Fan Page Jonru Tembus Angka 100.000 Likers. Alhamdulillah… :-)


fan page jonru 100.000 likes

Alhamdulillah…

Ya, saya harus bersyukur atas anugerah yang benar-benar tak terduga ini. Tanggal 11 Juli 2014, pukul 21.25 WIB, jumlah likers fan page Jonru tepat menembus angka 100.000. Dan secara ajaib, saya sempat melihat angka yang bulat tersebut. Makanya segera saya capture sebagai kenang-kenangan 🙂

fan page jonru

Klik foto untuk melihat ukuran sebenarnya

Pencapaian ini benar-benar di luar dugaan saya. Sebab awalnya jumlah likers fan page Jonru sangat sedikit. Pertumbuhannya pun sangat lambat:

– Pada 19 Juli 2011, jumlah likers 6.663

– Tanggal 23 Desember 2013, tercapai angka 13.159

fan page jonru

Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya

Artinya, selama 29 bulan, jumlah pertambahan likers hanya 6.496 (atau bertambah hanya 7 atau 8 likers perhari).

Lambatnya pertumbuhan likers ini – antara lain – disebabkan saya belum serius mengelola fan page ini. Saya menulis status hanya sesekali, seperlunya saja. Mungkin tema tulisan saya pun tidak terlalu menarik bagi kebanyakan orang.

* * *

Pertumbuhan jumlah likers yang sangat cepat mulai terjadi sejak awal 2014. Teman-teman bisa melihatnya pada grafik berikut:

fan page jonru

Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya

Mungkin Anda sama sekali tak menduga, bahwa semuanya berawal dari ketidaksengajaan.

Saya lupa, status seperti apa yang saya tulis ketika itu. Yang jelas, di luar dugaan banyak sekali orang yang memberikan komentar, like dan share. Padahal jumlah likers baru sekitar 14.000. Karena banyaknya respon itulah, saya makin semangat untuk terus menulis. Dan ternyata hampir setiap tulisan yang saya posting, selalu mendapat respon yang banyak.

Saat saya menulis artikel ini, jumlah penambahan likers sudah menembus angka di atas 5.000 perhari. Alhamdulillah…. Saya sendiri merasa seperti mimpi.

fan page jonru

Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya

Bahkan yang membuat saya sangat surprise, beberapa hari lalu saya menemukan fan page Jonru ternyata sudah mendapat gelar VERIFIED PAGE oleh Facebook. Padahal saya tak pernah mengurusnya. Saya pun tak tahu, sejak kapan gelar ini diterima. Alhamdulillah, saya harus bersyukur atas anugerah ini.

fan page jonru - verified page

* * *

Hm… apa rahasia kesuksesan fan page Jonru?

Saya juga awalnya belum tahu. Namun setelah saya pelajari dan amati, ternyata status-status saya yang paling banyak direspon adalah yang isinya berupa pembahasan atau analisis terhadap berita-berita aktual. Bisa berita apa saja. Tidak hanya politik.

Ya, bagi teman-teman yang baru bergabung di fan page saya, mungkin menduga bahwa “Jonru” adalah fan page politik. Lebih tepatnya lagi, khusus membahas pilpres. Hehehe…, sebenarnya tidaklah seperti itu, Teman!

Saya pernah membahas poligami, valentine’s day, hari kartini, bantuan Palestina untuk banjir Bekasi, bahkan membahas bidadari di surga. Saya juga pernah membahas filosofi cinta, kiat menulis, kiat menjadi orang sukses, gejala-gejala orang yang kena pelet, dan masih banyak lagi.

Intinya, ini adalah fan page gado-gado. Saya menulis apa saja yang saya suka, terutama yang menyangkut tema-tema aktual. Sebuah isu saya analisis dan berikan pendapat, lantas disertai foto ilustrasi agar lebih menarik (walau tidak semuanya pakai foto).

Kenapa belakangan ini saya banyak menulis tentang politik, khususnya pilpres? Tak lain dan tak bukan karena lagi tren. Besok ketika pilpres sudah berlalu dan orang-orang sudah melupakannya, saya pun akan berhenti bicara politik. Dan ketika ada momen politik lagi, saya akan kembali membicarakan politik. Insya Allah.

Jadi bagi teman-teman yang selama ini protes, “Kok Pak Jonru ngomongin politik melulu?”, tak perlulah khawatir atau bosan. Bila saatnya tiba, saya akan membicarakan tema-tema lain, kok 🙂

Yang jelas, tema apapun yang saya tulis, insya Allah hampir semuanya punya benang merah yang sama, yakni “membahas dan menganalisis isu-isu aktual”.

Kenapa sekarang saya lebih banyak membahas isu-isu aktual? Tak lain dan tak bukan, karena ternyata tema-tema seperti itulah yang paling disukai oleh para likers fan page ini. Terbukti, tema-tema seperti itulah yang paling banyak mendapat respon. Tema-tema seperti itu pula yang membuat pertumbuhan likers fan page ini melesat dengan sangat cepat.

Selain itu, tentu saja karena saya pun menyukai tema-tema seperti itu.

Sekadar info: Ketika kuliah saya gabung di pers kampus, dan tentu saja menguasai dasar-dasar ilmu jurnalistik. Saya pernah ingin jadi wartawan, namun tak pernah kesampaian. Saya ingin punya media sendiri (seperti koran atau majalah), tapi tak pernah terwujud. Karena itulah, fan page Jonru saya perlakukan sebagai media personal saya. Dan tentu saja, diusahakan isinya disukai oleh sebagian besar teman yang bergabung di sini.

Anda bisa berkata:

“Saya tak suka kok, tema-tema aktual. Saya lebih suka jika Pak Jonru membahas kiat menulis saja.”

Ya, tiap orang memang punya preferensi masing-masing, dan semuanya pasti berbeda. Saya sebagai pengelola fan page, tentu harus bisa mengakomodir keinginan banyak orang, dan itu bukan urusan mudah.

Misalnya ada satu orang yang protes, “Saya tak suka jika Pak Jonru membahas politik.” Namun ketika saya menulis tentang politik, ternyata yang me-like ada ribuan orang, yang men-share pun ribuan orang. Ternyata banyak orang yang suka, bukan?

Ternyata yang tidak suka hanya beberapa orang, namun merekalah yang paling rajin berkomentar (termasuk memprotes). Sedangkan para penyuka (yang jumlahnya jauh lebih banyak), mereka diam saja, dan secara diam-diam pula me-like dan men-share tulisan di fan page ini.

Jika demikian, keinginan siapa yang harus saya penuhi?

Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Karena itulah, saya berusaha semaksimal mungkin untuk menulis tema-tema yang beragam. Namun tentu saja, saya juga manusia biasa yang tidak bisa memenuhi harapan dan keinginan semua orang.

Pasti ada orang yang akan kecewa, tak suka, bosan, bahkan yang benci dan memaki-maki juga banyak.

Tapi bagi saya itu tak masalah. Karena seperti yang sering saya tulis:

“Kita tak akan pernah bisa memenuhi harapan dan keinginan semua orang. Kita tak mungkin membuat semua orang senang, tertarik dan setuju para perbuatan kita. Sebaik apapun perbuatan kita, pasti akan ada orang yang tak suka, membenci kita, bahkan memaki-maki dan menuduh kita macam-macam.

Karena itulah, saya hanya bisa berpegang teguh pada prinsip:

“Jika yakin bahwa apa yang saya lakukan ini benar, maka lakukan saja. Menerima masukan dari orang lain memang penting. Tapi tidak semua masukan penting untuk diterima. Apalagi bila masukan tersebut berupa komentar-komentar negatif, atau caci-maki, tuduhan keji, dan sebagainya. Yang seperti itu sih, cuekin aja, hehehe….”

Saya selalu percaya bahwa Allah Maha Tahu. Allah paling tahu mengenai diri saya. Karena itulah, saya hanya peduli pada pendapat Allah. Adapun pendapat orang-orang yang isinya negatif, saya berusaha maklum saja, memaafkan mereka, karena mereka pada dasarnya tidak tahu, tapi sok tahu.

* * *

Bagi saya, banyaknya teman, banyaknya follower, banyaknya jumlah likers, merupakan amanah. Saya harus memanfaatkan popularitas untuk tujuan-tujuan yang baik, untuk beribadah, untuk berdahwah. Sama seperti yang pernah saya tulis pada artikel:

Salahkah Bila Saya Ingin Jadi Penulis Terkenal?

Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada yang tak berkenan. Terima kasih atas dukungan teman-teman semua.

Kampung Makasar, 11 Juli 2014

Jonru
Follow my Twitter: @jonru

Iklan

12 responses to “Fan Page Jonru Tembus Angka 100.000 Likers. Alhamdulillah… :-)

  1. Salam ‘Alaikum,
    Selamat Ustadz…
    Teruslah menyuarakan kepentingan rakyat, sekencang apapun badai menerpa.
    Semoga jihad fisabilillah ini mendapat tempat yang khusus disisiNya.
    Amin

    Suka

  2. Mantap banget nih tulisan mas jonru. Saya jadi bersemangat untuk membuat website lagi dan ingin seperti mas jonru. Tapi saya bingung temanya apa ya? hehe

    Suka

  3. joko sutrisno

    assalamu alaikum bang jon…

    saya mengenal bang jon dari link gratis menjadi penulis hebat dan akhirnya gabung di group belajar menulis. seiring waktu, saya suka dengan postingan bang jon yang selalu update isu-isu terkini. saya jadi banyak tahu dinamika atas berbagai peristiwa. saya suka dengan gaya penulisan ulasan bang jon, yang seakan-akan seperti sedang berdiskusi tatap muka…padahal ketemu aja belum pernah ya.

    tapi ada satu point yang disayangkan. saking terlenanya saya membaca ulasan serta koment yg masuk (diantara koment yg ada sudah mewakili pendapat saya), membuat saya tidak pernah memberikan pernyataan sehingga saya dianggap sebagai teman pasif. dan ketika ada ulasan bang jon yang menggerakkan pikiran saya untuk nimbrung ternyata tidak bisa. pengen banget deh bang…kalo saya diberikan kesempatan untuk bercuap-cuap dipostingannya bang jon.

    apapun nantinya, bang jon lah yg menentukan.
    Tetap semangat bang jon…saya akan terus menikmati setiap ulasan bang jon.

    wassalam…

    Suka

  4. Selamat untuk fun pagenya bang. Saya punya fun page masih kurus banget neh. Kiat-kiatnya cuma segitu ya bang? Sekali lagi selamat bang

    Suka

  5. Hehehe, Cuman Mau ngucapin Selamat dan Sukses buat Jonru (y)

    Suka

  6. Wah, suatu prestasi. Selamat ya, Pak! Tapi kok fanpage DapurBuku.com enggak muncul-muncul di beranda ya?

    Suka

  7. Hanya org yg berintelek yg akan mencerna tulisan anda dengan baik..dan hany org yg picik yg akan sll gemaz..jengkel..benci dengn tulisan anda..semangat terus jonru jangn berhenti untuk membuka pemikiran teman2 untuk selalu berfikir positif..

    Suka

  8. Saya bergabung di fanpage mas jonru disamping ingin belajar teknik menulis juga mengetahui tulisan2 mas jonru

    Suka

  9. Selamat Pak atas pencapaian ini, sekarang sudah lebih dari 120.000 likes
    Mungkin ini salah satu berkah di bulan ramadhan dan semoga di hari2 berikutnya makin sukses buat anda dan usaha anda 🙂

    Suka

  10. detik ini sudah sampai 149.358 like,salut saya,semoga abang selalu sehat dan memberikan yang terbaik terus menerus..amin….

    Suka

  11. Kartiko Nugroho

    Assalamualaykum bang jonru,
    saya kartiko nugroho likers setia fp bang jonru sjk sblm pilpres booming tp knapa 2hari ini sy tdk bisa like bahkan komen2 di fp abang, apa sy di block? kalo iya knapa, toh sy juga tdk pernah mngeluarkan komen2 yg tdk sepantasnya, mohon penjelasannya bang; syukron 🙂

    Suka

  12. Sekarang udah 200rb lebih pak 😀 alhamdulillaah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s