Ebook “Cepat Kaya dari Internet”, Layakkah Dibeli?


kaya mendadak dari internetAnda mungkin sering melihat iklan di internet yang isinya menawarkan ebook “cepat kaya dari internet”. Mereka menyebut ebook tersebut sebagai sesuatu yang bisa membuat Anda kaya mendadak, bahkan hanya dengan beberapa klik perhari. Ada yang bahkan berani mengatakan, “Anda akan mendapat ribuan dolar hanya dalam waktu beberapa menit!”

WAH!

Anda mungkin tidak percaya pada iklan seperti itu, karena janji-janji mereka terkesan tidak masuk akal dan mengada-ada. Masalahnya, iklan seperti itu terus bermunculan, hadir di mana-mana. Bahkan, banyak reseller mereka yang mengirim iklan dalam bentuk spam sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan privasi kita.

Bahkan lagi, di website mereka dipajang puluhan bahkan mungkin ratusan testimonial dari orang-orang yang mengaku puas dan sudah berhasil membuktikan formula yang diberikan oleh si penjual ebook tersebut. Si penjual ebook juga tak lupa mencantumkan screen shot rekening bank mereka yang isinya adalah “banjir uang” dengan jumlah fantastis.

Fakta yang sepertinya kontradiktif ini tentu saja membuat banyak orang bingung. Di sejumlah forum diskusi, termasuk di Yahoo! Answer, saya melihat banyak orang yang mempertanyakan kebenaran program-program seperti itu. “Bisakah dipercaya? Pentingkah bagi saya untuk bergabung?”

Berikut ini saya mencoba memaparkan “rahasia” di balik program-program seperti itu. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

Tapi sebelumnya, saya perlu tekankan bahwa Anda TAK AKAN BISA menjadi kaya mendadak dalam sekejap tanpa bekerja keras. Ya, Anda mungkin bisa kaya mendadak setelah mendapat undian satu miliar dolar. Tapi yang seperti ini adalah pengecualian, dan tidak semua orang beruntung mengalaminya.

Karena itu, sebelum membaca uraian di bawah ini lebih lanjut, Anda harus yakin dulu mengenai hal tersebut. Bila Anda ingin kaya raya dan sukses dari segi finansial atau dari segi apapun, tak ada cara lain yang harus Anda lakukan kecuali bekerja keras, tekun, giat bekerja, tak kenal menyerah. Ini berlaku di mana-mana. Anda mau berbisnis secara offline atau online, intinya sama saja.

Oke, kita mulai, ya:

01. Apa sih, yang sebenarnya mereka jual?

kaya mendadak dari internetNah, inilah satu hal yang selama mungkin membuat kita bingung dan belum kita pahami.

Yang mereka jual itu sebenarnya adalah INFORMASI. Informasi apa? Jawabannya, “Informasi tentang cara mencari kekayaan dari internet”. Kita bisa menganalogikannya sebagai peta harta karun. Jadi, yang mereka jual itu adalah PETA.

Sekarang coba Anda pikirkan:
Bila Anda membeli peta dari saya, lalu Anda berdiam diri saja, apakah Anda bisa langsung kaya mendadak?
Tentu tidak, bukan?
Yang harus Anda lakukan setelah membeli peta itu adalah mempelajarinya. Setelah paham, silahkan dipraktekkan. Stop Dreaming Start Action. Langsung cari harta karunnya sesuai dengan petunjuk yang disebutkan di dalam peta tersebut.

Bila Anda sudah terlanjur membeli PETA tersebut, lalu Anda malas berusaha, tak mau praktek, sehingga Anda tidak berhasil membuktikan janji-janji “mendapat milyaran rupiah hanya dengan beberapa kali klik”, saran saya jangan sesekali menyalahkan si penjual ebook, apalagi menuduh mereka penipu.

Sebab, tak ada satu orang pun yang bisa menjamin kesuksesan Anda, kecuali ANDA SENDIRI!

02. Apa yang bisa membuat saya kaya dari ebook tersebut?

kaya mendadak dari internetSecara umum, ada TIGA hal pada ebook tersebut yang berpotensi membuat Anda kaya:

1. Take Action. Ini sudah dijelaskan di atas. Jadi tak perlu saya ulangi, ya.

2. Menjadi reseller. Artinya, Anda membantu menjual ebook tersebut, dan biasanya mendapat komisi tertentu, katakanlah 50%. Bayangkan bila harga ebook tersebut adalah Rp 200.000, lalu Anda berhasil menjual 1.000 ebook misalnya. Maka penghasilan Anda adalah 50% X (Rp 200.000 X 1.000) = Rp 100.000.000.)

Jadi iming-iming penghasilan luar biasa yang mereka janjikan itu sebenarnya bukan omong kosong. Itu sebenarnya bisa Anda dapatkan!

Tapi jangan terlena dulu. Coba baca lagi poin pertama di atas. Penghasilan Rp 100 juta yang saya ilustrasikan tersebut hanya akan bisa Anda dapatkan bila Anda mau bekerja keras, tekun berusaha, tak kenal menyerah.

Dan satu hal yang penting, Anda membutuhkan strategi yang jitu.

Seperti yang saya sebutkan di atas, Anda membantu menjualkan ebook tersebut, atawa Anda menjadi reseller. Agar banyak orang yang mau membeli ebook tersebut dari Anda, tentu saja Anda harus menerapkan kiat marketing yang jitu. Anda harus pintar berjualan.

Nah, ini sebenarnya intinya!

Jadi jangan harap ada keajaiban bila Anda HANYA melakukan hal seperti berikut:
Anda membeli ebooknya, lalu Anda mendapatkan link reseller. Setelah itu, Anda pasang link reseller itu di blog Anda. Setelah itu, Anda menunggu keajaiban.

Wassalam saja deh, jika yang Anda lakukan hanya sebatas itu. Sekali lagi, intinya adalah kerja keras, ketekunan, tak kenal menyerah, dan strategi yang jitu!

3. Gabungan Antara 1 dan 2. Ini sudah tak perlu saya jelaskan lagi, kan?

03. Apakah ebook seperti itu memang bagus? Perlukah saya membelinya?

kaya mendadak dari internetSoal bagus atau tidak, sebenarnya itu sangat relatif. Bagi seorang teman yang sudah banyak belajar soal internet marketing dan bisnis online, informasi pada ebook tersebut mungkin biasa-biasa saja, bahkan terlalu biasa. Tapi bagi teman lainnya yang masih sangat newbie atau pemula di internet, bahkan belum paham apa itu bisnis online dan internet marketing, barangkali isi ebook tersebut sangat luar biasa karena merupakan sesuatu yang masih baru, mencengangkan dan tidak terduga!

Jadi, saya TIDAK bisa mengatakan SECARA PASTI apakah ebook seperti itu bagus atau tidak. Namun terlepas dari apapun:

  1. Sebagus apapun ebook tersebut, dia TIDAK AKAN bermanfaat bila Anda tidak mempraktekkan isinya.
  2. Sejelek apapun ebook tersebut, dia AKAN bermanfaat bila Anda mempraktekkan isinya.

Untuk lebih jelasnya, coba baca lagi bagian 02 di atas. Oke?

Tapi agar tidak bingung, saya berikan beberapa tips:

  1. Anda pasti tahu Google, kan? Cobalah bertanya padanya. Gunakan kata kunci yang tepat. Jangan cari artikel atau iklan yang berisi promo produk tersebut. Sebab dapat dipastikan itu 100 persen subjektif! Namanya juga iklan 🙂
    .
    Carilah artikel atau informasi dari orang netral yang memberikan penilaian objektif mereka terhadap produk tersebut. Saya yakin, Anda dengan mudah bisa menemukan hal-hal seperti ini di Google.
    .
  2. Di internet juga terdapat banyak forum diskusi, blog, milis dan media-media lain yang dapat Anda gunakan untuk tempat bertanya. Anda bisa bertanya di Yahoo! Answer, dan siapa tahu nanti ada yang berbaik hati memberikan pendapat. Ada forum diskusi seperti kaskus.com, ajangkita.com, dan sebagainya, yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan penelitian.
    .
    Intinya, jangan bingung. Internet itu gudangnya data.
    .
  3. Sumber belajar di internet itu banyak. Jadi, ebook “program cepat kaya” yang dijual oleh si pembuat ebook tersebut sebenarnya BUKAN SATU-SATUNYA sumber yang bisa Anda gunakan untuk belajar internet marketing atau bisnis online.
    .
    Di internet, banyak sekali sumber GRATISAN untuk belajar bisnis online, internet marketing, dan sebagainya. Bila Anda mau belajar secara sungguh-sungguh dan fokus, insya Allah Anda akan bisa berhasil tanpa harus membeli ebook apapun.
    .
    Namun bila Anda merasa kurang sreg belajar sendiri, boleh deh ebook-ebook seperti itu Anda jadikan sebagai panduan. Silahkan beli. Tapi sekali lagi, camkan baik-baik poin-poin yang telah saya sebutkan di atas. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Secara pribadi, saya merasa lebih sreg untuk belajar internet marketing dan bisnis online di Asian Brain bersama Anne Ahira. Karena di Asian Brain, kita akan dipandu secara bertahap dan terus-menerus. Beda dengan ebook yang hanya dibeli sekali, setelah itu kita usaha sendiri tanpa ada yang memandu lagi.

04. Iklan mereka terkesan “to good to be true”. Bagaimana dong?

kaya mendadak dari internetYa, untuk satu hal ini, saya akui banyak sekali penjual ebook “cepat kaya dari internet” yang berpromosi dengan cara seperti itu. Saya pernah membaca sebuah ebook yang seperti itu, lalu saya bandingkan dengan isi promosi mereka. Kesimpulan saya: Isi ebook tersebut sebenarnya tidak seheboh yang mereka gembor-gemborkan!

Karena itu, dalam hal ini saya menyarankan bagi para penjual ebook “cepat kaya dari internet”. Berhentilah berpromosi dengan cara seperti itu. Masih banyak cara yang elegan untuk beriklan, tapi insya Allah hasilnya tetap luar biasa.

Sekadar referensi, Anda mungkin bisa meniru konsep beriklan yang ditawarkan oleh www.bisnismu.com. Website ini adalah milik Bob Bastian, salah seorang rekan saya di Asian Brain. Maaf, saya bukan berpromosi. Saya hanya mencoba memberikan sebuah contoh beriklan yang santun, simpati, tapi insya Allah tetap efektif.

Ketika menjual ebook “Menerbitkan Buku Itu Gampang!” (MBIG) pun, saya berusaha beriklan dengan cara yang sebaik mungkin. Saya berulang kali memperbaiki teks iklan (sales letter) di situs MBIG, agar isinya semakin bagus dan tidak ada kesan “menyesatkan” bahkan “penipuan”.

Sekadar info, Bob Bastian termasuk internet marketer yang sudah sukses menjadi milyuner di internet dari bisnis affiliate marketing. Info lebih lanjut, coba Anda simak tulisan Dini Shanti yang satu ini, yang bercerita panjang lebar dan cukup informatif mengenai Bob Bastian. Sekadar info, Dini Shanti ini juga salah seorang rekan saya di Asian Brain.

Mohon maaf, bila saya banyak menyebut nama Asian Brain di artikel ini. Terlepas apakah Anda suka atau tidak, saya hendak menyampaikan bahwa DUA hal yang paling sering disampaikan oleh Anne Ahira kepada murid-muridnya adalah:

1. Jangan mempromosikan Asian Brain dengan cara yang menimbulkan kesan bahwa Asian Brain itu program kaya mendadak dan sejenisnya.

2. Jangan sekali-kali mengirim spam!

Terus terang, saya secara pribadi juga sering jengkel membaca iklan yang isinya seolah-olah mengajak kita bermimpi untuk kaya mendadak dalam sekejap. Yang lebih parah, banyak reseller ebook seperti itu yang beriklan dengan cara yang tidak etis seperti mengirim spam. Sebagai moderator milis PenulisLepas, saya seringkali harus repot menghapus puluhan email perminggu yang isinya hanya spam dan iklan-iklan tidak sopan dari orang-orang yang mempromosikan ebook “program cepat kaya” tersebut.

Kembali ke poin empat:
Memang diakui bahwa banyak sekali bunyi iklan “ebook program cepat kaya” yang terlalu mengada-ada, jauh dari logika dan hanya membuat orang bermimpi. Sebagai CALON PEMBELI, Anda sebaiknya tidak mudah tergiur.

Tak ada kesuksesan yang bisa diraih dalam sekejap. “Kaya mendadak” adalah sesuatu yang mustahil, kecuali bila Anda memang lotre Rp 1 miliar. Semua kesuksesan pasti membutuhkan proses!

Dan semoga uraian saya lewat artikel ini bisa membuat Anda berpikir lebih “membumi”.

05. Mereka sering berkata “uang akan datang dengan sendirinya, bahkan ketika kita tidur sekalipun”. Atau “website kita bisa menjadi mesin uang”. Apa maksudnya? Apakah ini masuk akal?

kaya mendadak dari internetUntuk hal yang satu ini, saya akui BANYAK BENARNYA. Itu masuk akal.

LHO KOK?

Begini penjelasannya:

Ada begitu banyak keunggulan bisnis online ketimbang bisnis offline. Satu di antaranya adalah kemampuan bisnis online untuk melakukan OTOMATISASI.

Apakah otomatisasi itu?

Agar mudah dipahami, saya jelaskan pakai contoh saja, ya:

Misalkan Anda membeli ebook dari website saya, www.naskahoke.com/e-mbig (penjualan ebook di website ini sudah tutup, karena kini sudah ada buku berformat cetaknya. Saya menyebutnya hanya sebagai contoh). Maka, langkah-langkah yang akan terjadi pada Anda dan saya adalah:

  1. Anda mengklik menu ORDER untuk melakukan pembelian dengan cara mengisi formulir tertentu.
    .
  2. Setelah itu, Anda akan mendapat EMAIL OTOMATIS dari saya yang berisi penjelasan dan instruksi untuk melakukan pembayaran.
    .
  3. Anda melakukan pembayaran dengan cara mengirim sejumlah uang ke rekening saya.
    .
  4. Setelah itu, saya akan mengaktifkan account Anda. Anda pun bisa mendownload ebooknya.

Coba simak baik-baik ke-4 tahap di atas ya.

Pada tahap 1 hingga 3, yang bekerja adalah ANDA. Saya mungkin sedang liburan di Bali dan tidak sedang online di internet. Tapi pada saat itu, Anda bisa menerima sebuah EMAIL OTOMATIS dari saya (lihat poin 2). Email ini memang benar-benar otomatis, karena sudah diatur oleh sebuah script yang canggih.

Lalu pada langkah ke-3, Anda sudah mengirim uang ke rekening saya, padahal saat itu saya mungkin masih tidur dengan nyenyak di sebuah hotel berbintang lima di Bali. Saya tidak akan tahu soal pengiriman uang Anda sebelum saya mengeceknya sendiri ke rekening saya!

Coba bayangkan bila pada situasi seperti itu, ada 1.000 orang yang mengisi formulir, menerima email otomatis dan setelah itu mentransfer pembayaran ke rekening saya. Apa yang terjadi?

Ya, betul! Seribu orang mentransfer uang ke rekening saya pada saat saya tidur nyenyak! Inilah yang disebut “mendapat serbuan uang bahkan ketika Anda sedang tidur sekalipun!”

Dan ini jugalah yang disebut “website sebagai mesin uang”, karena website yang saya kelola memang telah berhasil menjadi sumber penghasilan bagi saya.

Dalam konteks inilah, apa yang ditanyakan pada poin ke-5 ini sebenarnya SANGAT MASUK AKAL.

Tapi janganlah Anda terbuai oleh cerita ini. Memang kedengarannya sangat indah. Tapi seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Anda tak akan bisa kaya mendadak dalam sekejap.

Bila ada 1.000 orang yang sekaligus mengirim uang ke rekening saya, dan peristiwa ini terjadi secara rutin dan terus-menerus, sebenarnya itu bukanlah hasil yang terjadi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Sebelum “kenikmatan” seperti itu terjadi, YAKINLAH bahwa sebelumnya saya telah melalui berbagai macam perjuangan, suka duka, pengorbanan, bahkan mungkin air mata dan cibiran orang lain yang tidak percaya, dan sebagainya dan sebagainya.

Meminjam istilah Tukul Arwana, semua “kenikmatan” tersebut merupakan kristalisasi keringat yang telah terkumpulkan sejak masa lalu dan melalui proses yang panjang plus berliku-liku.

Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel saya yang satu ini.

06. Memang benar ya, kita bisa mendapat banyak uang dari internet?

kaya mendadak dari internetIni sepertinya pertanyaan paling mendasar, ya? Seharusnya diletakkan di bagian awal 🙂

Jawaban atas pertanyaan ini adalah SANGAT BISA. Banyak orang yang sudah membuktikannya.

Jadi terlepas dari apapun, informasi yang disampaikan lewat ebook “cepat kaya dari internet” tersebut – mengenai cara menjadi kaya lewat internet – ada dan banyak benarnya.

Bahkan, mencari penghasilan atau berbisnis lewat internet jauh lebih mudah dan menyenangkan. Potensi penghasilan pun bisa lebih besar.

Kenapa?

Sebenarnya ini butuh penjelasan yang panjang. Tapi singkatnya begini saja:

Bayangkan bila Anda hendak membuka sebuah toko buku di pinggir jalan raya. Berapa besar modal yang harus Anda siapkan? Berapa gudang yang harus Anda siapkan? Berapa karyawan yang harus Anda bayar gajinya? Berapa jam perhari Anda harus bekerja keras?

Sekarang, coba bandingkan bila Anda membuka toko online seperti Amazon.com. Yang Anda butuhkan hanyalah:

  1. Membeli nama domain. Harganya sekitar Rp 80.000 pertahun (pertahun lho, bukan perbulan!)
    .
  2. Berlangganan webhosting. Harganya bervariasi, tapi saya sebutkan saja angka Rp 100.000 perbulan sebagai ilustrasi.
    .
  3. Membangun website toko online Anda. Ada yang berbayar dan mahal. Tapi yang gratis juga ada, seperti OSCommerce.com.
    .
  4. Membangun sistem otomatisasi, seperti yang saya jelaskan pada poin ke-5 di atas. Harga scriptnya ada yang Rp 250.000, ada punya yang Rp 2 juta. Ada yang lebih murah atau lebih mahal dari itu. Anda bebas memilih yang mana.
    .
  5. Berpromosi. Terapkan kiat marketing yang jitu! Di internet, banyak layanan atau kiat beriklan yang gratis. Kalaupun berbayar, relatif sangat murah.
    .
  6. Sudah. Itu saja 🙂

Nah, Anda dapat membayangkan, bukan? Mencari kekayaan lewat internet itu jauh lebih mudah dan menyenangkan. Dari segi modal pun, dana yang perlu kita siapkan JAUH LEBIH SEDIKIT! Bahkan kita tak perlu punya kantor, tak perlu karyawan, tak perlu gudang, tak perlu segala tetek bengek yang merepotkan.

Dan yang paling mengasyikkan, adanya SISTEM OTOMATISASI seperti dijelaskan di atas, menyebabkan bisnis online menjadi suatu pekerjaan yang JAUH DARI merepotkan. Pekerjaan kita menjadi jauh lebih ringan.

07. Oke saya sudah paham. Kini saya tertarik untuk belajar mencari kekayaan lewat internet. Tapi bagaimana caranya?

kaya mendadak dari internetTentu saja, Anda harus BELAJAR terlebih dahulu.

Di mana?

Banyak sumber belajar yang bisa Anda pilih. Misalnya:

  1. Belajar sendiri secara gratis. Anda tinggal mencari informasinya lewat Google.
    .
    (+) Kelebihannya: Gratis dan jumlahnya SANGAT BANYAK di internet.

    (-) Kekurangannya: Anda bisa bingung harus memilih mana di antara ribuan info tersebut. Anda juga tidak dipandu oleh orang yang lebih ahli, sehingga peluang untuk “tersesat” sangat besar.
    .

  2. Membeli ebook “program cepat kaya” tersebut (yang kita bahas pada tulisan ini).
    .
    (+) Kelebihannya: Harga relatif murah, sebab cukup sekali beli saja. Biasanya, Anda bisa membantu menjual ebook tersebut (reseller) dan mendapat komisi dengan jumlah yang lumayan besar.
    .
    (-) Kekurangannya: Membeli ebook seperti itu tak ubahnya seperti ketika Anda membeli BUKU di Gramedia. Anda baca bukunya, setelah itu Anda belajar dan praktek sendiri.
    .
  3. Belajar internet marketing secara bertahap dan terus-menerus, seperti di Asian Brain (ini yang sampai hari ini saya lakukan).
    .
    (+) Kelebihannya: Belajar internet marketing dan bisnis online secara bertahap, fokus, terarah, dan terus-menerus. Anda akan dipandu oleh ahlinya.
    .
    (-) Kekurangannya: Bagi sebagian orang, biayanya mungkin relatif mahal. Apalagi karena bayarannya perbulan. Tapi anggap saja itu investasi. Bahkan ketika Anda sudah berpenghasilan ribuan dolar dari internet marketing, investasi Rp 200 ribu perbulan akan terasa KECIL SEKALI.

Mana pilihan yang terbaik?

Keputusan di tangan Anda. Silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda. Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

08. Harus jujur, ya. Apakah Pak Jonru sudah membeli dan ikut mempromosikan ebook “kaya mendadak dalam sekejap” tersebut?

kaya_mendadakBaiklah, saya akan jujur 🙂

Ebook dari dalam negeri yang pernah saya beli adalah:

  1. Suksesdariamazon.com (baru dibeli tanggal 6 Juni 2009 lalu). Ebook ini cocok bagi Anda yang masih SANGAT PEMULA di bidang bisnis online/internet marketing, dan ingin fokus mencari penghasilan lewat Amazon.com.
    .
  2. Kebunemas.com (baru dibeli tanggal 17 Juni 2009 lalu). Ebook ini cocok bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi emas.

Apakah sudah ada hasil dari ebook-ebook tersebut?

Nah, ini pertanyaan rancu! Ebook manapun tak akan bisa menghasilkan uang! Yang menghasilkan uang adalah PRAKTEK, atau bagaimana kita mempraktekkan isi ebook tersebut.

Jadi kalau ditanya “sudah berapa banyak penghasilan Anda dari ebook yang Anda beli tersebut?”, maaf saya TAK AKAN PERNAH menjawabnya. Namun bila Anda bertanya, “Sudah berapa banyak penghasilan Anda dari praktek internet marketing dan bisnis online?” Oke ke marilah! Akan saya bisikkan ke telinga Anda 🙂

Kalau Anda tetap memaksa saya untuk menjawab, baiklah:

  1. Ebook Suksesdariamazon.com baru saya beli sekitar tiga minggu sebelum menulis artikel ini. Jadi belum sempat dipraktekkan juga. Tapi isinya lumayan bagus. Nanti kalau ada perkembangan baru setelah saya mempraktekkannya, akan saya coba informasikan lagi ya.
    .
  2. Ebook Kebunemas.com (sebenarnya isinya bukan soal bisnis online, melainkan tentang cara investasi emas) baru saya beli sehari sebelum menulis artikel ini. Jadi belum sempat dipraktekkan juga. Tapi isinya benar-benar luar biasa! Sangat mencerahkan! Top banget deh, pokoknya. Nanti kalau ada perkembangan baru setelah saya mempraktekkannya, akan saya coba informasikan lagi ya.

* * *

Demikian dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Jonru

NB:

  1. Sebagai referensi tambahan, Anda bisa membaca tulisan dari blog Media Ide dan SEO Kita. Klik DI SINI. Kedua tulisan ini justru menyarankan pembaca untuk TIDAK PERCAYA pada program “cepat kaya dari internet”. Sementara saya tidak melarang, namun berusaha menjelaskan seluk beluknya semampu saya. SELANJUTNYA TERSERAH ANDA 🙂
    .
  2. Bagi Anda yang masih sangat pemula di bidang internet marketing dan bisnis online, silahkan download EBOOK GRATIS yang satu ini. Klik di sini.
    .
  3. Silahkan baca artikel terkait:

.

Iklan

59 responses to “Ebook “Cepat Kaya dari Internet”, Layakkah Dibeli?

  1. pernah saya tersesat di webnya joko s , sempat terlitas utk tertarik beli tapi stlah kupikir -pikir kok kok gak rasional ya masa k dia jual e book hrg 100.000 tapi nunjukin screen shoot sekali transaksi 10 000 000 ya aku langsung ngacir mas. Belakangan baru tahu kalo joko jual kucing mati di dalam karung.

    Suka

  2. pbisnis handal

    smua tergantung dari kita aja.anda mau jalankan mobil aja.harus tau aturan.kerja online dngan bisnis online juga beda.

    Suka

  3. terima kasih pak atas informasinya…

    sukses selalu pak!

    Suka

  4. tergantung ebooknya jika benar-benar bagus akan saya beli

    Suka

  5. Kalau emang bagus ya gapapa…. tapi kalau jelek, nyesek juga beli ebook

    Suka

  6. waahhhh ternyata semua itu ada baik dan buruknya ya pak, kalo kita negatif thinking kita bakalan lihat yang jelek, tapi kalo kita positif thinking kita bisa singkirin yang jelek2 dan trus maju…

    Suka

  7. Iya benar pak..Saya juga mengalaminya. Dulu saya pikir setelah membeli ebook seperti itu saya bisa langsung dapat duit. Tapi setelah saya pahami ternyata tidak segampang yang saya kira.Semua macam bisnis baik on atau ofline semuanya butuh kerja keras. Jika di iklan ditawarkan sehari dapat 5 juta itu emang benar, Cuma setelah kerja keras dan pantang menyerah itu di lakukan.

    Suka

  8. wow thanks ms jonru atas pencerahanya, soalny sampai sekarang sy msh binggung tentang ebook yg beredar yg penting kn tace action kn ms jonru,. ^^

    Suka

  9. ya mks pak infonya,sy di asian brain juga dan sdg berjuang praktek ilmunya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s