Cuma Ngeblog Bisa Dapat Blackberry GRATIS. Mau?


blackberry gratisYa, Anda bisa mendapatkan Blackberry secara GRATIS, hanya dengan rajin ngeblog.

“Bagaimana caranya?”

Maaf, ini bukan penawaran produk, bukan acara bagi-bagi hadiah, bukan hoax bukan scam bukan penipuan. Saya membuat judul seperti di atas, semata-mata agar Anda tertarik untuk membaca tulisan ini, hehehehe… 🙂

Ups…. Tapi jangan sewot dulu 🙂
Seperti biasa, saya ingin menceritakan sesuatu yang insya Allah menarik dan bermanfaat bagi Anda.

* * *

Tanggal 21 Januari 2010 lalu, saya benar-benar mendapat sebuah Blackberry Gemini secara gratis. Penyebabnya, blog yang sedang Anda kunjungi ini – alhamdulillah banget – terpilih sebagai Super Blog (Juara Tahunan alias The First Winner) pada ajang “Internet Sehat Blog Award 2009”. Bahagia? Tentu saja. Bersyukur? Ya iya dong. Bagaimana tidak! Blog saya berhasil terpilih sebagai yang terbaik di antara 14.000-an peserta, dan mejeng secara gratis di website Detikinet.com. Alhamdulillah 🙂

Setelah prestasi ini tercapai, beberapa teman bertanya, “Bagaimana caranya Bang Jonru bisa jadi pemenang? Bagi-bagi kiatnya, dong!”

Nah, tulisan ini merupakan jawaban atas pertanyaan tersebut!
Karena itu, coba simak baik-baik kiatnya di bawah ini, ya….

.

Kiat #01:
Sejak awal, saya mendirikan blog Jonru.net ini dengan niat berbagi. Sharing. Itu saja.
Ya, memang ada juga beberapa tulisan yang isinya tidak berbagi apapun. Itu perkecualian, hehehehe… 🙂

Memang, saya juga sering menulis artikel di sini dengan tujuan untuk mengiklankan sesuatu. Tapi, saya selalu berusaha agar KONTENnya tetap dalam nuansa berbagi. Sehingga pembaca tidak merasa terganggu, bahkan merasa senang karena ISI tulisannya menarik dan bermanfaat bagi mereka. Sekadar contoh, Anda bisa menyimak tiga tulisan berikut:

.

Kiat #02:
blackberry gratisJangan naif! Kalau Anda setelah ini rajin ngeblog karena ingin mendapat Blackberry juga, karena ingin menjadi pemenang lomba blog juga, maka saya katakan dengan tegas, “Ini tujuan yang keliru!”

Yuk kita ngeblog dengan semangat berbagi. Sebab bila niatnya seperti ini, maka insya Allah para pengunjung akan suka pada tulisan-tulisan kita. Mereka akan cinta pada blog kita. Dan bila kondisi seperti ini sudah terjadi, maka hal-hal yang tak terduga bisa datang menghampiri kita!

Contoh “hal yang tak terduga” ini adalah “menjadi pemenang lomba blog”.

Bagi saya sendiri, terpilih sebagai Super Blog hanyalah sebuah bonus, sebuah cambuk, agar saya lebih termotivasi untuk ngeblog, untuk mengisi blog saya dengan hal-hal yang bermanfaat dan menarik bagi kita semua.

Bagi saya, penghargaan atau prestasi tersebut hanyalah bonus atau EFEK SAMPING dari apa yang selama ini saya lakukan.

Bila Anda ngeblog dengan niat-niat yang bersifat jangka pendek seperti ingin menang lomba blog, ingin mendapat uang dari blog dan seterusnya, maka yakinlah bahwa yang namanya stres, kecewa, putus asa, bosan, dan seterusnya, akan gampang menghampiri Anda!

Tetaplah ngeblog dengan niat berbagi, menyalurkan hobi, latihan menulis, eksistensi diri, beribadah, berdakwah lewat blog, dan seterusnya. Pokoknya tujuan-tujuan yang mulia gitu deh 🙂

Bila tujuan Anda seperti itu, maka insya Allah yang namanya uang, popularitas, mendapat penghargaan dan sebagainya – yang notabene hanyalah efek samping – akan datang menghampiri tanpa pernah Anda cari!

Saya sudah membuktikannya. Percayalah!

.

Kiat #03:
blog vs facebookJangan berhenti ngeblog gara-gara asyik ber-Facebook-ria!

Ya, sejak ada Facebook dan website social networking lainnya, banyak orang yang berhenti ngeblog. Ini sangat disayangkan!

Kenapa? Salah satu jawabannya bisa Anda baca pada tulisan Pak Roni Yuzirman yang satu ini >>

Coba simak pula salah satu pengalaman berharga saya karena rajin ngeblog >>

Atau coba simak pendapat Donny BU (blogger, akademisi) mengenai pentingnya ngeblog. Menurut dia, blog bisa mendatangkan 4 manfaat yang berurutan bagi kita, yang dia sebut sebagai 4 X:

  1. eXistence (dengan ngeblog, Anda akan punya eksistensi. Anda akan mulai dikenal. Tapi dengan catatan, buatlah blog dengan konten yang unik. Jadilah diri sendiri, jangan ikut-ikutan. Menulislah dengan hati. Jangan isi blog Anda dengan copy paste semata. Bila isi blog Anda sama saja dengan blog orang lain, maka Anda tak akan dikenal. Nama dan blog Anda hanya masuk pada catatan statistik. Tak lebih dan tak kurang).
    .
  2. eXperience (dengan ngeblog, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Salah satu contohnya bisa Anda simak di sini).
    .
  3. eXperiment (dengan ngeblog, Anda akan tumbuh menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Kenapa? Karena aktivitas ngeblog akan mendatangkan banyak pengalaman berharga, lalu dari pengalaman itu Anda belajar, tahu bagaimana cara menulis yang lebih baik, tahu bagaimana cara berdiskusi dan berkomunikasi yang lebih efektif, dan seterusnya).
    .
  4. eXpertise (bila Anda rajin ngeblog dengan tema A, dan para pembaca suka pada tulisan-tulisan Anda, maka Anda akan dijuluki sebagai seorang pakar di bidang A. Ini merupakan sesuatu yang bersifat hukum alam. Saya alhamdulillah sudah berhasil membuktikannya).

Penjelasan lebih detil mengenai keempat poin di atas, juga mengenai kiat dan motivasi jitu seputar penulisan, bisa Anda baca pada buku terbaru saya, “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”. Di buku ini pula, Anda bisa menyimak bagaimana kiat merintis karir sebagai penulis yang diawali dari blog! Silahkan klik di sini bila Anda penasaran >>

.

Kiat #04:
Coba simak: Apa yang menyebabkan Detik.com, Google. Facebook, Friendster, Kaskus, dan website-website populer lainnya disukai oleh jutaan orang dan menjadi website paling terkenal?

content is kingAnda mungkin bisa memberikan jawaban yang unik untuk masing-masing website. Tapi ada satu jawaban yang berlaku untuk semua website tersebut:
Mereka memberikan hal-hal yang MENARIK DAN BERMANFAAT bagi pengunjung!

Ya, bila Anda ingin punya blog yang disukai oleh banyak orang, banyak pengunjungnya, maka KATA SAKTI yang harus Anda pegang, camkan dan praktekkan dengan serius adalah: MENARIK DAN BERMANFAAT.

Buatlah blog yang isinya menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Inilah rahasia utama dari setiap blog dan website yang sukses!

Agar mahir dan ahli dalam membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung, tak ada salahnya bila Anda bergabung dengan Sekolah-Menulis Online (SMO). Sekarang ada kelas khusus untuk blogger, internet marketer dan pebisnis online, lho. Info detil bisa dibaca di sini >>

.

Kiat #05:
Rajin-rajinlah berpromosi. Sebab blog Anda perlu dikenal oleh orang lain. Blog sebagus apapun tak akan ada artinya bila sepi pengunjung, bila tak ada orang yang mengetahui keberadaannya.

(SANGAT PENTING:
Dalam berpromosi, jangan sekali-kali mengirim SPAM)

Menurut Pak Nukman Luthfie, ada tiga sumber yang bisa mendatangkan trafik kunjungan ke website atau blog manapun:

  1. Direct link
    Para pengunjung mengetik langsung alamat blog Anda di address bar. Biasanya ini bisa terjadi bila mereka sudah hapal alamat blog Anda. Kenapa hafal? Karena mereka rajin mengunjunginya. Kenapa rajin? Karena mereka suka. Kenapa suka? Karena isi blog Anda menarik dan bermanfaat bagi mereka. Nah, coba simak lagi Kiat #04 di atas 🙂
    .
  2. Dari search engine seperti Google dan sebagainya.
    Agar blog Anda dibanjiri pengunjung yang berasal dari search engine, kuncinya adalah Search Engine Optimization (SEO). Silahkan belajar SEO dan praktekkan dengan serius.
    .
  3. Refferal link (dari link yang dimuat di website lain, atau halaman lain di website yang sama)
    Refferal link ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:
    .

    1. Anda dengan sengaja beriklan di website lain. Dalam iklan tersebut, terdapat link yang mengarah ke website atau blog Anda. Untuk hal yang satu ini, yang Anda butuhkan hanya satu: UANG 🙂
      .
    2. Seseorang suka pada tulisan di blog Anda, lalu dia me-link tulisan tersebut di blognya. Nah, agar orang lain dengan sukarela bersedia me-link tulisan di blog Anda, maka Anda harus terlebih dahulu menerapkan kiat #01 hingga #04 di atas 🙂
      .
    3. Anda punya Facebook. Setiap kali ada tulisan terbaru di blog Anda, maka Anda menaruh link tulisan tersebut di status Facebook Anda.
      Nah, sebenarnya inilah KIAT JITU dalam memperlakukan Blog dan Facebook. Blog adalah media pribadi Anda, kerajaan Anda, tempat Anda beraktualisasi diri. Sementara Facebook dan website social networking lainnya bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan blog Anda.
      .
      Dengan kata lain, Anda harus bisa membedakan antara blog dan social networking (seperti Facebook, Twitter, Plurk, dan sebagainya), karena keduanya beda fungsi, beda sifat, beda format, tapi Anda bisa menggunakan semuanya secara SALING BERSINERGI).
      .
      Jadi bila ada orang yang berhenti ngeblog karena kini rajin nge-fesbuk, nge-tweet, atau nge-plurk, maka terus terang dia ini sebenarnya orang yang kurang smart. Kurang pintar memanfaatkan berbagai macam layanan di internet untuk kemajuan dirinya sendiri!
      .
    4. Anda mengirim tulisan ke mailing list (milis) tertentu, lalu menaruh link blog Anda pada tulisan tersebut.
      .
    5. Dan masih banyak lagi 🙂

Kesimpulan:

  1. Agar blog Anda ramai pengunjungnya dari sumber #1 (direct link), maka rahasianya ada pada kiat nomor #04 di atas.
  2. Agar blog anda ramai pengunjungnya dari sumber #2 (search engine), maka rahasinya adalah SEO.
  3. Agar blog Anda ramai pengunjungnya dari sumber #3 (refferal link), maka rahasianya adalah satu atau gabungan dari hal-hal seperti uang (untuk beriklan), silaturahmi dengan para blogger lain, rajin berpromosi di berbagai media lainnya (seperti facebook, milis, dst), dan sebagainya.

Untuk kesuksesan blog Anda, ketiga hal di atas harus dioptimalkan secara berimbang. Sekarang ini banyak orang yang hanya fokus pada salah satu saja. Maka hasilnya adalah: KEGAGALAN DAN KEKECEWAAN 🙂

.

Kiat #06:
be yourself blackberry gratisBlog Anda harus mencerminkan karakter Anda yang unik. Jadi, be yourself 🙂

Jangan ikut-ikutan blog orang lain. Sebab bila ikut-ikutan, Anda hanya akan capek dan stress sendiri.

Jangan isi blog Anda dengan artikel copy paste semata. Bila ini Anda lakukan, maka Anda secara tidak langsung telah “membesarkan” orang lain, sementara Anda sendiri tidak dikenal. MAU?

Jadilah diri sendiri, dan menulislah dengan hati. Inilah salah satu kunci sukses blogger sejati!

.

Kiat #07:
Banyak orang yang tidak berani menulis di blog karena takut tulisannya dibajak.
Hm… untuk hal yang satu ini, silahkan Anda baca artikel yang satu ini >>

Intinya:
Resiko pembajakan memang ada, tapi ini adalah resiko yang amat sangat kecil banget sekali.
Sebenarnya, manfaat yang akan Anda dapatkan insya Allah jauh lebih besar daripada resiko pembajakan tersebut.
Bila dikuantifikasikan, saya bisa menyebut 99 persen untuk manfaat ngeblog, dan 1 persen untuk resiko pembajakan.

Nah, Anda pilih 99 persen, atau 1 persen?

.

Kiat #08:

kiat jitu menulis di internetTak ada salahnya bila Anda belajar menulis secara lebih serius. Kenapa? Sebab yang membuat pengunjung tertarik dan jatuh cinta pada blog Anda adalah KONTEN, bukan yang lain. Dan salah satu jenis konten yang paling dominan di mana-mana adalah TULISAN.

Dengan belajar menulis secara lebih serius, maka insya Allah Anda akan tahu bagaimana cara yang jitu dalam menulis di internet.

Sekadar info:
Keahlian menulis sangat diperlukan untuk kesuksesan bisnis/blog Anda; untuk tujuan SEO, personal branding, public relation, meningkatkan trafik & convertion rate, dan masih banyak lagi.

Jadi kiat ini bukan hanya bagi para blogger sejati, melainkan juga bagi pebisnis online dan internet marketer. Lewat tulisan yang menarik di blog Anda, insya Allah bisnis Anda bisa jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Info detilnya bisa Anda baca di sini >>

“Di mana saya harus belajar menulis?”

Berbahagialah, karena kini ada pelatihan penulisan (jarak jauh, lewat internet) yang ditujukan secara khusus buat para blogger, pebisnis online dan internet marketer.

Silahkan baca info selengkapnya di sini >>

.

Kiat #09:

google gudang dataRajin-rajinlah bertanya pada Paman Google 🙂
Setiap kali Anda ingin mencari sesuatu, misalnya “gimana cara ngeblog”, “bagaimana membuat tulisan yang menarik”, dan sebagainya, silahkan cari dulu di Google.

Internet (atau Google secarah khusus) adalah gudangnya data. Jadi info dan data apapun yang Anda butuhkan untuk kegiatan ngeblog (juga untuk tujuan-tujuan lain), silahkan cari di Google. Insya Allah HAMPIR SEMUA kebutuhan data dan info Anda tersedia di sana. Dan sebagian besar di antaranya GRATIS!

Anda misalnya hendak mencari data tentang cara membuat blog. Maka silahkan masuk ke Google, lalu ketik kata kuncinya, “cara membuat blog”. Lalu lihat apa yang terjadi 🙂

Nah, setelah Anda puas mencari data, belajar secara mandiri, tapi masih mentok juga, baru deh Anda boleh bertanya kepada orang lain yang mungkin bisa membantu 🙂

.
Kiat #10:

Rajin di-update!

Baik manusia maupun mesin pencari sangat menyukai website atau blog yang sering di-update. Dan inilah salah satu alasan kenapa Detik.com disukai oleh banyak orang. Anda pasti sebel melihat website yang selama bertahun-tahun isinya tak pernah berubah, bukan? Kalau Anda sebel, orang lain pun sama.

Karena itu, untuk menjadi seorang blogger sukses, Anda harus konsisten ngeblog. Jangan kumat-kumatan. Buatlah jadwal posting bila perlu.

Tapi rajin update bukan berarti harus posting tulisan setiap hari. Tidak juga! Intinya adalah sering update, rutin, atau berkala. Sekali seminggu atau sebulan sekali tidak masalah. Kuncinya adalah konsistensi Anda, bukan kuantitas!

NB:

1. Untuk menjaga konsistensi dan semangat ngeblog atau menulis Anda, coba baca tulisan yang satu ini >>

2. Mengenai cara menulis (panduan lengkap), coba baca di sini >>

* * *

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda!

Jonru

Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Penulis Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat!”
Buku Pertama di Indonesia yang Tidak Sekadar Berisi Kiat Jitu di Bidang Penulisan,
Tapi Juga MOTIVASI TERBAIK untuk Memandu Anda Mewujudkan Impian sebagai Penulis Sukses!
Klik http://www.PenulisHebat.com

Iklan

208 responses to “Cuma Ngeblog Bisa Dapat Blackberry GRATIS. Mau?

  1. cara daftar blog gimana ?

    Suka

  2. mantap…. banyak belajar dari abang,,,,

    Suka

  3. Wah lengkap sekali Mas Jonru tips tips nya..
    Membuat saya sedikit demi sedikit update artikel batik nya.

    Terimakasih 🙂

    Suka

  4. Apakah ada dalam bentuk PDF Download ya Mas ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s