Tentang Kemerdekaan, Kebahagiaan Sejati, dan Sebuah Website


kebebasan sejatiLho, apa hubungan antara kemerdekaan, kebahagiaan sejati dan sebuah website? Saya akan menjelaskannya lewat cerita berikut.

Jika Anda termasuk orang yang suka main games, bagaimana perasaan Anda bila ada sebuah perusahaan yang mau membayar Anda Rp 10 juta perbulan hanya untuk bermain games? Bila Anda suka berkelahi, bagaimana perasaan Anda bila ada perusahaan yang mau membayar Anda untuk berkelahi dengan orang lain? Menjadi debt collector misalnya?

Tentu saja, semua orang akan sangat bahagia bila memiliki pekerjaan, karir, atau profesi yang seperti itu.

Alhamdulillah, saya pun sudah mengalaminya!

Saya hobi menulis, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup saya. Saya senang berbagi ilmu dengan siapa saja. Saya juga sudah kecanduan internet. Dan ketiga kesukaan tersebut kini bisa saya satukan lewat sebuah bisnis yang “gue banget”, yakni Sekolah-Menulis Online.

Kisah selengkapnya telah saya rangkum di sini. Anda bisa membacanya bila tertarik 🙂

Setelah berhasil memiliki profesi atau karir di bidang yang benar-benar saya sukai, maka hari-hari saya selanjutnya selalu dikelilingi oleh kebahagiaan. Ketika sedang tak ada uang, ada masalah, kendala menghadang, atau di saat apa saja (apalagi ketika banyak uang, hehehe…), alhamdulillah saya selalu bahagia. Kenapa? Karena saya merasakan bahwa bekerja tak ubahnya seperti bermain-main. Saya melakukan hal-hal yang benar-benar saya sukai.

Saya sadar, bahwa inilah salah satu bentuk kemerdekaan hakiki bagi seorang manusia!

Bayangkanlah orang lain yang masih harus bekerja atau berprofesi di bidang yang sama sekali tidak mereka sukai. Mereka bisa bertahan di sana hanya karena satu alasan utama: UANG.

Di dalam hati kecil mereka selalu muncul jeritan:

“Duhai nasib! Demi Tuhan, aku ingin sekali menjadi seorang fotografer profesional. Menjadi juru kamera adalah impian terbesar dalam hidupku. Tapi apa daya, bla… bla… bla….”

Alhamdulillah, saya bersyukur karena telah berhasil memerdekakan diri dari perasaan yang sangat sakit akibat menyimpan hasrat terpendam seperti itu 🙂

Saya kini merasa SANGAT MERDEKA. Dan kemerdekaan ini tak ada kaitannya dengan uang. Walau sedang tak ada uang pun, saya tetap bahagia dan merasa merdeka. Sebab saya telah memilih jalan hidup yang benar-benar sesuai dengan PANGGILAN JIWA saya.

Dan secara ajaib, kemerdekaan yang saya rasakan saat ini berawal pada tanggal 16 Agustus 2007 lalu, satu hari sebelum HUT Kemerdekaan RI ke-62. Cerita selengkapnya bisa Anda baca di sini.

* * *

Nah, saya sudah bercerita tentang kemerdekaan dan kebahagiaan sejati. Lalu website-nya di mana?

Oke, begini ceritanya:

Setelah mengalami peristiwa seperti yang saya rasakan di atas, tiba-tiba saya punya ide untuk mendirikan sebuah kursus online (mirip Sekolah-Menulis Online), di mana orang-orang bisa belajar membuat dan mengelola website secara menyeluruh.

Lalu, saya pun berpikir, “Nama domain apa yang cocok untuk website yang isinya adalah pelatihan seperti ini?”

Saya pun mulai hunting nama domain. Tapi berita buruknya: Semua nama domain yang saya inginkan ternyata sudah dibeli orang lain. Terus terang, seumur hidup baru kali itu saya mengalami kesulitan yang luar biasa dalam mendapatkan nama domain impian.

kebebasan sejatiTapi alhamdulilllah, pada saat hampir menyerah sebuah ide cemerlang muncul: WEBMERDEKA.COM. Tiba-tiba saja nama ini kepikiran oleh saya.

Ya, kenapa saya tidak mengambil nama ini saja? Bukankah nama domain tidak harus sama seperti tema website-nya? Toko buku online terbesar di dunia pun pakai nama Amazon.com. Sama sekali tak nyambung dengan tema websitenya!

Maka dengan sangat mantap, saya pun segera membeli nama domain Webmerdeka.com. Secara konseptual, saya memberi makna khusus untuk website ini. Kenapa dia diberi nama Webmerdeka.com? Karena:

  1. Dibeli pada bulan Agustus (tepatnya 20 Agustus 2007), bulan Proklamasi atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 🙂
    .
  2. Saya ingin menjadikan webmerdeka.com ini sebagai tonggak prasasti dari kemerdekaan diri saya, seperti yang diceritakan di atas.
    .
  3. Saya berharap, orang-orang yang nantinya belajar di webmerdeka.com ini akan ikut merdeka. Sebab bukankah bila kita sudah menguasai ilmu dan keahlian tertentu secara menyeluruh, maka kita akan merdeka dan terbebas dari banyak hal? (Hm.. ini mungkin perlu penjelasan yang cukup panjang. Karena itu, saya tak akan menjelaskannya, agar tulisan ini jadi fokus. Lagipula, saya tak mau membeberkan semua ide saya di sini. Nanti ada yang mendahului, hehehe….)

Itulah konsep mendasar dari WebMerdeka.com.

Terus terang, sampai hari ini mimpi besar saya tersebut belum terwujud. Walau demikian, sejak awal saya langsung mengaktifkan WebMerdeka.com. Awalnya saya mengisinya dengan penawaran ebook gratis “10 Kiat Sukses Berbisnis Online”. Setelah itu, saya belum punya ide apapun.

Lantas, pada Januari 2010 lalu, saya memutuskan untuk membeli sebuah script program afiliasi untuk Sekolah-Menulis Online. Script ini cukup mahal harganya, dan lisensinya hanya berlaku untuk satu nama domain.

Pada saat itulah saya berpikir, “Jika script ini saya instal di www.SekolahMenulisOnline.com, bagaimana bila di masa mendatang saya hendak menggunakannya untuk menjual produk/jasa yang tak ada hubungannya dengan dunia penulisan? Tentu rancu bila saya menjual baju renang di website penulisan.” Hehehe…. 😀

Karena itulah, saya pun memutuskan untuk menginstalnya pada sebuah nama domain yang netral, agar bisa dipakai untuk konten apa saja.

Awalnya, saya hendak membeli nama domain baru. Untungnya, saat itu saya tiba-tiba kepikiran, “Kenapa tidak menggunakan nama domain yang sudah saya miliki saya? Webmerdeka.com?”

Maka singkat cerita, jadilah WebMerdeka.com seperti tampilan, konsep dan isi yang Anda lihat sekarang. WebMerdeka.com merupakan salah satu tonggak bersejarah dalam hidup saya, khususnya dalam perjuangan menemukan kemerdekaan dan kebahagiaan sejati.

Nah, Anda ingin menemukan kebahagiaan dan kemerdekaan sejati juga seperti saya? Coba baca kiatnya di sini.

Catatan:
Bila Anda ingin mencapai salah satu kebebasan lainnya, yakni kebebasan finansial, silahkan bergabung dengan WebMerdeka.com. Sebab Anda akan mendapat komisi bila berhasil membantu menjualkan produk/jasa yang ditawarkan di sana. Info selengkapnya, KLIK DI SINI >>

* * *

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda!

Jonru

Founder & Mentor Sekolah-Menulis Online
Cara Modern Menjadi Penulis Hebat
http://www.SekolahMenulisOnline.com

Penulis Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!”
Panduan Langkah-langkah Penulisan & Penerbitan Buku untuk Pemula
Silahkan pesan di http://www.MenerbitkanBukuItuGampang.com

Penulis Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat!”
Buku Pertama di Indonesia yang Tidak Sekadar Berisi Kiat Jitu di Bidang Penulisan,
Tapi Juga MOTIVASI TERBAIK untuk Memandu Anda Mewujudkan Impian sebagai Penulis Sukses!
Klik http://www.PenulisHebat.com

Iklan

14 responses to “Tentang Kemerdekaan, Kebahagiaan Sejati, dan Sebuah Website

  1. Ping-balik: Tweets that mention Tentang Kemerdekaan, Kebahagiaan Sejati, dan Sebuah Website | Jonru on the Web -- Topsy.com

  2. lagi-lagi sangat menginspirasi…..ngomong2 foto yang ada di web merdeka kok mirip banget sama foto sepupu saya ya…beneran…asli…mirip banget…

    Suka

  3. Filosofi pemelihan nama webnya bagus Bang 🙂

    Suka

  4. @Zaki: Wah masa mirip? Saya asal comot aja dari gettyimages.com 😀

    Suka

  5. @Arief Maulana: Alhamdulillah, thanks ya 🙂

    Suka

  6. Inspiratif. Uang memang penting, tapi bukan segalanya ya mas 😉

    Suka

  7. @Farid: Betul sekali. Thanks komentarnya ya 🙂

    Suka

  8. pantesan saat login untuk download ebook menulis hebat kok masuknya ke webmerdeka, saya pikir saya salah, ternyata bener toh. wah berarti sama dong bang saya juga daftar menulis hebat pas tanggal 20 agustus…dan kayanya kita sehati deh, karena tulisan saya yang baru bertema merdeka dalam menulis…cek ya bang, dan beri nilai hehehe

    Suka

  9. Ini yang namanya do what you love, love what you do Pak Jonru….

    Suka

  10. Ya setuju banget pak, jadi kita tidak sedang “melacurkan” diri lewat pekerjaan sejauh kita mencintai pekerjaan itu …

    Suka

  11. pak…gimana caranya biar dapat diambil /diunduh ya untuk baca baca tau sendirikan biar bisa segalanya.saya mau buktikan biar gratisan tapi bisa soalnya komentar anak saya mana bisa sekarang ma semua itu harus bayar

    Suka

  12. terimakasih kang jon,kami sangat-sangat banyak terimakasih pada kang jon,sangat luar biasa,hidup kang. merdeka.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s