Pesta Tahun Baru vs Larangan Takbir Keliling


pesta tahun baru Baiklah!
Memang takbir keliling tidak ada ajarannya dalam Islam. Itu bid’ah. Namun agar pembahasan ini menjadi jelas dan tidak bias, kita abaikan saja soal “ajaran Islam” tersebut. Kita bicara soal TRADISI saja.

Ya, takbir keliling adalah salah satu tradisi keislaman yang sudah membudaya di Indonesia. Sedangkan pesta tahun baru merupakan peristiwa “universal” yang sebenarnya berasal dari tradisi Kristen.

Sejak tahun lalu, takbir keliling telah dilarang di Jakarta. Alasannya tidak amanlah, bikin macetlah, bikin kecelakaanlah.  Namun ironisnya, pesta tahun baru justru didukung sepenuhnya. Padahal pesta tahun baru penuh hura-hura, bikin macet, bikin bising karena banyak petasan, dan tentu saja banyak maksiat di dalamnya.

Kemaksiatan dan yang dari non Islam didukung sepenuhnya. Sedangkan TRADISI Islam justru dilarang. Tragis, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, namun tradisi-tradisi bahkan ajaran Islam pun mulai diberangus satu-persatu. Sementara tradisi dan acara-acara dari agama lain justru dibiarkan tumbuh subur. pesta tahun baru Jadi… Ini bukan soal ada tidaknya ajaran takbir keliling dalam Islam. Ini soal RASA KEADILAN.

Masihkah Anda bangga merayakan tahun baru yang penuh hedonisme, di tengah pelarangan takbir keliling yang justru sangat terkesan sebagai upaya untuk mengerdilkan syiar Islam? Apalagi di tengah banyaknya bencana di negeri ini, masih tegakah Anda berpesta pora di tengah penderitaan banyak orang?

Iklan

16 responses to “Pesta Tahun Baru vs Larangan Takbir Keliling

  1. Astagfirullahal’adzim 😥

    Suka

  2. Waaduhh…bener juga..tuhsi Jonru.
    Coba..aku mo tahu..APA TANGGAPAN…GUS…NUSHON WAHID

    Hayuoo..Gus Nushron..monggo..??

    Suka

  3. Sama2 dosa om. Jadi ya mending ga ngerayain 22nya.

    Suka

  4. memang sudah parah..apalagi pemimpin (presiden) indonesia yg skrg pengetahuan tentang agama islam jg msh ragu saya…mudah2 umat islam sadar akan hal itu…tradisi umat islam akan d gerus dan d gantikan oleh budaya barat…wallah’ualam.

    Suka

  5. Sayangnya takbir keliling yg dijadikan contoh / ilustrasi diatas saja sudah menyalahi aturan. Yaitu menaiki mobil bak terbuka dan melebihi kapasitas mobil, jelas yang seperti itu yang membuat dilarang. Termasuk ketika menggunakan motor hanya menggunakan peci/tanpa helm. Jika berjalan kaki gunakan jalur pejalan kaki, saya rasa jika tak ada pelanggaran tak akan dilarang

    Suka

    • Sebenarnya perayaan Takbir Keliling bisa jadi lebih baik, jika pemerintahnya mau memberi dukungan seperti halnya yang dilakukan pada hari2 raya kristen.

      Bukalah mata anda, bahwa jika pemerintah DKI yang sebelumnya (Jokowi) dan terlebih sekarang dipegang oleh Ahok itu pada dasarnya sangat alergi dengan kegiatan2 yang berbau Islami

      Suka

  6. Terusla mengaung untuk perkara yang Hak sbagai bentuk syukur atas kelebihan dan kemampuan yg tlah ALLAH karuniakan,,,
    saya sbagai Muslim yg lemah hanya mampu mendukung dn berterimakasih kepada Anda Pak Jonru,,,

    Suka

  7. salah sendiri bikin gubernur kafir

    Suka

  8. well alhamdulillah sudah 2 tahun ini di surabaya ada car free night, dan alhamdulillah konvoi berkurang, diganti car free night yang acaranya festival budaya

    Suka

  9. Ga tahu harus ngomong apa…. Hiks 😦

    Suka

  10. rasanya kalo takbir keliling tidak menyalahi aturan pun akan didukung….

    Suka

  11. Yang harus menjawab semua itu adalah para ulama khususnya yang berada di jajaran MUI dan para pemimpin yang katanya beragama islam dan membawa nama islam dalam partainya……..

    Suka

  12. si kerempeng emang gila

    Suka

  13. sepakat bang…

    Suka

  14. Untuk merayakan Idul Fitri,Pemerintah kan sudah banyak melakukan kegiatan yang mendukung kegiatan ini,seperti pelaksanaan Solat Idul Fitri Berjamaah,Konser Islami,Open House,dan sebagainya

    Sementara kalau takbir keliling dilarang,karena menimbulkan bahaya,konvoi tahun baru juga dilarang,kok.

    Jadi menurut saya pandangan diatas agak menyalah kalau membadingkan takbir keliling yang tidak sesuai aturan dengan car free night yang ada aturannya,seharusnya kalau mau bandingin,itu CFN dengan konser islami.

    Suka

  15. kebaikan di larang keburukan di dukung

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s