[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian IV-Selesai)


SMO Angkatan III

Saat tulisan ini dibuat, proses belajar SMO angkatan ke-3 masih berlangsung. Namun, pendaftaran angkatan IV sudah mulai dibuka lagi (Ayo buruan mendaftar! Hehehe….).

Pada SMO angkatan III ini, tidak ada perubahan besar. Namun tentu saja, tetap ada perbaikan-perbaikan yang dilakukan agar kualitas SMO ini semakin baik dari sebelumnya.

Berikut adalah beberapa perbaikan yang dilakukan:

  • Konferensi online yang semula masih bercampur antara kelas fiksi dan nonfiksi, kini dipisah. Masing-masing kelas memiliki jadwal konferensi online yang berbeda-beda.
  • Karena jumlah siswa cukup banyak (47 orang), alhamdulillah saya akhirnya sanggup (dari segi finansial) untuk mengajak penulis lain sebagai mentor, yakni O. Solihin. Dia menangani kelas nonfiksi, sedangkan saya kelas fiksi.

Pembangunan Script Otomatis

Perkembangan SMO yang luar biasa, ternyata masih menyisakan ketidakpuasan bagi saya selaku pendiri dan pengelola. Selama ini, sistem belajar di SMO masih sangat manual. Saya sering malu ketika ditanyai oleh teman-teman lain, “Bagaimana sih, sistem belajar di SMO itu? Apakah siswa nantinya bisa mendownload modul-modulnya lewat member area? Apakah setiap siswa diberikan username dan password khusus untuk masuk ke ruang kelas virtual?”

Dengan menahan rasa malu dan minder semaksimal mungkin, saya menjawab pertanyaan yang “sengit” seperti itu dengan tenang, “Semua proses belajar di SMO masih manual, kok. Belum ada member area, belum ada username dan password.”

Karena itulah, salah satu cita-cita terbesar saya di SMO adalah membuat sebuah sistem belajar yang otomatis. Saya ingin membangun script e-learning yang canggih, seperti AsianBrain.com barangkali 🙂

Tapi saya sadar, untuk membangun sistem yang canggih seperti itu, biayanya tidak sedikit. Padahal modal saya belum cukup untuk mendanai pembuatan script canggih seperti itu. Akhirnya saya menahan diri dulu.

Di luar dugaan, pertemuan dengan Kang Wawan – salah seorang sahabat saya di TDA – membawa berita yang sangat menggembirakan. Dia berkata bahwa saya sebenarnya bisa memanfaatkan script dari Moodle yang open source dan tentu saja gratis. Berita baiknya, Moodle ini ternyata sudah tersedia di webhosting saya. Jadi, saya bisa langsung menggunakannya dengan cara yang sangat mudah, yakni “one click install”.

Dulu, saya memang pernah coba-coba menginstal Moodle ini. Tapi waktu itu, saya berpikir bahwa ini adalah script yang sulit digunakan.

Tapi beberapa minggu lalu, iseng-iseng saya mencoba menginstal lagi, dan mengutak-atiknya di local server. Saya benar-benar kaget ketika menyadari bahwa ternyata Moodle in sangat mudah digunakan! Maka dengan penuh semangat, saya pun mulai lembur selama beberapa hari untuk menginstal dan mengutak-atiknya. Saya makin bersemangat ketika mengetahui bahwa sistem di Moodle ini sangat cocok untuk diterapkan di SMO.

Alhamdulillah, tanggal 3 Juli 2008 lalu secara resmi SMO mengumumkan kepada para siswa mengenai keberadaan Ruang Kelas SMO. Saya tak perlu mengeluarkan sepeser uang pun, selain waktu dan sedikit kerepotan selama beberapa hari.

Sistem belajar SMO angkatan III pun, yang semula masih manual, mulai sekarang sudah dimigrasikan ke sistem baru yang jauh lebih canggih tersebut. Insya Allah, sistem ini akan digunakan untuk SMO angkatan IV dan seterusnya.

Beasiswa SMO

Walau kita menerapkan tarif yang sangat murah, ternyata masih banyak juga rekan yang menganggap bahwa biaya belajar di SMO itu mahal. Karena itulah, kita akhirnya tergerak untuk memberikan beasiswa kepada 5 (lima) penulis potensial. Alhamdulillah, kegiatan ini membuat saya menemukan sebuah fakta yang tak terduga sebelumnya: Jumlah pendaftar beasiswa sangat banyak. Dari tulisan-tulisan mereka yang masuk (sebagai syarat pengajuan beasiswa), saya jadi tahu bahwa ternyata selama ini banyak sekali rekan yang tertarik untuk bergabung dengan SMO, tapi mereka belum sanggup dari segi keuangan. Saya benar-benar tak mengira, ternyata sambutan masyarakat terhadap SMO ini jauh lebih besar dari yang saya bayangkan!

Karena itulah, SMO akhirnya memutuskan untuk mengadakan program beasiswa ini secara rutin. Lagipula, dari segi binis ternyata hal ini sangat menguntungkan. Ya, sekilas memang terkesan “rugi” karena SMO “terpaksa” menerima pendaftaran 5 siswa secara gratis. Tapi hal yang mengejutkan: Pengumuman program beasiswa ini menggerakkan para blogger lain untuk membantu mempublikasikannya secara sukarela. Banyak orang yang memforward info beasiswa ini ke milis-milis, dimuat di banyak blog, dan sebagainya. Walhasil, situs SMO dan BelajarMenulis.com pun makin terkenal.

Kelas Khusus

Hingga SMO angkatan ke-2, materi belajar di SMO adalah hal-hal yang bersifat umum di dunia penulisan fiksi dan nonfiksi. Ini disebut Kelas Reguler. Sejak SMO III, kita mulai menyelenggarakan Kelas Khusus, yakni kelas yang mempelajari hal-hal khusus di dunia penulisan. Kelas Khusus yang pertama kali kita buka adalah Kelas Khusus “Menulis & Menerbitkan Buku bersama Arul Khan”. Lalu, sejak pertengahan Juli 2008, dibuka pula Kelas Khusus “Kiat Menulis bagi Pebisnis Online & Internet Marketer”. Direncakanan, SMO akan terus membuka berbagai jenis Kelas Khusus, agar kita dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda.

Rencana Jangka Panjang

Tentu saja, masih banyak rencana yang dipersiapkan untuk masa depan SMO. Intinya, kita berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para siswa dan kemajuan dunia penulisan Indonesia. Salah satu rencana terbesar adalah membangun Ruang Kelas SMO dengan sistem yang jauh lebih canggih dibandingkan yang sekarang.

NB:

  1. Ketika sedang sibuk-sibuknya membangun ruang kelas SMO, tiba-tiba (lagi-lagi secara spontan) saya kepikiran untuk membeli sebuah script autoresponder. Lalu script ini pun saya bangun. Jadi pada saat bersamaan, saya ketika itu membangun dua script sekaligus, Moodle dan Norabots. Karena itu, saya sangat capek karena harus lembur selama berhari-hari. Tapi alhamdulillah, kini hasilnya terlihat. Sistem otomatis membuat tugas-tugas kami di SMO menjadi lebih ringan.
    .
    Hasil pembuatan autoresponder bisa Anda lihat pada layanan Kursus Gratis ‘Pintar Menulis dalam 9 Minggu”. Layanan ini juga dipublikasikan di empat situs yang saya kelola, yakni PenulisLepas.com, BelajarMenulis.com, Jonru.net dan Jonru.Multiply.com (Anda bisa menemukan formulirnya di bagian kanan-atas setiap halaman).
    .
    Alhamdulillah, hasilnya sangat luar biasa! Belum sampai sebulan, jumlah pendaftar di newsletter ini sudah mencapai hampir 2 ribu orang!
    .
  2. Sejak 21 Juli 2008, satu hari sebelum ulang tahunnya, SMO telah ganti tagline menjadi “Cara Modern Menjadi Penulis Hebat!”

* * *

Di akhir tulisan ini, saya ingin mengutip ucapan saya yang dimuat di situs Media-Ide beberapa waktu lalu:

Saya ingin Sekolah-Menulis Online BelajarMenulis.com bisa lebih besar dan lebih populer dibanding www.writingclasses.com . Karena internet akan semakin berkembang, maka saya berharap 10 tahun lagi SMO ini Insya Allah akan menjadi media utama bagi semua penulis yang ingin belajar lewat internet.

Semoga mimpi besar ini akan segera terwujud. Amiin…

Hidup dunia penulisan Indonesia!

Cilangkap, 25 Juli 2008

Jonru

Artikel Sebelumnya:

[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian I)

[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian II)

[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian III)

Iklan

9 responses to “[Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian IV-Selesai)

  1. Ping-balik: [Kilas Balik] Sekolah-Menulis Online Genap Setahun (Bagian III) | Jonru on the Web

  2. Sudah pembahasan teknologi tingkat tinggi, kalau saya baru bisa HTML sedikit2, he he he.

    Terima kasih artikelnya pak, jadi tahu sedikit cara kerja autoresponder.

    Ternyata tanpa jadi orang kantoran bisa sukses juga ya Pak

    Suka

  3. sebuah pohon yang telah berbuah lebat, memang menarik semua orang untuk ikut memetik. si pohon tak peduli, apakah orang itu hanya iseng, benar-benar butuh, meminta, ataupun tidak. pohon itu akan selalu memberi. karena, hanya dengan cara itulah si pohon melangsungkan sirkulasi “pembuahan”nya.

    selamat buat mas jonru, anda (telah) layak menjadi pohon.

    jangan pernah mati pohon itu, jalarkanlah akar-akar baru menembus tanah. untuk kemudian tumbuh menjadi pohon baru dipermukaan tanah yang lain.

    taburi dunia ini dengan “buah” itu.

    jazakallah,
    salwangga

    Suka

  4. Sebuah perjuangan yang berbuah manis. Sukses buat Bang Jonru dan SMO-nya.

    Salam,
    lita

    Suka

  5. smoga mimmpi hari ini jadi kenyataan
    tetap semangat bang

    Suka

  6. Semangat dan perjuangan Bang Jonru menjadi inspirasi buat saya. Selamat Bang.

    Suka

  7. Tidak menyangka, awal pendirian Sekolah Menulis Online yang tadinya proyek coba-coba plus kepepet, jadi diminati banyak orang, termasuk saya juga nih.
    Semoga, SMO bisa terus membenahi diri dan bisa melahirkan penulis-penulis baru yang cemerlang.
    Maju Terus Bang Jonru!

    Suka

  8. Sebuah perjuangan yang berbuah manis. Sukses buat Bang Jonru dan SMO-nya.

    Suka

  9. Semangat dan perjuangan Bang Jonru menjadi inspirasi buat saya. Selamat Bang.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s