Nasehat Bumerang, Nasehat yang Kontradiktif


Pantun-NasehatNasehat Bumerang, Nasehat yang Kontradiktif

“Halo A,
Menurut saya, apa yang kamu lakukan terhadap B itu sangat tidak sopan. Kamu pasti melakukan itu karena iri sama dia, kan? Kamu pasti ingin membuat dia celaka dan menderita, kan? Saran saya, kamu sebaiknya POSITIVE THINKING sajalah sama si B. Sebab saya yakin si B tidak seburuk yang kamu pikirkan.”

Teman-teman sekalian,
Apakah Anda melihat ada yang kontradiktif dari nasehat di atas? Ya, tentu sangat kontradiktif. Sebab di satu sisi orang ini menyuruh si A positive thinking terhadap si B. Tapi di sisi lain, dia justru sedang NEGATIVE THINKING terhadap si A.

Inilah yang disebut nasehat bumerang. Nasehat yang justru berbalik arah menyerang si pemberi nasehat.

Kita seringkali dengan sangat mudah menasehati orang lain. Kita lupa bahwa diri kita pun perlu diberi nasehat yang sama.

“Kita adalah murid pertama dari kata-kiata kita sendiri,” ujar pak @arifdahsyat, seorang trainer dan motivator dari Jakarta.

Isi nasehat seperti yang saya contohkan di atas memang bagus. Si A mungkin perlu berbaik sangka dan tidak memusuhi B. Tapi tragisnya, si pemberi nasehat menyuruh A berbaik sangka, padahal dia sendiri sedang berburuk sangka.

Pernahkah kit memberi nasehat dengan cara seperti itu? Atau sering? Jika ya, mari sama-sama merenung dan memperbaiki diri. Jangan sampai kita mengucapkan nasehat bumerang, nasehat kontradiktif, nasehat yang hanya akan berbalik menyerang diri kita sendiri.

Dan tulisan ini adalah nasehat dari saya, khususnya untuk diri saya sendiri.

Iklan

One response to “Nasehat Bumerang, Nasehat yang Kontradiktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s