[Blogger Sejati Minggu Ini] Erik Tapan


bloggersejati_eriktapanJarang sekali dokter yang rajin ngeblog. Dan Erik Tapan adalah satu di antara segelintir dokter yang patut mendapat decak kagum kita. Memang frekuensi menulisnya tidak terlalu sering. Tapi Pak Dokter yang satu ini rajin ngeblog sejak tahun 2005 dan tetap konsisten hingga hari ini. Boleh dikatakan, dia merupakan salah seorang blogger “angkatatan awal” di Indonesia, karena aktivitasnya menulis di internet sudah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu.

Sesuai profesinya, blog milik pak Erik Tapan banyak diisi dengan informasi bermanfaat seputar kesehatan dan kedokteran. Namun info-info lain pun tetap ada, misalnya mengenai travelling, pengalaman sehari-hari, gadget, dan sebagainya.

Beliau memang senang berbagi, dan punya idealisme seperti tagline blognya:

Doctorize the internet & Internetize the doctors

Boleh dikatakan, pak Erik Tapan bukan hanya seorang dokter. Sejak tahun 1996 dia bersama sejumlah dokter lain dan praktisi IT berjuang untuk mewujudkan sebuah wadah mailing list, tempat masyarakat bisa berkonsultasi mengenai kesehatan. Karena aktivitasnya inilah, banyak orang yang menjuluki dia “dokter aneh”, karena mengerjakan sesuatu yang di luar mainstream. Coba simak tulisan beliau yang saya kutip dari salah satu tulisan di blognya:

Sebagian besar orang kalau ditanya, apa pekerjaan seorang dokter, pastilah menjawab membuka praktek dan melayani masyarakat. Jika ada seorang dokter yang begitu tergila-gila dengan internet hingga melakukan konsultasi kesehatan pun via internet, pasti banyak yang berpikir, ada yang tidak beres dokter yang satu ini.

Memang tidak mudah bekerja di luar main stream. Tidak sedikit rintangan yang ditemui (dan pasti akan ditemui lagi) dalam rangka mewujudkan cita-cita tesebut.

……..

Di tengah-tengah keputus-asaan yang sudah mulai mendera (ceritanya), akhir-akhir ini saya banyak menemukan peristiwa-peristiwa yang menyenangkan. Saya percaya dengan adanya peristiwa tersebut, Yang Di Atas sedang memberi pesan bahwa saya sedang berjalan di jalan benar. Tetap lanjutkan dan lebih cepat lebih baik.

Dengan perjuangannya yang luar bisa itulah, tak heran bila dia mendapat penghargaan Pemenang Mingguan pada ajang Internet Sehat Blog Award tahun 2009 lalu.

Untuk berkenalan dengan dr. Erik Tapan, Anda dipersilahkan berkunjung ke blog pribadinya, www.eriktapan.com.

Semoga Bermanfaat dan Salam Sukses!

Jonru

NB: Anda atau teman Anda ingin terpilih sebagai Blogger Sejati Minggu Ini? Silahkan baca tatacaranya di sini.

NB lagi: Mohon maaf sebesar-besarnya. Karena sesuatu dan lain hal, minggu lalu (17 Maret 2011) fitur Blogger Sejati Minggu Ini tidak hadir di blog ini. Semoga untuk minggu-minggu berikutnya tak pernah absen lagi. Amiin…. 🙂

Iklan

7 responses to “[Blogger Sejati Minggu Ini] Erik Tapan

  1. salut sama dokter tersebut, niatnya berbagi dengan tulisan2 yang menarik..
    ohya, jangan lupa mampir ke blog teknologi saya ya, pak.. 😀

    Suka

  2. G nyangka ternyata latar belakang blogger itu macam2 juga ya pak? saya juga baru tahu ternyata ada dokter yang ngeblog, apalagi setelah saya cek udah luama banget, itu sejak aku masih SD malahan, padahal q aja baru tahu blog tahun 2009. hehehe

    salam salut dah

    Suka

  3. wah..hebat neh pak dokter!
    meski jadwal padat..tapi masih sempat ngeblog!
    jadi motivasi..

    Suka

  4. Memang agak aneh sih terdengarnya, seorang dokter berbagi ilmu secara ‘cuma-cuma’ lewat internet. Yang ada dalam benak saya selama ini ternyata tidak benar seluruhnya.

    Satu inspirasi yang bisa menjadi baik. Saya yakin betul bila seorang blogger blogging dengan apa yang menjadi profesinya tentu akan lebih memiliki ‘ruh’ dibandingkan yang tidak.

    Suka

  5. salam kenal pak Erik 🙂
    Bapak memang orang hebat..

    btw,
    buat pak Jonru,
    sepertinya permalink blog ini perlu diganti agar performa blog lebih cepat lagi, silahkan mampir blog saya untuk penjelasannya 🙂

    Salam dari Malang.

    Suka

  6. Dokter yang baik hati, sudah mau berbagi ilmunya juga dengan semua orang.

    Suka

  7. Justru dokter harus lebih aktif ke dunia blog…biar kita-kitaan ngerti….tentang dunia kesehatan….agar kita warga negara indonesia benar-benar bisa menjaga kesehatan, khususnya ngerawat kesehatan blog, hahahaha…. karena jaman sekaran obat mahal. salut buat dokter atas blog kesehatannya….ya kalo ngebahasnya tentang dunia kesehatan….

    nanti dulu…aku pengen cek blog punya dokter ini temanya tetang apa

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s