Mempertuhankan Tokoh?


Ketika dulu saya pertama kali ikut tarbiyah, salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah sebuah buku mengenai pemikiran Iman Hasan Al Banna. Beliau berkata, “Satu-satunya manusia yang boleh kita taqlid kepadanya hanyalah Rasulullah. Selain dia tidak boleh.”

(Kalimatnya mungkin beda, tapi kira2 seperti itulah maknanya. Maaf jika keliru)

Saat itu saya langsung berpikir, “Jika demikian, berarti ucapan/pendapat Imam Hasan Albanna pun tidak boleh kita ikuti 100%. Betul?”

Bukan berarti saya “melawan” seorang ulama. Saya hanya ingin MENJERNIHKAN PIKIRAN, bahwa ucapan beliau ini sangat benar. Jika kita kemudian mengikuti seluruh ucapan/pemikiran Imam Hasan Albanna 100% atau secara taqlid buta, bukankah kita justru sudah melanggar nasehat beliau?

Demikian pula halnya ketika ada seorang tokoh menasehati para jamaahnya, “Jangan pernah membela sesuatu mati-matian. Yang perlu dibela mati-matian hanya Islam.” Maka ketika para jamaahnya membela si tokoh secara mati-matian, bukankah mereka sudah melanggar nasehat si tokoh?

Sampai di sini, saya yakin semua orang setuju dengan saya. Tapi jika saya menyebutkan nama satu orang tokoh saja, dijamin akan banyak yang tak setuju, lalu perdebatan seru pun terjadi.

Ini artinya apa?
Ternyata masih banyak di antara kita yang hobi mempertuhankan tokoh.

Mari saling intropeksi diri

Iklan

8 responses to “Mempertuhankan Tokoh?

  1. Masyarakat membela jokowi krn berita lw ga seimbang lw copy paste berita yg jelek2 aja. INGAT! masyarakat udh pintar dan ga bego. Krn masyarakat byk yg membully elw jonru krn berita lw ga obyektif jd lw sendiri di lecehkan pengguna medsos byk yg menghina lw dan mengejek lw. Byk berita baik2 jokowi ga lw share. Yg lw share berita yg jelek2 aja. Tp untung mssyarakat udh pintar dan tdk terhasut

    Suka

    • Bagaimana dengan media-media pendukung Jokowi seperti Kompas, Tempo dll. Mereka juga hanya memberitakan yang baik-baik saja tentang jokowi, di sisi lain lawan politiknya yang jelek-jelek yang diberitakan. Tahu khan bagaimana pengaruh media-media tersebut? Jawab dengan hati nurani Anda.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Bener bang, setuju !!

    Suka

  3. termasuk antum

    Suka

  4. pasti nama yang mau di sebut Prabowo. ya kan

    Suka

  5. Halo bang jonru ;), sy mau tanya, gmn cara buat blog agar lebih menarik dan banyak pengunjungnya ? Soalnya aku liat blog bang jonru menarik sekali dan pasti banyak pengunjungnya, Trims…

    Suka

  6. Betul..!! kenapa demikian? karena Rasulullah lah satu2nya org yg ‘maksum’, yaitu yg lisan dan perbuatannya dipeliharakn langsung oleh Allah SWT..

    Suka

  7. Bener bung.., coba sampai disenutin 1 aja tokohny.., bakal rame dech..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s