Maulid Nabi, Sudahkah Jokowi Meneladani Akhlak Rasulullah?


maulid nabi Maulid Nabi memang selalu jadi perbincangan seru bahkan panas. Tapi kali ini, saya tak akan membicarakan pro kontra perayaan Maulid. Sebab umat Islam harus bersatu, lupakan perbedaan, agar kita kuat dan dapat bersinergi dalam menegakkan nilai-nilai Islam. Saya justru tergoda untuk mengomentari pidato Jokowi di Istana Negara pada peringata Maulid tanggal 3 Januari 2015 kemarin, di mana beliau mengajak rakyat Indonesia meneladani Rasulullah. Sebuah pertanyaan membuat saya tergelitik, “Sudahkah Jokowi meneladani akhlak Rasulullah?” Ya, memang sih… kita semua umat Islam – TERMASUK SAYA – harus meneladani akhlak Rasulullah. Namun menanyakan hal serupa untuk Jokowi menurut saya sangat penting. Karena beliau sendiri yang mengajak kita meneladani Rasulullah. Ada empat karakter utama Rasulullah yang selama ini kita kenal, dan seharusnya kita teladani bersama: 1. Shiddiq (Benar) = Sesuai perkataan dan perbuatan Jadi kalau kita melarang orang lain bikin rapat di hotel, kita pun menerapkannya dengan cara tidak bikin rapat di hotel. 2. Amanah = Bisa dipercaya Jadi kalau kita janji akan mengangkat Jaksa Agung dari kalangan nonparpol, pastikan bahwa jaksa agungnya benar2 dari nonparpol. Agar orang2 masih terus mempercayai kita. 3. Tabligh (Menyampaikan) Sampaikan semuanya secara jujur, transparan, apa adanya. Jadi kalau bikin kartu sakti, sampaikan dengan jelas dan transparan, dari mana sumber dananya, bagaimana proses tendernya, dan sebagainya. 4. Fatonah (Cerdas) Kalau misalnya kita ditanya tentang peserta demo yang jadi korban pemukulan oleh aparat, jawablah dengan cerdas dan bertanggung jawab, jangan cuma bisanya ngeles, “Itu bukan urusan saya.” Apakah kita sudah meneladani akhlak mulia Rasulullah?

Iklan

10 responses to “Maulid Nabi, Sudahkah Jokowi Meneladani Akhlak Rasulullah?

  1. Saya sedang mencoba untuk meneladani beliau, Rasulullah SAW.

    Suka

  2. Ping-balik: Jokowi Ajak Teladani Nabi Muhammad, Jonru Pertanyakan Akhlak Jokowi | Silontong.com: Berita dan Ulasan Menarik

  3. Bukan urusan saya, bang… 🙂

    Suka

  4. bagi jokower jokowi tidak perlu mengikuti teladan rasulullah, karena menurut mereka jokowi adalah nabi jugak…:D

    Suka

  5. Jokowi sangat bertolak belakang dengan sifat dan akhlak Rasulullah, semoga himbauan dia berlaku untuk dirinya sendiri, lebih utama karena dia sekarang menjabat sebagai Presiden, bukan presiden yg saya pilih. Semoga terwujud. Aamiin.

    Suka

  6. Semoga abang juga meneladani sifat Rasulullah, bukan cuma menyuruh orang lain meneladani sifat Rasulullah 🙂

    Suka

  7. fadlun jamallulail

    Mr. Jokowi mungkin tidak bisa melakukan tugas sesempurna seorang Rasullullah tp sy yakin beliau sangat menteladani dan mencontoh segala bentuk kepemimpinan beliau Rasulullah, bahkan Rasullulah adlh suri tauladan semua umat islam dunia, apakah anda mr. Jonru ginting sudahkah anda meneladani akhlak Nabi besar Muhammad S.A.W???

    Suka

  8. Hehehe… artikel ini pasti jadi artikel yang ramai dilihat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s