Ini Dia, Kiat Sukses Menerbitkan Buku Best Seller Melalui Self Publishing


cara menerbitkan bukuBelakangan ini, self publishing makin marak saja. Makin banyak penulis (termasuk saya) yang tidak menawarkan naskahnya ke penerbit yang ada, tapi menerbitkannya atas biaya dan upaya sendiri. Selain itu, layanan publishing service pun makin menjamur. Tugas mereka adalah membantu para penulis yang ingin menerbitkan buku secara self publishing.

Bagi kita sebagai penulis, tentu fenomena ini sangat menggembirakan. Bagaimana tidak? Menerbitkan buku adalah impian hampir semua penulis. Selama ini, banyak di antara kita yang belum berhasil menerbitkan buku, karena masih ditolak di sana-sini. Dengan self publishing, kita bisa menerbitkan buku apapun sesuka kita, dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Seratus persen bebas dari penolakan! Betapa bahagianya, bukan?

Tapi pengalaman menunjukkan, kebahagiaan seperti ini seringkali cuma bertahan beberapa hari. Tepatnya beberapa hari setelah si buku terbit.

Ketika si penulis menemukan fakta bahwa bukunya kurang laku, atau dikritik oleh penulis lain bahwa kualitas bukunya masih buruk, maka sang kebahagiaan pun segera berganti menjadi kegalauan.

Self publishing memang memungkinkan setiap penulis menerbitkan buku secara bebas, semau-maunya, cepat, mudah, dan bebas dari segala macam penolakan. Di satu sisi ini sangat menggembirakan. Tapi di sisi lain faktor KUALITAS menjadi masalah tersendiri 🙂

Salah seorang penulis senior – Pipiet Senja – pernah membahas hal ini di update status Facebooknya. Dia prihatin melihat banyaknya buku self publishing yang miskin kualitas. Coba lihat gambar berikut ini:

cara menerbitkan buku

Saya pun sering melihat buku self publishing yang kurang bagus dari segi konsep. Misalnya, ada buku nonfiksi tapi diberi judul dan cover seperti novel. Atau buku yang temanya sangat bagus, tapi menjadi kurang laku karena si penulis kurang piawai dalam mengatur konsep nilai jual.

cara menerbitkan buku* * *

Tapi perkecualian pasti ada. Buku kumpulan puisi RUANG LENGANG karya mas Epri Tsaqib adalah contoh buku “indie label” yang isinya bagus dan terbukti laris manis. Biasanya, buku kumpulan puisi selalu gagal di pasaran. Pembelinya sangat sedikit. Tapi buku Ruang Lengang justru laris manis, saat ini sudah masuk cetakan ke-2, dan penulisnya sempat diundang ke Malaysia untuk membedah buku tersebut.

Dan ketika mas Epri menerbitkan buku berikutnya – Para Guru Kehidupan – nasib baik pun kembali terulang. Buku ini menjadi best seller dan mas Epri kembali harus repot diundang ke sana ke mari.

cara menerbitkan bukuSalah satu kunci sukses Mas Epri adalah kecermatannya dalam memilih konsep buku yang bagus, mengemas nilai jual yang tinggi, dan mengelola sistem marketing yang efektif.

Terus terang, saya banyak belajar dari buku-buku mas Epri yang diterbitkan secara self publishing. Hasil belajar tersebut – antara lain – yang saya terapkan pada buku Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat. Alhamdulillah, buku ke-4 saya ini pun bisa diterima dengan baik oleh teman-teman yang ingin menjadi penulis sukses. Bahkan, buku ini sudah memasuki cetakan ke-2. Karena buku ini, alhamdulillah saya pun sering diundang ke sejumlah kota di Indonesia.

Nah, teman-teman mungkin tertarik untuk menerbitkan buku self publishing. Tidak sekadar menerbitkan, tapi ingin agar buku Anda bagus dari segi kualitas, konsep nilai jual dan marketing, serta laris manis di pasaran. Ingin seperti itukah?

Jika ya, teman-teman bisa bergabung dengan Dapur Buku.

Update 21 Maret 2012:
Dapur Buku adalah sebuah layanan self publishing yang saya dirikan sejak akhir Februari 2012. Berbeda dari layanan self publishing lain, Dapur Buku peduli pada kualitas dan nilai jual naskah Anda.

Info selengkapnya mengenai Dapur Buku bisa dibaca di www.dapurbuku.com.

cara menerbitkan buku

Semoga bermanfaat. Salam sukses ya 🙂

Jonru
Follow me: @jonru

Keterangan:
(*) Karena ini hanya tulisan singkat, saya memberikan penjelasan secara umum saja. Karena itu, mohon maaf bila banyak penjelasan detil yang tidak saya tulis di sini. Bila Anda ingin mendapatkan penjelasan detilnya, silahkan beli buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!” di toko buku terdekat.

 

Iklan

28 responses to “Ini Dia, Kiat Sukses Menerbitkan Buku Best Seller Melalui Self Publishing

  1. selalu acara yg diadain jauh dari kota sy, pdhl slalu pengen ikut.. 😦

    Suka

  2. bagi2 dunk ilmu na..agar tulisan kita2 ne menjadi tulisan yang mantapz huabiz..
    btw jkt na mana ya ??

    Suka

  3. Saat menulis saya selalu merasa kesusahan oleh kata dari saya sendiri yang saya kira monoton,atau kata-kata yang saya kebanyakan gitu2 aja….

    Suka

  4. apakah kalau menerbitkan buku itu desain diatur sama penerbit? soalnya belum pernah tahu mau ikutan jauh ke jakarta saya di malang mesti jauh 😦 .

    Suka

    • @robi wahyudi: Desain, editing, semua dari penerbit. Tapi tentu saja penulis bisa urun rembug. Dan kalau self publishing. semua tentu diatur oleh penulis.

      Suka

  5. Sebenarnya saya minat banget pak dengan penerbitan self publishing. Tapi lagi2 masalah modal mau g mau harus menghalangi niat ingin sukses ini. hhhmm moga aja saya bisa lebih baik dari yang terbaik ya pak. hehehe

    Suka

  6. Keren banget pak tuilisannya, semakin memotivasi saya untuk terus berkarya (menulis) walau sekedar menulis lewat blog.

    Suka

  7. salam,

    uda Jonru boleh nggak sy numpang di blogg ini…kalo boleh tulisan sy tentang:Apakah Haram Menerbitkan Secara Indie? bisa diposting di sini. gmn caranya. soalnya nama sy tdk terdaftar di blogg ini uda…gmn nih…hehe. sukses selalu buat uda…amin

    Suka

  8. makasih ya uda…atas jawabannya….padahal sy lihat banyak banget itu tulisan teman2 dirubrik Very Nice People…apa sy nggak termasuk kategori ya…ihik..ihik…ihikkk!! sukses selalu:-)

    Suka

  9. Masa’ iya pak? gimana bisa self publishing tanpa modal?

    Suka

    • @Ismail: Print on demand (buku dicetak sesuai dengan jumlah pesanan). Ini bisa terjadi karena teknologi print digital. Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan print on demand ini adalah nulisbuku.com

      Suka

  10. Bukan hal yang mudah bisa menerbitkan buku best seller, apalagi seperti saya, masih harus banyak belajar.. 🙂

    Suka

  11. Ping-balik: Ini Dia, Tiga Cara untuk Menerbitkan Buku | Jonru on the Web

  12. aku kok gamang ya mau nulis, sebagai per,ulaan, apa aku nulis hobiku aja yah ?

    Suka

  13. Bagaimana caranya ya menulis dengan baik . . .??? dan apa yang harus aku lakukan . . .??

    Suka

  14. makasih atas tips sukses menerbitkan buku best seller nya pak jonru.

    Suka

  15. menjadi penulis adlh impian saya, tapi apakah mungkin aku bisa menjdi penulis?

    Suka

  16. gimana cara agar cepet dapat ide dalam memulai suatu tulisan ?

    Suka

  17. Selamat malam, waaahh program yg di tawarkan sangat menarik 🙂 , bgmn caranya jika saya berminat ? terima kasih

    SAlam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s