[Stop Dreaming Start Action] Kapan Saat yang Tepat untuk MULAI Menulis?


Stop Dreaming Start ActionAlkisah, ada seorang sahabat bernama A yang berkata kepada seorang penulis terkenal bernama B, “Saya ingin sekali jadi penulis hebat seperti Anda. Karena itu, saya akan menulis. Saya akan membuat tulisan yang menggemparkan dunia penulisan di jagat raya ini. Saya akan menjadi penulis yang jauh lebih ngetop dibanding Anda!”

Sepuluh tahun kemudian, Si A dan si B bertemu lagi. Si B bertanya, “Halo A, apakah cita-cita kamu untuk menjadi penulis hebat sudah tercapai? Sudah berapa ratus tulisan yang kamu hasilkan?”

“Saya belum membuat satu tulisan pun. Tapi saya masih bercita-cita menjadi penulis hebat, lebih hebat dari Anda. Tunggu saja, ya!”

Dua puluh tahun kemudian, si A dan si B bertemu lagi. Si A masih menjadi “penulis wanna be” karena dia belum membuat satu tulisan pun!

* * *

Saya yakin, ada begitu banyak penulis seperti si A. Mereka hanya berhenti pada mimpi, tapi belum pernah berusaha untuk mewujudkannya. Dengan kata lain, mereka hanya Dreaming, selalu menunda-nunda untuk Action atau MULAI MENULIS.

Jika ditanya kenapa masih menunda, biasanya mereka akan memberikan jawaban-jawaban yang standar seperti berikut.

  1. Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.
    .
  2. Nanti saja deh, setelah….
    .
  3. Ilmu saya masih sedikit. Nanti kalau sudah ahli, saya akan mulai menulis.
    .
  4. Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mulai menulis.

Mereka merasa “berada di pihak yang benar” dengan alasan-alasan itu. Pertanyaannya, apakah mereka benar-benar berada dalam “kebenaran?” Apakah alasan-alasan mereka itu cukup kuat?

Yuk kita bahas satu-persatu.

1. Saya masih sangat sibuk. Aktivitas saya sangat banyak.

Bicara soal kesibukan, sebenarnya Anda tidak sendirian. Hampir semua orang pasti sibuk. Tantowi Yahya sangat sibuk. Agnes Monica juga sibuk. Stephen King sama saja. Bill Gates apalagi.

Tapi kenapa mereka bisa menjadi orang sukses? Kenapa mereka bisa menangani demikian banyak pekerjaan dan masalah? Padahal waktu yang tersedia untuk Bill Gates dan Anda sama-sama 24 jam sehari.

Kuncinya sebenarnya pada tiga hal berikut:

  1. Stop Dreaming Start Action. Ya, buat apa terlalu lama bermimpi? Sebab hanya action yang bisa mewujudkan mimpi Anda!
    .
  2. Manajemen Waktu. Mereka pintar mengelola waktu. Mereka selalu disiplin dalam segala hal.
    .
  3. Motivasi. Mereka punya tujuan yang jelas, lantas punya komitmen dan mau bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

Stop Dreaming Start ActionSalah satu rahasia orang sukses adalah kemampuan mereka dalam mengelola waktu. Bagaimana caranya agar dengan waktu yang tersedia, mereka bisa melaksanakan semua tugas secara efektif dan efisien.

Orang sukses bukanlah orang yang punya banyak waktu luang. Orang sukses adalah orang yang pintar dan disiplin dalam mengelola waktu.

Info selengkapnya, klik di sini.

2. Nanti saja deh, setelah….

Ketika kuliah, di saat baru merintis karir sebagai penulis, saya sempat berpikir bahwa kondisi saya belum ideal untuk menulis. Bayangkan saja! Saya saat itu masih menjadi anak kos. Sering pindah rumah. Bagaimana bila saya mengirim naskah ketika saya masih tinggal di Rumah A. Lalu ketika naskah itu dimuat, saya sudah pindah ke rumah D. Kiriman wesel untuk honor saya akan salah alamat. Satu eksemplar majalah yang dikirim sebagai bukti pemuatan naskah pun bernasib sama. Wah, tentu sangat merepotkan!

(Sekadar info, saat itu belum ada internet, dan saya belum mengenal komputer. Honor tulisan masih dikirim via wesel pos).

Dengan alasan seperti itu, saya sempat berpikir untuk tidak menulis dulu. Situasi saya belum ideal untuk menulis.

Alhamdulilah, saya berhasil menepis perasaan seperti itu. Saya tetap menulis, bagaimana pun kondisi yang saya hadapi!

Saya yakin, Anda pun mungkin sering punya pikiran seperti itu. Anda merasa bahwa kondisi Anda belum ideal. Misalnya seorang anak SMA akan beralasan, “Saya belum siap. Sekolah di SMA itu kan penuh dengan kesibukan. Mana ujian sudah dekat, banyak kegiatan ekskul, belum lagi les ini les itu. Tak ada waktu deh, buat menulis. Jadi tunggu aja setamat SMA nanti, ketika hidup saya jauh lebih stabil dibanding sekarang.”

“Nanti saja deh, setelah…” adalah alasan yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang merasa bahwa kondisi mereka saat ini belum ideal untuk menulis. Padahal tahukah Anda, bahwa kita sebenarnya tak akan pernah menghadapi kondisi ideal pada hidup kita?

Katakanlah bagi Anda yang masih jomblo. Anda merasa kondisi belum ideal karena Anda masih kesepian, tak ada teman bila pergi pesta, tak ada teman curhat, tak ada tempat penyaluran hawa nafsu, dan seterusnya. Tapi setelah menikah, apakah masalah selesai? Tidak juga! Justru Anda akan menghadapi masalah-masalah baru. Anda harus beradaptasi dengan pasangan yang punya sikap, kebiasaan bahkan budaya yang benar-benar berbeda. Anda harus banyak bertoleransi. Anda mungkin harus mengorbankan kesenangan-kesenangan pribadi demi menghargai pasangan Anda. Bahkan ketika sudah punya anak, Anda harus repot lagi mengurus si kecil.

Sekali lagi, kita tak akan pernah menghadapi kondisi ideal seperti yang kita impikan, selama kita masih hidup di dunia ini. Karena itu, jangan tunggu kondisi ideal. Dia tak akan pernah tiba!

Stop Dreaming Start Action. Mulailah menulis saat ini juga, tidak peduli apapun dan bagaimanapun kondisi Anda!

Lagipula berdasarkan pengalaman, alasan nomor dua ini sebenarnya termasuk alasan yang “tak ada matinya”. Si pencetus alasan tetap akan mengeluarkan alasan-alasan baru, dan mengingkari alasan-alasan terdahulu.

Bila sudah tamat SMA, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah lulus kuliah.”
Bila sudah lulus kuliah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah bekerja.”
Bila sudah bekerja, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah menikah.”
Bila sudah menikah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau sudah punya anak.”
Bila sudah punya anak, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau anak-anak saya sudah besar.”
Bila anak-anaknya sudah besar, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau semua anak saya sudah menikah.”
Bila semua anaknya sudah menikah, dia akan berkata, “Nanti saja deh, kalau saya sudah punya cucu.”
Bila sudah punya cucu, dia akan berkata, “Nanti saja deh, di akhirat.”

3. Ilmu saya masih sedikit. Nanti kalau sudah ahli, saya akan mulai menulis.

Untuk alasan yang satu ini, saya merasa perlu mengutip slogan yang selalu didengung-dengungkan oleh rekan saya Eko June:

Anda Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai, Tetapi Anda Harus Memulai Untuk Menjadi Hebat.

Berikut adalah kutipan lengkapnya.

Orang2 sukses dan hebat sekarang adalah orang2 yang memulai. Tanpa menunggu agak2 hebat, sedikit hebat, cenderung hebat atau nyerempet hebat :). Tanpa menunggu kondisi ideal digenggaman, baru action. No.

Kenapa saya bilang dalem artinya ?

Karena jika kita memahami dan agak diubah sedikit redaksinya maka akan sesuai dengan kondisi yang kita inginkan dan akan kita lakukan.

Anda Tidak Perlu Seberani Helmy Yahya Untuk Mulai Bicara, Tetapi Anda Harus Mulai Bicara Di Depan Umum Agar Bisa Seberani Helmy Yahya.

….

Anda Tidak Perlu Sepintar Helvy Tiana Rosa Untuk Mulai Menulis, Tetapi Anda Harus Mulai Menulis Agar Bisa Sepintar Helvy Tiana Rosa.

….

Dan masih banyak lagi.

Stop Dreaming Start ActionJustru, bila Anda menunggu hingga punya keahlian dan pengetahuan yang banyak untuk mulai menulis, Anda tak akan pernah menjadi ahli. Keahlian dan pengetahuan justru akan Anda dapatkan dari PRAKTEK MENULIS. Semakin sering menulis, maka keahlian dan pengetahuan Anda akan semakin baik.

Klik di sini untuk info selengkapnya 🙂

4. Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mulai menulis

Ya, banyak sekali orang yang bertanya sambil kebingungan, “Saya ingin menjadi penulis hebat. Bagaimana cara memulainya?”

Sebenarnya, cara untuk mulai menulis sangat gampang: LANGSUNG SAJA MENULIS.

Penulis bukanlah seperti dokter yang harus kuliah selama bertahun-tahun dulu, mendapat surat izin praktek dari departemen kesehatan, dan seterusnya. Untuk menjadi penulis, Anda tak perlu kuliah dulu, tak perlu ujian dulu, tak perlu izin dari siapapun, tak perlu mengumpulkan modal apapun. Pokoknya tak ada yang Anda butuhkan selain nyawa yang belum dicabut.

Bahkan bila Anda tak punya tangan untuk mengetik, Anda bisa menyewa orang lain untuk menuliskan apa saja yang Anda ucapkan.

Bagaimana cara mulai menulis?

Ya langsung saja menulis! Penjelasan selengkapnya, klik di sini 🙂

* * *

Apa Beda Pemenang dengan Pecundang?

Stop Dreaming Start ActionJawabannya adalah Stop Dreaming Start Action, seperti yang pernah ditulis oleh Joko Susilo.

Anda tentu kenal para penulis seperti Helvy Tiana Rosa, Dewi Lestari, Andrea Hirata, dan sebagainya. Atau para blogger ternama seperti Priyadi, Enda Nasution, Ikhlasul Amal, Joko Susilo, Cosa Aranda, Welly Mulia, dan masih banyak lagi. Mereka ngetop karena tanpa ba bi bu mereka langsung ACTION, langsung praktek menulis.

Masyarakat kini menganggap mereka adalah orang hebat dan sukses, padahal mereka awalnya bukan siapa-siapa. Semua pencapaian dan kesuksesan yang mereka dapatkan sekarang berawal dari sesuatu yang bernama ACTION atau MULAI MENULIS.

Jadi bila saat ini Anda masih bermimpi menjadi penulis sukses tapi belum action juga, maka saran saya:

Stop Dreaming Start Action!

Dan bila Anda masih bertanya “Bagaimana cara mulai menulis?”, sebenarnya Anda sudah tahu jawabannya. Tak perlu bingung tak perlu heran.

TAK ADA ALASAN UNTUK MENUNDA! Mulailah Menulis SAAT INI JUGA!

Semoga terinspirasi, semoga bermanfaat.

Salam Sukses!

Jonru

NB: Jangan lupa membaca konsultasi penulisan “Ingin Tahu Tatacara Awal Penulisan” di BelajarMenulis.com.

Iklan

248 responses to “[Stop Dreaming Start Action] Kapan Saat yang Tepat untuk MULAI Menulis?

  1. Pak ada kontes baru lagi lumayan lho hadianya, tapi persyaratannya lumayan berat
    dibanding kontes2 sebelumnya.

    Suka

  2. Menang kalah tetap sportif dan kita jaga kontes SEO Indonesia dengan
    hal-hal yang bersih. Bukan begitu pak Jonru ?

    Suka

  3. Hi guys!! This is my first website by my self, and i confused that is it good or not made by wordpress or Joomla, i want to choose one 4 me,and give me some advice.Thank you!

    Suka

  4. I hope this allowed, I have never used this website before so I wasn’t really sure what this was going to do. So this is just a test post. I really like this forum, it has some excellent discussions that take place

    Suka

  5. Menulis itu memang kegiatan yang menarik sekali, dan harus benar2 take action sampai mengajukannya ke penerbit.

    Suka

  6. Pekerjaan menulis membutuhkan seni yang tinggi dan membutuhkan kebiasaan

    Suka

  7. Yes, apapun bidang bisnisnya, maka jangan lupakan kalimat stop dreaming start action

    Suka

  8. Saya kira kontes SDSA ini adalah kontes terbesar dari yang pernah ada di Indonesia selain pesain yg banyak jg karena yg mengadakan

    Suka

  9. I am content to uncover this short article very beneficial for me, since it consists of whole large amounsdt of information.

    Suka

  10. wah mantab banget ini artikel nya!

    Suka

  11. Salam kenal pak jonru 🙂

    Suka

  12. jadi malu baca artikel nih… oke deh. mulai action nya.. 😀

    Suka

  13. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    Suka

  14. Niche topik.. saya termotivasi pak 🙂

    Suka

  15. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    Suka

  16. Ping-balik: Dulu Produktif Berkarya, tapi Kini Malas Menulis. Bagaimana Solusinya? | PenulisLepas.com

  17. Ping-balik: Dulu Produktif Berkarya, tapi Kini Tak Pernah Menulis Lagi | PenulisLepas.com

  18. kalimat tersebut diatas tepat untuk memotivasi seseorang untuk mewujudkan impiannya tanpa diimbuhi kata-kata “tapi” yang mengakibatkan impiannya terhambat dan menjadi lama terwujud.

    Suka

  19. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    Suka

  20. Ping-balik: Start Up – Ayo kita mulai kawan « Inilah Kehidupan

  21. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    Suka

  22. Wahh.. Makasih Info nya kk ^_^

    Suka

  23. Trims Pak Jonru atas motivasinya, sangat menarik dan memberi inspirasi buat saya

    Suka

  24. jadi makin tambah termotivasi setelah baca artikel’a

    Suka

  25. Ping-balik: Kiat Jitu Meningkatkan External Link pada Situs Anda!Isan't Asli Semarang | Isan't Asli Semarang

  26. mantap…
    satu lagi ya “talk less do more”
    wkwkwkw

    Suka

  27. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    Suka

  28. Setelah membaca Info dan Artikel yang sangat bermanfaat ilmu saya jadi semakin bertambah.salam sukses

    Suka

  29. sangat menginspirasi saya sbg seorang blogger…
    jgn cuma mimpi tapi ayo kita lakukan dan niati ^^

    Suka

  30. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

    Suka

  31. Niche topik.. saya termotivasi pak

    Suka

  32. Trimakasih banyak bank… banyak sekali Ilmu yg saya dapat di Blognya..terutama cara menulis yg baik

    Suka

  33. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

    Suka

  34. waahhhh mantab bro..
    happy blogging

    Suka

  35. Ping-balik: [Stop Dreaming Start Action] The Power of Kepepet | Jonru on the Web

  36. keren nih… salam kenal mas bro 🙂

    Suka

  37. sangat bermanfaat ilmu saya jadi semakin bertambah.salam sukses

    Suka

  38. Makasih infonya. smoga sukses

    Suka

  39. Salam kenal Pak Jonru. Tulisan Anda sangat inspiratif.

    Suka

  40. Ping-balik: Cara Jitu Meningkatkan External Link pada Situs Anda! | Mekanika adalah Jiwaku

  41. Yak….betul banget! Menunda adalah alasan untuk gagal, Tapi memulai adalah mencoba mencari jalan untu SUKSES. Makasih buanyak dah ngingetin untuk lebih keras lagi usahanya.

    Suka

  42. Ping-balik: Meningkatkan External Link pada Situs Anda | Hipper Groups

  43. kebetulan sekali pak,saya baru aja belajar menulis,dengan membaca postingannya malah menjadi motivasi saya.Pak,saya mau tanya ,supaya tulisan kita dapat mengalir dan mudah mendapatkan IDE?

    Suka

  44. Membaca artikel anda, membuat saya mengintropeksi diri sendiri. “Betapa banyak hal yang saya tunda untuk mengerjakannya selama ini”, itulah kenapa saya tidak mendapatkan apa2.

    Terima kasih banyak sudah memberikan inspirasi, salam ACTION!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s