Kenapa Akun Twitter Saya Bisa Di-hack?


Sejak dulu, saya termasuk orang yang paling berhati-hati di internet. Kejahatan online seperti PHISHING dan sebagainya, alhamdulillah sudah saya kenal dengan baik, sehingga tidak mudah tertipu.

Namun kemarin sore (27 Oktober 2013), saya seperti sedang “lupa diri”. Selama dua hari menjadi panitia Seminar Pusaka Indonesia, bekerja seharian penuh, jarang istirahat, membuat saya lelah bukan main. Sesampai di rumah sekitar jam 14.30, saya sempatkan diri untuk online.

Pada saat online itulah, di timeline Twitter saya membaca tweet seorang teman (kalau tak salah, akun “emarketer” atau semacam itu deh. Lupa tepatnya). Bunyi tweetnya kira2 sebagai berikut:

“jika jumlah follower Anda sudah mencapai minimal 15.000, Anda bisa mendapatkan status verified account dari Twitter. Caranya, klik….”

Tanpa berpikir panjang, saya langsung mengklik link tersebut. Setelah itu, di layar muncul sebuah halaman verifikasi, di mana saya disuruh memasukkan username dan password Twitter.

Tanpa pikir panjang (mungkin karena sangat lelah dan ngantuk), saya mengikuti instruksi di layar. Waktu itu, saya belum sadar jika link tersebut ternyata sebuah alamat website phising!

Setelah itu, saya shalat azhar, tidur (maklum, ngantuk banget) dan melakukan aktivitas lain.

Setelah shalat isya, saya kembali online. Masuk ke Twitter dan login. Ternyata password saya ditolak! Padahal saya yakin pasword itu sudah benar.

Saya pun mengklik link “forget password” untuk me-reset password. Ternyata eh ternyata… ketika saya memasukkan alamat email di formulirnya, muncul pesan error, “alamat email yang Anda masukkan tidak terhubung ke akun manapun.”

Pada saat itulah, saya mulai curiga bahwa akun saya sudah di-hack!

Saya segera mengecek email. Dan ternyata benar! Sekitar jam 15.30, ada pesan masuk dari Twitter, yang menginformasikan bahwa alamat email saya sudah diganti oleh seseorang!

Untungnya, saya masih bisa ngetweet lewat tweetdeck, karena akun @jonru masih terhubung ke sana. Tapi kalau lewat website Twitter, sama sekali tak bisa login.

Saya pun segera mentweet info-info mengenai hacking tersebut. Alhamdulillah banyak teman yang merespon dan memberikan solusi.

Saya sudah mengklik link https://support.twitter.com/forms/hacked dan mengikuti instruksi yang terdapat di sana. Saya juga sudah mengisi formulir di https://support.twitter.com/forms/general

Yang saya lakukan sekarang hanya bisa menunggu. Semoga pihak Twitter segera mengembalikan akun @jonru kepada saya. Aamiin…

Mohon doanya ya teman2 sekalian 🙂

Bantuan Anda:

Jika teman2 ingin membantu saya untuk mendapatkan kembali akun @jonru, alhamdulillah… saya akan sangat berterima kasih. Bantuan teman-teman bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Klik https://support.twitter.com/forms/general

2. Pada isian formulir, silahkan tulis pesan yang isinya kira-kira sebagai berikut:

Dear Twitter,
I hereby declare that the owner of the account @jonru is my friend and I know him well. His email address for this account is jonrusaja @ gmail.com. But his account is now hacked by someone else. Please help to restore the account. Thanks a lot.

Terima kasih teman-teman, atas bantuannya.

Iklan

5 responses to “Kenapa Akun Twitter Saya Bisa Di-hack?

  1. wah,,terimakasih bang secara tidak langsung postingan ini mengingatkan agar tidak sembarangan ngeklik link,,setahu saya emang layanan twitter maupun fb atau yang lain melarang memberikan pasword ke pihak lain. Twitter gak pernah meminta pasword

    aye udah bantu dengan mengisi formulir di support twitter bang,,semoga akunnya cepat kembali ke tangan…

    Suka

  2. Ping-balik: Akun Twitter Saya Pindah ke @jonru21 | Jonru Ginting

  3. Aduh, sayang banget om. udah 16.000 followers -_-” orang itu jahat banget sih, masa ngehack-ngehack aja :/
    udah aku support ya om, di twitter 😉

    Suka

  4. Ping-balik: Cara Mendapatkan (Lagi) Akun Twitter Saya yang Kena Hack | Jonru Ginting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s