XL Xplor: Tempat Hangout yang Fantastis untuk Blogger dan Onliner


xl xplor - depanKalau sedang jalan-jalan di mall dan ingin bekerja dengan laptop, biasanya seorang blogger atau onliner suka mencari kafe yang ada colokan listriknya. Dan agar bisa nongkrong di sana dengan tenang tanpa dipelototi pramusaji, syaratnya harus memesan makanan atau minuman. Artinya, duduknya gratis tapi tetap harus keluar duit 😀

Berita baiknya, beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah tempat alternatif yang benar-benar fantastis! Sejujurnya, sulit bagi saya untuk mengungkapkannya dengan kata-kata.

Untuk nongkrong di tempat ini, kita tak perlu bayar alias gratis. Bahkan konsultasi gratis seputar layanan data dan telco pun bisa. Dan masih banyak fasilitas keren lainnya yang mungkin tidak bisa kita temukan di kafe manapun.

Hm… tempat apakah itu?

Namanya XL Xplor. Lokasinya di Mal Central Park Jakarta. Oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), XL Axiata sebagai pihak yang menyediakan fasilitas ini ditetapkan sebagai “Provider Pertama yang Memiliki Experience Center untuk Edukasi Teknologi Komunikasi”.

Kebayang kan, gimana kerennya?

Kalau Anda masih penasaran, coba deh googling dengan kata kunci “xl xplor”. Akan muncul sejumlah berita di media online yang membahas layanan keren ini. Berikut satu di antaranya dari Republika Online. Cuplikannya:

XL Axiata menghadirkan XL Xplor, sebuah tempat dan sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi layanan data terbaru dalam bentuk showcase dan live yang terlengkap. Ia merupakan pusat live experience pertama untuk teknologi komunikasi terbaru yang ada di Indonesia.

* * *

Dan beberapa waktu lalu, saya berkesempatan melihat langsung XL Xplor ini di Mal Central Park, Jakarta Barat. Menempati sebuah booth memanjang di bagian paling pojok Lower Ground, sekilas ia terlihat seperti sebuah arena pameran. Tapi ini bukan pameran, lho. Kalau pameran kan cuma insidentil. Booth XL XPlor ini tak ubahnya toko yang buka setiap hari. Bedanya, “toko” yang satu ini tanpa pintu sama sekali 🙂

Agar semuanya jelas, berikut saya berikan gambaran dalam bentuk foto dan narasi, berdasarkan apa yang sudah saya saksikan di sana (thanks to Mas @armanlukman yang telah menemani, ngobrol dan memberikan penjelasan panjang lebar pada saya selama kunjungan ke tempat ini).

Saya jelaskan fasilitas-fasilitas yang terdapat di XL Xplor Mal Central Park ini, secara berurutan, mulai dari paling kiri hingga paling kanan (jika kita menghadap ke pintu masuk, membelakangi Service Deck).

XL XPlor Lounge

I. Di pojok paling kiri terdapat sebuah lounge, tempat yang sangat cocok bagi para pengunjung (siapapun boleh) untuk duduk-duduk sambil ngobrol, bekerja di laptop, dan sebagainya. Tersedia akses internet WiFi berkecepatan tinggi.

Yang sangat menggembirakan, bukan hanya colokan listrik yang tersedia. Charger handphone untuk berbagai macam merk dan tipe handhpone pun ada. Lengkap dengan loker yang bisa dikunci, sehingga kita bisa meninggalkan HP di sana dengan aman, lalu kita pergi jalan-jalan dulu.

Nah, fasilitas ini pasti cocok banget untuk para blogger dan onliner pada umumnya, kan?

XL XPlor Lounge

II. Di sebelah charger HP, terdapat sebuah ruangan kecil bernuansa hijau, berisi satu meja bundar dan tiga kursi putar. Menurut Mas Arman, ini diperuntukkan bagi para member premium XL.

XL Xplor Game

III. Di sebelahnya lagi terdapat sebuah game center yang diberi nama XL Games. Pasti sangat menarik bagi para gamers nih.

XL Xplor Kiosk

XL Xplor Kiosk

IV. Di sebelah XL Games terdapat dua mesin Kiosk “mesin pintar”, di mana para pelanggan XL bisa membeli pulsa atau kartu perdana. Bahkan membaca-baca info-info terbaru seputar layanan XL pun bisa. Coba baca info pada gambar di atas untuk lebih detilnya. Saya juga sempat memotret mas Arman yang membantu saya membeli kartu perdana seharga Rp 2.000. Tapi batal karena uang lusuh saya selalu ditolak, hehehe.. 😀

Tak apa-apa. Yang penting saya sudah tahu cara kerjanya. Gampang banget kok 🙂

Jadi bagi Anda yang sedang bekerja di lounge dan tiba-tiba kehabisan pulsa, tak perlu jauh-jauh deh. Tinggal geser sedikit ke sebelah, bisa langsung isi ulang.

XL Xplor Gadgets Desk

V. Persis di depan Kiosk terdapat gadgets desk, atau showcase handphone-handphone keluaran terbaru dari berbagai macam vendor. Ada Nokia, Samsung, Blackberry, LG, dan masih banyak lagi.

Jangan salah sangka. Ini bukan sekadar showcase. Sebab semua yang dipajang adalah HP beneran (bukan dummy) yang bisa dicoba-coba. Jadi kalau ingin tahu seluk-beluk sebuah HP sebelum membelinya, bisa kita pelajari dulu di sini. Silahkan handset yang berjejer di sini dicoba-coba dulu, dipakai, dites fitur-fiturnya. Bebas dan gratis 🙂

XL Xplor Gadgets Desk

Bahkan di depan setiap handset terdapat sebuah layar PC Tablet yang menampilkan penjelasan detil seperti spesifikasi, harga jual, cara pembelian, dan sebagainya (lihat gambar di atas sebagai contoh).

XL Xplor Service Desk

VI. Di depan showcase gadgets terdapat Service Desk, di mana pengunjung bisa bertanya-tanya, konsultasi gratis, bahkan melakukan pembayaran untuk barang-barang yang dibeli di XL Xplor ini.

XL Xplor Layar Plasma

VII. Dan terakhir: Di bagian paling kanan, terdapat sebuah layar plasma super besar. Cocok deh, untuk acara-acara seperti talk show.

* * *

Ups… maaf! Ternyata layar plasma tersebut bukan yang terakhir. Sebab di sebelahnya masih ada satu booth lagi yang merupakan booth lanjutan dari yang sudah saya ceritakan di atas.

Kita lanjut ya 🙂

XL Xplor Life

XL Xplor BMG

VIII. Di bagian paling kiri dari booth lanjutan ini terdapat XL Life. Di sini ada sebuah pohon tiruan yang bila dipegang bisa bicara. Lalu di sebelahnya, terdapat peta Indonesia yang setiap kota bisa diklik dan akan memperlihatkan ramalan cuaca pada hari tersebut. Kata mas Arman, itu adalah kerjasama langsung dengan Badan Meteorologi dan Geofisika.

XL Xplor Musik

IX. Di depan XL Life terdapat sejumlah komputer dan perangkat tambahan yang menyajikan berbagai macam aplikasi. Di sini kita bermain games, menciptakan musik sendiri dengan cara yang amat sederhana dan langsung ditweet ke akun @XLXplor, atau dikirim via email. Bahkan di layar komputer berikutnya, kita bisa me-remix lagu – yang tayang dalam bentuk video clip – seperti halnya seorang DJ profesional.

XL Xplor Musik

Berikut adalah twit otomatis dari @XLXplor yang berisi “laporan” musik “ciptaan” saya. Hm, cuma asal-asalan sih, karena saya tak bisa musik, hehehe… Tapi cukup senang rasanya, karena bisa menikmati teknologi yang sangat canggih dan keren tersebut.

XL Xplor Tweet Musik

X. Showcase berikutnya merupakan bagian yang paling saya sukai, yakni XL Aksara.

XL Xplor Aksara

Di XL Aksara ini, terdapat koleksi buku ilmu pengetahuan untuk anak-anak, juga berbagai macam jenis buku untuk remaja dan dewasa. Kita bisa melihat-lihat isinya. Tapi kalau mau beli, harus berkunjung ke m.baca.xl.co.id. Di website ini, para pengguna Android bisa mendownload software untuk membaca buku-buku tersebut. Untuk pengguna HP lain, untuk sementara boleh cukup puas dengan membolak-balik halaman-halaman buku lewat browser biasa.

XL Xplor Rak Online

XI. Showcase berikutnya berisi pajangan berbagai macam akeseori – rak online – yang menarik dan dapat dibeli oleh para pengunjung.

XL Xplor Diskon

XII. Nah, kalau yang ini pasti sangat disukai oleh para ibu-ibu, yakni katalog digital – dalam bentuk peta – yang berisi tempat-tempat belanja di Mal Central Park. Menariknya, di sini kita bisa mendapatkan diskon untuk berbelanja di kafe atau toko tertentu. Ketika mencoba-coba, saya sempat melihat ada kafe yang diskonnya sampai 65% (wow!!!) dan salon dengan diskon 25%. Wah, benar-benar menggiurkan buat para ibu-ibu, kan? Hehehehe…. 😀

Sekadar info, diskon tersebut hanya bisa didapatkan bila kita membayar di XL Xplor. Lalu dari XL Xplor kita akan diberi voucher untuk ditukarkan di merchant yang bersangkutan.

XL Xplor Rak Barang

XIII. Di sebelah katalog online tadi terdapat rak barang yang berisi koleksi aksesoris yang dapat langsung kita ambil setelah membelinya, tentu saja 🙂

XL Xplor Photo Box

XIV. Yang terakhir, atau di pojok paling kanan, pasti sangat menarik bagi siapa saja yang narsis; photobox. Tapi ini beda dengan photobox yang terdapat di mal-mal pada umumnya. Di sini, kita bisa “merias” wajah dan kepala kita dengan berbagai macam bentuk (tampilan di layar saja, bukan benda fisik) kacamata, hidung, jenggot, dan telinga. Setelah riasan dan posenya dianggap cocok, langsung take picture deh. Dan saat itu juga langsung bisa ditweet.

XL Xplor Photo Box

Berikut adalah tweet otomatis dari @XLXplor yang berisi hasil foto saya (foto asli bisa dilihat di http://lockerz.com/s/217509773).

XL XPlor TweetPhoto

* * *

Wah, benar-benar asyik, keren dan fantastis, kan? Fasilitas yang tersedia di sini sangat beragam, menghibur dan menambah wawasan kita seputar teknologi layanan data dan telekomunikasi. Sangat cocok deh, bagi para onliner dan pecinta dunia teknologi informasi (khususnya telco).

XL XPlor Depan

Karena sangat terpesona oleh tempat ini, setelah pulang dari sana saya masih ingin datang lagi. Soalnya benar-benar asyik. Sebuah tempat yang benar-benar keren, menyenangkan, dan bikin ketagihan pengen datang lagi.

Namun karena letaknya di daerah Grogol, cukup jauh dari tempat tinggal saya di Cililitan, saya sangat berharap agar XL Xplor ini bisa hadir di tempat yang lebih di pusat kota. Alhamdulillah, saya merasa senang ketika membaca info resmi, bahwa XL Xplore dalam waktu dekat akan segera hadir di Senayan City, Jakarta. Semoga cepat terwujud.

Semoga bermanfaat. Salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Iklan

19 responses to “XL Xplor: Tempat Hangout yang Fantastis untuk Blogger dan Onliner

  1. Kemarin saya cari di Senayan City kok gak ketemu ya =/ Apa sudah pindah lokasi?

    Suka

  2. wah mantab kali ini pak… cocok utk para penggila teknology seperti ane,, serba canggih…
    Usulkan ke XL buat di Medan pak,, hehe

    Suka

  3. Sayang, cuma ada di Jakarta. Coba di Jogja ada, udah jadi tongkrongan saya tuh tiap hari. 😀

    Suka

  4. nice place 🙂

    Suka

  5. hemmmm, apalagi di Flores, mimpi kali ye….heheheh

    Suka

  6. wah pastinya asyik ni bang,,,

    Suka

  7. wah boleh tu jalan jalan kesana
    kayanya kalo dah masuk kesana kta gak bakal inget waktu deh gan
    makasih gan infonya

    Suka

  8. Terimakasi atas informasinya yang semakin luar biasa.
    Info bapak selalu terasa ajaib karena selalu ada hal-hal
    yang baru.
    Wasssalam

    Basri Amin

    Di sulbar

    Suka

  9. Luar biasa. Kapan ya saya bisa menemukan layanan seperti itu di wilayah Ponorogo dan sekitarnya? hehehe

    Suka

  10. desain standnya futuristik banget bang…sayang di Palembang belum ada…

    Suka

  11. wah mantap nih

    Suka

  12. tempatnya benar2 legaaa. Memanjakan pelanggannya

    Suka

  13. wahh..keren bangett! semoga di Bandung segera hadir juga..^_^
    makasih banyak infonya bang jonru..

    Suka

  14. jauh di jakarta ya.. bandung gak ada ?

    Suka

  15. Waow,,, tempatnya keren banget. Sepertinya bakalan betah berlama-lama di dalamnya 😀

    Suka

  16. keren banget ini pak, seandainya di Semarang juga ada… eh tapi saya belum punya laptop ding, jadi untuk smntara online di rumah aja sambil nemenin anak hehehe

    Suka

  17. waw…..tempat yang menarik, asik buat dikunjungi, tertarik jadi pengen mampir kesana……???? Terima kasihj pak infonya.

    Suka

  18. Ping-balik: Ketika XL Memanjakan Para Pengguna Android | Jonru Ginting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s