Cara Aman & Jitu Menambah Jumlah Follower Twitter (Get More Twitter Followers)


Sebagaimana jejaring sosial pada umumnya, hal yang paling menonjol di Twitter adalah OBROLAN. Jadi sebenarnya sama saja seperti kehidupan kita sehari-hari, di mana kita ketemu orang, lalu ngobrol mengenai berbagai hal.

Kalau kita menggunakan Twitter hanya untuk bersenang-senang atau buang-buang waktu, tentu kita bebas ngetwit semau kita. Mau nulis apapun, terserah! Tapi ketika kita punya tujuan untuk meraih sukses, misalnya membesarkan bisnis, membangun personal branding atau kompetensi dan sebagainya, tentu ada strategi khusus yang harus kita terapkan.

Hal pertama yang harus kita ingat, HARD SELLING di Twitter itu sangat tidak disukai (sebenarnya di tempat lain juga sama, termasuk Facebook). Memang, sesekali kita boleh hard selling di Twitter. Saya juga sering melakukannya, hehehe… Asalkan, frekuensinya jangan terlalu sering. Kalau sering, apalagi hampir semua tweet kita hard selling, maka siap2lah di-unfollow oleh semua orang 🙂

Penelitian juga membuktikan bahwa Twitter sangat tidak efektif untuk tujuan meningkatkan trafik ke blog. Karena jarang sekali orang di Twitter yang mau mengklik link. Kalau untuk urusan klak-klik, justru Facebok jauh lebih efektif. Saya sendiri sering membuktikan bahwa mempromosikan link blog di Facebook bisa meningkatkan trafik dengan angka yang sangat fantastis. Berita buruknya, hal seperti ini tidak berlaku di Twitter.

Twitter lebih cocok untuk membangun branding dan kepercayaan publik. Dan cara yang efektif adalah:

1. Melalui obrolan. Buatlah twiit2 yang memperlihatkan bahwa Anda manusia biasa. Maksudnya, Anda menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa keseharian. Kalau Anda menggunakan bahasa iklan, maka para follower akan merasa asing, merasa bahwa Anda bukan bagian dari mereka 🙂

Contoh:Katakanlah Anda hendak mempromosikan sebuah produk herbal untuk mengobati penyakit diabetes. Maka berikut adalah contoh tweetnya:

Contoh yang buruk:
Herbal A, sangat cocok untuk mengobati penyakit diabetes. Cobalah!

Contoh yang bagus:
Wah enggak nyangka ya. Herbal A ini ternyata bisa mengobati diabetes. Ada teman yg berhasil. Coba dulu ah….. 🙂

2. Melalui dialog. Di Twitter ada fitur RT dan mention. Manfaatkan ini sebaik-baiknya untuk berdialog secara akrab dengan para follower Anda. Kalau ada yang mention, usahakan agar di-reply. Kalau twit tersebut tak perlu dibalas, coba di-RT saja. Intinya, hargai semua mention, hargai semua sapaan, sehingga para follower akan merasa senang berteman dengan Anda.

Karena itu pula, coba untuk sering2 membuat Tweet yang bisa memancing dialog.

3. Fokus pada tema tertentu.
Kalau Anda ngetwit mengenai apa saja, maka para follower pun akan tak tahu, kelebihan Anda itu apa. Mungkin bagi mereka, kelebihan Anda cuma rajin ngetwit. Itu saja.

Beda halnya jika anda fokus. Katakanlah Anda berjualan herbal untuk mengobati penyakit diabetes. Maka coba rajin membuat twit2 yang bermanfaat mengenai diabetes. Seluk beluk diabetes, cara mengatur pola makan bagi penderita diabetes, info2 terbaru mengenai diabetes, dan sebagainya.

Dengan cara ini, kredibilitas dan kompetensi Anda akan terbangun. Kepercayaan publik terhadap Anda pun akan tumbuh dengan meyakinkan. Sehingga jika suatu saat ada orang yang butuh tanya2 atau mau cari obat untuk diabetes, maka besar kemungkinan nama yang pertama kali mereka ingat adalah nama Anda.

4. Sesekali harus OOT
Walau fokus pada tema tertentu, sebenarnya akan lebih baik bila sesekali Anda membuat twit yang bersifat personal dan “manusiawi”. Maksudnya, twit2 yang membuat follower Anda tergelitik dan merasa lebih akrab dengan Anda.

Contoh:
“Lagi ngantri di loket bank, eh.. tiba2 kebelet. Ya sudahlah. Mari ke belakang dulu 🙂

Walau twit seperti itu sangat sepele dan sangat tidak penting, tapi sebenarnya itu sangat penting untuk mengakrabkan kita dengan para follower.

Itulah sebabnya, di atas saya menulis “Sesekali harus OOT”, bukan “Sesekali boleh OOT”.

Yang penting, jangan terlalu sering seperti itu. Sesekali saja. Selebihnya, fokus pada tema utama 🙂

5. Berbagi. Misalkan Anda fokus pada tema diabetes. Maka coba follow akun2 yang membahas masalah diabetes juga. Salah satu tujuannya adalah agar Anda punya bahan yang memadai untuk ngetwit. Misalkan ada orang yang ngetwit tentang diabetes, maka Anda bisa meng-RT-nya ke follower Anda.

Nah, dalam berbagi pun sebaiknya pilih-pilih. Jangan asal berbagi. Memang banyak info menarik dan bermanfaat di luar sana. Tapi saran saya, filterlah diri Anda sendiri. Coba untuk fokus dan konsisten untuk berbagi hanya mengenai tema twit Anda. Kalau Anda ngetwit tentang diabetes, maka cobalah berbagi mengenai hal2 seputar diabetes juga. Kalaupun ada yang lain, ya yang mirip2 bolehlah. Kalau ada yang OOT, boleh juga asal sesekali saja.

6. Survey. Cari terus data baru, info baru. Cari tahu juga apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para follower Anda seputar diabetes. Dengan cara ini, maka Anda akan mudah untuk membuat materi2 twit yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.

Oke sementara itu dulu. Bersambung… 🙂

NB: Maaf bila tulisan di atas banyak salah ketik, karena cuma copy paste dari sebuah materi kursus online di Facebook. Insya Allah akan diperbaiki segera.

Iklan

8 responses to “Cara Aman & Jitu Menambah Jumlah Follower Twitter (Get More Twitter Followers)

  1. Ping-balik: Cara Aman & Jitu Menambah Jumlah Follower Twitter (Get More Twitter Followers) [Bagian II) | Jonru Ginting

  2. dengan hanya keterbatasan jumlah kata yang tersedia sangatlah hrs bijaksana dalam menarik perhatian follower,agak sulit memang,tapi sangat membantu nih mas tipsnya..kalau aku lebih suka di facebook untuk men share artikel blog ku karena ada ringkasan kalimat paragraf awal postingan dan gambar kelihatan lebih menggoda untuk diklik.

    Suka

  3. bisa dicoba nih Pak, selama ini saya sih jarang update twitter

    Suka

  4. jujur,saya masih belum faham betuk twitter,….hiks…hiks..hiks…!
    walaupun sebenarnya saya sudah me follow TW bapak…

    Suka

  5. Terkadang sesuatu yg sulit memang bs dipecahkan dengan hal2 yg sederhana, seperti halnya menambah jumlah follower. Terlalu maksain diri dan fokus ampe ngelakuin trik2 tertentu kadang hanya membuat akun kita menjadi sepi berkepanjangan. Tunjukin diri kita apa adanya, care, manusiawi, kind merupakan cara yg tepat untuk menambah follower. Thanks tips nya Pak!

    Suka

  6. Bang Jonru, sy ada sedikit yang kurang sepakat dengan pendapat abang. Twitter tidak efektif untuk traffik blog adlh benar, tetapi tidak selamanya. Tweet langsung memang tdk efektif u/ traffik blog tapi retweet adalah bisa mendatangkan trafik yang signifikan. Oleh karena itu kalau ingin dapat traffik dari twitter yakni dengan cara mengusahakan retweet dari pengguna lain? Caranya? kita sering-sering aja retweet tweet org lain, ntar kita juga akan dapat..hehe thanks ya 😀

    Suka

  7. follower untuk akun twitter saya masih sedikit dan saya butuh banyak follower agar bisa membantu meningkatkan promosi usaha saya
    terima kasih atas ulasannya, sangat membantu..

    Suka

  8. terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s