Penerapan Hak Cipta dari Creative Commons di Jonru.net


Mulai hari ini (3 Maret 2011), saya menerapkan aturan hak cipta dari Creative Commons untuk blog Jonru.net ini. Bunyi aturannya bisa Anda baca di kolom sebelah kanan bagian atas halaman ini. Atau klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Intinya, Anda bebas menyalin, menyebarluaskan dan menerbitkan ulang semua konten pada blog ini, dengan syarat harus menyebutkan sumbernya yang jelas dari http://www.jonru.net, bukan untuk kepentingan komersial, tidak boleh diubah sedikitpun, tidak boleh direproduksi atau ditulis ulang dengan cara apapun.

Dengan penerapan hak cipta dari Creative Commons ini, diharapkan kita semua lebih menghargai hasil karya orang lain. Kebiasaan copy paste tulisan orang lain sangatlah tidak terpuji.

Bila Anda menyukai tulisan atau konten-konten lain di blog ini, cara paling terpuji untuk menyatakan rasa suka Anda adalah dengan menyebarluaskannya, misalnya di-share lewat Facebook dan Twitter, membuat link-nya di blog Anda, menyebarluaskan informasi dan linknya lewat milis, dan seterusnya.

Copy paste secara sembarangan, apalagi tidak menyebutkan sumbernya, merupakan sebuah tindakan yang sangat tercela dan melanggar hukum.

Semoga informasi bermanfaat dan salam sukses!

Jonru

Iklan

8 responses to “Penerapan Hak Cipta dari Creative Commons di Jonru.net

  1. Maaf OOT.

    Saya sangat senang membaca tulisan-tulisan pak Jonru di blog ini. Namun, akhir-akhir ini saya perhatikan blog ini jarang diisi konten-konten berkualitas lagi. Yang update, paling “Blogger Sejati Minggu Ini”, yang lain sangat jarang.

    Saya harap Pak Jonru bisa lebih memperhatikan blog ini. Terima kasih dan mohon maaf.

    Dari:
    Penggemar tulisan-tulisan Jonru.

    Suka

    • @Abu Furqan: Terima kasih Pak, atas masukannya. Saya justru senang mendapat masukan seperti ini.

      Begini penjelasan saya:
      Sejak dulu sebenarnya blog ini tidak terlalu sering di-update. Justru setelah ada fitur Blogger Sejati Minggu ini, saya jadi “terkondisikan” untuk posting minimal seminggu sekali. Padahal sebelumnya jarang bisa seminggu sekali.

      Sebenarnya ini sebuah kemajuan, kan? Hehehe…

      Btw, sejak akhir Januari 2011 lalu, saya juga mulai konsentrasi lagi mengurus PenulisLepas.com yang sebelumnya nyaris tak terurus. Hal itu membuat saya harus menulis di 2 blog sekaligus, belum lagi ditambah pekerjaan2 lain.

      Tapi jangan khawatir. Insya Allah saya tetap rajin menulis di blog ini kok. Hanya saja, untuk tulisan yang lebih mendalam, saya biasanya tidak terlalu sering.

      Saya dalam menulis blog biasanya punya feeeling subjektif, “tulisan ini cocoknya di blog yang mana,” dst. Kalau tidak di Jonru.net ini, saya juga suka posting di Penulislepas.com, atau di kompasiana.com/jonru

      Thanks ya

      Suka

  2. Eh, ada mas jonru… apa kabar mas? masih inget aku kah? Rhein, yg nulis jadian 5 bulan duluuuu banget. Hahaha…
    Mas makin eksis euy bagi2 tips nulisnya… 😀

    Suka

    • @Rhein: Halo Rhein, tentu masih ingat. Apa kabar nih? Aktivitasnya apa sekarang? Saya kira Rhein punya potensi yang sangat luar biasa. Yang perlu Rhein lakukan adalah kembali menulis dengan serius.

      Coba baca artikel yang satu ini, semoga bermanfaat ya 🙂

      Suka

  3. saya mau tanya pada point :
    “tidak boleh direproduksi atau ditulis ulang dengan cara apapun”
    sekarang jika kita menulis dengan topik dan temanya sama dan referensinya misalnya dari sini tentu biasanya ada sebagian dari kita akan melakukan republish dengan cara berbeda yaitu menuliskannya kembali dengan cara pandang dan pemikiran yang sudah di gabungkan dari beberapa referensi lainnya sedangkan inti pointnya memang masih dalam kerangka tulisan dari sini. apakah itu juga melanggar??

    jika berkenan ada baiknya di perjelas juga tentang masalah Penerapan Hak Cipta dari Creative Commonds ini

    Suka

  4. oh ya sebelumnya, atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih, bang jonru 🙂

    Suka

  5. Halo Sam Jonru .. Saya suka dengan tulisan – tulisan anda terutama yang di penulislepas.com. Tipsnya membuat saya terus bersemangat untuk menulis meski timbul tenggelam dalam dunia blog.Tapi Title yang dibuat ini memang sengaja ya dengan kata – kata “Creative Commonds” karena setahu saya masih “Creative Commons” seperti yang tertulis di footer blog ini.

    Suka

  6. waduh jadi malu liat posting soalnya saya biasa kopas (ngacir ah)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s