[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian I)


Tanggal 22 Juli 2007, tepat setahun lalu, untuk pertama kalinya saya membuat pengumuman berjudul “Pelatihan Menulis Secara Online, Biaya Super Murah!”.

Pengumuman ini saya pasang di sejumlah milis penulisan, situs BelajarMenulis.com, dan blog pribadi saya tentu saja.

Siapa sangka, pengumuman sederhana inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal Sekolah-Menulis Online (SMO).

Hari ini, SMO genap berusia satu tahun. Karena itu, izinkanlah saya melakukan kilas balik untuk mengingat lagi perjalanan SMO ini dari awal pendiriannya.

* * *

Suatu siang di bulan Januari 2007, saya chatting dengan seorang teman via Yahoo! Messenger. Dia ingin membeli nama domain untuk perusahaannya yang bergerak di bidang content provider dan SMS premium. Dia meminta pendapat saya tentang nama apa yang sebaiknya dia pesan. Saya pun menyarankan sebuah nama, dan alhamdulillah dia kini memilikinya.

Saat itulah, entah dari mana asalnya, tiba-tiba di pikiran saya terlintas sebuah nama: belajarmenulis.com. Saya berpikir bahwa ini adalah nama yang sangat cantik. Maka buru-buru saya beli, walau belum tahu nanti akan digunakan untuk apa.

Sebagaimana kebiasaan saya pada umumnya, saya seringkali mengerjakan sesuatu secara spontan dan tiba-tiba, tanpa perencanaan apapun sebelumnya. Inilah yang terjadi ketika saya membeli nama domain belajarmenulis.com tersebut. Ini pula yang terjadi ketika bulan April 2007 (sebulan setelah menjadi orang bebas), saya secara spontan membangun situs ini dan mempersembahkannya bagi siapa saja yang baru merintis karir sebagai penulis.

Di luar dugaan, sambutan masyarakat terhadap situs ini sangat luar biasa. Banyak pengunjung berkata, “Ini dia, situs yang selama ini saya cari!”

Padahal saat itu, isi dan fiturnya masih sangat minim. Saya bahkan masih bingung, apakah tema dan konsep situs ini tidak “konflik” dengan PenulisLepas.com yang sudah saya bangun dan kembangkan sejak tahun 2001 lalu.

Setiap kali membangun website, saya selalu ingin agar ia memiliki konsep yang jelas dan unik. Saya tak ingin membangun website dengan konsep yang tak jelas. Karena itulah, ketika belajarmenulis.com dibangun, saya segera melakukan perombakan konsep terhadap situs PenulisLepas.com. Akhirnya, belajarmenulis.com dikonsepkan sebagai situs untuk para pemula di bidang penulisan, sedangkan PenulisLepas.com diarahkan sebagai situs komunitas bagi mereka yang “tak perlu diajari lagi tentang cara menulis.”

Dengan kata lain, PenulisLepas.com adalah media bagi para penulis yang sudah berpengalaman. Dengan konsep baru ini, fitur dan layanan di PenulisLepas.com yang selama ini ditujukan buat para pemula, secara perlahan dialihkan ke BelajarMenulis.com.

* * *

Terlepas dari cerita di atas, ada sebuah kejadian menarik di tahun 2005. Dalam sebuah pelatihan penulisan di Jakarta, seorang ibu muda mengeluh karena ia sulit mencari penulis atau lembaga yang bisa ia jadikan tempat belajar. “Kalau ada penulis senior yang mau membimbing saya, boleh deh. Saya rela membayar, asalkan saya dibimbing dengan benar,” ujarnya.

Alhamdulillah, ucapan ibu muda ini mendatangkan sebuah inspirasi. Saya berpikir, pasti banyak orang di seluruh dunia yang bernasib seperti si ibu ini. Mereka ingin belajar menulis, tapi tak tahu harus pergi ke mana. Mereka ingin belajar dari penulis senior, tapi tidak mudah untuk menghubunginya. Lagipula, kebanyakan pelatihan penulisan diadakan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Bagaimana dengan teman-teman di daerah atau luar negeri? Ke mana mereka harus pergi jika hendak belajar menulis?

Saat itu, saya belum mendapat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Namun ketika situs belajarmenulis.com mulai berkembang, saat itulah ucapan si ibu muda ini muncul lagi di ingatan saya. Saya berpikir bahwa situs ini bisa saya manfaatkan sebagai sarana bagi siapa saja yang ingin belajar menulis lewat internet. Saya juga ingat pada maraknya pelatihan menulis jarak jauh (lewat pos) pada tahun 1990-an lalu. Saya kira ini bisa ditiru, tapi diterapkan secara online.

Maka, ide untuk mendirikan sekolah-menulis online pun muncul. Saya ingin segera mewujudkannya. Tapi saat itu saya belum percaya diri, karena merasa belum punya kompetensi.

Saya sangat sadar, orang yang dianggap paling kredibel di dunia penulisan adalah mereka yang sudah menerbitkan banyak buku, atau memuat banyak tulisan di media cetak. Saya sama sekali tidak memenuhi kriteria ini. Dua buku saya yang sudah terbit, gagal di pasaran. Jumlah tulisan saya di media cetak masih sangat sedikit. Dengan fakta ini, saya tentu bukan orang yang kredibel untuk mengadakan pelatihan penulisan, bukan?

Namun alhamdulillah, ada dua faktor utama yang akhirnya memicu saya untuk berani mendirikan SMO.

Bersambung ke Bagian II >>

Cilangkap, 22 Juli 2008

Jonru


Iklan

14 responses to “[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian I)

  1. Pak Jonru, kalau ada pelatihannya mohon jangan lupa kirim info ke saya. Saya juga sama dengan Ibu itu, sangat ingin belajar menulis dengan benar, tapi beda saya dengan Ibu tersebut, budget saya sangat terbatas. Cita-cita tinggi, semangat menggebu, modal terbatas. Hehehe

    Suka

  2. Bu/Mbak Sally…
    Coba saja mulai dengan layanan gratis, yang formulirnya ada di bagian kanan-atas halaman ini. Nanti kalau ada info pelatihan, insya Allah akan disampaikan lewat layanan ini.

    Jonru

    Suka

  3. sebenarnya ini bukan kendala, hanya saja saya sering putus asa saat membaca pelatihan selalu dijakarta. padahal saya tinggal di bekasi paling ujung timur -cikarang.

    Suka

  4. Saya ingin sekali bisa menulis, sayang sekali kebanyakan pelatihan menulis diadakan di Jakarta sedangkan saya berasal dari daerah (Bukittinggi-Sumatera Barat). Sepertinya belajarmenulis.com solusi tepat buat saya.

    Suka

  5. selamat ya Pak Jonru….moga makin sukses dangan SMO nya and moga banyak pelajaran yang bisa didapatkan di SMO ini. thanks.

    Suka

  6. Assalamualaikum bang JONRU,

    Setiap usaha Insya Allah membuahkan hasil, nampaknya bang JONRU tidak salah pilih profesi untuk menjadi seorang penulis profesional…..

    Good luck and keep writing,
    you’re one of my inspiration

    http://www.yulyanto.com

    Suka

  7. salam
    Selamat ya Bang Jonru…
    Tidak terasa ya, SMO udah berusia satu tahun
    dan lebih bahagia lagi
    saya menjadi bagian dari murid bang Jonru
    wassalam

    Suka

  8. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian III) | Jonru on the Web

  9. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian IV-Selesai) | Jonru on the Web

  10. Ass. Mr Jonru.
    I am usually make 2 script to indonesian scientifict journal in one year. i want to write a book about fungi.could you help me to write and publish together. i think many different write in journal with books.

    what your opinion about my offer.

    regard, wassalam

    riza

    Suka

  11. aku punya beberapa cerpen dan novel sudah jadi, namun aku ingin punya teman diskusi tentang jalan ceritanya sehingga jika nanti akan di kirim ke penerbit udah sempurna. Kenalin dulu atau panggil nama aku ibu diah lalu, apa nama panggilan kamu? balas! Perlu daftar jadi SMO?

    Suka

  12. @Diah: Bu Diah, salam kenal
    Silahkan bergabung dengan SMO, bila memang serius ingin menjadi penulis sukses
    Untuk bergabung, klik http://www.sekolahmenulisonline.com/register.php

    Suka

  13. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian II) | Jonru on the Web

  14. Ping-balik: Kilas Balik: Dapur Buku Genap Berusia 1 Tahun (Bagian I) | Jonru Ginting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s