Impian Besarku: Meng-EDAN-kan Penulis!


Tanggal 20 September 2008 lalu, untuk pertama kalinya PenulisLepas.com berhasil mengadakan kegiatan “Pelatihan Cara E.D.A.N. Menjadi Penulis Hebat”. Alhamdulillah, acara ini boleh terbilang SANGAT SUKSES. Jumlah peserta memang hanya 32 orang (wajar juga karena suasana puasa). Namun banyak rekan penulis – baik dari Jakarta maupun luar kota dan luar negeri – yang menyatakan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, tapi apa daya letak geografis menjadi kendala.

Sebenarnya, tingginya minat para penulis untuk mengikuti kegiatan ini sudah saya perkirakan sejak lama. Sebab:

  1. Beberapa bulan lalu, PenulisLepas.com pernah mengadakan polling dengan tema, “Apakah Anda sudah merasa percaya diri sebagai penulis?”. Sekitar 36 persen peserta menyatakan “Saya belum percaya diri.”
  2. Di berbagai komunitas penulisan, salah satu ungkapan yang paling sering saya dengar dari para penulis pemula adalah, “Saya sudah punya tulisan, tapi saya tidak berani menunjukkannya pada orang lain. Saya merasa tulisan saya masih sangat jelek.”
  3. Selama ini, sudah begitu banyak lembaga yang mengadakan pelatihan penulisan. Namun semuanya masih berkutat seputar hard skill alias teori dan kiat penulisan semata; bagaimana kiat menulis cerpen, bagaimana menulis buku yang best seller, bagaimana menjadi penulis yang kaya raya, bagaimana cara menulis skenario sinetron, dan sebagainya dan sebagainya. Belum ada satu pelatihan pun yang membahas soft skill, yaitu – antara lain – bagaimana caranya agar para penulis memiliki self confidence yang kuat. Rasa percaya diri sebenarnya merupakan SALAH SATU KUNCI SUKSES di bidang apa saja, termasuk bidang penulisan. Sementara fakta menunjukkan bahwa hampir separuh penulis justru masih memiliki masalah yang besar di bidang yang satu ini.

Tanggal 23 Juni 2007 – seperti yang sudah sering saya ceritakan – saya mengikuti Workshop E.D.A.N atas undangan Pak Ikhwan Sopa. Subhanallah, saya merasa bahwa workshop ini telah berhasil melejitkan rasa percaya diri saya secara luar biasa. Workshop ini pulalah yang akhirnya membuat saya percaya diri untuk mendirikan Sekolah-Menulis Online.

Pengalaman luar biasa pada Workshop E.D.A.N. plus tiga fakta di atas, mendorong saya untuk memiliki sebuah keinginan: Meng-EDAN-kan para penulis! Saya ingin agar semua penulis memiliki rasa percaya diri yang tinggi, seperti yang telah saya rasakan. Konkritnya: Saya ingin berkolaborasi dengan Pak Ikhwan Sopa untuk menyelenggarakan “Workshop E.D.A.N untuk Penulis”. Selama ini, Workshop E.D.A.N. memang masih bersifat umum, ditujukan bagi siapa saja. Saya ingin menawarkan sesuatu yang unik, “Bagaimana kalau diselenggarakan sebuah Workshop E.D.A.N yang ditujukan bagi kalangan tertentu?” Karena saya penulis, maka ide yang muncul adalah “Workshop E.D.A.N untuk Penulis” tadi.

Ide ini sudah lama bertengger di kepala saya, menjadi sebuah mimpi besar yang ingin segera terwujud jadi nyata. Tapi saya memang seringkali cemerlang dalam hal ide, tapi sangat lemah dalam implementasi. Inilah yang terjadi pada mimpi besar saya tersebut. Sudah berbulan-bulan, bahkan setahun lebih, ide tersebut bertengger di pikiran saya, tapi belum terlaksana juga.

Alhamdulillah, Allah Maha Adil. DIA mempertemukan saya dengan seorang sahabat. Kami tidak hanya cocok berteman, tapi juga bisa saling bersinergi dalam berbisnis. Epri Abdurrahman, demikian nama sahabat tersebut, yang mungkin sudah Anda kenal dengan baik. Sekitar sebulan sebelum Ramadhan, secara tak terduga dia mengajak saya untuk mengadakan sebuah pelatihan di bulan Ramadhan – “Sekalian buka puasa bersama,” katanya. Inti acara ini sama persis dengan mimpi besar saya tadi, yakni “Workshop E.D.A.N untuk Penulis”. Bahkan, Mas Epri mengatakan bahwa sebelumnya dia sudah melakukan kesepakatan khusus dengan Pak Ikhwan Sopa. Intinya, acara ini Insya Allah akan dapat terselenggara dalam waktu dekat. Ketika kita mencoba mencari jadwal yang ideal, akhirnya tanggal yang terpilih adalah 20 September 2008.

Setelah berembug beberapa menit, kita sepakat bahwa acara ini akan diberi label “Pelatihan Dahsyat Cara E.D.A.N. Menjadi Penulis Hebat!”

Kenapa Pelatihan Dahsyat? Karena kegiatan seperti ini boleh dibilang baru pertama kali diadakan, khususnya di Indonesia. Seperti yang saya ceritakan di atas, selama ini kegiatan pelatihan penulisan hanya membahas hard skill seperti kiat dan teori penulisan. Padahal, menurut para ahli, soft skill-lah yang menjadi penentu utama kesuksesan seseorang.

Anda boleh sangat jago menulis. Bakat Anda sangat luar biasa. Tapi semua itu tak akan ada artinya bila Anda tidak percaya diri untuk mengirm naskah ke media, atau bila Anda malas-malasan dalam menulis, atau tidak pandai menjalin hubungan baik dengan media massa, dan seterusnya. Saya percaya bahwa rasa percaya diri – salah satu soft skill yang PALING PENTING – merupakan salah satu penentu utama apakah nanti Anda akan bisa menjadi PENULIS HEBAT atau tidak. Dalam konteks inilah, kita akhirnya memberi label “Pelatihan Dahsyat Cara E.D.A.N. Menjadi Penulis Hebat!” bagi acara tersebut.

Alhamdulillah, setelah acara ini berlangsung, saya merasa bahwa mimpi besar saya mulai terwujud. Apalagi setelah melihat sendiri sambutan teman-teman penulis yang sangat luar biasa, kita sepakat untuk tidak berhenti sampai di sini. Di Hari H, sebelum acara berlangsung saya sempat ngobrol dengan Pak Ikhwan Sopa. Saya menyampaikan tawaran yang sudah lama bertengger di pikiran saya tersebut. Alhamdulillah, dia menyambut tawaran ini dengan sangat baik. Intinya, kita sepakat untuk mengadakan kegiatan ini secara rutin dan terjadwal.

Jadi bagi teman-teman penulis yang merasa belum percaya diri, masih minder, merasa belum layak sebagai penulis, tunggulah kehadiran kami di kota Anda. Mohon doanya agar agenda besar “Pelatihan Dahsyat Cara E.D.A.N. Menjadi Penulis Hebat!” akan dapat kami selenggarakan secara rutin, berlangsung dari satu kota ke kota lain, agar semua penulis DI MANA SAJA bisa menikmati bagaimana rasanya menjadi PENULIS HEBAT dengan KEPERCAYAAN DIRI yang tinggi!

Wassalam,

Jonru

22 September 2008
(Pagi hari di Purwokerto)

NB:

1. Bagi teman-teman yang berminat menjadi panitia lokal untuk pelatihan ini di kota Anda, silahkan hubungi saya, ya….

2. Berikut saya kutip testimonial Mayang, salah seorang peserta pelatihan tersebut.

Bila ingin mumpuni “menulis” tak ada cara lain kecuali harus banyak latihan, latihan dan latihan. Begitulah paling tidak yang bisa saya simpulkan dari Pelatihan EDAN Menjadi Penulis HEBAT kemaren. Pelatihan yang saya ikuti dengan motivasi yang tidak terlalu kuat (hampir-hampir digantikan oleh suami saya) ternyata mampu mengusik semangat saya untuk kembali menulis. Ada azzam yang ingin saya buktikan pada diri sendiri bahwa saya harus menulis setiap hari—apa pun itu! Kenapa pelatihan singkat mas Jonru itu mampu membuat saya (dan mungkin juga peserta pelatihan lainnya) mau menulis lagi? Saya kira jawabannya karena saya merasa nyaman dan nikmat ketika disuruh untuk menulis di akhir pelatihan itu. Suatu kondisi yang sudah lama (bahkan belum pernah) saya rasakan ketika menulis. Tips-tips sederhana dan mendasar tapi hasilnya benar-benar luar biasa saya rasakan!

Ketika saya benar-benar terbebas dari beban apa pun untuk menumpahkan ide-ide di kepala saya ke dalam bentuk tulisan. Menulis lepas dan bebas! Bebas dari semua aturan-aturan bahasa,kaidah-kaidah penulisan,teori-teori menulis yang semua itu disebut mas Jonru hanya berupa konvensi-konvensi. Itulah yang kemudian mampu mengeluarkan diri saya dari “penjara” yang saya ciptakan sendiri!

Subhanallah…kemaren itu di metro mini yang saya tumpangi sepulang pelatihan itu diam-diam ada sebait doa menyeruak dari ruang hati saya, kalau memang pelatihan ini adalah jalan pembuka bagi saya untuk menekuni kembali hobi yang hampir-hampir terkubur ini, semoga Allah mudahkan jalannya, dibukakan pintu-pintu kemudahan untuk saya menggelutinya di tengah hiruk-pikuk tugas saya sebagai istri dan ibu dari lima putra-putri (yang masih sangat tergantung pada saya dalam segala hal). Dan

Alhamdulillah hari ini saya sudah memulainya! Benar-benar memulainya! Tanpa beban, tanpa tekanan. Tiada hari tanpa membaca dan menulis, begitu kira-kira obsesi saya. Ini memang tidak mudah. Ini memang tidak gampang bagi saya dalam kondisi sekarang ini. Tapi kalau saya tidak memulainya sekarang bagaimana mungkin saya tahu hasilnya? Apa lagi jika saya langsung bilang tidak bisa bukan? Jika saya sukses membuktikan niat baik ini, mudah-mudahan akan muncul darinya kebaikan-kebaikan yang lain.Semoga! Thanks God! Thanks Jonru!

21 September
2008
Jagakarsa.

Salam sukses!

Jonru

Iklan

14 responses to “Impian Besarku: Meng-EDAN-kan Penulis!

  1. wah selamat ya Bang Jonru….
    sayang saya tidak bisa ikut acara tersebut.
    berharap bisa ikut untuk acara berikutnya.
    tolong saya dihubungi ya

    Suka

  2. Sukses buat Bang Jonru!
    Kapan acara serupa diadakan lagi? Sayang kemarin itu saya tidak bisa ikut. Mudah-mudahan masih ada kesempatan lain waktu

    Suka

  3. Alhamdulillah…akhirnya semua berjalan lancar ya pak…? tapi sayang saya belum bisa ikut workshop itu, padahal pengin banget. mungkin karena keterbatasan waktu saya yang bergerak di bidang entertaint yang masih terikat oleh instansi atau mungkin soal dana yang cukup besar bagi saya walaupun bisa dibilang jumlah itu cukup relatif sebagai batu loncatan masa depan. saya berharap akan ada workshop seperti itu lagi di Jakarta atau mungkin Bekasi yang lebih dekat dengan lokasi saya, karena saya sangat membutuhkan pelatihan akan kepercayaan diri itu pak. saya ini pemalu dan kurang PD makanya seharusnya saya ikut tapi mugkin belum saja. Saya tunggu kabar selanjutnya ya pak tentang pelatihan ini. Thanks and Good Luck Forever for BM.

    Suka

  4. Assalamu’alaikum. Wah sepertinya hebat sekali acaranya. Datang ke Surabaya dong Om. Workshopnya di Unair saja hehe :)…. Saya pasti ikut

    Suka

  5. Bukan main edannya mas Jonru dan rekannya yang lebih mengEDANkan, mas Ichwan Sopa.

    Jadi semua itu sebaiknya dilakukan tanpa beban sehingga kekhusukan eh keseriusan bisa tercapai dengan cepat dan hasil yang baik dapat diraih segera.

    Ayo beri terus kita semangat untuk berkarya, untuk menulis dan menulis.

    Suka

  6. Wah penulis EDAN yak??

    Suka

  7. kapan ya saya bisa kaya mas Jonru..

    Suka

  8. assalamualaikum
    bang jonru..pelatihannya mau diadakan di solo juga ngga ya? 😀

    tambah sukses buat bang jonru 🙂

    Suka

  9. Bang Jonru, jika ada pelatihan di Semarang (dan sekitarnya Jogja, Solo )
    saya berharap bisa ikut …tolong saya dihubungi ya. Tk.

    Suka

  10. Ping-balik: UKM Goes Online To Internet Marketing indonesia | Internet Marketing Indonesia | Sugicloud

  11. memang salah satu “penyakit” orang sukses itu adalah gila (baca: EDAN), hmmm…saya jadi greget pengen jadi EDAN. Saya juga terobsesi oleh obsesi saudara (Tiada hari tanpa membaca dan menulis), gimana caranya ya (maksudnya bisa istiqomah gitu)?

    Suka

  12. UKM Goes On Line

    Thema :
    Mengoptimalkan Blog Sebagai Mesin Pencari Uang Untuk UKM
    Berikut Tips dan Triksnya Serta Bagaimana Memanfaatkan Media

    Materi Workshop :
    • Paparan tentang beberapa alasan untuk Berbisnis On-line
    • Faktor Kegagalan berbisnis On-line
    • Ide Bisnis On-line
    • Riset  : Strategi penjualan pesaing,  Produk Pesaing & Kelemaham Pesaing
    • UKM Goes Online & Etalase On-line berikut Trik & Tips Bermarketing secara on-line
    • Produk Bisnis On-line : Produk PTC ( pay to click ), Affiliates, Produk Pay Per Sale, Produk Jasa, Produk Portal
    • Bagaimana Menghasilkan Traffic atau Kunjungan terhadap BLOG (SEO)
    TRAFFIC + PRODUK = UANG
    • Keterampilan (Kemampuan Teknis) untuk berbisnis On-line : Web/BLOG, SEO, Iklan & Melayani Konsumen
    • Praktek Membuat BLOG : Blogspot & WordPress

    Pemateri :
    Agus Setiyawan
    Pembicara – Pelaku – Pengamat Internet Marketing
    http://piranhamas.wordpress.com (Income JUTAAN – Modal GRATISAN)
    HP. 081 333 841183 Simpati, 0341 5455330 Flexi, 0817 537894 XL

    Suka

  13. Assalamualaikum,wr,wb

    wah saya tertarik ingin belajar lebih dalam, dan mengembangkan tulisan-tulisanq selama ini….

    bolehkah ????

    kapan nie maw ke kudus,Jawa Tengah?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s