[Internet Marketing] Kiat Memopulerkan Website/Blog Tanpa SEO


Bagi seorang pebisnis online atau internet marketer, popularitas blog atau website sangat erat kaitannya dengan income atau penghasilan. Semakin populer suatu blog/website, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan akan semakin besar pula.

Untuk memopulerkan blog, selama ini sebagian besar pebisnis online/internet marketer menerapkan SEO. Ini adalah cara gratis dan alamiah agar website/blog kita dapat diindeks dengan cepat dan efektif di mesin pencari seperti Google, khususnya untuk kata kunci tertentu yang ditarget.

SEO merupakan sesuatu yang sangat baik, bahkan setiap pemilik blog/website dianjurkan untuk menggunakannya.

Tapi apakah SEO saja sudah cukup?

Untuk menjawabnya, coba Anda simak contoh tulisan berikut ini:

Internet Marketing Walaupun dan Tetapi Meskipun Demikianlah Cantik Betapa

Internet marketing bla cantik walah apakah setiap tetapi internet marketing bill gates pengumuman ganteng komputer melainkan bla walah hehehe internet marketing jejak pencuri halaman hotel kolam renang internet marketing hehehe sudahlah….

Saya yakin Anda setuju, contoh tulisan di atas sangat bagus dari segi SEO, khususnya untuk kata kunci “internet marketing”. Tapi sebagai manusia biasa, apakah Anda tertarik membaca tulisan seperti itu? Bahkan yang lebih penting, apakah Anda tahu apa artinya?

Walau saya sendiri yang menulis, jujur saya juga pusing membaca tulisan seperti itu.

Tulisan tersebut memang sangat bagus bagi SEO, namun justru sangat buruk bagi manusia.

Intinya: Sebagai pebisnis online atau internet marketer, kita tidak bisa hanya memikirkan “bagaimana caranya agar website/blog saya disukai oleh mesin pencari?” Yang tak kalah penting kita harus berpikir, “Bagaimana caranya agar website/blog saya ini disukai oleh manusia?”

* * *

Menerapkan SEO untuk memopulerkan website/blog memang sangat penting. Tapi coba bayangkan situasi ini:

Dengan menerapkan teknik SEO yang paling jitu, website Anda berhasil menempati urutan pertama di Google untuk kata kunci “internet marketing”. Hm… “internet marketing” termasuk kata kunci yang paling populer di Internet, bukan? Jadi Anda tentu harus sangat bangga karena berhasil menjadi pemenang. Website Anda pun dibanjiri pengunjung, diserbu oleh orang-orang yang sedang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan internet marketing.

Namun setelah diselidiki di catatan statistik, rata-rata “lama kunjungan” ke website Anda hanya 1 hingga 30 detik. Sekitar 99 persen dari pengunjung pun ternyata hanya bertandang sekali itu saja. Mereka tak pernah datang lagi, karena tak ada hal apapun pada website Anda yang membuat mereka tertarik atau jatuh cinta.

Sungguh tragis! Anda berhasil menjadi pemenang di Google, tapi tidak berhasil menjadi pemenang di “hati pengunjung”.

Sekarang, coba bandingkan situasi di atas dengan pengalaman pribadi saya:

Sejak tahun 2003, saya mengelola situs PenulisLepas.com sebagai hobi semata. Saat itu, saya sama sekali belum mengenal SEO. Saya meng-update content PenulisLepas.com berdasarkan “naluri” semata. Saya memuat tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Saya menyediakan fitur dan layanan yang membuat pengunjung betah bahkan jatuh cinta.

Pada awal tahun 2007, ketika saya sama sekali belum tahu apa itu SEO, alhamdulillah PenulisLepas.com telah menduduki page rank 4 di Google. Situs ini pun berkembang menjadi komunitas penulis terbesar di dunia maya Indonesia.

Saya tak pernah mengajak pemilik blog/website lain untuk melakukan “link barter” (sebuah strategi SEO yang banyak digunakan oleh para pebisnis online/internet marketer). Tapi alhamdulillah, banyak orang yang dengan SUKARELA menaruh link PenulisLepas.com di blog mereka. Mereka membantu mempromosikan situs ini tanpa pernah saya minta.

Kenapa? Tak lain dan tak bukan, karena mereka CINTA pada PenulisLepas.com. Mereka sangat menyukai situs ini.

Karena banyaknya orang yang mempromosikan PenulisLepas.com, karena begitu banyak orang yang mengisi komentar di situs ini secara sukarela dan alamiah (tak ada rekayasa teknis atau kiat SEO sama sekali), alhamdulillah SECARA OTOMATIS PenulisLepas.com pun menjadi populer di Google.

Memang, bila sejak awal saya menerapkan SEO secara sengaja di PenulisLepas.com, saya yakin bahwa hasilnya insya Allah akan lebih luar biasa. Tapi terlepas dari apapun, cerita di atas menjadi bukti bahwa SEO bukanlah segalanya.

Kita memang perlu menerapkan SEO agar website kita populer di mata search engine. Tapi yang tak kalah penting: Kita harus membuat website/blog yang ramah, menarik dan bermanfaat bagi manusia. Kita harus bisa membuat pengunjung tertarik bahkan jatuh cinta pada website/blog kita.

Ingatlah salah satu rumus dasar di dunia internet marketing dan bisnis online:

“Yang melakukan pembelian bukanlah robotnya mesin pencari, tapi manusia.”

Karena itu, membuat pengunjung jatuh cinta pada blog/website Anda sangatlah penting. Ini adalah SALAH SATU KIAT SUKSES bagi para pebisnis online/internet marketer.

* * *

10 Kiat Sukses Berbisnis OnlineSalah satu kiat agar blog/website kita dicintai oleh pengunjung: Isilah ia dengan TULISAN yang menarik dan bermanfaat. Buatlah tulisan yang sebagus mungkin, semenarik mungkin, agar semakin banyak pengunjung yang merasakan manfaat dari kehadiran blog/website Anda.

Bagaimana cara membuat tulisan yang menarik?

Bagaimana kiat menulis di internet?

Bagaimana caranya agar tulisan di blog saya disukai dan dicintai oleh para pengunjung?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan inilah, Sekolah-Menulis Online membuka:

“Kelas Writing for Blogger & Online Marketer”

Anda tertarik untuk bergabung? Jika ya, klik saja di sini 🙂

Thanks

Jonru

Founder Sekolah-Menulis Online 🙂

NB:

Artikel terkait:

Referensi:

Iklan

47 responses to “[Internet Marketing] Kiat Memopulerkan Website/Blog Tanpa SEO

  1. wahh… bagus banget tulisannya mas jonru…
    say juga buat tulisan dengan topik yang sama dengan studi kasus detik.com di blog saya. Cuma maklum, karena gak jago nulis jadi tulisannya agak berantakan tuh :p

    Suka

  2. Thanks atas kiat2 yang diberikan.

    Suka

  3. tulisan yg menarik, o ya buka situs mas jonru saya jadi teringat cita-cita saya dulu yg ingin jadi penulis, tapi gak pernah kesampean. Maklum males latihan, aneh yaa..ada tips buat yg males latihan..? 😀

    Suka

  4. Pengalaman anda dalam menulis tak diragukan lagi, sehingga SEO pun bukan suatu hal yang perlu di prioritaskan. Tapi itu kan Mas Jonru yang selalu ada saja Ide untuk menulis dan membuat jatuh hati para pengunjung untuk kembali lagi. bagaimana dengan Newbie, Blog-blog baru yang belum punya kebiasaan dalam menulis ini ada sedikit kutipan waktu browsing

    75% of searchers never look further than page one (Source: Georgia Institute of Technology). Most search engines display ten results on the first page; and very few searchers click the links to look at the second page.
    Usability expert Jakob Nielsen points out: “Users almost never look beyond the second page of search results.” Danny Sullivan, ClickZ Search Engine Marketing Columnist, puts it out this way: “Being listed 11 or beyond means that many people may miss your web site.”
    lebih jelasnya disitus ini nih
    http://metris-community.com/seo-versus-content/

    Suka

  5. Artikel & commentnya bagus2. Saya sih blm ngerti ngeblog dan apa lagi tuh .. SEO tapi artikel & respon, komentarnya berbobot.. mba’ rhyna jgn galak gitu dong.. he..he bercanda. Tapi bener kok saya bisa melihat ada obrolan seru dari mas jonru dan mba’ rhyna bisa jadi rujukan deh kalo aku ngeblog dan belajar seo. Good Luck Mas Jonru & mba’ Rhyna

    Suka

  6. Wah info ini bener-bener membuat saya sadar,
    bahkwa banyak cara untuk sukses.Terima kasih pak, atas segala info yang bapak berikan.

    Salam sukses dari Petani Internet
    sumintar.com

    Suka

  7. makasih atas infonya

    Suka

  8. Thanks mas jonru,nedyasafira sependapat dengan mas,nedyasafira masi baru dalam dunia blogging. walau uda bikin blog rasanya emang jarang ada yang mau berlama2 surf, mungkin isinya kurang berbobot ya mas? blog nedyasafira uda PR 1. walau masi baru,itupun cuma mengandalkan promosi,submit sana-sini,skali lagi thanks buat mas jonru.

    Suka

  9. Memang benar semuanya harus berawal dari kesenangan, apalagi menulis…kalo lagi tidak mood, dua jam di depan komputer juga tidak nulis apa-apa. Contohnya ya saya ini

    Suka

  10. Makasih banget mas, saya benar-benar pemula di dunia net & tulis menulis. dengan bantuan artikel & e-book yang saya dapatkan dari mas, sungguh sangat membantu saya untuk terus maju dan pantang menyerah serta berkeyakinan suatu saat saya pasti bisa, Trims.

    Suka

  11. Sungguh sangat bermanfaat artikel Anda yang bisa memberikan pandangan alternatif, sehingga menambah ilmu dan wawasan bagi para netter pemula. Saya juga terima kasih telah mendownload kiat menulis dari Anda. Sukses dan maju terus. Terima kasih.

    Suka

  12. terima kasih atas informasinya mas jonru.

    salam,

    embanun.

    Suka

  13. benar itu kata Mas Jonru, kadang seorang blogger terjebak untuk menyenangkan Search Engine sampai lupa bahwa pengunjung blog adalah manusia, jadi mestinya lebih menulis untuk manusia sambil memperhatikan SEO.
    Internet marketing di Indonesia yang kian berkembang ini harus lebih banyak lagi belajar supaya lebih diperhitungkan di dunia online.

    Suka

  14. luaaaarbbiassaaa BENARNYA,1000% benar apa yg disebut diatas-tapi BANYAK ORANG TAK MENYADARI,disini your key to grab them-moga ini bisa menyadarkan beliau2-nampang paling depan,OK-but,sadari pula akan isi dan thetechnik in writing too..!

    Suka

  15. trims atas info nya yg dahsyat…

    salam… 🙂

    Suka

  16. tips yang menarik mas, sangat benar sekali tips2 ini

    Suka

  17. Yup… seo + artikel menarik = BOOMMM!
    Thanks for reminder advice… 😀

    Suka

  18. oke j9 tucH…thx y

    Suka

  19. semua berangkat dari 3 pilar ini:

    produk –> traffic –> konversi

    produk = website+konten
    traffic= dgn seo/social network/iklan
    konversi= optimasi/monetisasi/sales/CTR

    apa yang diulas mas jonru masuk dalam kategori social network itu, komponen resep traffic yang tidak bisa diabaikan kalau kita ingin menghasilkan konversi yang baik

    Suka

  20. Petikan paragraf yg katanya contoh SEO di atas itu bukan contoh SEO yg baik.

    SEO yang baik dan benar adalah SEO yg juga memperhatikan isi konten yg ditulis agar berguna buat manusia / pembaca dan bukan hanya menyajikan sesuatu utk konsumsi robot / search engine.

    SEO yang diatas itu SEO ngawur, scrap, biasanya ada di blog orang2 yg lakukan autoblogging. Yg begituan bukan SEO dan sangat tdk dianjurkan.

    Suka

  21. trims bagus tuh juara SEO tapi tidak juara menarik hati…
    luar biasa …trims sangat berkesan

    Suka

  22. Ibu Jempol:
    Terima kasih atas komentarnya.
    Memang saya sengaja memberikan contoh yang tidak baik seperti itu. Tujuannya untuk brainstorming, membuka wawasan kita bahwa SEO saja tidak cukup. Seperti Bu Jempol bilang, SEO yang baik adalah SEO yang memperhatikan isi. Saya sangat setuju 🙂

    Salam Sukses!

    Suka

  23. Mas jonru yg baik semoga selalu mendapat hidayah dari alloh ..ha..ha…saya hartono merasa senang mas jonru memberi banyak saran tentang penulisan,tetapi saya menulis itu bukan untuk bisnis ha..ha..sejujurnya saya menulis itu ekpresi dari kebiasaan saya kerja …maksutnya saya menulis kejadian di tempat kerja.setiap manusia pasti berekpresi karena ekpresi tidak hanya dengan merangkai kata/menulis ekpresi bisa dengan apa saja ….karena ekpresi adalah karakter ha..ha..bentuk tubuh dan aura bisa juga karakter misalnya presiden kita dahulu bapak gusdur dan ibu megawati yg matanya indah ha..ha..Mas jonru terus terang saya menulis masih mentah ..artinya menjadikan mateng tulisan saya ….saya belum bisa,karena itu saya masih terus belajar merangkai kata yg terputus putus ..wach kalau misalnya membuat contoh bagaimana saya belum bisa dsb.

    Suka

  24. Itulah pentingnya konten yang memikat dan menghisap untuk membuat pengunjung tak bisa berpaling dari blog anda.
    Salam ACTION!

    Suka

  25. hmmm…
    bagus banget mas artikelnya,,,
    sangat betul mas
    karena dengan banyaknya tulisan yang dimuat di blog/website maka rank makin naik juga… betul ga sih???
    saya juga belum pake SEO… 🙂
    Salam ACTION!

    Suka

  26. wah bagus memang tulisannya runtut untuk di bacanya,,,,
    o ya setahu saya untuk mengukur ramenya trafik pengunjung web kita bisa pake http://www.alexa.com. semakin kecil alexa kita menunjukkan ramenya pengunjung trafik kita.

    Suka

  27. saya suka gaya tulisan anda thanks lot of

    Suka

  28. Thanks. Mas atas share. Ini sy. lagi terus belajar dan belajar menulis dan binis di dunia maya.

    Suka

  29. Memiliki PR tinggi merupakan suatu keharusan bagi blog, biarpun blog kita memiliki content yang bagus tapi tidak berPR baik, apa gunanya juga ?
    http://bisnis-5-milyar.blogspot.com

    Suka

  30. seo memang yg pertama harus diperhatikan.

    Suka

  31. ting tong, askum boss jonru…
    anda telah berpikir benar tentang orang lain dengan memenangkan hati para pengunjung walau tanpa teknik seo.
    salam_goal

    Suka

  32. wah..info yg menarik mas jonru,terutama bagi saya yg pemula soal dunia maya.postingan ini bisa menambah pengetahuan saya ttg SEO ,thanks mas jonru.
    silahkan berkunjung di blogku….

    Suka

  33. sudah punya, pak. terimakasih.

    Suka

  34. si..p!!!, sepertinya dapat membantu aku menyebar luaskan cerpen-cerpenku juga lagu lagu ciptaanku..

    thanks alot..

    oh..ya..just sharing what you just have felt
    my adsense has been just disabled by google, I think, this is because I modified the script, well done..

    Suka

  35. very informative. thanks

    Suka

  36. Membuat pengunjung jatuh cinta? Hmm ..

    Suka

  37. Benar Mas Jonru,
    kalau di marketing, kepuasan pelanggan adalah yg utama.

    Suka

  38. Ping-balik: Cuma Ngeblog Bisa Dapat Blackberry GRATIS. Mau? | Jonru on the Web

  39. terima kasih atas informasinya.

    Suka

  40. ni………………….gua setuju…….tanpa SEO kita bisa mempopulerkan blog kita…..gua suka mas….

    Suka

  41. Sipppp!! Sangat bermanfaat, Pak! 🙂

    Suka

  42. wah mantap nah tutorialnya tanpa SEO, menarik sekali 🙂

    Suka

  43. Setuju mas Jonru, terkadang banyak website sampah yang hanya menggunakan trik SEO black hat, isi nya pasti dah ga karuan, nyebelin… kadang kita sedang serius cari sesuau eh di link ke link yg ga jelas, bahkan balik lagi balik lagi ke link tersebut..

    Suka

  44. Terima kasih bapak,, atas segala saran – saran anda. Semoga situs yang saya kelola suatu saat nanti juga dapat seperti blog penulislepas.com milik anda, disukai dan dicintai para pembaca
    Sukses terus buat anda

    Suka

  45. tulisan yg menarik, jutru cita-cita saya dulu yg ingin jadi penulis, tapi gak pernah kesampean. sampai sekarang

    Suka

  46. Menurut saya juga begitu Pak..Suatu blog biarpun jauh dari urutan utama pencarian tetapi jika blog itu memiliki isi yang bagus,berkualitas maka orang pun akan senang berlama lama berada di blog itu, orang merasa mendapatkan ilmu atau inspirasi dari tulisan di blog itu. Seperti saya sendiri kepada artikel di blog bapak ini, terutama artikel tentang ramalan yang pernah bapak tuliskan. Dari tulisan ini saya jadi berpikir, kayaknya saya harus mengisi blog saya dengan isi yang bagus pula.pernah saya lihat Di Statistik pengunjung,jumlah pengunjung blog saya ada 51 kalo gak salah, tetapi begitu saya lihat di counter histats ternyata Cuma 28, kayaknya separo dari pengunjung cuma sebentar ada di blog saya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s