Cara Jitu dalam Meniru Orang Sukses


meniru orang suksesAnda iri pada orang sukses dan ingin menirunya? Itu bagus. Siapa tahu suatu saat nanti Anda bisa sesukses atau jauh lebih hebat dari mereka.

Sayangnya, selama ini kebanyakan orang melakukan peniruan dengan cara yang keliru. Setelah novel Ayat Ayat Cinta (AAC) menjadi best seller, banyak penerbit dan penulis yang dengan serba latah menirunya. Mereka menulis dan menerbitkan novel yang gayanya – termasuk desain covernya – dimirip-miripkan dengan AAC. Bahkan ada penulis novel seperti ini yang menggunakan nama yang mirip nama penulis AAC.

Di dunia bisnis pun sama saja. Ketika ada orang yang sukses berjualan bakso, serta-merta orang lain pun ramai-ramai berjualan bakso. Mereka beranggapan bahwa bila ada orang yang sukses di bidang A, artinya orang lain pun bisa sukses di bidang tersebut.

Memang, keputusan untuk meniru sukses adalah hak setiap orang. Tapi fakta juga membuktikan bahwa TAK PERNAH ada peniru yang bisa lebih sukses dari pihak yang mereka tiru. Kalaupun ada yang lebih sukses, itu karena mereka tidak sekadar meniru, namun juga melakukan modifikasi dan inovasi di sana-sini. Jadi mereka meniru tapi disertai kreativitas.

Kenapa bila ada orang yang sukses di bidang A, kita justru gagal di bidang tersebut? Sebab pada dasarnya setiap orang itu unik. Akibatnya, sukses setiap orang pun unik.

Opick dulu memulai karir sebagai penyanyi lagu rock, dan dia gagal. Lalu ketika beralih ke musik religi, dia sukses luar biasa. Kenapa? Karena jalur sukses Opick ternyata di musik religi, bukan di musik rock.

Saya pun dulu merintis karir kepenulisan dengan menghasilkan karya-karya cerpen dan novel. Sebuah novel (Cinta Tak Terlerai) dan sebuah kumpulan cerpen (Cowok di Seberang Jendela) saya telah terbit pada tahun 2005 lalu. Tapi, seperti yang pernah saya tulis di sini, ternyata perjalanan karir saya di dunia fiksi sangat lambat, kalau tidak mau disebut gagal 😦

Barulah ketika mengubah haluan menjadi penulis nonfiksi, khususnya lewat internet, alhamdulillah saya merasa bahwa jalan menuju sukses terasa jauh lebih lancar.

Ternyata, jalur sukses saya adalah di dunia penulisan nonfiksi, BUKAN fiksi. Bahkan lebih spesifik lagi, pada bulan Agustus 2007 saya menemukan bahwa saya ternyata lebih cocok menjadi “mentor kepenulisan” ketimbang “penulis naskah-naskah pesanan”. Saya menemukan sebuah fakta bahwa ternyata saya seorang creator (berdasarkan teori Wealth Profile-nya Roger Hamilton). Sejak saat itu, saya memutuskan untuk berhenti mengerjakan SEMUA proyek pesanan, dan fokus dalam mengelola Sekolah-Menulis Online (SMO).

* * *

meniru orang suksesKarena setiap orang itu unik, dan jalur suksesnya pun unik, maka meniru APA yang dilakukan oleh orang sukses adalah langkah yang keliru. Bila Anda menjadi pedagang bakso hanya gara-gara ingin meniru tetangga sebelah yang sukses berjualan bakso, plus tak ada motivasi selain itu, plus lagi Anda ternyata tak tahu seluk beluk bakso, plus lagi bakso bukan bagian dari minat atau hobi Anda, maka yang namanya kegagalan tinggal menunggu waktu 🙂

Langkah terbaik dalam meniru orang sukses bukanlah dengan cara meniru APA yang mereka lakukan. Tapi pelajarilah BAGAIMANA CARA mereka dalam meraih sukses. Mereka dulu bekerja keras, tak kenal menyerah, fokus pada tujuan, selalu berpikir positif, dan seterusnya dan seterusnya. Begitulah CARA mereka dalam meraih sukses. Maka CARA inilah yang seharusnya kita tiru.

Intinya, yang kita tiru adalah CARANYA, bukan APANYA.

penulis hebatMengenai CARA MENUJU SUKSES, telah saya jelaskan secara detil pada buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”. Di buku ini saya menjelaskan 9 (sembilan) langkah untuk mewujudkan APAPUN keinginan kita, yakni:

1. Dream
2. Declare
3. Believe
4. Focus
5. Action
6. Tools
7. Strategy
8. Soft Skills
9. Receive

Silahkan baca penjelasan selengkapnya pada buku ini. Cara mendapatkannya bisa Anda simak di www.penulishebat.com 🙂

* * *

“Oke, kalau setiap orang punya jalur sukses yang berbeda-beda, berarti saya juga begitu, dong?”

“Benar.”

“Tapi saya merasa belum menemukannya. Bagaimana cara menemukan jalur sukses saya?”

Jawaban atas pertanyaan ini pernah saya jelaskan pada dua tulisan saya berikut:

Ingin Menemukan Lentera Jiwa? Ini Kiatnya!
[Kiat Sukses] The Power of KONSISTEN

Intinya: follow your passion, tekunilah hal-hal yang paling Anda minati, hal-hal yang menjadi hobi terbesar Anda.

* * *

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda!

Jonru
Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Penulis Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat!”
Buku Pertama di Indonesia yang Tidak Sekadar Berisi Kiat Jitu di Bidang Penulisan,
Tapi Juga MOTIVASI TERBAIK untuk Memandu Anda Mewujudkan Impian sebagai Penulis Sukses!
Klik http://www.PenulisHebat.com

Iklan

45 responses to “Cara Jitu dalam Meniru Orang Sukses

  1. Ping-balik: Tweets that mention Cara Jitu dalam Meniru Orang Sukses | Jonru on the Web -- Topsy.com

  2. Saya pembaca setia blog anda..beberapa tulisan anda benar-benar menginspirasi saya untuk mulai mencoba menulis. Semoga anda bisa terus membuat tulisan inspiratif khusus untuk pemula seperti saya. Salam sukses.

    Suka

  3. memang keren tulisan bapak……
    hal yang saya tangkap kita tidak hanya menjadi seorang yang imitative tapi juga berpikir untuk setidaknya berinovasi dalam hal yang sudah orang temukan atau setidaknya menjadi founder seperti bapak…..

    Suka

  4. Hehe.. wah bagus om artikelnya. Akan tetapi sebenernya meniru itulah justru mereka sedang mencari arahnya, seperti halnya meniru gaya tulisan orang lain, apa akan terus meniru seperti itu terus? Pastilah lama-kelamaan mendapatkan gaya bahasa tersendiri. Jadi intinya meniru itu adalah pembelajaran kita saat TK, dan apakah kita harus masuk di TK terus? Pastilah suatu saat kita harus naik SD, dan saat itulah kita harus mencari arah sendiri. Agak ribet ya om 😦

    Salam sukses Om Jonru.

    Suka

  5. @Pai: Betul, meniru memang bagian dari proses pembelajaran
    Tapi yang saya maksud dalam artikel di atas bukan seperti itu. Banyak orang yang meniru dengan niat, “Saya juga ingin mengekor kesuksesan dia” 🙂

    Suka

  6. Tulisan pak Jonru menginpirasi saya, Thanks…..

    Suka

  7. hello mas Jonru –
    saya langsung bookmark blog ini…
    luar biasa banget… izin menimba ilmu dari sini ya…

    Suka

  8. wah mantab bangets tipnya, tapi bagi saya utk memulai utk action sulit banget. makasih pak jonru.

    —–
    Oh iya sekalian mau ngasih info ada kontes nulis “Kontes Nulis “NgeBlog dan Berangkatlah ke Belanda” [http://arisnb.nulis.web.id/kontes-nulis-ngeblog-dan-berangkatlah-ke-belanda.html] info aslinya di “http://kompetiblog2010.studidibelanda.com” mungkin ada rekan2 pembaca blog pak jonru yg ingin ikutan. Ditawarkan hadiah netbook juga lho.

    Suka

  9. @Arisnb: Di mana2, yang namanya memulai memang sulit semua
    Karena itu, rasa berat dan sulit itu harus dilawan
    Btw anda kan sudah action dengan adanya info lomba di atas
    Sukses ya 🙂

    Suka

  10. Alhamdulillah dan terima kasih saya ucapkan kepada pak jonru.

    saya banyak terinspirasi dari tulisan-tulisan anda pak. mulai saat itu saya mulai menyenangi dunia tulis menulis, alhamdulillah saya telah menjadikan itu suatu sarana belajar saya yang saya aplikasikan dalam bentuk Blog,

    [Mohon Bimbingan Selanjutnya Di Blog Saya Pak]

    Meskipun saya menulis mengambil Mindsite “Ide Bisnis” tapi sampai saat ini saya memang merasa lebih enjoy dan lebih mau membaca artikel-artikel tenang itu dari pada lainnya.

    Apakah ini baik bagi saya pak Jonru?

    Suka

  11. Saya paham betul gimana rasanya menjadi peniru. Saat saya baca artikel-artikelnya mas Jonru, saya pernah nyoba mengikuti gaya penulisan mas Jonru untuk blog saya tapi hasilnya bukan bagus malah parah :-).

    Suka

  12. hello mas Jonru –
    saya langsung bookmark blog ini…
    luar biasa banget… izin menimba ilmu dari sini ya…

    Suka

  13. saya setuju mas jonru,kalau meniru sukses orang lain sangat perlu sekali agar kita bisa mengikuti jejak mereka dalam mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

    Suka

  14. Sebagai seorang pebisnis tentunya kita tidak hanya meniru produk penjualan,tetapi harus memodifikasi sistem agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

    Suka

  15. wah2,, semakin banyak penulis yang terjun juga di dunia online… mantab pak…

    Suka

  16. Salam kenal mas Jonru, saya segera bookmark nih, supaya bisa belajar banyak dari mas Jonru.
    Silahkan mampir ke rumah bila sedang jalan-jalan sehat mas…TQ

    Suka

  17. Memang seharusnya dalam hal tiru-meniru tidak meligi atau polos tomo asal meniru tapi harus di sertai dengan upaya kreativitas yang lebih unggul,

    Suka

  18. Kunjungan pertama Pak, membaca artikel ini serasa menyantap makanan favorit saya, nikmat dan mengenyangkan. 🙂

    Semoga dengan artikl ini budaya latah mulai berkurang kalau sulit dikatakan hilang, semoga saja.

    Salam kenal Pak Jonru…

    Suka

  19. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

    Suka

  20. Waw…., great share Mr. Jonru, sebuah ulasan yang mencerahkan, terutama kalau kita sering ikut-ikutan dan ternyata gagal, perspektif Mr Jonru is totally relieving…, thanks for the share…..

    Suka

  21. salam kenal, ini kedua kalinya saya membuka situs ini, saya membaca newsletter belajar menulis online saya yang pertama tadi pagi, setelah membacanya koq saya jadi pingin curhat ya? kalau ingin mengirim email ke pa jonru kemana ya?
    trims.

    Suka

  22. @Heni: Kalau menghubungi saya, baiknya via Facebook saja. Kalau via email, sering terlewat karena banyaknya email yang masuk.
    Facebook saya di http://www.facebook.com/jonru2

    Suka

  23. Setuju sekali saya. Meniru mungkin bisa jadi jalur cepat untuk menuju ke kesuksesan. Tapi, hanya orang-orang kreatif sajalah yang bakal bisa meraih kesuksesan dan menggenggamnya lebih lama. Kreatif adalah kuncinya.

    Suka

  24. ok pa, kalo mau kirim naskah biar bisa di komenin sama bapa lewat fb juga ya? 😛 (gaptek nih). aku suka nulis tapi belum pernah nyoba ngirim tulisanku kemanapun (sebenernya karena jarang ada yang selesai sampai ‘the end’ yang mau aku kirim ke bapa cerpen pertamaku yang berhasil selesai, fiksi remaja) kadang suka niru-niru gaya cerita buku yang habis aku baca jadi pas jurus menirunya udah habis, buntu deh. hehehe……., kadang jadi mikir “niru aja susah apalagi menciptakan sendiri sesuatu yang benar2 baru ya?”.

    Suka

  25. Saya pertama tahu Mas Jonru dari Ebook yang saya dapatkan secara gratis, terus saya kunjungi Blog ini. ternyata banyak banget pengetahuan yang saya dapat dari Blog ini. Terima kasih..

    Suka

  26. @Heni: Jangan salah
    Justru menulis dengan ide sendiri jauh lebih mudah daripada meniru
    Percaya deh 🙂

    @Kerja cerdas: Salam kenal juga

    Suka

  27. Kalau saya tidak seperti kebanyakan orang. Saya hanya melakukan apa yang suka, saat ini suka menulis tutorial ya menulis tutorial. Lagi maunya meniru ya meniru. Ga ada pertimbangan panjang, yang penting menyenangkan buat saya.

    Terima kasih atas sharingnya.

    Suka

  28. Mas Jonru, Buku anda MBIG sangat luar biasa. banyak hal baru yan saya peroleh dengan membaca buku tersebut. Sekarang saya sudah selesai menulis satu buku “MAPLE Solusi Cerdas Belajar Kalkulus”. Buku ini rencananya akan saya terbitkan sendiri dan sudah memperoleh ISBN dari perpusnas. Akan tetapi, saya menghadapi permasalahan dalam urusan percetakan. Kalau bisa, saya ingin meminta nasehat dari mas Jonru supaya merekomendasikan percetakan yang menurutnya bagus. Selanjutnya bagaimana cara melakukan perjanjian dengan percetakan yang ada di luar kota saya (Makassar). Karena saya takut jangan sampai ada penipuan. Terima Kasih. Sukses Selalu dan Terus Berkarya.

    Salam dari Makassar

    Suka

  29. @Rustan: Terima kasih banyak karena sudah membaca buku saya. Alhamdulillah bila bermanfaat.
    Soal percetakan, sebenarnya tak perlu ada perjanjian khusus. Yang penting kita secara intensif memantau proses kerja mereka, bahkan kalau boleh kita harus cerewet. Sebab sering terjadi, hasil cetak benar2 berbeda dengan yang kita harapkan. Dan yang penting, jangan menyerahkan pembayaran (kecuali uang muka) sebelum barang mereka kirim.

    Oh ya, pastikan percetakan yang Pak Rustan pilih sudah terbiasa mencetak buku, dan mereka punya mesin cetak yang besar. Jadi bukan percetakan rumahan yang mesin cetaknya seadanya, dan hasilnya pun biasanya mengecewakan.

    Bila berminat, kebetulan saya punya tim yang bisa menangani masalah percetakan buku tersebut. Silahkan hubungi saya di nomor 085217014194

    Salam sukses ya!

    Suka

  30. mantep boss, keep update dan berbagi

    Suka

  31. saya juga akan banyak belajar dari penulis terkenal

    Suka

  32. wah jangan.. jangan saya kena penyakit latah juga ya mas.. selama ini saya nulis tips internet peminatnya banyak tp saingan jg banyak, bakat asli saya teknisi elektro apa saya harus nulis tentang selukbeluk teknisi ya? sarannya mas Jonru trim salam kenal

    Suka

  33. Bang Jonru Yth.,

    Many thanks for ilmunya. Luar biasa banget, dan banyak kemiripan dengan pengalaman saya ketika mulai menulis. Huihh, mentok terus… Mohon ijin untuk link blog sampeyan di blog saya ya Bang. Tengkyu before.

    Nugroho (http://ilmuserangga.wordpress.com)

    Suka

  34. Ping-balik: Startup Lokal dan Mimpi Menjadi "The Next Koprol" | Jonru on the Web

  35. kalau saya lebih suka mempelajari teknik-tekniknya

    Suka

  36. Memang tip dari bang Jonru sangat mudah dan harus dilaksankan, harus ada action bila tidak ya tidak akan berhasil.

    Harus kita tularkan cara mudah menulis ini kepada anak didik, murid, tk sejak
    muda… semuanya agar ketakutan menulis ini tak ada lagi dalam hati…

    Oh ya jika ada rekan yg mau coba belajar menulis, silahkan mampir ke website saya, ada hadiah utk penulisan anda. Silahkan!

    Terimakasih 🙂

    Suka

  37. Kalau saya meniru hal yang positif biasanya

    Suka

  38. mantep artikelnya Pak jonru, amati tiru dan modifikasi 🙂

    Suka

  39. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    Suka

  40. Setiap Yg dituliskan mas jonru Blognya, benar-benar menginsfirasi saya untuk melangkah menuju kesuksesan…

    Terima kasih Mas ilmunya, Saya Bookmark Blognya….

    Suka

  41. Ping-balik: Ini Dia 6 Keistimewaan @Poconggg | Jonru on the Web

  42. Nice share bro
    terus kembangkan kreasimu,,,

    Suka

  43. Ping-balik: Cara Jitu dalam Meniru Orang Sukses « herdiansyah36stmikpringsewu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s