Alasan Terbaru Kenapa Kita Tidak Layak Percaya pada Ramalan


the secretDalam setahun belakangan ini, saya banyak belajar tentang Hukum Ketertarikan (The Law of Attraction), antara lain dari buku “The Secret” dan “Quantum Ikhlas”.

Salah satu hal yang saya pelajari – dan sangat saya yakini – dari kedua buku tersebut adalah mengenai kekuatan pikiran kita yang sangat luar biasa. “Kita akan mendapatkan apa yang kita fokuskan, bukan yang kita inginkan.”

Sebagai contoh, Si A bercita-cita menjadi dokter. Dia ingin sekali menjadi dokter. Tapi dia ragu. Dia takut gagal. Sepanjang hidupnya, dia dihantui oleh rasa takut mengenai penderitaan yang akan dia hadapi seandainya dia gagal menjadi dokter.

Dalam kondisi seperti ini, Si A sebenarnya sedang fokus pada kegagalan. Cita-citanya menjadi dokter, tapi dia justru fokus pada kegagalan menjadi dokter. Maka hasilnya, dia akan benar-benar gagal menjadi dokter.

Karena itulah, salah satu kiat sukses yang harus kita praktekkan:
Kita harus selalu berpikir dan bersikap positif. Bila si A memang serius ingin menjadi dokter, maka dia harus fokus pada pikiran bahwa dia akan bisa menjadi seorang dokter yang sukses. Maka insya Allah, sikap seperti ini – plus kerja keras dan tak kenal menyerah – suatu saat nanti bisa membawa si A menjadi seorang dokter sukses.

APA HUBUNGAN HAL INI DENGAN DUNIA PARANORMAL, RAMALAN, DST?

Begini:

Selama ini, masih banyak di antara kita yang percaya pada ramalan. Padahal ramalan adalah sesuatu yang SANGAT TIDAK MASUK AKAL.

Tidak ada satu makhluk pun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bahkan kejadian apa yang akan terjadi SATU DETIK mendatang pun, tak ada satu makhluk pun yang mengetahuinya.

Hanya Tuhan yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu 🙂

“Tapi kenapa banyak ramalan paranormal atau ‘orang pintar’ yang terbukti benar?” Mungkin demikian Anda bertanya.

quantum ikhlasBegini penjelasannya:

Di atas, kita sudah mengetahui bahwa salah satu hukum pada “Law of Attraction” adalah “Kita akan mendapatkan apa yang kita fokuskan, bukan yang kita inginkan.”

Sekarang, kita beri contoh begini:
Ada seorang peramal yang mengatakan pada si A, “Hari ini bukan hari yang baik bagi Anda. Hari ini adalah hari sial Anda.”

Si A mungkin tidak percaya pada ucapan si paranormal ini, karena ucapan itu membuatnya jengkel dan emosi. “Masa sih, hari ini hari sial bagi saya?”

Tapi walau tidak percaya, pikiran si A ternyata sudah dihantui oleh ucapan si paranormal. Si A pun jadi gelisah. “Bagaimana kalau hari ini aku sial beneran? Duh, gawat nih! Pokoknya aku tak boleh sial hari ini. Jangan sampai aku sial hari ini! Jangan sampai!”

Tanpa sadar, si A sudah fokus pada kesialan. Maka, sesuai hukum “Law of Attraction”, si A pun akhirnya tertimpa sial. Hari itu memang benar-benar menjadi hari yang sial bagi si A.

“Hm, berarti ramalan si paranormal tadi benar dong?”

SALAH!

Kesialan si A sama sekali tidak membuktikan bahwa si paranormal itu benar. Kesialan si A hanya semata-mata karena hari itu dia sedang berfokus pada kesialan. Titik!

(Dalam bahasa yang lebih umum, kesialan si A hanya dikarenakan hari itu dia TERSUGESTI oleh bayang-bayang kesialan. Silahkan baca pengaruh SUGESTI dalam hidup kita. Klik di sini)

* * *

Jadi saudara-saudara sekalian! Jangan heran bila kita sering menyaksikan begitu banyak ramalan paranormal yang “terbukti benar”.

Mulai sekarang, kita tak perlu heran lagi. Kini kita tahu apa penyebab yang sebenarnya. Dan kini, kita punya alasan yang lebih banyak untuk tidak percaya pada ramalan!

Masih Percaya Ramalan? Kuno Ah!

Lagipula, bukankah percaya pada ramalan itu hukumnya syirik? Dosa terbesar tahu!

NB: Termasuk dalam dunia ramalan dan kesyirikan: Zodiac, Feng Shui, Shio, Primbon, Angka Sial, Angka Keberuntungan, dan sebagainya. Mama Laurent, Ki Joko Bodo dan teman-temannya 🙂

Semoga bermanfaat!

Jonru

LINK TERKAIT:

Iklan

27 responses to “Alasan Terbaru Kenapa Kita Tidak Layak Percaya pada Ramalan

  1. saya pernah mendengar, siapapun yang datang kepada dukun (baca: peramal)dan mempercayai perkataannya, maka sholatnya tidak akan diterima selama 40 hari.
    Bagaimana pendapat anda?

    Suka

  2. masade: yang anda tulis itu bukan pendapat, tapi dalil agama. Karena dalil agama, tentu kita harus mempercayainya, tak perlu memberikan pendapat 🙂

    Suka

  3. dan perlu dicatat mas, saya pernah baca artikel di koran (maaf tgl dan tahun saya lupa) Konon melalui peramal suatu negara bisa dihancurkan oleh negara lain (salah satunya Indonesia era Bung Karno) dan sekarang jg mrk mencoba kembali dgn selalu mengeluarkan isu PEMILU berakhir rusuh (setiap tahun loh mereka sperti itu…). dan masih banyak lagi propaganda2 dalam bentuk2 lainnya yang menginginkan kehancuran bangsa ini. Salam Perdamaian dan Cerdaskanlah Bangsa ini..
    salam kenal

    Suka

  4. Saya udah baca the secret-nya, tapi baru sekarang saya tahu inti sarinya. Dari kata-kata oom ini : “Kita akan mendapatkan apa yang kita fokuskan, bukan yang kita inginkan.”

    Suka

  5. Gak usah percy gitu2-an deh. udah jls2 itu musrik. yo’i gak? gini bos, klo kita percaya ama ramalan, idup kita akan hancur. kan itu termasuk tanda2 hari kiamat. and, klo’ misalnya ada sebuah ramalan yang bilang bahwa kita bakal dapet bencana, nah, pasti kita akan mikir, “bencana apa ya?” secara tidak langsung, anda telah menerima jika anda mendapat bencana…
    maka dari itu..bro, kita cukup berdo’a sama Allah, supaya hidup kita sejahtera…gak usah percaya ama ramalan…

    Suka

  6. Mampir mapir eh masuk sini
    Duh duh ane bingung nih mo ngomong apa ya bang, maju terus blogger Indonesia

    Suka

  7. Ki J*k* Bodo? weleh-weleeh namanya aja udah gitu…
    tapi kalo ki Joko Pinter ada gak ya… siapa tuuh 😉
    Sama aja yg namanya ramalan gak usah dibuat berlebihan/percaya deh…

    just be me

    Suka

  8. Yang menyedihkan kita adalah sampai detik ini praktek perdukunan semakin menggila di republik ini. Coba saja lihat iklan-iklan perdukunan di TV kita.
    Yang aneh adalah acara-acara semacam edutainment masih menjadikan para dukun (istilah keren sekarang: paranornal. supra natural, mentalist, dll) sebagai sumber rujukan.
    So, gimana ini bang Jon?

    Suka

  9. benar bahwa tidak seorang pun yang dpt meramalkan masa depan kita, karena semua sudah tertulis dalam “lauhul mahfuz”. segala sesuatunya masih bersifat ghoib, maka berprasangka baiklah kepada Allah. Jika ingin maju, maka berpikirlah positif.

    Suka

  10. saya setuju sekali dengan mas jonru. Saya juga sudah menonton DVD nya The Secret..sangat hebat. Dan bangsa kita memang bangsa yang masih kental dengan budaya mistis dan ramalan2nya.Semoga bangsa ini bisa menjadi bangsa yang berpikir positif, mensugesti hal yang baik, serta fokus kepada hal yang baik. Toh, hidup adalah tentang apa yang kita fokuskan kan???

    http://faridlennon.blogspot.com

    Suka

  11. yang jelas bisa dijelaskan dengan teori dan penelitian ilmiah, psikologi transpersonal

    btw, yang ada di The Secret itu menurut saya bukan rahasia
    why?
    karena ajarannya sudah ada di Quran and dicontohkan Rasul saw
    sperti berbaik sangka, bersyukur, dsb
    saya juga pernah posting di blog saya yang dulu mengenai buku itu,
    kalo quantum ikhlasnya belum selesai baca, coz biasanya buku gituan mirip antara satu dengan yang lain
    so boring…

    salam kenal
    oh, ya blog saya yang dulu http://dafitawon.wordpress.com

    Suka

  12. Assalamu Alaikum, salam hormat dan salam kenal Pak Jonru. Pada semua pengunjung setia web ini, salam kenal juga. Saya sebetulnya adalah pengunjung setia web Pak Jonru ini. Tapi saya lebih banyak membaca daripada berkomentar disini. Entah kenapa, setiap selesai membaca artikel satu maka secepatnya membaca artikel yang lain, termasuk komentar komentarnya. Terus terang, tulisan tulisan Pak Jonru membuat saya selalu mendidih untuk segera menulis. Saya saat ini juga mulai mencoba menulis. Pak Jonru telah menjadi guru bagi saya melalui motivasi motivasinya.

    Ada yang mau saya tanyakan sama Pak Jonru. Begini, saya suka sekali membaca tulisan orang lain di weblog masing masing. Kebanyakan dari mereka -motivator mativator itu- menyediakan widget untuk berlangganan update artikel terbaru, seperti Feedburner dan lain lain. Tapi di weblog Pak Jonru ini, saya tidak menemukan widget itu. Padahal saya tidak mau ketinggalan tulisan terbaru yang di posting. Mungkin, teman teman yang lain juga merasakan ini.

    Terima kasih sekali Pak Jonru atas semua tulisan tulsiannya yang sangat luar biasa membakar. Buku MBIG sudah saya lahap habis. Kalo ada ada buku terbaru yang lain, saya tunggu Pak.

    Semoga Allah SWT senantiasa membalas segala kerja kerja Bapak dengan pahala yang berlimpah dan menjadi amal jariyah yang tak terputus, Amiiiin.

    Suka

  13. Pagi Mas Jonru..
    Salam kenal…Nama Saya Handoko.
    Memang kita harus menyikapi secara positif mengenai sebuar ramalan tentang diri kita. Jika kita terlalu percaya bahwa ramalan itu akan terjadi baik atau buruk pada kita tentu hal ini akan melemahkan mental dan jiwa kita jika ramalan tersebut sesuatu yang tidak kita inginkan. Menurut saya, kita lah penentu ramalan itu, langkah kita yang menentukan apa yang akan terjadi pada diri kita kelak di masa depan. “If you think positif, You will be positif”.

    Bukan begitu Mas..?

    Salam,

    Handoko Tantra

    Suka

  14. sip bos mank seharusnya begitu karena klo kita percaya ma ramalan maka kita akan menjadi manusia yang g kan pernah percaya kepada diri dan kemampuan sendiri
    salam kesuksesan

    Suka

  15. Fengshui itu bertujuan menyelaraskan hidup dgn alam. Berpikir negatif untuk mendapatkan positifnya.Segala keburukan yang bisa menjadikan kebaikan adalah baik. Tak ada nasehat yang benar dan salah.

    Suka

  16. yang jelas nggak usah lah ,lihat itu koran-koran yang isinya ZODIAK,HOROSCOPE
    karena walaupun baik ramalannya,bagi umat Islam itu pembodohan

    oke sippp

    Suka

  17. The section of your writing is amazing. People, which buy the essays for sale from research paper writing service should read through your cool data. With that usefull knowledge that would be easier to get a success.

    Suka

  18. semua tergantung pada diri kita sendiri. percaya atau tidak percaya yang penting tak ada pertengkaran 😀

    Suka

  19. Benar mas, waktu masih sekolah di MI dulu, guru saya juga sering ngomong kalo Allah itu mengabulkan prasangka hambanya, jadi tergantung apa yang kita sangkakan terhadap Allah swt (..atau terhadap pikiran kita sebagai ciptaan Allah). Maka dari itu mari kita saling support dan dukung untuk senantiasa berpikir postitif.. dan fokus pada hal baik untuk diri kita…

    Suka

  20. kalau si peramal meramalkan bencana alam nah terus bener kejadian ,, gimana tuh mas penjelasannya ? Bencana alam kan bukan masalah sugesti 🙂

    Suka

  21. Topik yg bgus skl, ijinkan sy utk menambah bbrp pnjelasan dlm topik ini, sy sdh mempelajari fenomena ini sktar 10thn dan sy jg sll mempelajari dokrin2 agama (islam,buddha,kristem,hindu), yg disebut dgn fenomena “sugesti” (dr luar), yaitu suatu pola pikir yg akan mnciptakan kenyataan dlm khdpan sseorg berdasrkan apa yg difokuskan berdasarkan suatu sumber atau suatu pernyataan yakni ramalan, zodiak, lingkungan hidup, interaksi dlm pergaulan,santet (pikiran yg sengaja difokuskan utk suatu tujuan),jampi2, dll yg dtg dr luar. “Implesi”, yaitu: yaitu suatu pola pikir yg akan menciptakan kenyataan brdasarkan gambaran pola kesan yg tertanam ddlm diri atau pernyataan diri (dr dlm),seperti jk kt ngmg dgn seorg custumer dgn bnr2 yakin dlm ht dan percaya skl bhwa dia akan mlkukan tranksaksi,mk dia akn 90% mlkukannya nnt. Itu smua bekerja berdasarkan hukum ketertarikan.skrg yg jd mslh adalah apakah cabang2 dr ilmu2 ramalan sprt zodiak,feng sui,dll adlh bnr?. Sugesti,energi pikiran, dll itu bekerja brdasarkan hukum alam, yaitu hkum ketertarikan,ramalan jg hanyalah suatu ilmu yg terciptakan berdasarkan hukum2 alam,dimasa lalu, gempa bumi,gunung meletus,wabah pnyakit,dll dianggap itu adalah murkanya alam yg belum diberikan tumbal, tp stlh dtemukannya ilmu geografi dan mikroskop terungkaplah itu hanyalah gejala alam,virus, dan bakteri2.manusia rata2 akan mnyatakan ssuatu yg blm dipahaminya dgn tahayul2,ramalan2 itu hnyalah bkrja brdasarkan hukum2 alam, semena2, yaitu slh satunya adlh hkum sebab akibat,cnthnya: seseorg yg malas mk akan diramalkan bhwa dia akan hdp ssh dkemudian hr. Hkum sebab-akibat bkn hanya bkrja dikenyataan hdp skrg dan ms dpn saja,dia bhkan tlh tmbus ruang dan wkt, mknya layak didefinisikan sbgai “hukum alam”.mengapa ada org yg dilahirkan cacat,sehat,dikeluarga kaya,miskin,cantik,jelek, dsb. Bknnya smua agama tlh mengungkapkan bhwa tuhan itu adil?, emg tuhan itu adil, smua khdpan di alam semesta diatur oleh hukum2 alam,ini adalah berdasarkan hukum sebab-akibat yg tembus ruang dan wkt: yaitu “hukum karma”,smua kondisi kelahiran adlh dtentukan olh perbuatan di masa kehidupan yg lalu. Mknya adil kan tuhan? Itu smua adalh hukum tuhan yg mngatur, yaitu: hukum karma(dlm versi agama buddha), sm dgn smua hal dialam semesta adlh diatur oleh hukum2,termasuk jg ilmu ramalan, sugesti,implesi,jampi2 (hnyalah merupakan expresi dr energi pikiran yg berdasarkan hukum ketertarikan), ramalan jg hnyalah ilmu yg berdasarkan krja hukum2 alam yg msh blm dipahami mnusia,sprt mnusia ms lalu berpikir bhwa wabah pnyakit adlh murkanya alam,pdhl itu hnyalah virus,hendaklah kt jgn menyatakan ssuatu hal sbgai tahayul,atau sbgainya, hnyalah kt blm memahaminya. Alam semesta ini bekerja berdasarkan berjuta2 hukum2 alam, mnsia, hewan, tmbuhan, lingkungan, bumi, tata surya, galaksi, smua bs brkja dgn teratur mmbentuk rantai khdpan ini krn adanya keterikatan dan hubungan satu sama yg lain dlm berbagai tatanan dimensi (selain dimensi ruang dan wkt) yg dikontrol dan dioperasikan oleh berjuta2 hukum2 alam yg hanya dipahami secuil saja oleh manusia, oleh krn itu sluruh existansi di alam semesta ini adlh saling berketergantungan satu sama lain dlm berbgai dimensi. mnusia,hewan, dan alam ini dlm tatanan dimensi yg tinggi,yg msh blm dpahami oleh rata2 org2 awam, adalah terikat dan saling berhubungan satu sama yg lain,dgn bgtu makanya bs terbentuknya kehidupan ini yg saling terikat dan berketergantugan,dgn bgtu msk akal sekali bhwa bintang/zodiak (sesuatu existansi dialam ini) berhubungan dgn khdpan mnusia.mencairnya es dikutub atlantik saja berpngaruh besar pd khdpan dseluruh bumi,brgeser 1inci saja bumi ke matahari akn bs berakibat fatal. Slruh bnda2 yg ada dialam semesta sdh tentu berhubungan satu sm yg lain bhkan brhubungn pd dimensi lain slain dimensi ruang dan waktu (jiwa mnusia dan nyawa). Kmbali ke inti topik, sugesti, energi pikiran, dll adlh bekerja berdasarkan hukum2 alam, ramalan jg bkrja brdasarkan hukum2 alam,cm hnya rata orang yg blm memahaminya akan mnganggp itu adlh tahayul belaka,sm dgn mnsia ms lampau yg belum pham dgn bakteri dan virus akan menanggapinya dgn setan,alam lg murka,dsb.pdhl ramalan,santet,energi pikiran, ini semua hnyalah fenomena2 yg bekerja berdasarkan hukum2 alam. bhkan detik ini anda bs membaca tulisan ini jg krn berkerjanya hukum pantulan cahaya.jd hendaklah kt jangan menyatakan sesuatu sblm kt blm memahami hal itu, termsk sy,dgn mnyatakan sesuatu tnpa dipahaminya brarti itu adalah org egois, seperti katak yg hidup ddlm sumur dgn percaya diri menyatakan kpd burung bhwa langit adalah sbsar mulut sumur, lbh parah lg org jaman dahulu menyatakan bumi ini datar, sekarang buktinya?.. Terima kasih…

    Suka

  22. Dengan mngatakan sy akan berpikir positif, berarti anda telah berpikir negatif (pikiran bawah sadar kt memikir negatif). nilai positif dan negatif adlh sling berlawanan,dr simbol, arti, nilai, dll, tentu dlm memikirkannya jg akan terjadi berlawanan pula.negatif positif jg adalah merupakan hukum alam. jd dlm mendefinisikan sesuatu hrslah benar2 dipahaminya hal tersebut dlm berbagai aspek dan hal2 yg berhubungan dgnnya, dgn begitu brlah dpt di simpulkan dlm satu definisi atau rumus dlm matematika dan script dlm programming.

    Suka

  23. keren artikel yang keren

    Suka

  24. Ping-balik: Fakta Rahasia Zodiak (yang suka zodiak, maupun tidak, kudu baca) | Fa is HERE

  25. Wah…saya jadi tau tentang ramalan, sama seperti yang sedang saya rasakan, saya curhatkan sedikit..Saya bercita cita ingin kuliah di Teknologi informasi tetapi saya ragu ragu karena saya juga ingin mengambil jurusan lain yaitu bahasa inggris . Saya lebih yakin dengan jurusan bahsa inggris saya bisa sukses menggapai cita2 saya. Yang saya pikirkan jika saya mengambil jurusan Teknologi Informasi saya takut hasilnya tidak maksimal jika lulus nanti (karena saya memiliki kekurangan bidang itu di faktor kesehatan . tetapi di sisi lain saya suka sekali dengan bidang itu). Tapi dengan artikel luar biasa milik bapak,saya jadi ada pencerahan biarpun sedikit. Terima kasih pak jon, Artikel bapak sangat berguna. Itu pasti karena hobi membaca bapak. Sekali lagi terima kasih.

    Suka

  26. Salah satu syarat syahnya syahadat adalah hanya beribadah kepada Allaah saja.
    Kenapa dikatakan hanya kepada Allaah saja?
    Karena di era jahiliyyah modern ini banyak orang yang beribadah kepada Allaah tapi disamping itu juga beribadah kepada makhluk yang mereka meng-klaim bisa melihat sesuatu yang ghaib.
    Beribadah bukan hanya sekedar sujud, puasa dan yang lainnya. Mentaati selain Allaah dan mengikuti jalannya, maka itu juga disebut sebagai bentuk ibadah.
    Ya termasuk mencari informasi ke tukang ramal.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s