Memanfaatkan PC Tablet untuk Hal-hal Produktif (Bukan Hanya untuk Main Game)


pc tablet untuk hal positif dan produktif

Gambar ini hanya ilustrasi 🙂

Sudah lama saya ingin beli PC Tablet. Tapi istri saya tak setuju dengan alasan, “Aku tak rela jika benda itu nanti cuma dipakai main game sama anak-anak.”

Ya, alasan penolakan yang sangat masuk akal. Karena fenomenanya memang seperti itu. Kebanyakan anak tahunya PC Tablet (yang populer dengan istilah “tab”) memang buat main game semata. Tragisnya, banyak orang tua yang juga membiarkan anak-anak mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain game di PC Tablet.

Jadi tak heran, istri saya pun punya pola pikir bahwa gadget canggih yang satu ini identik dengan having fun semata. Padahal, alhamdulillah saya dan istri punya satu kesamaan dalam memandang benda apapun, “Belilah hanya jika ada manfaatnya, terutama untuk hal-hal yang positif dan produktif.”

Dan tanggal 4 Juni 2013 lalu, kami pun akhirnya membeli PC Tablet secara spontan. Maksudnya, ini adalah pembelian yang sama sekali di luar rencana. Ceritanya, ada saudara yang mentraktir makan di sebuah mall. Sepulang makan, kami jalan-jalan dan lewat di pusat penjualan handphone. Saya pun mengajak istri untuk melihat-lihat PC Tablet yang dipajang di etalase toko.

Awalnya dia belum tertarik untuk beli. Tapi ketika saya meyakinkannya bahwa benda itu bisa juga dipakai untuk mendukung pekerjaan, maka istri saya pun akhirnya tergoda. Singkat cerita, sore itu kami pulang ke rumah membawa sebuah PC Tablet terbaru!

Di rumah, saya mengajak istri untuk melihat beberapa hal positif dan produktif yang bisa dilakukan di PC Tablet:

– Membaca Al Quran
– Membaca artikel-artikel menarik dan bermanfaat dari sejumlah koran/majalah. Dan asyiknya, banyak yang gratis.
– Memainkan game-game edukatif untuk anak
– Dan sebagainya.

Bahkan Fia – anak sulung kami yang berusia 8 tahun – terlihat mulai asyik membaca tulisan dan cerita menarik dari majalah Bobo versi digital. Istri saya pun sangat antusias ketika membaca kumpulan resep masakan dari sebuah majalah.

Alhamdulillah…,
Ternyata banyak hal positif dan bermanfaat yang bisa kita lakukan di PC Tablet. Ya, boleh saja sih main game, sesekali. Tapi kalau kita menghabiskan banyak waktu hanya untuk main game di gadget canggih tersebut, tentu kurang bijaksana juga, kan? Setidaknya, begitulah pendapat saya.

Thanks, dan Salam Sukses!

Jonru
Follow me: @jonru

Iklan

6 responses to “Memanfaatkan PC Tablet untuk Hal-hal Produktif (Bukan Hanya untuk Main Game)

  1. Memang harus bijaksana dalam penggunaan tablet om.
    Jika sering digunakan si kecil, sebaiknya appstore/googleplay dikunci (ada aplikasi pengunci aplikasi – smart lock), karena tanpa kita ketahui mereka bisa instal aplikasi yang berbayar atau bahkan download aplikasi dewasa yang masih bersliweran di appstore/googleplay.

    Suka

  2. Sdh hampir 1 tahun sy pakai tablet. Kadang di pinjem anak yg usia 4 tahun. Tp sebelumnya, sy setting dulu tabletnya jadi “Flight Mode” jd gak bisa klik sana sini. Sudah aman. Trus saya klik dulu aplikasi smart lock kid, yg didalamnya cuma ada game edukatif (belajar baca huruf) dan sudoku, ada melukis juga dan baca majalah kartun anak…

    Klo sudah mainnya, saya cek ulang di history, si anak sudah nge klik apa aja…dan apa ada setting-an tablet yg berubah…jika sudah OK, gantiian ayahnya yg pakai =)

    Suka

  3. Kalau beli tablet yang tanpa 3G (simcard), ya hanya untuk multimedia memang rugi. Karena pasti hanya untuk hiburan. Tapi kalau ada koneksi selulernya, pasti banyak gunanya. Minimal terima telpon dan SMS. Dan aplikasi lain yang berguna banyak dimanfaatkan.

    Waktu luang bisa digunakan untuk menulis. Kalau pakai komputer laptop sekalipun, kadang malas menyalakannya. Game untuk saya, malah jarang dimanfaatkan meski tetap banyak digunakan. Coba saja.

    Btw, merknya apa? ada simcard-nya?

    Suka

  4. Memberikan tablet pada anak tanpa diarahkan untuk fungsi2 yang positif, tentu saja sang anak akan lebih banyak main game.

    Suka

  5. bener pak, saya memakai untuk mendownload video2 imam2 membaca alquran, dan alhamdulillah anak-anak saya 4 thn biasa dengar an naba,dll (juz amma) jadi hafal, tergantung penggunaan 🙂

    Suka

  6. Teknologi dan produk2nya seperti mata pisau, bila salah dalam pemanfaatannya bisa mengarahkan kita maupun anak2 ke arah yang kurang baik. semoga kita bisa selalu bijak dalam memanfaatkannya ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s