Blackberry Messenger di Android dan iOS akan Berbayar?


blackberry_messenger_android_ios_berbayarBeberapa waktu lalu, tersiar berita resmi bahwa Blackberry Messenger (BBM) akan segera tersedia di handphone Android dan iOS. Ini tentu berita yang sangat menggembirakan. Sebab selama ini, banyak orang (TERMASUK SAYA) yang pakai Blackberry hanya agar bisa BBM-an. Sebab satu-satunya fitur di Blackberry yang bagus dan bermanfaat hanyalah BBM-nya itu. Fitur-fitur lain? Hm… rasanya di HP lain jauh lebih bagus.

Karena itu, jika BBM sudah tersedia di HP nonBlackberry, rasanya tak ada lagi alasan untuk mempertahankan si bebe. Saya sendiri nih misalnya, saat ini sudah tidak pakai Blackberry lagi. Henpon BB yang saya beli beberapa bulan lalu, kini hanya digunakan untuk bisnis dan dipegang oleh staf saya.

Nah, di tengah kegembiraan banyak orang yang SANGAT GEMBIRA dan tak sabaran menunggu hadirnya BBM di Android dan iOS (yang hingga tulisan ini dibuat, belum jelas kapan akan terealisir), tiba-tiba muncul sebuah isu tak sedap, “Dengar-dengar nih, BBM di Android dan iOS nanti akan berbayar. Gawat, tuh! Padahal seharusnya kan gratis!”

Ya, namanya isu, tentu belum jelas kebenarannya. Bisa benar, bisa pula tak benar.

Namun SEANDAINYA pun berbayar, menurut saya tidaklah masalah. Kenapa? Begini:

SATU:
Selama ini, emangnya Blackberry Messenger itu gratis? Tentu tidak! Kita merasa itu gratis, karena selama ini kita menikmatinya dengan sistem prabayar. Bayar di depan. Walhasil, ketika BBM-an kita tak perlu lagi mikirin berapa biayanya, berapa harga untuk setiap pesan yang terkirim. Sebab semuanya sudah dibayar di depan. Jadi, jangan sekali-kali menganggap BBM-an itu gratis, yach 🙂

NB: Sekadar info, saat ini ada provider yang menyediakan paket Blackberry yang isinya cuma untuk BBM-an. Tarifnya sekitar Rp 17 ribu perbulan. Nah, kira-kira seperti itulah harga Blackberry Messenger. Jadi, tidak gratis, bukan?

DUA:
Menurut pandangan subjektif saya, harga Blackberry Messenger sebenarnya SANGAT MAHAL. Kenapa? Karena saya aslinya adalah seorang antiBlackberry. Namun, saya akhirnya membeli BB second seharga Rp 1,4 juta, hanya karena pertimbangan bisnis. Agar bisnis makin lancar.

Memang di BB itu kita bisa nelpon, bisa SMS-an, bisa WhatsApp, bisa motret, bisa main game, bisa nonton video, dan seterusnya. Tapi semua fitur ini bisa dinikmati di handphone lain dengan kualitas yang jauh lebih bagus. Satu-satunya fitur di Blackberry yang bagus dan tak ada di ponsel lain hanyalah si BBM itu.

Artinya, ketika saya membeli BB second seharga Rp 1,4 juta, dan si BB hanya bisa diandalkan untuk BBM-an, maka tanpa sadar… yang saya beli sebenarnya hanya si BBM itu. Sebab kalau saya ingin membeli fitur-fitur lain, maka sesungguhnya di handphone jenis lain jauh lebih bagus.

Saya mengeluarkan uang Rp 1,4 juta agar bisa BBM-an. Saya membeli Blackberry Messenger seharga Rp 1,4 juta. Itulah fakta yang sebenarnya!

Inilah yang membuat saya berpendapat bahwa harga Blackberrry Messenger itu sebenarnya SANGAT MAHAL.

Jadi… masih yakin bahwa Blackberrry Messenger itu gratis? 😀

TIGA:
Kalaupun nanti Blackberry Messenger di Android dan iOS itu berbayar, saya yakin harganya tidaklah mahal-mahal amat. Pengalaman selama ini, harga aplikasi berbayar di handphone itu paling mahal sekitar $10. Kalaupun lebih mahal dari itu, rasanya tak mungkin sampai $20.

Tentu saja, harga sebesar ini JAUH LEBIH MURAH ketimbang harga Blackberry Messenger seperti yang sudah kita bahas pada poin SATU dan DUA di atas.

* * *

Oh ya, jangan salah sangka 🙂
Saya bukan berharap atau mendoakan agar Blackberry Messenger di Android dan iOS itu nantinya berbayar. Kalau ternyata gratis, tentu saya akan senang juga, hehehe… 🙂

Tulisan ini saya buat hanya untuk memperlihatkan sebuah fakta yang selama ini mungkin belum kita sadari.

Setelah membaca ulasan di atas, semoga kita semua sadar bahwa dalam hidup ini, kita sering banget merasa menikmati layanan-layanan yang gratis, padahal aslinya berbayar!

Semoga Bermanfaat, Salam Sukses Selalu!

Jonru
Follow me: @jonru

Iklan

8 responses to “Blackberry Messenger di Android dan iOS akan Berbayar?

  1. Iya ya.. bsa saja berbayar..
    trus bb dapat profit dari mana? kalo gratis /??

    kecuali memang kalo diakusisi aplikasi bbm. .

    opini yang menarik,di tulisannya penulis hebat -MR.JOnru 😀

    Suka

  2. sy juga beli BB karena banyak pelanggan tanya PIN terus pak jadinya ya mau dak mau harus beli dan operatornya juga pilih yg paling murah.

    di play store juga sudah muncul cuman belum aktif dan banyak simpang siur tentang applikasi ini.

    Suka

  3. kalau menurut analisa saya… blackberry tidak akan rugi walaupun dia ngasih free pak…. ini semacam strategi untuk menunjukkan bahwa blackberry.. kedepan adalah getget yang super canggih…. karena di aplikasi blackberry 10.2 nantinya… akan dapat menginstall aplikasi android versi apapun… ( kalau yang versi 10 saat ini kabarnya hanya bisa di install aplikasi android versi tertentu )

    jadi kemungkinan, getget ini akan masih jadi primadona… karena selain bisa di install aplikasi blackberry… juga bisa di install aplikasi android juga… ( ada nilai plus nya… hehehe… )

    kalau di pasar indonesia, saya kurang tau pasti… apakah nanti akan berdampak bagaimana setelah BBM resmi di lepas… tapi yang saya amati strategi blackberry seperti itu untuk meningkatkan pangsa pasar mereka…

    mohon koreksi kalau saya ada yang salah ya pak.. namanya juga sharing dan komentar… hehehe… 🙂

    Suka

  4. kita tunggu tanggal maiinya pak
    dan gak mungkin banget di geratiskan begitu saja 😀
    secara blackberry gitu loh 😀
    dan saya memang sependapat os bb itu memang lebih baik dari os android tapi yang namanya selera itu beda2 pak

    salam…..

    Suka

  5. BB mulai di tinggalkan penggunanya.. 😀

    Suka

  6. mudah-mudahan seperti whatsapp, $ 0.9 dolar tok per tahun.

    Suka

  7. ^^ ayo go store udah ada tuh gan ….

    tapi buat sign in nya saya bingung ckckckkc

    Suka

  8. menurut ua dengan adanya bbm di android itu untuk menjalin persahabatan antara android dan bb shingga andai kata di masa yg akan datang ke dua handphone berkelas bisa menjalin kerja sama dan bisa melahirkan handphone perkawinan antra android dan bb smartphone lbih canggih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s