Program XL Edusolutions Membuat Saya Ingin Kembali ke Masa Lalu


xl_visit_schoolSebagai manusia biasa, tentu saya pun pernah tergoda untuk menyesali masa lalu. Ya, banyak hal pada sejarah hidup saya yang berpotensi untuk ditangisi.

“Mengapa dulu saya seperti itu? Coba kalau tidak! Pasti sekarang saya sudah sangat sukses!”

Sekadar iseng, berikut beberapa hal pada masa lalu saya yang sangat berpotensi untuk disesali:

  1. Dulu saya kuliah di jurusan akuntansi. Padahal sekarang, saya berprofesi di bidang yang tak ada hubungannya dengan itu. Coba kalau dulu sudah ada jurusan atau fakultas IT. Soalnya saya suka banget terhadap segala sesuatu yang berbau IT.
    .
  2. Selama delapan tahun (betapa lamanya!), dari 1996 hingga 2004, saya “mati suri” dari dunia penulisan (cerita selengkapnya sudah saya tulis di buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”). Coba kalau dulu tidak berhenti menulis, mungkin saya – sebagai penulis – sudah jauh lebih sukses ketimbang sekarang!
    .
  3. Ketika dulu saya pertama kali merintis karir sebagai penulis, belum ada komputer, apalagi internet. Belum ada komunitas penulis yang saya kenal. Belum ada kursus menulis. Belum bisa searching di google untuk mencari kiat-kiat jitu dalam menulis.
    .
    Intinya, saya belajar sendirian. Kalau bingung karena belum paham tentang hal tertentu dalam menulis, saya hanya bisa mencari jawabannya melalui buku-buku. Kalau tak ada jawabannya, ya saya coba membuat jawaban sendiri. Padahal mungkin jawaban saya keliru 😀
    .
    Saya berpikir, alangkah asyiknya ya, seandainya dulu itu sudah ada komputer dan internet seperti sekarang, sudah ada Facebook dan Twitter, sudah ada kursus menulis seperti www.SekolahMenulisOnline.com. Hm… pasti perjuangan saya dalam merintis karir menjadi penulis sukses akan makin terbantu.

* * *

Dan hari ini, ada satu hal yang membuat saya punya alasan untuk menyesali masa lalu. Semuanya berawal dari email yang saya terima Jumat sore, 13 April 2012. Di email itu terbentang sebuah informasi layanan bernama XL Edusolutions.

Karena penasaran, saya pun searching di google untuk mengetahui program ini lebih lanjut. Maka, tibalah saya pada sejumlah berita, antara lain yang satu ini. Berikut cuplikannya:

Gelar XL Edusolutions, XL Siapkan 500 Titik Free WiFi di Sekolah dan Kampus

Untuk menggaet segmen pasar anak muda, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa, XL Axiata memperkenalkan layanan XL Edusolutions. Layanan ini merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi berupa XL Sifoster (Sistem Informasi Sekolah Terpadu) dan free WiFi yang digelar XL dibeberapa sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Oh My God! Ini program kok keren banget!

Tiba-tiba saya ingin jadi ABG lagi. Ingin jadi anak sekolah lagi. Ingin jadi alay lagi, hehehe… 😀

xl_edusolutionsSaya membayangkan, betapa beruntungnya anak remaja kita saat ini. Sangat dimanjakan oleh teknologi beserta berbagai macam fasilitas dan layanannya.

Sebagai gambaran, coba simak tiga jenis layanan dari program XL Edusolutions – yang sudah diluncurkan sejak 1 Mei 2010 – tersebut:

  1. Educations Development, yakni program pengembangan pendidikan yang mencakup Try Out, Workshop, Kuliah Umum, dan XL Visit.
    .
  2. Creativity Development, yakni program pengembangan kreativitas pelajar seperti Kompetisi Mading Online, Kompetisi Olah Raga, Pensi, dan Bintang Belajar.
    .
  3. Information Technology Development, yakni solusi XL untuk dunia pendidikan Indonesia yang mencakup instalasi secara cuma-cuma Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah/kampus se-Indonesia.

Menurut VP Enterprise and Community PT XLAxiata (XL), Titus Dondi, program XL EduSolutions merupakan bagian dari ‘Persembahan XL Memajukan Negeri’, yang targetnya adalah untuk mengelola komunitas pelajar dan anak muda.

“Program ini semoga bisa menjadi sarana bagi XL untuk ikut membina dan berpartisipasi dalam pengembangan dunia pendidikan indonesia,” ujar Titus, sebagaimana dikutip oleh sapulidinews.com.

Lewat layanan Solusi Sistem Informasi Terpadu (XL Sisfoster), sekolah dan kampus yang sudah bekerja sama dengan XL akan mendapat sejumlah aplikasi berbasis SMS seputar kegiatan sekolah/kuliah, seperti absensi, jadwal belajar, dan sejumlah kegiatan akademi lainnya.

Ada juga layanan XL free WiFi, yaitu free Internet Hot Spot dengan kecepatan hingga 1Mbps di sekolah atau kampus. Menurut Titus, hingga saat ini free Wi Fi sudah terpasang di sedikitnya 185 sekolah dan kampus.

“Diharapkan sampai akhir 2012 akan terpasang di 500 lokasi sekolah/kampus,” ia menjelaskan.

Yang tak kalah menarik adalah program 3 in 1 Card, yakni kartu multi-manfaat; bisa sebagai kartu absensi, kartu ATM, dan kartu pelajar. Untuk program ini, XL bekerja sama dengan sejumlah bank swasta. Yang saat ini sudah bergabung adalah Bank Syariah Mandiri dan Bank Permata Syariah.

* * *

Nah, menarik sekali, bukan?

Itulah yang membuat saya “menyesal”, ingin kembali ke masa lalu. Coba kalau saya masih remaja, masih anak sekolahan. Kemungkinan besar saya bisa memanfaatkan layanan XL Edusolutions yang sangat keren, menarik dan bermaanfaat tersebut.

Tapi ya sudahlah! Menyesali masa lalu tentu tak ada manfaatnya, bukan? Lagipula, bukankah semua kesalahan kita di masa lalu justru membawa hikmah tersendiri bagi kehidupan kita saat ini?

Misalnya nih: Soal vakumnya saya dari dunia menulis selama delapan tahun: 1996 hingga 2004. Jika dulu saya terus menulis, mungkin saat ini saya sudah menjadi penulis skenario, tapi masih sangat gaptek soal komputer dan internet. Padahal, kini saya menyadari bahwa “jodoh profesi” saya justru di dunia komputer dan internet. Bahkan, kini saya sangat tidak suka pada dunia penulisan skenario 😀

Saya kini menyadari, Tuhan memang sepertinya sengaja membuat saya “mati suri” selama delapan tahun dari dunia penulisan. Sebab itulah jalan saya untuk menjadi penulis yang lebih banyak dikenal lewat kiprah di dunia maya.

Dan soal program XL Edusolutions tersebut, ya sudahlah. Walau saya bukan target marketnya, yang penting saya harus bahagia dan bersyukur. Bukankah saya punya anak yang insya Allah segera menjadi remaja? Siapa tahu, merekalah yang nanti bisa menikmati layanan luar biasa dari XL tersebut.

* * *

Bagi teman-teman pembaca yang kebetulan masih berusia muda, masih sekolah atau kuliah, semoga bisa mendapat hikmah bermanfaat dari tulisan ini. Intinya, jangan sia-siakan waktu dan fasilitas yang tersedia. Kamu semua saat ini jauh lebih beruntung dibanding saya, karena di masa muda saya belum ada komputer bahkan internet. Sekarang adalah era serba canggih, banyak sekali teknologi yang memudahkan semua urusan kita.

Dengan segala kemudahan dan teknogi tersebut, tapi kamu masih malas-malasan dan merasa punya banyak kendala dalam meraih sukses, hm… sepertinya kamu harus “dilemparkan” ke lorong waktu, hidup di tahun 1980-an, ketika dunia masih serba jadul, belum secanggih saat ini. Agar kamu bisa bersyukur atas segala kemudahan hidup hari ini.

Hehehe… enggak mau seperti itu, kan?

Makanya, yuk bersyukur. Apalagi kini ada XL Edusolutions. Makin lengkaplah fasilitas kamu untuk meraih sukses masa depan.

* * *

Oh ya, kembali ke program XL Edusolutions tadi. Jika Anda punya sekolah atau kampus yang ingin bergabung dalam program XL School & Campus Community, coba kirim saja email ke youth@xl.co.id(sengaja saya besarkan font-nya, agar terlihat jelas). Jangan tanya ke saya, karena saya cuma bantu menyebarluaskan informasinya.

Semoga bermanfaat, ya. Salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Keterangan:

– Foto atas: XL saat berbagi pengetahuan teknologi kepada pelajar Indonesia. Sumber foto atas: www.chip.co.id

– Foto bawah: VP Enterprice and Community XL, Titus Dondi (kanan) bersama GM Youth Community & Adv XL, Dedi Fahmi (kiri) asyik berbincang usai memberikan Diskusi Mingguan XL tentang Layanan XL Edusolutions di Jakarta, Senin, 9 April 2012. Sumber foto: radar-bekasi.com

Iklan

22 responses to “Program XL Edusolutions Membuat Saya Ingin Kembali ke Masa Lalu

  1. mantap, mas Jonru,

    Suka

  2. Alhamdulillah, kemudahan-kemudahan untuk menjadi seorang pembelajar saat ini memang sangat banyak. yah kembali kepada pribadi masih-masing, pandaikah kita memanfaatkannya untuk menjadikan hidup ini menjadi lebih hidup ataukah sebaliknya…?

    Suka

  3. Mas Jonru, aku sangat gemar membaca setiap ada info baru dari Mas Jonru, apalagi ada program Cara Sukses Menerbitkan Buku, 100% Bebas Penolakan
    Memang meskipun aku masih belum siap untuk mengirimkan karya tulis ke Mas Jonru, padahal aku ingin sekali segera mengirim tetapi belum siap,
    namun demikian aku masih terus tetap menulis ,,
    Eh Mas Jon kenapa keanggotaanku di Merdeka .Com telah dihapus apakah hanya berlaku pada saat registrasi pelajaran saja yaa? Makasih Banyak Mas

    Suka

  4. Salut sama xl, walaupun bukan milik asli Indonesia, tp sangat peduli dgn kemajuan negeri.

    Suka

  5. Keren juga nih program XL. Semoga generasi penerus bangsa bisa memanfaatkan segala kemudahan yg ditawarkan oleh kemajuan teknologi saat ini. Maju terus pemuda-pemudi Indonesia!!

    Suka

  6. kita terkadang menyesali mengapa dahulu tidak melakukan ini atau tidak melakukan itu,,,,,tapi yang terpenting kita mensyukuri apa yang ada saat ini

    Suka

  7. Cocok dengan mottonya “Xlangkah lebih maju”. Nice share Pak, keep writing for us.

    Suka

  8. kalau kirim email ke xlnya, sudah pasti keterima mas? apa ada syaratnya?

    Suka

  9. XL memang beda, lebih dekat dengan masyarakat dan tentunya lebih mudah dan lebih murah.

    Suka

  10. wah serupa tapi tak sama .. dulu saya kuliah akuntansi, lulus .. kerja dibidang asuransi, lulus(tapi gak cum laude 🙂 .. ) .. lalu kuliah di IT(ini gak lulus 😦 ..) sekarang lagi merintis di bidang IT .. Karena sering baca malah ingin bisa nulis …

    Dua bidang terakhir masih berproses .. Insyallah dimudahkan jalannya …

    Seandainya saya masih ‘alay unyu unyu’ saat ini, Dengan adanya program XL Edusolutions, pelajar mudah untuk mengakses informasi global. Sehingga banyak referensi yang dapat dijadikan acuan untuk memastikan ‘saya mau jadi apa ?’ lebih dini. Dan program XL Edusolutions juga memfasilitasinya. Mantabsss…

    Kalo gak sekarang. Kapan lagi ? .. Bayangkan jika Anda hidup di jamannya Bang Jonru masih unyu .. no internet .. no hape .. no global information … (sebenarnya saya juga merasakan jaman itu … hehehe) …

    Suka

  11. xl sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi setiap pemakainya.terus berjaya ya.

    Suka

  12. Semoga program yang sama tidak cuma dilakukan oelh XL dalam mendukung pendidikan di indonesia, semoga perusahaan lain juga mengikutinya
    Nice share..

    Suka

  13. masa lalu bukan untuk disesali tapi untuk diambil hikmanya, untuk itu mari kita bergabung dengan XL untuk memperbaiki masa lalu

    Suka

  14. Di jaman apapun kita hidup, ya harus bisa menyesuaikan diri baik jadul maupun jaman iptek saat sekarang. Yang penting bagaimana bisa tidak kita mengukir nama kita dengan tinta emas?

    Jaman dulu persaingan tidak sekeras jaman sekarang, dulu mudah sekali cari kerja/buka usaha, jaman sekarang biar udah S1 plus kursus sana sini belum tentu dapet kerjaan. Begitupula bisnis persaingan ketat sekali, yang asal-asalan tidak ada analisa bisnis dan planning sebentar aja udah ambruk. Masing-masing jaman ada kelebihan dan kekurangannya.

    Suka

  15. xl sangat membantu sekali, jaringan yang sangat cepat dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi….

    Suka

  16. maju terus ya xl jangan pernah menyerah…..

    Suka

  17. pak kenapa xl sekarang agak lemot ya, banyak jaringan yang masuk atau bagaimana beri penjelasannya….terlma kasih….

    Suka

  18. xl berikan yang terbaik untuk para pelangganmu dan maju terus….

    Suka

  19. Saya bersykur ada Bapak sebagai big motivator writer. Saya seolah bangkit seperti makhluk setelah mendapat email dari pank jonro. Saya sekarang sdang menulis (MOTIVASI UNTUK ANAK BANGSA) Berisi cerita ringan unuk siswa SD dan SMP. sedang berproses.

    wassalam

    Dari Basri Amin

    Suka

  20. nolehh nichh caraa nya saya ikuti 🙂

    Suka

  21. kualitas jaringan XL biasa2 aja, ga begitu bagus, ga jelek juga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s