Cara Menjadi Penulis Terkenal SEBELUM Buku Pertama Anda Terbit!


raditya dika

Raditya Dika

Mustahil! Mungkin ada di antara Anda yang berkata demikian setelah membaca judul di atas. Anda mungkin berpikir, “Bukankah seorang penulis baru akan terkenal setelah bukunya terbit dan laris?”

Jawabannya: TIDAK SELALU 🙂

Saya punya koleksi nama sejumlah penulis yang keburu ngetop sebelum mereka menerbitkan buku pertama. Bahkan mereka juga bukan termasuk orang yang suka mengirim tulisan untuk dimuat di majalah, tabloid atau koran.

Mereka – antara lain – adalah:

1. Raditya Dika.
Saat ini, dia boleh disebut sebagai penulis Indonesia yang paling terkenal. Padahal dia mengawali karir kepenulisannya hanya dari sebuah blog, http://www.kambingjantan.com. Dari blog ini, nama dia dikenal oleh publik. Dan ketika buku pertamanya – KambingJantan – terbit, Raditya sudah punya banyak penggemar yang menjadi calon pembeli potensial atas buku-bukunya.

2. @poconggg (yang belakangan ketahuan bahwa nama aslinya adalah Arief Muhammad)
Kalau Raditya Dika terkenal lewat blog, si @poconggg ini justru terkenal lewat Twitter. Dia rajin ngetwit yang lucu-lucu dan menarik, dan itu membuat jumlah followernya membengkak di atas 500.000-an orang. Lalu ketika buku pertamanya – @poconggg Juga Pocong – terbit, kabarnya dia mendapat penghasilan lebih dari Rp 1 Miliar. Dan kabarnya juga, bukunya ini akan segera diangkat ke layar lebar. Luar biasa!

akmal sjafril

Akmal Sjafril dan bukunya ketika tampil di sebuah majalah

3. Akmal Sjafril
Dia mengawali karir kepenulisannya dengan rajin ngeblog mengenai apa saja di akmal.multiply.com. Belakangan, dia makin fokus menulis seputar antiIslam Liberal. Selain itu, dia juga rajin menulis tentang tema yang sama di sejumlah milis, juga Twitter. Dari kiprahnya ini, nama Akmal mulai dan makin dikenal sebagai tokoh yang aktif dan agresif dalam menentang gerakan Islam Liberal. Lalu dia pun menerbitkan buku pertama dengan judul “Islam Libral 101”. Dapat ditebak, bukunya ini pun laris manis, karena Akmal sudah terlanjur terkenal sebelum buku pertamanya terbit.

4. Arham Kendari
Namanya mulai dikenal ketika aktif ngeblog di blog Indosiar.com (yang sekarang sudah tiada). Arham rajin menulis artikel-artikel yang lucu, dengan gaya penulisan yang santai dan sangat menghibur. Inilah salah satu faktor kenapa tulisan-tulisannya disukai oleh banyak orang. Dan sama seperti tiga nama yang saya sebut di atas, buku pertama Arham – Jakarta Underkompor – pun langsung laris manis ketika diterbitkan. Belakangan, penerbit Gramedia tertarik dan akhirnya mereka pun menerbitkan buku ini.

5. Muhammad Assad
Nasib penulis yang satu ini pun lebih kurang sama seperti empat nama di atas. Dia juga memulai karir dengan rajin menulis di blog pribadinya, www.muhammadassad.com. Lalu dia menerbitkan buku Notes From Qatar. Terbukti, buku ini pun laris manis di pasaran.

6. Agung “Mbot” Nugroho
Rajin menulis di blog pribadinya – mbot.multiply.com – dan aktivitasnya sebagai salah seorang penggerak komunitas Multiply Indonesia, membuat nama Agung Nugroho terkenal di kalangan para blogger Multiply.com. Dan ketika buku pertamanya – Catatan Si Mbot – terbit, tak heran bila langsung laris manis. Bahkan banyak temannya di Multiply.com yang secara sukarela ikut mempromosikan buku ini. Termasuk di buku saya “Cara Dahysat Menjadi Penulis Hebat”, nama dan buku Mbot ini ikut dipajang 🙂

bayu gawtama

Berhenti Sejenak, buku pertama Bayu Gawtama

7. Bayu Gawtama
Sebelum era blog, Facebook dan Twitter tiba, Gaw – demikian dia biasa dipanggil – sudah dikenal sebagai salah seorang penulis produktif di website Eramuslim.com. Dia juga rajin menulis di sejumlah milis. Dari kiprahnya ini, nama Bayu Gawtama menjadi terkenal di internet. Maka ketika buku pertamanya – Berhenti Sejenak – terbit, langsung laris manis.

* * *

Selain ketujuh nama di atas, sebenarnya masih ada sejumlah penulis lain yang memiliki nasib lebih kurang sama. Dan bila diperhatikan, jalan sukses mereka sebenarnya sangat mirip: Membangun eksistensi diri lewat internet, lalu nama mereka terkenal, dan itu membuat buku pertama mereka sukses di pasaran.

Memang, nama penulis yang terkenal bukan jaminan sebuah buku akan laku dan sukses diterbitkan oleh penerbit besar. Seperti yang saya tulis di sini, yang membuat sebuah penerbit memutuskan untuk menerima naskah seseorang bukanlah karena nama beken si penulisnya, tapi karena NILAI JUAL naskah tersebut.

Dan seperti yang juga saya tulis di sini, popularitas bukanlah tujuan, bukanlah sesuatu yang harus dikejar-kejar. Sebab seperti kata Helvy Tiana Rosa, popularitas hanyalah efek samping dari kerja keras kita.

Namun tentu saja, popularitas bisa memudahkan seseorang dalam sejumlah hal. Ini tentu tak bisa kita pungkiri, bukan? Seorang penulis yang terkenal tentu lebih mudah dalam menerbitkan dan melariskan buku-bukunya.

Nah, jika Anda ingin menjadi penulis terkenal dengan harapan agar buku pertama Anda sukses di pasaran, tentu ini sah-sah saja. Apalagi bila buku Anda tersebut berisi hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Tentu peluang Anda untuk berbagi dan berdakwah lewat tulisan akan semakin terbuka lebar, bukan?

Bila tujuan untuk jadi penulis terkenal adalah seperti itu, menurut saya justru sangat bagus dan patut didukung.

* * *

Dulu, sebelum era internet, memang sangat tidak mudah untuk membuat nama kita terkenal, kecuali bila kita sudah menerbitkan buku dan terbukti laris di pasaran. Atau bila tulisan kita sudah banyak dimuat di media cetak seperti koran, tabloid atau majalah.

Padahal kita tentu tahu bersama, bukan? Untuk menembus penerbit atau media cetak, ternyata bukan urusan gampang. Gimana bisa terkenal, kalau satu pun tulisan kita belum pernah dimuat???

Berita baiknya:
Di era teknologi canggih seperti saat ini, ketujuh nama penulis di atas menjadi BUKTI SANGAT NYATA bahwa siapa saja bisa dengan amat mudah dan bebas sebebas-bebasnya untuk membuat nama mereka sendiri terkenal.

Raditya Dika, @pocongg, Akmal Syafril, Arham Kendari, Muhammad Assad, Agung “Mbot” Nugroho, Bayu Gawtama, dan beberapa nama penulis lainnya, adalah contoh manusia hebat yang kreatif. Mereka memiliki inisiatif dan upaya sendiri untuk membangun eksistensi diri lewat internet. Mereka berhasil membuat nama mereka sendiri terkenal, tanpa harus tergantung dari pihak lain selain diri mereka sendiri.

Ini adalah peluang yang sangat besar. Tapi sudahkah kita sadar untuk memanfaatkannya sebaik mungkin?

Kalau Anda termotivasi oleh cerita saya ini, ayolah segera ACTION. Buatlah blog, akun twitter atau apapun itu di internet yang bisa menjadi media jitu untuk menyalurkan tulisan atau pemikiran-pemikiran Anda. Berkiprahlah secara konsisten di sana. Lalu tunggulah hasilnya, ketika suatu saat nanti nama Anda sudah dikenal oleh banyak orang, bahkan ketika belum ada satu buku pun yang Anda terbitkan!

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Jangan lupa membaca dua artikel terkait:
Salahkah Bila Saya Ingin Jadi Penulis Terkenal?
Ini Dia: Penerbit yang Menerima Naskah dari Penulis Pemula!

Iklan

52 responses to “Cara Menjadi Penulis Terkenal SEBELUM Buku Pertama Anda Terbit!

  1. iNSPIRING Om Jonru! TQ!

    *selesain buku Motty*

    Suka

  2. Mantap. Jadi termotivasi. Keren lah. 🙂

    Suka

  3. Sama Pak Jonru, saya juga berawal dari blog. Awalnya cuma nulis iseng, akhirnya jadi 3 teenlit, sama 1 personal literature yang diterbitkan Bukue (dulu pimrednya Mas Raditya Dika). Blogging emang banyak mengubah hidup saya.

    Salam,

    Gari
    http://garirakaisambu.com

    Suka

  4. Artikel anda cukup menginspirasi saya!! Terima kasih Pak! 🙂

    Suka

  5. trimakasih pak guru jonru!
    sangat menginspirasi!
    jadi makin semangat untuk menggali potensi diri yang selama ini “tidur” terlalu lama..

    Suka

  6. Very inspired…!!! Tapi saya tetap begini begini aja dan tidak terkenal….!!

    Suka

  7. Yaps, inspiring banget oom…
    🙂

    Suka

  8. Aku juga pengin terkenal, nih. Tapi belum tahu kapan yah bisa terkenal?

    Akun twitter saya @Darsono_Simbah follower sedikit

    Akun facebook lumayan.

    Blog saya http://www.berniali.com masih kurang peminat.

    Semangat ah, !!!!

    Suka

  9. izzati mardatilah

    keren..keren..pada intinya mereka semua adalah penulis yang terus berkarya walaupun belum dikenal orang….

    Suka

  10. jd semangattttttttttt lagiiii bwt jd penulis…semoga aq bs jd pnullis..amien ^_^

    Suka

  11. artikel ini membuat aku semakin TERMOTIVASI dalam dunia tulis menulis. insyaAllah aku akan berkomitmen untuk menyebarkan manfaat bagi yang lain, baik itu melalui tweet maupun blog. semoga saja kita semua bisa menjadi penulis yang terkenal.
    amiiiiin.

    Suka

  12. Wah menginspirasi banget Pak.. Bikin saya makin semangat buat nulis n belajar nulis 😀

    Suka

  13. mas jonru..saya baru belajar menulis di blog,semoga saya nanti bisa seperti mas jonru…salam kenal mas

    Suka

  14. Bagaimana dengan “terselubung” yang followers dan traffik blognya ratusan ribu? Tapi kayaknya dia belum bikin buku sih..? 🙂

    Suka

  15. Wah, saya masih jauh nih kayaknya Om Jonru. Maklum, masih belajar nulis.

    Yg jelas, kayaknya Om Jonru juga bisa, bahkan mungkin lebih, terkenalnya dibanding nama2 yg disebutkan tadi. 🙂

    Suka

  16. semoga buku pertama saya juga bisa segera terbit.
    mampir2 ya temans ke http://kisahhantulaut.blogspot.com/
    kisahnya Indonesia banget.
    enjoy 😉

    Suka

  17. perlu dicoba neh langkahnya

    Suka

  18. Raditya DIka dan Poconggg memang fenomenal. Buku karya kedua “tokoh” itu memang cukup menarik dan menghibur…. Dgn didukung konsep marketing yg mumpuni, penjualan buku-buku mereka pun melonjak tajam. Luar biasa…..

    Suka

  19. Thanks atas sharingnya mas Jonru. Sangat bermanfaat dan menjadi rujukan terbaik buat saya dalam menerbitkan buku2 saya :))

    Suka

  20. Luar biasa..artikel bpak…sungguh menginspirasi saya untuk mlanjutkn cita2 jd penulis trkenal..saya jd tau kekurangan dlm penulisan,cara dan tujuan..
    sebelumnya saya berpikir bahwa jd seorg penulis terkenal setelah buku terbit n laris.Tp setelah saya bca artikel yg bpak buat saya mnyimpulkn bhw untuk jd seorg pnulis terkenal adalah kreatif,sederhana.
    thanks ya pak atas inspirasinya

    Suka

  21. Dapat banyak inspirasi dari para penulis ini pak,Jadi pengin menulis dengan lebih serius lagi 🙂

    Suka

  22. Kalau saya sedang punya semangat yang selalu kembang kempis. Soalnya, masih di pusing mencari “lentera jiwa” saya. Sehingga topik-topik penulis saya belum ada yang terfokus.

    Penulis diatas tentu sangat menikmati aktivitas menulis mereka. Sehingga hasilnya pun sangat luar biasa.

    Suka

  23. Terima kasih, Jonru. Tulisan Jenengan sangat menginspirasi kita semua. Semoga Jenengan makin sukses! Amin.

    Suka

  24. aku ingin tau cara menjadi seorang penulis…?
    setelah aku baca” novel aku jadi tertarik ingin menjadi seorang penulis. .

    Suka

  25. terinspirasi sekali..
    sekali lagi, thanks mas jonru..

    Suka

  26. Wah, tambah semangat lagi nih buat nge-blog, lewat blog kt bisa berbagi apa saja dengan bahasa kita. Berbagi yang positif tentunya:))

    Suka

  27. Bagaimana cara menggunakan blog. . . . . . . Minta penjelasannya
    tank’s gan

    Suka

  28. dari artikel yang mas jonru ajarkan,saya banyak belajar mengenai pentingnya komunitas dalam meningkatkan branding produk kita

    Suka

  29. wahhh…. makasih bgt nih mas jonru. Tulisan’a sangat inspiratif, jd lbh smngat buat nulis nih. 🙂

    Suka

  30. Salam sukses,
    Luar biasa, sy sangat terinspirasi dgn artikel pak Jonru… Dan sy juga pernah lihat pak Jonru di TV bersama mbak AsmaNadia kalo gak salah…. hehe lupa..

    Mohon bantuannya, saat ini sy sedang belajar nulis buku komputer (kebetulan saya senang dgn komputer), Pak Jonru mohon jurus2nya menulisnya ya ke email saya (kalo boleh) !!!

    Makasih sebelumnya.

    Regard,
    Elim K

    Suka

  31. hemmmmm
    artikel nya sangat bagus, buat saya
    tambah smagat untuk menulis lagi….

    Suka

  32. terima kasih buat artikelnya mas.. membaca artikel mas saya semakin termotivasi untuk menulis buku lagi.. sebelumnya saya sudah menulis sebuah buku tentang pemrograman komputer.. dan sudah di terbitkan oleh penerbit Lokomedia Jogjakarta… dan sekarang sedang mengerjakan buku kedua, sudah 70% selesai.. namun akhir2 ini saya rada malas… untung ada artikel mas yg membuat saya semangat lagi..

    oh ya buku saya ini loh http://aplikasiphp.com/index.php/artikel/part/23/Buku_tentang_SMS_Gateway_dengan_CodeIgniter_karya_Saya

    Suka

  33. sebener’a saya berminat sekali u/menjadi seorang penulis , tapi kaya’a saya masih harus banyak belajar. karna saya benar” ngga ngerti apa” (bener” gaptek ) banget u/ urusan bkin blog,web atau apalah sejenis’a..heeeeeeeem kira” berapa lama yah saya bisa mewujud kan cita” saya ini..

    Suka

    • @Dian: Ada sebuah kalimat bijak yang berbunyi, “Anda tak perlu menjadi hebat untuk memulai. Tapi Anda harus memulai untuk menjadi hebat.”

      Karena kehebatan itu justru datangnya dari pengalaman. Kalau belum mulai juga, kapan bisa hebat? Tak akan pernah!

      Suka

  34. salut sama mereka….
    insya Allah saya akan seperti mereka juga.
    mohon doa dan bimbingannya pak Jonru….

    Suka

  35. nice articel!! 😀 mau jadi penulis tapi umur masih 15 tahun hehe btw intip blog saya ya illuminerd.blogspot.com thanks

    Suka

    • @Rachel Mariam: Coba kamu ke Gramedia, dan cari buku2 seri “Kecil-Kecil Punya Karya”. Di situ banyak buku yang ditulis oleh anak2 usia 8 hingga 12 tahun. Tak ada alasan terlalu muda untuk menulis 🙂

      Suka

  36. LUAR BIASA OM JONRU TANGGA PERTAMA HARUS MUDAH, TERANG, MEMBANGKITKAN, MEMBUKAKAN, MASALAH NANTI ADA PERMASALAHAN ITU WAJAR TOH NANTI JUGA AKAN DITEMUKAN JALAN TAPI HARUS MENGINSPIRASI ORANG UNTUK MELANGKAHKAN KAKINYA YANG PERTAMA, SALAM SUKSES…………..

    Suka

  37. Terimakasih atas artikel menariknya. Dengan begitu saya semakin semangat ngeblog dan menulis.

    Suka

  38. bener2 inspiring..sangat memotivasi saya, penulis pemula..thanks alot ya..

    Suka

  39. Baru beberapa jam yang lalu saya memutus kan untuk menjadi seorang penulis.apa keputusan saya ini tepat ? Entahlah …he he he Moga2 cita – cita saya dan teman – teman seperjuangan lain nya bisa tercapai…Amin …

    Suka

  40. terimakasih ,,, saya jadi terinspirasi untuk jadi penulis hebat … 🙂

    Suka

  41. wah, tulisan di atas membuat saya ingin segera action pak! Bismillah, semoga tahun ini bisa terbit, aamiin. *Lanjut nulis*

    Suka

  42. sebenarnya saya sudah punya tulisan hanya saja belum cukup untuk di terbitkan masi nunggu bahan pemanis lagi, biar lebih dibutuhkan

    Suka

  43. Wah, setelah sekian lama vakum menulis…membaca artikel Om Jonru ini kembali membangkitkan semangat saya untuk menulis…
    Terimakasih Om Jonru…

    Suka

  44. sngt inspiratif.Mksih pak jonru atas artikel yg menarik. saya bru mulai ngeblog msh hrs bnyk blajar. novel bru 3. cerpen segelintir.puisi n artikel yg banyak.msh bnyak kkurangan…..ngeblog memang lebih bebas berekspresi n melatih kepekaan menulis. maju trs smoga sukses!

    Suka

  45. Maaf sebelumnya.. ? Saya mau tanya untuk membuat sebuah buku yaang bermanfaat itu contohnya bagaimana dan kosakata atau bahasanya harus seperti apa. ? Mungkin tolong dijelaskan.. ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s