum tahu, jangan sok tahu.
      Yakin dan percaya diri adalah pilihan terbaik.

      Salam sukses ya!

      Suka

  17. pak saya mau nanya apakah saya harus menyerah dengan apa yang saya jalani,,saya merasa pusing menjalani tugas sebagai marketing di dunia maya dan saya belum mengerti harus bagaimana karena saya baru lulus dari smk

    Suka

  18. mantappppp……………….. gue ga perlu lg peramal lebih baik cari amal aja.

    Suka

  19. Meskipun terlambat ku baca artikel anda, tak mengapalah asal aku bisa terinspirasi dan mendapat semangat baru tuk meraih impianku. Makasih ya atas ilmu yang anda berikan. Mudah-mudahan aku menjadi orang sukses yang dermawan. Amin…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s