Cara Aman & Jitu Menambah Jumlah Follower Twitter (Get More Twitter Followers) [Bagian II)


Pada tulisan sebelumnya kita sudah bahas tentang cara membuat twit2 yang menarik dan bermanfaat. Sebenarnya, kalau kita sudah berhasil mempraktekkan hal ini, maka itulah salah satu cara efektif untuk menambah follower. Sebab jika orang lain suka pada twit2 kita, mereka akan merekomendasikannya pada orang lain.

Tapi tentu saja, satu cara saja tidak cukup. Kalau kita hanya fokus pada kegiatan membuat twit yang menarik dan bermanfaat, biasanya pertumbuhan jumlah follower kita biasa-biasa saja. Tidak terlalu cepat, bahkan mungkin terkesan lambat.

Nah, berikut adalah beberapa cara alternatif yang dapat kita tempuh untuk menambah jumlah follower secara ALAMIAH dan cepat. Tentu saja, sambil jalan kita tetap harus konsisten dalam membuat twit2 yang berkualitas.

CARA I:Membuat kuis berhadiah.

Buatlah kuis, yang salah satu syaratnya adalah memfollow akun Anda. Tentu saja, kita harus menyiapkan modal hadiahnya. Kalau kita punya produk yang mau dibagikan secara gratis (seperti Mbak Ria, bisa memberi hadiah baju), tentu tak ada masalah. Tapi bagaimana jika tak punya produk, dan kita pun tak punya dana untuk menyediakan hadiah?
Salah satu cara yang pernah saya tempuh adalah bekerja sama dengan teman yang punya produk, dan dia sedang butuh promosi. Jadi si teman ini bersedia memberi hadiah 3 kaos, dengan syarat produknya saya promosikan lewat kuis tersebut.

Dengan kata lain, saya dan si teman saling membutuhkan, saling menguntungkan. Dan setelah kuis berlangsung, si teman pun mengaku bahwa jumlah followernya bertambah drastis.

CARA II: Kultwit, alias kuliah lewat ngetwit.

Ini sama saja seperti kita mengisi sebuah acara seminar. Hanya saja, seminarnya disampaikan lewat twit.
Saran saya, kultwit ini sebaiknya dibuat secara terjadwal melalui software pihak ketiga seperti Hootsuite atau Tweetdect. Agar lelih teratur. Insya Allah nanti kita akan bahas pada sesi khusus mengenai software tersebut ya 🙂

Sebelum jadwal kultwit berlangsung, kita bisa membuat twit pendahuluan, minta tolong teman2 kita untuk meng-RT-nya.

Misal:
Jam 8 malam nanti saya akan kultwit tentang #EtikaBergaul. Tolong di-RT ya 🙂

NB: Tentu saja, materi kultwit sebaiknya sama dengan tema twit2 Anda. Jadi tetap harus fokus 🙂

CARA III: Rajin me-mention tokoh2 berpengaruh di Twitter, yang tema tweet2nya sama atau mirip dengan Anda. Hanya saja, caranya harus sopan dan hindari spam atau hal2 yang tidak menyenangkan lainnya.

Cara III ini tentu bermanfaat untuk menjalin keakraban dengan para tokoh tersebut. Kalau sudah akrab, dan mereka sudah kenal dengan ANda, maka mereka pun bisa dengan sukarela merekomendasikan Anda untuk di-follow.

Kita tentu berharap agar twit2 kita yang di-mention ke para tokoh tersebut di-reply kan? Nah, salah satu caranya adalah membuat twit yang isinya bertanya atau minta pendapat mengenai topik yang mereka sukai.

Misalnya nih: Ada orang yang tanya ke saya, “Pak Jonru, menulis itu butuh bakat enggak?”

Sebagai penulis, tentu saya tertarik untuk menjawab pertanyaan seperti itu kan?

Nah, coba bertanya seperti itu 🙂

Tapi sekali lagi, usahakan cara yang sopan dan menyenangkan. Hindari hal2 yang tidak menyenangkan.

CARA IV: Memberi dulu baru menerima.

Ini adalah salah satu hukum alam yang berlaku DI MANAPUN tanpa kecuali.

Jangan sesekali Anda minta difollow oleh orang lain. Jangan marah atau kecewa bila twit2 anda tidak di-respons.

Kembangkanlah sikap memberi baru menerima. Bukan sebaliknya 🙂

Ketika anda rajin membuat twit2 yang menarik dan bermanfaat, itu adalah salah satu contoh dari konsep memberi.

Contoh lain:
Coba rajin2 merekomendasikan orang2 tertentu untuk di-follow. Misal, “Follow @jonru, penulis yang rajin berbagi kiat menulis di TL-nya.”

Kalau anda rajin menulis seperti itu, tentu saya merasa berhutang budi pada Anda, kan? Kalau saya sudah merasa berhutang budi, maka saya akan berusaha agar suatu saat membalasnya dengan hal yang lebih baik 🙂

Jangan kecewa bila balasan tersebut tidak langsung diterima pada saat itu juga. Yang ikhlas sajalah. Nothing to loose. Tak ada kebaikan yang tak akan berbalas. Jika tidak sekarang, itu hanya soal waktu 🙂

CARA V: Gunakan Hootsuite atau Tweetdeck untuk memantau topik2 yang sesuai dengan tema twit Anda

Misalnya nih:
Tema twit Anda adalah herbal untuk mengobati diabetes. Maka, coba siapkan satu kolom khusus di Hootsuite misalnya, yang berisi semua twit dari seluruh dunia yang berbicara mengenai #ObatDiabetes.

Dan bila ketemu orang yang ngetwit tentang #ObatDiabetes, coba di-reply dengan cara yang baik dan simpati. Biasanya, hal2 seperti ini bisa membuat orang tersebut segera mem-follow kita. Yang penting cara reply-nya tetap sopan dan simpati ya. Jangan terkesan seperti spam 🙂

* * *

Oke, demikian dulu materi kali ini. Semoga bermanfaat ya 🙂

NB: Maaf bila tulisan di atas banyak salah ketik, karena cuma copy paste dari sebuah materi kursus online di Facebook. Insya Allah akan diperbaiki segera.

Iklan

10 responses to “Cara Aman & Jitu Menambah Jumlah Follower Twitter (Get More Twitter Followers) [Bagian II)

  1. harus gede modal kalo harus bikin kuis..
    mending langsung ke tukang jasa twiter aja 😀

    Suka

    • @cara pemesanan jelly gamat: Membeli follower itu manfaatnya cuma untuk gaya dan gengsi2an. Kalau untuk tujuan bisnis atau personal branding. tak ada manfaatnya sama sekali. Dan artikel saya ini tujuannya bukan menambah follower utk tujuan gaya2an atau gengsi, tapi untuk mendukung bisnis atau personal branding. Untuk tujuan seperti ini, menambah follower secara alamiah adalah pilihan terbaik 🙂

      Suka

  2. Saya pernah coba cara ketiga pak beberapa kali, memention tokoh berpengaruh, tapi sebelum me-mention saya buat dulu resensi buku-buku yang ditulis oleh mereka dan dimuat di situs wasathon.com.

    Alhamdulillah di-retweet ke followers mereka sehingga situs wasathon.com pun ikut terpromosikan 🙂

    Insya Allah cara2 yang lain akan saya coba juga

    Suka

  3. makasih bang, belajar sama ahlinya disini. ntar sering-sering posting tentang twitter ya, sy msh belajar neh.. menurut saya twitter itu gampang-gampang susah n mesti punya kesabaran lebih buat sukses. thanks

    Suka

  4. semakin banyak follower untuk akun twitter saya akan semakin baik untuk mempromosikan usaha saya
    nice share..

    Suka

  5. wah saya beberapa hari yang lalu pernah di reply seseorang dengan cara yang ke 5. waktu itu saya ngetweet tentang pengen beli kamera DSLR eh beberapa menit kemudia ada yg memberi rekomendasikan. nah dari hal tersebut ke esokan harinya saya mencoba cara dia dan ternyata lumyan.

    Suka

  6. Muh Rofiullah Rustam

    Please follow me on Twitter @GueUllah thank you 🙂

    Suka

  7. Terima kasih atas pencerahan dan ilmu yg bermanfaat ini.
    Akan saya praktekkan dan semoga berhasil support branding dan sales unit bisnis kami di Jateng.

    Salam sukses
    Lypo Peterongan

    Suka

  8. Pengalaman yang berharga bisa berkunjung ke situs ini, terimakasih ilmu yang berharga aku dapat disini. Tolong tambah lagi ya postingannya …thanks .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s