Pucuk Dicinta, Internet Unlimited Tiba!


Sebelumnya, saya ingin kembali mengucapkan maaf lahir bathin, selamat idul fitri 1429 H buat teman-teman semua.

Mulai Oktober 2008 ini, saya merasa gembira karena ada yang baru pada akses internet di rumah. Seperti yang pernah saya ceritakan, sejak Maret 2008 lalu saya berlangganan Indosat 3,5 G yang super cepat, tapi lumayan mahal. Memang, hanya Rp 350.000 perbulan dengan kuota 1,5 GB. Masalahnya, pemakaian perbulan sering jebol sehingga harga yang harus saya bayar sangat melambung tinggi.

Tagihan tertinggi yang pernah saya bayar adalah RP 955.424,- perbulan, terjadi pada Agustus 2008 lalu. Hm, mahal banget kan?

Ingin pindah ke lain provider, tapi apa daya saya sudah terlanjur teken kontrak 18 bulan. Bila berhenti, pasti kena penalti. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, saya harus tetap setia pada akses internet Indosat 3,5 G yang sangat mahal tersebut.

Rasa jengkel dan sesal pun muncul ketika saya membaca layanan baru Indosat 3,5 G yang menawarkan paket unlimited. Bagi saya yang sudah terlanjur berlangganan paket limited, sepertinya tidak bisa pindah ke layanan unlimited yang pasti lebih menguntungkan. Coba bandingkan saja:

  • Layanan limited:
    Bandwidth yang saya habiskan selama Agustus 2008 = 2,7 GB
    Tagihan= Rp 955.424,-
  • Layanan unlimited:
    Bandwidht perbulan = 3 GB
    Tagihan = Rp 400.000,-

Hm…. terasa banget kan, bedanya?

Seorang teman yang bekerja di sebuah ISP menyarankan, “Coba kamu hubungi pihak Indosat. Mereka harusnya mengizinkan bila kamu hendak pindah dari pake limited ke unlimited.”

Oke, saya pun berencana mengikuti sarannya ini. Namun sebelum terlaksana, tiba-tiba tanggal 21 September 2008 lalu sebuah email dari Indosat membuat saya bersorak kegirangan:

Subject: Fitur 3G Unlimited (IM2 Prime Unlimited)

Bapak/Ibu pelanggan IndosatM2 yang terhormat,

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu yang telah menggunakan jasa IM2 Broadband Internet sebagai pilihan layanan untuk mengakses Internet.

Sesuai komitmen kami untuk senantiasa memberikan kenyamanan, serta keleluasaan layanan bagi Bapak/Ibu pelanggan setia IM2, dengan bangga kami sampaikan bahwa terhitung tanggal 1 Oktober 2007 Bapak/Ibu dapat menikmati layanan terbaru kami, yakni Fitur 3G Unlimited (IM2 Prime Unlimited).

Fitur IM2 Prime Unlimited tersedia khusus bagi pengguna layanan Internet Broadband 3,5G pasca bayar (IM2 Prime), yang menginginkan koneksi internet tanpa batas, tanpa biaya tambahan.

Aktivasi Fitur

Aktivasi fitur IM2 Prime Unlimited dapat dilakukan melalui website www.indosatm2.com, dengan langkah – langkah sebagai berikut:

Pada menú IM2 account, silahkan pilih type layanan 3,5G Customer,

Masukan username dan password koneksi.

Pilih menú “change feature”,

Pada menú “next feature”, klik pada fitur Unlimited

Submit permintaan tersebut

Fitur pilihan Bapak/Ibu akan aktif di bulan berikutnya.

Dengan mengaktifkan fitur Unlimited, koneksi Internet dapat terus digunakan dengan nyaman, walaupun kuota layanan telah habis. Perlu kami informasikan bahwa kecepatan yang akan Bapak/Ibu dapatkan sebelum dan setelah kuota terpakai akan berbeda, sesuai pada tabel berikut:

No

Fitur

Kuota

Kecepatan

Akses Up to

(hingga

kuota habis)

Kecepatan

Akses Up to

(setelah

kuota habis)

Tarif

1

ECO! Unlimited

2 GB

384 Kbps*

64 Kbps*

Sesuai tarif ECO

2

YOU! Unlimited

3 GB

1.5 Mbps*

64 Kbps*

Sesuai tarif YOU

3

PRO! Unlimited

3.5 GB

3.6 Mbps*

128 Kbps*

Sesuai tarif PRO

4

MAX! Unlimited

5.5 GB

3.6 Mbps*

128 Kbps*

Sesuai tarif MAX

* Dengan mekanisme sharing bandwidth, kecepatan koneksi akan bergantung pada kondisi jaringan saat koneksi tersebut dilakukan

Sebagai ilustrasi:

Apabila Bapak/Ibu mengaktifkan fitur Paket YOU! Unlimited, maka kualitas koneksi yang akan Bapak/Ibu dapatkan adalah kecepatan hingga 1,5 Mbps. Selanjutnya, pada saat kuota layanan sebesar 3GB telah habis digunakan, akan tampil notifikasi pada monitor Bapak/Ibu. Untuk dapat melanjutkan koneksi kembali hingga tanpa batasan kuota (unlimited), Bapak/Ibu dapat memutuskan koneksi terlebih dahulu (disconnect), untuk kemudian melakukan koneksi kembali. Saat koneksi telah tersambung kembali, Bapak/Ibu akan mengalami penurunan kecepatan akses, yakni garansi kecepatan koneksi hingga 64 Kbps. Kecepatan koneksi hingga 1,5 Mbps secara otomatis akan Bapak/Ibu dapatkan kembali pada tanggal 1 di bulan berikutnya.

Sebagai informasi tambahan bahwa untuk saat ini fitur IM2 Prime Unlimited hanya tersedia bagi pelanggan yang telah aktif. Untuk pelanggan baru / registrasi baru, kenyaman fitur IM2 Prime Unlimited baru dapat diaktifkan bulan berikutnya.

Selamat menikmati kenyamanan layanan melalui IM2 Broadband Internet.

Salam hormat,

Manager Customer Service

Alhamdulillah…

Wah senangnya! Saya pun segera mengaktifkan layanan unlimited tersebut. Paket yang selama ini saya pakai adalah YOU (lihat teks yang diberi warna merah pada tabel di atas) dengan tarif Rp 350.000 perbulan (plus pajak).

Jadi, mulai Oktober 2008 ini, saya sudah dapat menikmati akses internet 3,5G unlimited dari Indosat. Bayarnya hanya Rp 350.000 perbulan (plus pajak) dengan kuota 3GB (*). Bila pemakaian sudah melebihi 3GB, tetap bisa pakai tapi kecepatan akses akan berkurang.

Berdasarkan pengalaman selama ini, pemakaian internet saya sebulan belum pernah mencapai 3GB. Catatan pemakaian bandwidth tertinggi adalah 2,7 GB seperti yang saya ceritakan di atas. Jadi bila tidak ada perubahan pola pemakaian internet, Insya Allah jatah 3 GB ini SANGAT CUKUP.

Jadi mulai sekarang, Insya Allah tagihan internet bulanan saya bisa lebih irit dan jumlahnya tetap perbulan. Alhamdulillah….

Cilangkap, 6 Oktober 2008

Jonru

Catatan:
(*) Karena ada kuota, menurut saya layanan seperti ini sebenarnya lebih cocok disebut “unlimited dengan catatan”. Jatah pemakaian bandwidth perbulan memang tak terbatas. Tapi bila pemakaian sudah mencapai 3 GB (untuk paket YOU), maka kecepatan akses akan berkurang, mungkin menjadi lambat seperti akses GPRS.

Iklan

6 responses to “Pucuk Dicinta, Internet Unlimited Tiba!

  1. Mas Jonru, Thanks atas sharingnya. Wah..bagus tuh, pengen daftar juga ah ke Indosat M2

    Suka

  2. Halo Mas….Iya sepatutnya kita semua bersyukur atas perkembangan teknologi yang menguntungkan dan mengutamakan pelayanan untuk kemakmuran manusia

    Suka

  3. Mas Jonru, meski saya hanya sementara di Jakarta, karena harus balik lagi ke London, saya memilih Netzap.com dengan diskon 50 persen jadi perbulan sekitar 160 ribuan dengan 1,1 Mb dan unlimited access. Cuma zona nya masih terbatas di Jakarta. Semoga bermanfaat

    Suka

  4. Lebih enak pake, Indosat Matrixnya mas Jonru, paket langganannya sama dengan IM2, yang eco cuma 100 Rb per bulan.
    Malah bulan kemarin saya cuma ditagih Rp. 925 untuk internet nonstop.

    Suka

  5. Iya, mas… saya juga pengguna baru indosat matrix.. tapi saya pake yang eco 100.000 per bulan… sama2 unlimited lho, mas… tapi speednya aja yang beda. (hehe… maklum deh, sesuai kantong mahasiswa)

    Suka

  6. jadi berpikir untuk pindah dari spidi..trims infonya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s