“Saya Punya Naskah Buku atau Novel. Ke Penerbit Mana Harus Saya Kirim?”


Ini adalah salah satu pertanyaan paling sering yang saya terima dari teman-teman penulis. Dan setiap kali menerima pertanyaan seperti ini, terus terang hati saya langsung jatuh miris.

Betapa tidak! Pertanyaan seperti ini menggambarkan bahwa si penanya tak ubahnya seperti seorang prajurit yang hendak berangkat perang, tapi dia tidak tahu lokasi perangnya di mana, dengan siapa dia akan berperang, bahkan apa penyebab dari peperangan tersebut!

Bila Anda ingin menerbitkan buku, maka BUKU dan PENERBITAN BUKU adalah dua hal yang harus menjadi bagian dari hidup Anda. Dengan kata lain, Anda harus rajin membaca buku dan rajin MEMPELAJARI penerbit buku.

Katakanlah Anda sedang menulis sebuah naskah nonfiksi bertema politik. Maka, yang harus Anda lakukan adalah MENCARI TAHU, penerbit mana saja yang biasanya menerbitkan buku-buku politik. Anda mungkin harus rajin bertandang ke perpustakaan, toko buku, dan pameran buku. Anda mungkin harus membeli sejumlah buku politik dari beberapa penerbit. Lalu silahkan pelajari isinya.

Bila Anda sedang menulis sebuah novel remaja Islami, maka Anda harus MENCARI TAHU penerbit mana saja yang biasanya menerbitkan novel-novel seperti itu. Setelah tahu, Anda sangat disarankan untuk membeli dan membaca beberapa dari novel terbitan mereka. Lalu silahkan dipelajari isinya.

Dari kegiatan-kegiatan seperti ini, insya Allah suatu saat nanti Anda akan tahu, naskah Anda tersebut cocoknya dikirim ke penerbit mana.

Fauzil Adhim, salah seorang penulis best seller di Indonesia, pernah bercerita bahwa sebelum mengirim naskah “Kupinang Kau Dengan Hamdallah” ke Mizan, dia terlebih dahulu membaca beberapa buku terbitan Mizan. Dia mempelajari karakter, misi dan visi Mizan dari buku-buku tersebut. Dia bahkan mempelajari gaya penulisan yang banyak digunakan pada buku-buku terbitan Mizan. Setelah itu, Fauzil Adhim pun menjadi paham, apa yang harus dia lakukan agar bukunya nanti bisa diterbitkan oleh Mizan.

Dan memang terbukti, bukunya tersebut berhasil diterbitkan oleh Mizan, bahkan menjadi best seller.

Sayangnya, banyak sekali penulis – khususnya pemula – yang malas membaca buku. Apalagi mempelajari penerbit-penerbit yang ada.

Maka tidak heran:
Ketika sudah menulis sebuah naskah buku, mereka bingung: Ke penerbit mana harus saya kirim?

Dan pertanyaan seperti yang terdapat pada judul tulisan ini pun banyak muncul di mana-mana. Bagi saya, itu adalah salah satu pertanyaan paling konyol di dunia penulisan. Tapi berita buruknya, hingga hari ini saya masih sering mendengar atau membaca pertanyaan seperti itu yang muncul di mana-mana.

Dan setiap kali ditanya seperti ini, maka mau tidak mau jawaban yang saya berikan pun TERPAKSA sangat mengambang:

“Coba cari penerbit yang misi/visi dan karakter mereka sama dengan naskah Anda. Sebagai penulis, kita memang harus banyak belajar tentang penerbit-penerbit yang ada beserta buku-buku terbitan mereka.”

Berita baiknya, ada juga teman yang merasa puas oleh jawaban mengambang seperti ini. Alhamdulillah.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari penerbit untuk menerbitkan naskah Anda.

NB: Bagi Anda yang masih pemula dan bingung penerbit mana yang cocok untuk naskah Anda, coba baca artikel yang satu ini.

* * *

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda!

Jonru

Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Penulis Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat!”
Buku Pertama di Indonesia yang Tidak Sekadar Berisi Kiat Jitu di Bidang Penulisan,
Tapi Juga MOTIVASI TERBAIK untuk Memandu Anda Mewujudkan Impian sebagai Penulis Sukses!
Klik http://www.PenulisHebat.com

Iklan

86 responses to ““Saya Punya Naskah Buku atau Novel. Ke Penerbit Mana Harus Saya Kirim?”

  1. Dia suka membuat novel. Sudah banyak juga sih. Dan kini ingin coba menrbitkan. Bisakah mizan membantu. Atau stidaknya kami ingin bawa dulu naskahnya. Lalu memberikan pengarahan sebaiknya

    Suka

  2. @Microsoft Office 2007: Maaf saya bukan orang Mizan 🙂

    Suka

  3. Atau alternatif terdahsyat yang semakin popular. Menerbitkan buku sendiri seperti
    buku2 kami 🙂

    Suka

  4. dinda rahmasari

    askoem,.,., sya nak smp kls 3 yg jga tinggal d ponpes,., setiap ad waktu luang yg membosankan biasanya sya menulis ,, entah tulisan itu baik atau bruk,., karna sejak awal sya sudah py cita cita sebagai penulis,., alhamdullillah ponpes yg sya tempati mendkg,., kadang setiap hari liburan pendek ada lomba menulis sebuah naskah cerita tanpa terkecuali,., alhamdullillah sya pernah mendpt juara pertama dcna,.
    hoby iseng iseng nulis saya selama ini alhamdullillah memperoleh hasil,., sya berhasil membuat satu judul novel ygt,, tman tman menmotifasi sya utk menerbitkan bku itu tpi sya merasa tdk percya dri,., karna menurut sya blum pantaslah usia sekecil sya menulis sebuah novel remaja,,
    jka blh tau apakah da penerbit yg rmah dan isa menghargai karya sya ne,.,.,

    Suka

  5. Saya termasuk yang belum berani mengirimkan naskah ke penerbit, nih, Mas..
    Jadinya, nulisnya di blog deh.. Hehe 😛

    Boleh kalo mau mampir baca-baca gratis, boleh yuk! 🙂
    http://nayacorath.wordpress.com

    Suka

  6. Ping-balik: Ini Dia, Tiga Cara untuk Menerbitkan Buku | Jonru on the Web

  7. bagus sekali artikelnya..
    pak, ada yang ingin saya tanyakan tentang penerbitan buku, mohon dibantu..
    saya memiliki seorang teman berkebangsaan belanda yang telah menghasilkan beberapa buku panduan tehnik karate. beberapa waktu lalu dia meminta saya untuk mencari publisher untuk menerbitkan buku-bukunya di Indonesia. terus terang saya bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana. karena saya sangat asing dengan dunia penerbitan. mohon informasinya pak..
    terima kasih sebelumnya.

    Suka

  8. aku bngung kmana yaa novel hrus dkirim, gak taw alamatnya,,,hhehee
    😀

    Suka

  9. bang, ane punya novel juga tuh udah lumayan banyak tapi ane bingung mau di kirimin ke mana..???
    . takut di tolak
    . takut gak dikembaliin
    . takut gak dapat gonor
    . takut di publikasiin ats nama orang lain.
    banyak takutnya deh..!! 😀

    Suka

    • @dian ramdan: Kamu menakutkan hal2 yang belum tentu terjadi. Makanya, jangan terlalu banyak mikir yang enggak2 ya 🙂

      Kalau belum pernah mencoba, gimana mungkin kamu tahu bahwa ketakutan kamu itu benar atau tidak?

      Suka

  10. cristine octaria

    Saya mau bertanya, saya banyak cerita-cerita romantic berbentuk novel, tapi saya bingung, harus kemana saya bawa dan terbitkan, apalagi kondisi keuangan keluarga yang pas-pasan, saya berfikir menjadi penulis adalah hanya angan-angan saya, tapi saya benar-benar ingin jd penulis. anda punya solusi buat saya?

    Suka

  11. benar sekali….saya baru terfikirkan…………trimakasih atas sarannya….

    Suka

  12. pak saya mau share atas novel/cerpen karangan saya tapi gimana ya pak?

    Suka

  13. sya punya banyak novel karangan sya sendiri…tapi saya bingung mau kasih penerbit yang mana….

    Suka

  14. saya sudah membuat sebuah novel…tapi saya bingung kemana saya harus menerbitkannya…mohon bantuannya

    Suka

  15. saya sangat terkesan dengan artikelnya.
    saya punya rencana menerbitkan buku pada saat saya msh latar belakang siswa SMA. karena sya punya impian menjadi penulis SMA pertama . naskah buku saya telah selesai . dan saya memiliki alternatif untuk menerbitkan buku sendiri.
    yang menjadi pertanyaan sya .. bagaimana mengurus marketing sendiri di toko buku seperti GRAMEDIA untuk buku yang ingin di terbitkan….???
    trima kasih

    Suka

    • @Fauzy: Yang kamu tanyakan itu bukan marketing, tapi distribusi atau pemasaran buku. Kalau untuk pemasaran, kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan distributor buku.

      Suka

  16. herlinapitopang

    ASS.Pak saya ingin membuat sebuah artikel kisah nyata hidup saya,,,, dan saya ingin cerita itu di jadikan sebuah novel,,,bagaimana cara nya pak,,,dan mohon deberi petunjuk,,,??

    Suka

    • @herlinapitopang: kalau sudah tahu cara menulisnya, coba langsung tulis saja. Kalau belum tahu, bisa gabung dulu dengan SekolahMenulisOnline.com. Setelah itu, terbitkan di DapurBuku.com.

      Ditunggu ya 🙂

      Suka

  17. herlina pitopang

    terimakasih banyak pak,,,,saya akan bergabung, soal penerbitan nya pak,,, apakah bisa aman,,, mohon maaf .

    Suka

    • @herlina pitopang: Maksudnya aman seperti apa?
      Kalau kamu mau tanya apakah dapurbuku terpercaya atau tidak, saran saya lebih baik bertanya kepada orang lain, bukan pada saya, hehehe… 😀

      Suka

  18. Nur Hasanah H

    terima kasih banyak pak atas infonya. berita ini sungguh menarik. saya jadi belajar kembali apa yang harus saya lakukan agar buku karya saya dapat diteriama oleh penerbit dan orang yang membacanya. sekali lagi terima kasih banyak…….:)

    Suka

  19. Ping-balik: Tiga Cara untuk Menerbitkan Buku | .:: WELCOME | SAEPUDIN ONLINE

  20. bang, bisa gak saya dibantu dikirimin alamat penerbit + visi misi penulisannya mereka juga?

    supaya saya bisa nerbitin ide2 saya neh. thnx, salam hangat

    Suka

  21. uum nursihanto

    salam kenal pak

    saya baru menulis ini sekedar pengalaman saya di tehnik dalam pekerjaan mendirikan base transmister seluler (BTS) dalam tulisan tersebut saya ikut sertakan gambar-gambar selama saya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut

    mungkin naskah saya kurang bermanfaat, maklum pekerjaan tersebut saya kerjakan disela sela kesibukan saya

    bagaiamanakah kalo naskah tersebut agar bisa diterbitkan

    terima kasih

    Suka

  22. yuli setyowati

    Salam kenal Bapak
    Saya punya teman seorang penulis di Oslo,Norway namanya Hatef Mohktar,beliau ingin kerjasama dengan penerbit di sini untuk Novel yang berjudul :The Wrath Merah ‘kisah perjalanan antara dua takdir adalah kisah anak muda yang tinggal di Afganistan pada 1970-an dan Novel ini menjadi Best Seller di Inggris.
    Ke penerbit mana yang seharusnya saya hubungi dan bagaimana caranya ,karena jujur saya buta dalam hal ini.
    Mohon petunjuk dan sarannya.terima kasih

    Suka

  23. harapan saya semoga Bapak segera memberikan petunjuk.

    salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s