[Article Marketing] Cara Jitu Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan di Blog Anda!


article marketingSecara umum, menulis di blog itu tak ada bayarannya. Anda menulis di blog Anda sendiri, lantas siapa yang bayar honornya? Tak ada! Tentu beda dengan media cetak seperti koran, tabloid atau majalah. Setiap tulisan yang dimuat umumnya mendapat honor.

Memang, bila diteliti lebih lanjut, ada juga website yang memberikan honor untuk setiap tulisan yang dimuat (tapi jumlah web yang seperti ini tidak banyak). Ada juga pola bisnis tertentu, yang memungkinkan kita mendapat penghasilan dari iklan-iklan yang dimuat di blog kita (misalnya Google Adsense). Dan masih banyak sebenarnya peluang penghasilan dari tulisan-tulisan kita yang dimuat di blog.

Tapi, kali ini kita TIDAK membicarakan hal-hal di atas. Saya hendak mengajak Anda mengenal sebuah jenis tulisan yang disebut article marketing. Ini adalah jenis tulisan bisa mendatangkan penghasilan bagi Anda!

Seberapa besar penghasilannya?
Tentu saja, sangat tergantung dari banyak hal. Karena itu, saya tidak akan secara spesifik menyebutkan jumlahnya 🙂

Oke, kalau begitu, tolong jelaskan dulu apa itu article marketing!
Baiklah!
Menurut Wikipedia, Article Marketing adalah:

“….a type of advertising in which businesses write short articles related to their respective industry….” (Ada masih banyak lagi lanjutannya, tapi saya kira yang ini saja sudah cukup untuk membuat Anda paham).

Intinya, article marketing itu sama saja seperti tulisan-tulisan pada umumnya. Ia biasanya berisi kiat, tips atau informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Misalnya, di sebuah blog tentang fotografi, Anda membaca sebuah artikel dengan judul “Kiat memotret di dalam air”. Tentu saja, artikel seperti ini sangat menarik dan bermanfaat bagi siapa saja yang hobi memotret dan menyelam, bukan?

Betul. Tapi dari mana penghasilannya? Contoh yang Anda berikan ini kan cuma artikel biasa!
Memang, itu hanya artikel biasa. Yang membuatnya disebut sebagai article marketing adalah: Di dalam tulisan ini si penulis menyelipkan iklan sebuah produk, yakni “kamera underwater”. Ya, iklan ini diselipkan dengan cara yang sangat halus, misalnya dengan kalimat seperti berikut.

….Saya berharap, semoga tips yang saya berikan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memotret di dalam air.
Kebetulan nih… saya mengenal sebuah kamera underwater yang sudah terbukti sangat bagus untuk memotret di dalam air. Bila Anda tertarik untuk memilikinya, silahkan hubungi saya di nomor……. Tersedia diskon menarik bagi 10 pemesan pertama. Jadi buruan, ya. Jangan sampai keduluan orang lain….

Dari gambaran di atas, saya yakin Anda kini sudah paham. Penghasilan dari article marketing BUKAN berasal dari honor pemuatan artikel tersebut. Penghasilannya bersifat TIDAK LANGSUNG, yakni ketika si pembaca membeli produk yang kita iklankan.

article marketingO, begitu ya. Saya paham sekarang. Tapi buat apa capek-capek bikin artikel, kalau tujuannya cuma beriklan? Pasang banner aja kan bisa. Jauh Lebih mudah dan praktis!
Anda betul! Untuk beriklan di blog, sebenarnya kita bisa menempuh cara yang sangat mudah, yakni memasang banner produk tersebut. Anda misalnya ingin mengiklankan Sekolah-Menulis Online di blog Anda. Maka Anda cukup mengambil kode HTML bannernya di WebMerdeka.com, lalu dipasang di blog Anda. Beres! Tak perlu repot-repot menulis artikel.

Ya, kalau dilihat dari kepraktisan dan kemudahannya, memang memasang banner atau link itu jauh lebih mudah.

Tapi saya punya sebuah pengalaman menarik:

  1. Selama bertahun-tahun beriklan dengan cara memasang banner atau menempatkan text link di blog saya, hasilnya hampir tak ada sama sekali!
    .
  2. Ketika saya gencar beriklan pada status updates di Facebok, banyak orang yang merasa terganggu.
    .
  3. Dulu saya pernah menulis artikel untuk mempromosikan TDW University. Setelah itu, saya berhenti berpromosi. Tapi secara ajaib, setelah itu saya selalu mendapat komisi SETIAP BULAN dari hasil penjualan TDW University. Benar-benar ajaib! Saya mendapat passive income tanpa harus melakukan apapun!

Pengalaman di atas menbuat saya berkeyakinan, bahwa berpromosi lewat tulisan merupakan SALAH SATU kiat jitu untuk mendapatkan penghasilan di internet. Dan ternyata bukan cuma saya:

– Pak Joko Susilo pun pernah membahas hal ini secara khusus di sini >>

– Mas Lutfi Avandi pun pernah membahas hal ini secara khusus di sini >>

Mengapa beriklan lewat article marketing jauh lebih efektif?
Untuk menjawabnya, coba simak dua poin unik berikut, yang pasti disetujui oleh (hampir) semua orang:

  1. Pada dasarnya orang TIDAK SUKA membaca iklan.
  2. Sebaliknya, orang akan SANGAT SUKA bila kita memberikan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.

Contoh konkrit:
Para cerpenis pemula akan sangat senang bila Anda suguhi “kiat menulis cerpen”, dan kemungkinan besar tidak suka bila disuguhi “Info kursus menulis cerpen” (kecuali yang gratis) 😀

Dua faktor di ataslah yang menjadi ALASAN KUAT kenapa article marketing merupakan salah satu format beriklan yang PALING JITU. Kita memberikan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi para pembaca, sehingga mereka sangat suka. Sebaliknya, hal yang paling mereka hindari (iklan) kita selipkan di dalam tulisan dengan cara yang sangat elegan dan halus, sehingga mereka tidak sadar bahwa kita sedang beriklan 🙂

Sebaliknya:

  1. Karena kita memberikan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, maka mereka akan berterima kasih dan jatuh simpati pada kita.
    .
  2. Karena sudah jatuh simpati pada kita, maka peluang mereka untuk membeli produk yang kita iklankan pun menjadi besar.
    .
  3. Karena “iklan” disajikan dalam format tulisan yang informatif, maka ini adalah media jitu bagi calon konsumen untuk mengenal produk kita secara lebih mendalam. Ketika seseorang sudah mengenal sebuah produk secara sangat mendalam, maka peluang dia untuk membeli pun sangat besar.
    .
  4. Tulisan-tulisan kita merupakan sarana jitu pula untuk lebih mengakrabkan diri dengan para pembaca. Ketika para pembaca sudah merasa akrab dengan kita, dan mereka sudah mengenal kita dengan baik, maka peluang mereka untuk membeli produk kita pun sangat besar (Pak Joko Susilo misalnya, mengakui bahwa sejak dia rajin menulis di blog pribadinya, penjualan produknya (formulabisnis.com) pun melonjak dengan sangat pesat!)

Nah, sekarang…. Anda pilih yang mana:

  1. Beriklan dengan cara yang sangat mudah, yakni memasang banner atau text link di blog Anda, tapi hasilnya tak seberapa, bahkan sering tak ada hasilnya sama sekali? Atau:
    .
  2. Beriklan dengan cara yang sedikit lebih repot dan menyita waktu, yakni menulis article marketing, tapi hasilnya insya Allah sangat luar biasa?

Apapun pilihan Anda, saya ingin menyarankan satu hal:
Dalam beriklan di internet, jangan hanya mengandalkan sarana banner atau text link. Yakinlah, hasilnya tak seberapa, bahkan lebih sering tak ada hasilnya sama sekali!

.

Kiat Menulis Article Marketing

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan teknisnya, ya….

  1. Menurut pengalaman saya, proses penulisan article marketing biasanya DIAWALI oleh satu di antara dua alternatif berikut:
    .

    1. Sejak awal, saya sama sekali tidak berniat mengiklankan apapun. Saya menulis dengan niat berbagi saja, karena memang ada hal yang hendak saya sampaikan kepada pembaca. Tapi dalam proses menulis, saya berpikir, “Sepertinya produk A cocok untuk dipromosikan lewat tulisan ini.”
      .
      Contoh tulisan yang saya buat dengan proses seperti ini adalah “Ini Dia, Penerbit yang Menerima Naskah dari Penulis Pemula”. Coba lihat bagaimana saya menyelipkan iklan buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang! di bagian bawah.
      .
    2. Sejak awal, saya memang berniat membuat tulisan untuk mengiklankan sesuatu. Lalu saya mencari ide tulisan yang temanya kira-kira nyambung dengan produk yang diiklankan.
      .
      Contoh tulisan yang saya buat dengan proses seperti ini “Mengapa Semua Penulis WAJIB Belajar Jurnalistik?” (Karena sejak awal saya memang berniat untuk beriklan lewat tulisan, maka NUANSA IKLAN pada tulisan ini sangat kentara. Dengan demikian, Anda pasti setuju, bahwa alternatif nomor 1 di atas sebenarnya jauh lebih baik)
      .
  2. TAK DAPAT DITAWAR-TAWAR: Tulisan Anda haruslah menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Sebab seperti yang saya jelaskan di sini:”….bila Anda ingin punya blog yang disukai oleh banyak orang, banyak pengunjungnya, maka KATA SAKTI yang harus Anda pegang, camkan dan praktekkan dengan serius adalah: MENARIK DAN BERMANFAAT.”
    .
    Jadi bila Anda ingin beriklan atau berpromosi lewat tulisan, SELALU USAHAKAN agar isi tulisan tersebut tetap menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Buatlah pembaca merasa tertarik membaca tulisan Anda, buatlah mereka berpikir, “Wah, artikel ini sangat saya butuhkan!”
    .
    Janganlah saking semangatnya untuk beriklan, Anda membuat kalimat-kalimat yang isinya hanya promosi demi promosi, dan secara meyakinkan pembaca akan SEGERA meninggalkan blog Anda!
    .
  3. Sehubungan dengan poin nomor 2 di atas, maka jenis tulisan yang sangat cocok untuk article marketing adalah:
    .

    1. Tulisan jenis how to (tips trik atau kiat). Contoh: Kiat merakit komputer, kiat menulis cerpen, trik jitu dalam mencari jodoh, dan seterusnya.
      .
    2. Tulisan referensi, yakni tulisan yang berisi data atau informasi penting, dan memang dibutuhkan oleh pembaca. Contohnya tulisan saya yang seperti ini adalah “Ini Dia: 101 Website Penulisan Terbaik 2008” dan “[Self Publishing] Cara Mendapatkan Nomor ISBN”.
      .
    3. Dan jenis tulisan-tulisan lain yang sifatnya menarik dan bermanfaat bagi pembaca (silahkan Anda tambahkan sendiri, ya….)
      .
  4. Setiap kali membuat tulisan, cobalah SELALU berpikir seperti seorang ahli marketing. Pikirkanlah selalu, “Bagaimana caranya agar saya bisa mempromosikan sesuatu lewat tulisan ini?” Sebab sayang sekali bila tulisan Anda dibaca oleh jutaan orang, tapi Anda melewatkan kesempatan untuk mempromosikan sesuatu pada mereka. Sayang sekali!

article marketingKiat Tambahan:
Yang ini khusus bagi Anda yang bergabung dengan program afiliasi atau reseller:

Misalkan Anda sudah bergabung dengan Program Afiliasi dari WebMerdeka.com. Seperti yang Anda ketahui, saat ini produk yang ditawarkan di WebMerdeka.com adalah Sekolah-Menulis Online dan Ebook “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”.

Katakanlah suatu ketika Anda membuat sebuah tulisan yang biasa-biasa saja. Tulisan ini sama sekali tidak Anda niatkan untuk mengiklankan apapun. Misalnya, Anda menceritakan pengalaman ketika bertemu untuk pertama kalinya dengan saya (hehehe… narsis dikit!). Maka Anda menulis (misalnya) seperti ini:

Senang sekali, akhirnya saya bertemu dengan Jonru, pemilik Sekolah-Menulis Online (SMO).

Lalu, pada teks “Sekolah-Menulis Online (SMO)”, Anda memasukkan link ke website SMO, yakni www.sekolahmenulisonline.com. Seperti ini:

Senang sekali, akhirnya saya bertemu dengan Jonru, pemilik Sekolah-Menulis Online (SMO).

Nah, bila yang Anda masukkan benar-benar link www.sekolahmenulisonline.com, maka ini menguntungkan saya, tapi tidak menguntungkan Anda. Kenapa? Karena bila ada orang yang mengklik link itu, lalu dia bergabung dengan SMO, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendapat komisi apapun dari SMO.

Karena itu, tentu lebih asyik bila Anda mengganti link ke website SMO tersebut menjadi link afiliasi Anda.

Kasus Menarik:

  1. Salah seorang anggota Program Afiliasi WebMerdeka.com, Yons Revolta, selama dua bulan terakhir ini sudah mendapat komisi yang lumayan banyak. Rahasianya: Setiap kali menulis apapun di internet, dia selalu mengubah link website SMO yang asli (www.sekolahmenulisonline.com) menjadi link afiliasi dia.
    .
  2. Saya sudah lama mempraktekkan kiat seperti ini. Setiap kali menulis apapun di internet, dan dalam tulisan itu saya HARUS menyebut nama Anne Ahira, maka nama dia ini langsung saya link ke www.sekolahasianbrain.com (ini adalah alamat link afiliasi saya). Setiap kali menyebut nama Tung Desem Waringin di dalam tulisan-tulisan di blog saya, nama beliau selalu saya link ke website www.tdwdahsyat.com (ini juga link afiliasi saya). Demikian seterusnya.
    .
    Nah, coba Anda juga mempraktekkan hal seperti ini dalam menulis APAPUN di blog Anda!

Sebagai penutup, saya akan menceritakan sebuah pengalaman ketika saya menerima penghargaan Super Blog (Juara Tahunan) pada ajang Internet Sehat Blog Award 2009 beberapa waktu lalu. Sebelum acara pengumuman pemenang, Pak Onno W. Purbo selaku moderator acara sempat meminta hadirin untuk memperkenalkan diri dan bercerita tentang blog masing-masing.

Ketika tiba giliran saya, dengan gaya bercanda saya mengatakan:

“Selama ini saya telah berhasil menipu banyak orang lewat blog saya, www.jonru.net. Mereka tidak sadar bahwa isi blog saya sebenarnya hanya iklan.”

Hehehehe…

kiat jitu menulis di internetBila Anda ingin belajar menulis article marketing secara lebih mendalam, coba bergabung dengan Kelas Online Writing di Sekolah-Menulis Online. Di sini, Anda juga akan belajar tentang cara menulis di internet yang bermanfaat untuk meningkatkan trafik blog, SEO, personal branding, convertion rate, dan masih banyak lagi. Info selengkapnya, KLIK DI SINI >>

.

Catatan Penting:

Bila Anda adalah seorang internet marketer yang ingin:

  1. mendapat penghasilan dari tulisan-tulisan yang dimuat di blog Anda;
  2. menyediakan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, sehingga semakin banyak orang yang jatuh cinta pada blog Anda;
  3. dan tetap mempertahankan idealisme Anda dalam menulis;

Maka, mengisi blog Anda dengan article marketing merupakan pilihan yang sangat jitu.

Mas Agus Siswowo dan Arief Maulana pernah menyampaikan “kegelisahan” mereka pada saya lewat Twitter. Sebagai blogger, mereka ingin mempertahankan idealisme, yakni menulis hal-hal yang sesuai dengan hobi, minat dan prinsip hidup mereka. Tapi di sisi lain, mereka juga ingin mendapat banyak penghasilan dari blog (Padahal kita tahu bersama, orang yang ngeblog hanya untuk tujuan mendapatkan uang, biasanya isi blog mereka sangat jauh dari berkualitas. Isinya kebanyakan sampah belaka. Jauh dari idealisme).

Dari penjelasan di atas, saya yakin Mas Agus dan Mas Arief – juga Anda semua para pembaca… – sudah bisa menemukan jawaban tentang cara memadukan idealisme dan uang dalam menulis di blog 🙂

NB: Anda tiba-tiba mungkin sadar, ternyata tulisan ini termasuk article marketing juga. Ya, memang benar! Hehehe…. 🙂

* * *

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda!

Jonru

Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Penulis Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat!”
Buku Pertama di Indonesia yang Tidak Sekadar Berisi Kiat Jitu di Bidang Penulisan,
Tapi Juga MOTIVASI TERBAIK untuk Memandu Anda Mewujudkan Impian sebagai Penulis Sukses!
Klik http://www.PenulisHebat.com

Iklan

60 responses to “[Article Marketing] Cara Jitu Mendapatkan Penghasilan dari Tulisan di Blog Anda!

  1. Salam ,semoga kita menuai suskes,,oh ya sekedar info ada alat pembayaran online di indonesia ,,kalau bekenan silahkan mampir…terimakasih ,,

    Suka

  2. maksud dari artikel marketing ini untuk blog komersil ya pak? kira2 tema apa ya pak yang cocok untuk indonesia. dimana kebanyakan dan paling mudah dibuat adalah review gadget atau handphone. udah banyak pesaing 😦

    Suka

  3. erima kasih penjelasannya mas Jonru. Setidaknya saya makin yakin dg langkah yg sudah saya tempuh selama ini dlm menulis.

    Suka

  4. pak jonru kereeeeeeeen…sy paham sekarang. article marketing. ^_^. mdh2an bisa!

    Suka

  5. Ping-balik: Kiat Sukses "Jual Diri" Lewat Tulisan | Jonru Ginting

  6. sangat bermanfaat dan mencerahkan, terlebih lagi saya sudah mengikuti SMO kelas blog,

    Suka

  7. Om..Bukankah jika begitu kita harus memiliki sebuah produk yang kita iklankan.
    tapi bagaimana jika kita TIDAK memiliki sebuah produk untuk di jual.?

    Apa mungkin dengan mencari job review juga termasuk dalam Article Marketing.?
    Mohon tanggapannya.

    Terimakasih.

    Suka

  8. Link yang “dijual” kok tidak bisa dibuka?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s