Selamat Tinggal Blog Multiply (dan Sebuah Janji yang Ternyata Diingkari)


Pagi ini (20 Maret 2013), ketika melihat-lihat web DapurBuku.com, saya kaget karena gambar widget Multiply.com tidak muncul. Padahal biasanya muncul. Karena penasaran, saya coba me-refresh halaman webnya. Ternyata tetap tak muncul. Maka dengan lebih penasaran, saya coba klik link-nya.

Baru deh saya ngeh. Ternyata info PENGHAPUSAN BLOG yang dulu sempat bikin geger dunia persilatan di kalangan teman-teman blogger Multiply.com, kini sudah benar-benar terjadi.

Dulu, penghapusan blog memang sempat tertunda, tanpa alasan yang jelas. Tapi kini memang benar-benar sudah terjadi.

Dari pengumuman resmi Multiply.com, saya mendapat info bahwa yang dihapus adalah akun-akun yang berstatus blogger. Adapun akun-akun yang berstatus online seller, “Anda tidak perlu melakukan apapun, karena tak akan ada yang berubah,” demikian janji pihak Multiply.com ketika itu.

Pengumuman ini membuat saya merasa tenang. Karena akun saya – jonru.multiply.com – sudah sejak lama berstatus online seller. Jadi saya pikir, blog saya tak akan ikut dihapus. Dan karenya KATANYA “Anda tak perlu melakukan apapun,” maka saya pun tak berbuat apa-apa. Saya yakin, seluruh isi blog saya akan tetap eksis seperti semula.

Tapi ternyata:
Yang tetap eksis hanya akunnya saja. Adapun seluruh isi blog, RAIB TAK BERBEKAS!!!

Ya, sudahlah, apa boleh buat. Saya merasa kecewa karena ternyata Multiply.com ingkar janji. Tapi ya sudahlah. Sebagai user, kita berada di posisi yang tak berdaya. Lemah tiada tara, hehehe…. 😀

* * *

Jadi ingat masa lalu nih:
Memang Multiply.com bukan blog pertama saya. Tapi Multily.com adalah blog pertama yang saya kelola secara serius. Di sinilah untuk pertama kalinya saya menjadi seorang blogger yang aktif. Di Multiply.com saya mendapat banyak pengalaman berharga; dapat teman-teman baru, berlatih menulis, dan masih banyak lagi.

Boleh dikatakan, metamorfosis perjalanan karir saya sebagai blogger berawal dari Multiply.com. Awalnya blog ini saya gunakan untuk promosi buku. Lalu berkembang jadi pemuatan tulisan-tulisan apa saja alias gado-gado; mulai dari cataan pribadi, opini pribadi, berbagi kiat kepenulisan, motivasi, ceramah agama, dan masih banyak lagi.

Namun kemudian tema-tema tulisan saya semakin fokus ke dunia penulisan, bisnis, dan motivasi. Terlebih karena saya belakangan membuat blog baru di Jonru.net ini.

Ya, Multiply.com meninggalkan banyak kenangan indah bagi saya. Multiply bukan sekadar blog, tapi juga “rumah kehidupan” yang banyak memberikan warna bagi perjalanan hidup saya.

Tapi semua kini berakhir. Ya, sudahlah, biarkan saja. Memang tak ada yang abadi di dunia ini.

NB: Bagi teman-teman blogger Multiply yang ingin reuni dengan MPers lain, silahkan gabung di https://www.facebook.com/groups/101192023282970/ (ini bukan group buatan saya. Cuma mau berbagi info saja)

Terima kasih, salam sukses selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Iklan

12 responses to “Selamat Tinggal Blog Multiply (dan Sebuah Janji yang Ternyata Diingkari)

  1. selamat pagi Bapak Jonru…tadi saya klik website dapurbuku.com masih bisa dibuka kok….dan isinya juga masih ada …

    #coba buka lagi website…

    Suka

  2. ahhh ternyata saya tdk sendiri, saya juga merasa aman2 saja, karena salah satu id saya di multiply berstatus online seller sejak awal, jadi ya saya tenang2 saja, tdk melakukan back up atau apapun, saya pikir kalaupun akan dihapus mungkin bertahap, ternyata benar2 hilang tanpa bekas semua file2nya
    bohong banget deh multiply, kalau memang berniat menghapus semua, ya jangan kasih angin surga buat online seller donk, kan ga fair

    Suka

  3. sayang sekali.. padahal page rank nya bagus

    Suka

  4. saya termasuk yang sedih layanany blog multiply di hapus 😦

    Suka

  5. Begitulah, memang tidak ada sesuatu yang abadi. Banyak kok layanan mati seperti itu, misal domain gratis co.cc. Bisa juga blogspot mengehentikan layanan bila google bangkrut. Tidak ada jaminan google tidak bangkrut, karena yang abadi hanya Allah.

    Suka

  6. Waduh… kalau kita menggunakan layanan gratis konsekuensinya memang seperti ini ya.. semoga saja cms lain seperti wordpress.com dan blogger.com tidak tutup buku soalnya saya memiliki beberapa blog juga disana

    Suka

  7. Peminang bidadari

    jika mau melihat tulisan kita yg dulu di multiply memang bener2 g bs ya mas? pdhl banyak mau saya copas stidaknya buat dok pribadi ;(

    Suka

  8. And multlply pun rest in peace, tutup termasuk supermarketnya. Gara2 disumpahin byk org kali ya. Mpers tak terlupakan hiks…

    Suka

  9. Dulu geocities dan sekarang multiply, semoga kedepannya tidak ada platform blog gratis yang mati ….

    Suka

  10. hmmm ..iya… jangan-jangan… kedepannya tinggal domain dan hosting gratis yang dibunuh… heehhh….

    Suka

  11. makasih infonya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s