[Pernyataan Resmi] Saya akan Berhenti Mengelola Writers Academy


kursus menulis

Kenangan acara Pesta Penulis dan Launching Writers Academy tanggal 26 Februari 2011 lalu

Teman-teman sekalian,

Sejak akhir Februari 2012 lalu, saya memutuskan untuk berhenti mengelola Writers Academy(*). Mungkin teman-teman sangat terkejut mendengarnya. Tapi ini adalah fakta. Saya tidak sedang bercanda 🙂

Secara pribadi, ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Sama seperti ketika saya mendirikan Sekolah-Menulis Online (SMO) pada Juli 2007, atau ketika SMO bergabung dengan manajemen Oxford Course Indonesia (OCI) dan berubah nama menjadi Writers Academy (WA). Semua itu merupakan peristiwa terbesar dalam hidup saya.

Tentunya, peristiwa-peristiwa besar itu mengantarkan saya pada sejumlah pencapaian prestasi. Misalnya, saya akhirnya dikenal sebagai pelopor pelatihan penulisan lewat internet di Indonesia. Sebuah “gelar” yang sangat membanggakan, bersejarah, dan hanya saya yang memilikinya. Setidaknya di Indonesia 🙂

Kini, saya menyatakan hendak keluar dari Writers Academy. Apakah itu artinya saya rela meninggalkan “gelar” yang sangat berharga tersebut?

Teman, jangan khawatir! Saya insya Allah tidak akan meninggalkan dunia kursus menulis atau pelatihan penulisan atau seminar penulisan. Yang saya tinggalkan adalah Writers Academy 🙂

“Lho, maksudnya gimana? Bukankah Anda adalah pemilik Writers Academy?”

Jawabannya: Tidak!

Ketika setahun lalu saya bekerja sama dengan Oxford Course Indonesia (OCI), salah satu butir kesepakatan kami yang telah tertuang secara hukum di atas Surat Perjanjian Kerjasama adalah:

“Brand atau merek Writers Academy merupakan hak milik Oxford Course Indonesia.”

Jadi ketika kerjasama berakhir, kepemilikan saya terhadap nama Writers Academy (WA) pun berakhir.

Jadi intinya, saya hanya meninggalkan merek Writers Academy, bukan meninggalkan kursus/pelatihan menulis.

Saya insya Allah akan kembali mengelola Sekolah-Menulis Online (SMO), seperti dulu. Tapi bedanya, kini fokus-utama bisnis saya bukan lagi di SMO. Setelah mempertimbangkan banyak hal, saya mulai sekarang akan lebih fokus mengelola bisnis penerbitan buku di DapurBuku.com, juga bisnis produksi dan perdagangan kaos di BajuKaosOnline.com.

sekolah menulis onlineSMO Insya Allah tetap saya kelola. Saya dan tim tetap menyelenggarakan kursus menulis. Bedanya, kini kami tidak lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengelolanya. Kami memperlakukannya sebagai bisnis penunjang saja. Adapun bisnis utama kami saat ini adalah penerbitan buku dan produksi/perdagangan kaos.

“Kenapa bisa berubah haluan seperti itu?”

Karena:

Di satu sisi: Pengalaman selama hampir 5 tahun mengajarkan saya bahwa kursus menulis tidak terlalu menjanjikan dari segi penghasilan. Sungguh ironis, karena selama ini saya menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengelola kursus menulis, tapi ternyata hasilnya tidak seberapa. Padahal jika ingin meningkatkan taraf hidup, tentu saya harus menghabiskan sebagian besar waktu pada bisnis yang lebih mudah menghasilkan uang.

Di sisi lain: Secara pribadi saya masih punya keinginan kuat untuk mengelola kursus menulis. Saya tidak mau jadi orang yang tidak konsisten; meninggalkan sebuah bisnis yang sangat saya sukai, yang sangat sesuai passion dan lentera jiwa saya, hanya gara-gara uang.

Nah, yang saya lakukan saat ini sebenarnya hanya MENGAWINKAN kedua sisi tersebut. Artinya sebagai seorang pebisnis yang PROFIT ORIENTED, saya tentu harus mengutamakan bisnis yang lebih menjanjikan dari segi finansial. Tapi sebagai seorang penulis idealis, saya tetap konsisten mengelola kursus menulis.

Jadi, bila ada di antara teman-teman yang masih ingin bergabung menjadi siswa Sekolah-Menulis Online(**), dipersilahkan. Kami insya Allah masih sangat siap dalam melayani Anda.

“O, begitu. Lantas bagaimana nasib Writers Academy setelah Pak Jonru meninggalkannya? Siapa kini pengelolanya?”

Maaf, saya tidak tahu menahu soal itu. Jika Anda penasaran, silahkan hubungi manajemen Oxford Course Indonesia, ya 🙂

“Saya masih ada ‘urusan’ dengan Writers Academy yang belum selesai. Ke mana saya harus menyampaikannya?”

Silahkan hubungi saya. Nanti tim saya akan memberikan solusi terbaik yang menyenangkan bagi kedua pihak.

“Saya masih ingin mengikuti kursus menulis? Di mana saya harus belajar?’

Jangan khawatir! Tim saya masih menyediakan layanan kursus menulis di SekolahMenulisOnline.com(**). Bahkan di DapurBuku.com pun ada layanan asistensi dan bedah karya. Bahkan lagi, acara seminar/workshop penulisan pun insya Allah masih tetap sering kami selenggarakan.

Intinya, dari sisi Anda sebenarnya tak ada yang berubah. Perubahan hanya terjadi dari sisi kami 🙂

“O begitu. Kalau Pak Jonru masih mengelola kursus menulis, kenapa harus meninggalkan Writers Academy? Kenapa harus kembali ke Sekolah-Menulis Online?”

Karena eh karena… hm… kasih tahu enggak, ya? Hehehe….

Bahasa singkatnya:
Saya menilai bahwa kerjasama dalam mengelola Writers Academy (WA) selama ini kurang efektif. Berdasarkan pertimbangan saya, meninggalkan WA dan kembali mengelola SMO ternyata jauh lebih efektif.

Bagi teman-teman semua, insya Allah tak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab Anda masih bisa mengikuti kursus menulis bersama saya. Anda masih bisa berdiskusi seputar kepenulisan bersama saya. Anda juga masih bisa mengikuti pelatihan/seminar/workshop penulisan yang diselenggarakan oleh tim saya. Bahkan kini, Anda sudah bisa menerbitkan buku bersama saya, karena saya sudah punya penerbit sendiri: DapurBuku.com.

cara menerbitkan buku

* * *

Demikian PERNYATAAN RESMI ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat, dan maaf bila ada yang tak berkenan.

Salam Sukses Selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Keterangan:

(*) Secara informal, saya sudah menyatakan mundur dari Writers Academy dan tidak lagi mengelolanya (kecuali mengelola beberapa kelas yang masih berlangsung hingga beberapa bulan ke depan, juga mengelola sejumlah urusan administratif yang belum terselesaikan). Namun secara formal atau hukum, kerjasama baru akan berakhir sekitar pada awal Juni 2012. Hingga akhir Mei 2012, saya secara hukum masih tercatat sebagai pengelola dan pemilik Writers Academy. Namun secara informal, sejak saat ini saya sudah mulai “menarik diri” dari sana.

(**) Konsep dan sistem belajar di Sekolah-Menulis Online (SMO) insya Allah akan mengalami perubahan. Dan website-nya saat ini masih dalam tahap pengembangan. Mohon bersabar, ya 🙂

(***) Beberapa hari lalu, terjadi error pada situs Webmerdeka.com (yang selama ini digunakan sebagai Ruang Kelas Online Writers Academy). Karena “kebetulan” dan terjadi bertepatan dengan keputusan yang saya ceritakan di atas, maka sekalian saja script di WebMerdeka.com ini saya instal ulang, di-upgrade ke versi terbaru. Sekarang masih dalam proses pengerjaan. Mohon bersabar, ya 🙂

Iklan

19 responses to “[Pernyataan Resmi] Saya akan Berhenti Mengelola Writers Academy

  1. di jalan manapun mas Jonru berada, semoga tetap sukses,

    Suka

  2. Baca judul tulisannya saya kaget, mas. Karena selama ini image writers academy dan Mas Jonru sudah melekat. Tapi, setelah baca tulisannya dan alasan-alasan yang mas ungkapkan di sini, saya jadi mengerti. Semoga berhasil Mas Jonru.

    Suka

  3. Bagaimanapun, Anda tetap guru saya dan menulis sudah menjadi bagian dari kehidupan kita 🙂

    Tetap semangat, Pak! 🙂

    Suka

  4. Apapun keputussan yang diambil dan dimaanpun berada..semoga lebih sukses ke depannya…

    Suka

  5. saya kira pak jonru benar2 meninggalkan bisnis kursus penulisan .ternyata hanya berhenti mengelola writers academy,maju terus pak jonru.saya yakin bisnis baru anda sukses

    Suka

  6. Mas Jonru,Selamat berjuang sesuai dengan passion..semoga tetap istiqomah dalam bisnis menulis dan sebagai seorang blogger. Amin

    Suka

  7. Semoga semakin bisa profitable dan tetap idealis dengan apa yang dilakukan saat ini pak 🙂

    Suka

  8. penulis hebat apa ada kaitannya dengan les anak hebat mas ?

    Suka

  9. pak jonru 😦

    Suka

  10. Muhammad Safii

    Saya sangat terharu….dan saya mengakui apa yang pak Jonru katakan memang benar. Saya sendiri juga beberapa kali mengadakan pelatihan penulisan…Secara finansial keuntungannya jauh lebih banyak jika waktu yang ada kita gunakan untuk menulis. Memberikan pelatihan penulisan lebih berorientasi untuk menyebarkan ilmu. Semoga di manapun berada di situ didapatkan yang terbaik.

    Suka

  11. Ping-balik: Tentang WebMerdeka.com versi Baru dan Sejumlah Konsekuensinya | PenulisLepas.com

  12. Sukses Bang,

    Walau saya baru mengenal Sampeyan, tapi saya merasa mendapatkan chemistry yang coba sampeyan tularkan. Coba mengutip slogan AREMA Indonesia, Klub Bola kesayangan saya, “Bang Jonru Tidak Kemana-mana, Tapi Ada Dimana-Mana.”

    Salam Satu Jiwa

    Suka

  13. Orang yang mengajarkan ilmu, dimanapun ia berada akan selalu dicari orang lain karena ia akan memebrikan manfaat untuk orang2 di sekitarnya. Good Luck Pak Jonru. You are the best.

    Suka

  14. Keputusan terbaik ada di pilihan Mas Jonru. Kami hanya bisa mengamini saja.
    Sama-sama SUKSES, Mas…!

    Suka

  15. wah…baca judulnya saja saya penasaran,,,setelah baca saya jadi terbuka pak…memang benar pak,,,kadang materi dan hoby kadang harus seimbang…. saya jujur terharu pak membacanya…saya pribadi berteima kasih banyak atas motivasi yang saya baca di blog pak jonru…luar biasa…anda unik, semangat, idealis dan mengagumkan sekali…. semangt pak jonru…….indonesia haus dengan sosok pak jonru, terbuka dan apa adanya…

    Suka

  16. saya hampir menitikkan air mata membacanya pak….saya sudah lama mengagumi anda, sebagai seorang, motivator,penulis,bolgger , tulisan anda sungguh banyak membuka wawasan dan cara berpikir saya tentang cara menulis novel… saya harap anda mengingat nama saya SANDIBUMI… insyaAllah saya akan cepat menyelesaikannya dan semoga bisa terbit……orang seperti bapak seharusnya mendapat apresiasi yang luar biasa…..

    Suka

  17. betul pak, saat ini pun saya masih heran, kenapa pak jonru bisa menulis begitu lepasnya…seperti tanpa hambatan… terbuka n plong…. anda seharusnya menjadi presiden penulis di indonesia

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s