Mengubah Kecanduan Internet Menjadi Hal yang Positif dan Produktif


kecanduan internetAnda kecanduan internet, dan resah karena hal itu?
Anda merasa terlalu banyak menghabiskan waktu untuk browsing, chatting, ngeblog, dan kegiatan-kegiatan “nonproduktif” lainnya di internet?
Atau, pekerjaan utama Anda justru terganggu karena “penyakit” kecanduan internet ini terasa amat sulit untuk diatasi?

Terus terang, saya pun termasuk orang yang sudah sangat kecanduan internet. Tidak nge-net sehari saja, hidup rasanya kurang lengkap. Bila sedang nganggur, tak ada pekerjaan, atawa bengong, maka yang saya pikirkan pertama kali adalah INTERNET.

Bahkan tragisnya:

Ketika pertama kali menyalakan laptop, saya langsung konek ke internet, padahal saat itu saya mungkin sedang tidak perlu online sama sekali.

Dulu, saya juga pernah resah oleh kondisi ini. Saya merasa terlalu banyak waktu terbuang untuk hal-hal yang tidak produktif.

Tapi sejak sekitar dua tahun lalu, alhamdulillah saya bisa merasakan bahwa kecanduan internet ternyata tidak harus berdampak negatif. Kecanduan internet pun bisa diubah menjadi sesuatu yang positif bahkan produktif.

  1. Bila orang lain chatting dan menggunakan email untuk ngobrol ngalor ngidul semata, saya chatting dan menggunakan email untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi yang lebih erat dengan teman-teman lainnya. Bahkan chatting bisa menjadi media komunikasi yang efektif antara saya sebagai pebisnis dengan konsumen dan calon konsumen.
    .
  2. Bila orang lain ngeblog hanya untuk curhat, mengisi komentar di blog orang lain dengan kalimat-kalimat yang biasa-biasa saja, saya ngeblog dengan tujuan berbagi, aktualisasi diri, personal branding, public relation, dan sebagainya.
    .
  3. Bila orang lain bermain-main di Facebook untuk kesenangan semata, saya memanfaatkan Facebook untuk tujuan yang sama seperti nomor 2 di atas. Mungkin ketika saya sedang asyik bermain-main di Facebook di saat orang lain sedang bekerja, mereka mengira saya sedang menghabiskan waktu semata.

* * *

Nah, bagi Anda yang sampai hari ini masih merasa resah, rugi waktu dan sebagainya karena sudah terjangkiti oleh kecanduan internet yang sulit untuk disembuhkan, coba ikuti saran saya:

  1. Mulailah berbisnis secara online. Daripada Anda hanya menghabiskan waktu di dunia maya, kenapa tidak mencoba mencari uang lewat internet? Banyak sekali orang yang telah menjadi kaya raya lewat dunia maya. Saya pun sudah membuktikan 🙂 Bila saya dan mereka bisa, kenapa Anda tidak? Untuk memulainya, cobalah dengan mendownload ebook gratis ini dari saya 🙂
    .
  2. Jalinkan hubungan baik atau networking dengan sebanyak mungkin orang, termasuk orang terkenal seperti artis, pengusaha sukses, pejabat, caleg, tokoh masyarakat, dan sebagainya. Percayalah bahwa bila Anda harus berkenalan dengan orang-orang ngetop seperti itu lewat “jalur darat”, mungkin Anda harus berhadapan dulu dengan jadwal mereka yang sangat sibuk, belum lagi manajer atau bodyguard mereka yang tidak bersahabat, dan sebagainya. Tapi di dunia maya? Alhamdulillah, saya sendiri sudah membuktikan bahwa berkenalan dengan orang-orang ngetop lewat internet SANGAT AMAT MUDAH BANGET SEKALI. Ini salah satu contohnya 🙂
    .
  3. Cari ilmu yang banyak. Internet adalah gudangnya ilmu. Anda bisa mencari apapun lewat Google. Manfaatkan itu sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda bernasib seperti peribahasa, “Ayam mati di lumbung padi.”
    .
  4. Banyak-banyaklah berbagi. Anda bisa mengisi blog Anda dengan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Cobalah berguru dari para blogger yang sukses lewat tulisan-tulisan mereka yang selalu dinanti-nantikan oleh pengunjung. Sekadar menyebut beberapa saja di antara mereka:
    .
    Priyadi (hm… kok sudah lama enggak ngeblog, Mas?)
    Nukman Luthfie
    Roni Yuzirman
    Romi Satria Wahono
    Edy Sihombing
    Dini Shanti
    Joko Susilo
    Cosa Aranda (ikut prihatin atas tragedi blog-nya, Mas)
    Budi Putra
    – Tanpa mengurangi rasa hormat saya, maaf bagi Anda yang namanya belum disebutkan 🙂
    .
    Bila mereka bisa, kenapa Anda tidak? Setiap orang pasti punya kelebihan. Nah, manfaatkanlah kelebihan Anda itu untuk berbagi dengan sesama lewat internet. Bila Anda merasa masih sulit menulis di blog, kan ada tempat belajarnya 🙂
    .
  5. Dan masih banyak hal positif & produktif lainnya yang bisa Anda lakukan di internet.

Jadi mulai sekarang, jangan resah atau khawatir lagi bila Anda masih kecanduan internet.

Salam Sukses!

Jonru
Founder BelajarMenulis.com & PenulisLepas.com
Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”

Foto dari Gettyimages.com

Iklan

37 responses to “Mengubah Kecanduan Internet Menjadi Hal yang Positif dan Produktif

  1. Yg saya ga suka.. klo mas Jonru selalu panggil pak saat ngasih komen.. padahal kan lebih muda n lom pantes dipanggil bgitu..

    Suka

  2. someone: Hehehe, sori. Soalnya kadang2 sulit menebak usia seseorang hanya dari nama dan fotonya yang muncul di internet.

    Suka

  3. nggak semua orang ngeblog untuk tujuan “produktif” dari sisi finansial kan ya?

    Suka

  4. MT: Tentu tidak. Kalau Anda lihat poin2 yang saya jelaskan di atas, di situ saya juga menyebutkan bahwa blog bisa buat personal branding, aktualisasi diri dst. Jadi tidak hanya finansial

    Tapi secara tidak langsung, bisa juga nanti berdampak pada finansial lho. ALhamdulillah saya sudah membuktikan 🙂

    Suka

  5. Saya kira benar sekali. Agak sia-sia rasanya kalau kita kecanduan internet/blog/FB hanya untuk sekedar blah, blah, blah.

    Saya kira bukan zamannya lagi, main internet sekedar untuk fun. Saya sendiri merasa beruntung bisa memanfaatkan internet/blog untuk menambah penghasilan secara signifikan.

    Dari blog yang saya kelola, saya bisa dapat order pekerjaan (sebagai konsultan manajemen) hingga ratusan juta rupiah….

    Suka

  6. pak,,,,,bisa gag di kirimin panduan tentang internet marketing??????????????kirim ke alamat e-mail saya ya pak……………..di tunggu!.

    Suka

  7. Tips yg sangat menarik ‘n bermanfaat. Setuju Pak Jonru! Kegiatan2 spt itu akan lbh bermakna bagi kita… Sayang,koneksi internet sy terbatas padahal rada kecanduan juga pengennya cari duit aja di internet huehue…

    Suka

  8. Saya baru mencoba hal tersebut mas.
    Saya juga telah kecanduan utk ini. utk melangkah lebih produktif masih belum naik level.
    Thx infonya

    Suka

  9. putri amalia siregar

    Bang Jonru..ada banyak bahan tulisan di LSM aku…tp blom di bukukan..bisa bantu bt ebooknya? nanti aku invite ke group LSM aku yaa..,

    Suka

  10. he he he masih belajar menulis, bisa bantu?

    Suka

  11. wah setuju banget nich infonya…

    kalo bisa tampilin postingan tentang SEO yo..

    Suka

  12. top deh tipsnya, yang SEO jangan lupa ya… 🙂

    Suka

  13. ngomong ngomong soal ,bisnis internet,saya pribadi masih agak ragu pak?..apa beneran tuh…..minta saran dong yang udah pengalaman…

    Suka

  14. Ping-balik: Phentermine 37 5mg.

  15. saya terperangkap facebooook! Facebook memang daya tariknya seperti magnet. melihat teman2 yang hilir mudik di berandaku, ga tahan untuk tidak ikut nimbrung. alhasil berjam-jam cuma buat ngobrol dan ha ha hi hi. Betul kata pak jonru, harus ada perencanaan yang benar dan tepat dalam ber-internet!

    Suka

  16. Ping-balik: Otak kanan dulu baru otak kiri « Exowahyoe's Blog

  17. The custom thesis is the best but we thank you for your hot stuff connected with this good topic. Thus, after it some people know just about dissertation service and purchase essay.

    Suka

  18. Thanks pak jonru atas infonya, bermanfaat buat sy yg kecanduan internet 🙂

    Suka

  19. salam kenal Mas Jonru keep posting … bukuseft.wordpress.com

    Suka

  20. Salam sukses Bos…wah mantap sudah bisa sukses, aku kenal mas waktu itu mas Jonru masih ikut Komunitas Lingkar Pena…Salam

    Suka

  21. Benar sekali, kita memang harus positif dan produktif dalam menjalani kehidupan ini.

    Suka

  22. Ping-balik: otak kanan dulu baru otak kiri !! « novia wulandari

  23. di ambil dan dishare difacebook,semoga berguna

    Suka

  24. Ping-balik: Otak Kanan Dulu, Baru Otak Kiri « MenataHati2

  25. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    Suka

  26. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    Suka

  27. saya setuju banget, banyak hal-hal positif yang bisa di dapat dari internet, bahkan bisa mengasilkan penghasilan yang tidak pernah kita duga sebelumnya 🙂

    Suka

  28. Tips dan Tulisan postingannya bermanfaat, saya dalam ide baru dari postingan ini. Terima kasih banyak

    Suka

  29. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    Suka

  30. Alhamdulillah, sejak satu tahun terakhir ini saya menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari penghasilan tambahan melalui produk affiliate Amazon.com, karena bagi saya kok rugi rasanya kalau menghabiskan biaya koneksi internet kalau hanya untuk fun dan happy saja, Sukses deh buat Mas Jonru.

    Suka

  31. wah info yg sngat bermanfaat bro..
    nmun mmang trkadang hny buat main.an saja dan trdadang tdak mmikir smpai kesitu..
    salam mas..
    happy blogging..

    Suka

  32. hehehe gak baik juga buat kesehatan terlalu lama di depan komputer 🙂

    Suka

  33. Ping-balik: Otak kanan dulu baru otak kiri « Emha42

  34. semenjak sekarng2 ini saya mulai tidak bentah lagi berlama lama an di depan komputer setelah tahu efek samping dari berlama lamaan di depan komputer…

    Suka

  35. Wah benar sekali infonya, dulu saya juga buang banyak waktu depan komputer untuk bermain internet dan akhirnya saya bertemu dengan salah satu penulis blog pak edy sihombing dan di tunjukkan sebuah sekolah bisnis internet nah dari sini lah saya baru sadar klo internet bisa buat bisnis,nah pas saya sedang cari apa yg harus saya jual tiba2 ada teman yg punya bisnis dan nawarin saya untuk beli produknya ya gak abil pusing saya coba jualkan saja deh bisnisnya semoga ini sukses buat saya dan menambah sukses buat bisnis teman saya, terima kasih ya pak by : fadil sanjaya

    Suka

  36. hehe mantap artikelnya gan… saya juga termasuk orang yang kecanduan internet… tapi alhamdulillah kecanduan internetnya bisa menghasilkan banyak uang,…. yu mari kecanduan internetnya dijadikan sebagai lahan untuk berbisnis

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s